Servis dan ganti oli secara berkala adalah hal wajib yang mesti dilakukan para pemilik mobil. Saat ini mobil memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari tapi masih banyak pemilik mobil yang lalai dalam urusan perawatan, terutama perawatan mesin mobil.

Mobil yang jarang dipakai, contoh hanya satu sampai dua hari dalam seminggu juga tetap butuh servis berkala, minimal oli mesin yang digunakan harus diganti karena kualitasnya sudah menurun seiring dengan berjalannya waktu.  Sesuai buku panduan, servis dimulai pada 1.000 km pertama atau satu bulan, lalu lanjut ke tiap kelipatan 10.000 km berikutnya atau setiap 3 bulan tergantung mana yang tercapai duluan.

Berikut ini alasan penting kenapa servis dan ganti oli mobil secara berkala itu penting:

1. Usia mobil lebih panjang

Mobil yang dirawat dengan baik pasti akan memiliki usia pakai yang cukup panjang. Misalnya untuk mobil jepang yang sering kita temui di jalan, rata-rata memiliki usia layak pakai paling lama sekitar 15 tahun. Sedangkan mobil Eropa yang bisa menembus 20-25 tahun. Kilometer jarak tempuh pada mobil juga berpengaruh pada usia mobil. Misalnya pada pemakaian kendaraan oleh perusahaan, mobil rata-rata usianya 4 sampai 5 tahun. Setelah itu, mobil perlu dilakukan peremajaan. Hal itu berbeda jika mobil digunakan untuk kebutuhan pribadi. Usia mobil bisa lebih lama.

Baca Juga: Mobil Mogok di Tengah Jalan? Ini Rekomendasi Towing Mobil di Jakarta

2. Memastikan komponen berfungsi

Kecelakan mobil sering terjadi karena keteledoran atau kelalaian pengendara. Misalnya rem blong dapat terjadi karena kita lupa mengganti kampas rem atau mengecek minyak rem. Umumnya perawatan dan pemeriksaan kendaraan dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin. Jadwalnya bisa mengacu pada buku petunjuk perawatan kendaraan atau tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan sehari-hari. Rumus yang umum digunakan adalah setiap 5.000 kilometer sampai dengan 10.000 kilometer atau setiap 6 bulan satu kali jika kendaraan hanya sesekali saja digunakan dalam satu minggu, misalnya saat akhir pekan saja.

3. Hemat pengeluaran

Ada banyak manfaat jika kamu rutin melakukan servis berkala justru membuat kamu lebih hemat. Karena menunda-nunda perawatan atau menunggu penggantian suku cadang sampai benar-benar aus dan tidak bisa digunakan lagi justru membuat kita perlu merogoh kocek lebih dalam.

Pemilihan kualitas suku cadang juga perlu diperhatikan. Suku cadang original akan lebih mahal, tapi itu sebanding dengan kualitas yang didapat dan ketahanan yang lebih lama. Akibatnya usia guna mobil akan lebih lama dan performa mobil tentu lebih prima. Jangan hanya tergiur harga murah, kita jadi mempertaruhkan kualitas yang didapat yang pada akhirnya biaya perawatan akan semakin banyak. Kerusakan lebih sulit diidentifikasi, bahkan potensi biaya bertambah untuk perbaikan lebih tinggi.

Tapi kamu jangan asal memilih bengkel untuk ganti oli mobil. Masih ada banyak bengkel mobil umum yang mengutamakan kualitas servis. Pengerjaan bergaransi dan dilakukan oleh teknisi handal terpercaya jadi kamu tidak perlu lagi bingung. Temukan bengkel terdekat dari lokasimu atau dapatkan rekomendasi bengkel via www.otoklix.com

Semoga harimu menyenangkan!