Sebagai salah satu brand otomotif paling laris, Toyota melengkapi pilihan kendaraannya dengan merilis Toyota Gazoo Racing dan juga membentuk tim Toyota Gazoo Racing Indonesia. Kalau OtoFriends pernah melihat embel-embel GR di belakang nama model mobil, itu artinya termasuk salah satu mobil Toyota Gazoo Racing.

Pada artikel Blog Otoklix berikut kita bakal membahas apa itu Toyota Gazoo Racing, kiprahnya di ajang GT World Challenge Asia 2023, serta apa saja mobil yang menjadi line up-nya.

Apa Itu Toyota Gazoo Racing?

Toyota Gazoo Racing hadir karena adanya ketertarikan dan kebutuhan masyarakat Indonesia akan model kendaraan sporty. Adanya TGR ini juga untuk mewujudkan Joy of GAZOO Racing (GR) hingga bisa dirasakan semua orang. TGR beroperasi secara global sejak 2015 dan telah menuai banyak prestasi di ajang motorsport dunia.

Pada awalnya, Toyota Gazoo Racing ini adalah sekumpulan karyawan Toyota yang punya passion terhadap kendaraan sport. Untuk itu, tim Toyota Gazoo Racing Indonesia hadir tidak hanya untuk menghadirkan ever-better cars, tetapi juga bisa menghadirkan Joy of GR bagi masyarakat Indonesia.

Adanya tim Toyota Gazoo Racing Indonesia juga merupakan partisipasi aktif untuk mendukung pemerintah yang sedang mengembangkan motorsport di Indonesia, yaitu kehadiran sirkuit baru serta penyelenggaraan ajang balap dunia.

Ajang GT World Challenge Asia 2023

GT World Challenge Asia 2023 telah diselenggarakan di Sirkuit Chang International, Thailand pada 14 Mei 2023. Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia turut berpartisipasi dengan menurunkan GR Supra GT4 yang bakal bersaing di kategori GT4.

Indonesia mengikuti ajang balap internasional ini tidak hanya semata-mata berpartisipasi dalam ajang balap bergengsi. Namun, agar menjadi batu loncatan menuju level internasional. Oleh sebab itu, tim Toyota Gazoo Racing mempersiapkan GR Supra Sport dan bekerja sama dengan tim dari Jepang.

Kehadiran pebalap Jepang, Seita Nonaka, turut memberi banyak masukan tentang mengenal karakter mobil. Sehingga bisa mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di arena balap. Tujuannya agar bisa lebih baik dalam mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengikuti balapan.

Beberapa hal yang disiapkan untuk mengikuti ajang ini adalah terkait ketersediaan toolkit, inspeksi mobil, serta pemasangan partisi di paddock agar memberikan estetika sesuai dengan DNA Toyota Gazoo Racing.

Baca juga: Toyota All New Agya GR Resmi Meluncur, Intip Spesifikasinya!

Line Up Toyota Gazoo Racing di GT World Challenge Asia 2023

Beberapa mobil di bawah ini menjadi line up Toyota Gazoo Racing Indonesia, baik di ajang GT World Challenge Asia 2023 maupun ajang balap lainnya. Simak spesifikasi singkatnya.

1. Toyota Supra GR

Toyota bekerja sama dengan BMW untuk menciptakan Supra. Toyota Supra dirilis pada 2019 lalu. Mobil ini menggunakan mesin dengan kode B58 yang juga digunakan pada beberapa model BMW. Di antaranya adalah BMW Seri 3, Seri 4, Seri 5, Seri 7, Seri 8, X3, X4, X5, X6, M140, M240.

Mesin ini memiliki kubikasi 2.998 cc dengan 6 silinder segaris, 24 valve, DOHC, VVT, serta twin scroll turbo. Dengan mesin ini, tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 335 hp pada 5.000 rpm. Torsinya 495 Nm pada 1.500 rpm sampai 4.500 rpm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

Bagian kaki-kaki Toyota Supra GR Sport dilengkapi dengan suspensi double joint MacPherson Strut. Bagian belakangnya memakai multi-Link. Terdapat perbedaan ukuran ban depan dan belakang. Ban depan berukuran 255/35 sedangkan ban belakang berukuran 275/35. Produk yang digunakan adalah Michelin Pilot Sport yang didesain khusus untuk menunjang performanya.

2. Toyota Yaris GR Sport

Toyota Yaris GR Sport jadi salah satu line up tim Toyota Gazoo Racing Indonesia yang telah diperkenalkan pada 2020. Model pertamanya mengadopsi TNGA (Toyota New Global Architecture) yang menjadikan mobil ini ringan dan rigid, kompak, serta pusat gravitasinya rendah. Yaris GR ini dibekali dengan mesin 1.600 cc yang bisa menghasilkan tenaga 272 ps. 

Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan iMT (Intelligent Manual Transmission). Selain itu ada juga sistem 4WD GR-FOUR. Sistem ini adalah penggerak roda depan dan belakang yang diaktifkan oleh kopling multi pelat. Sehingga dayanya bisa ditransfer ke empat roda dengan daya maksimal, tetapi dengan friksi minimal.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid 2023

3. Toyota Raize GR Sport

Raize GR Sport adalah SUV 5 seater dengan spesifikasi mesin 1.0 L Turbo CVT 3 silinder segaris, 4 valve, DOHC. Mobil ini tersedia dalam 12 warna. Harganya sekitar Rp280 jutaan.

4. Toyota Rush GR Sport

Toyota Rush GR Sport juga salah satu line up dari Toyota Gazoo Racing Indonesia. Harganya sekitar Rp292 jutaan. Mesin yang disematkan pada mobil ini berkapasitas 1496 cc yang bisa menghasilkan tenaga 103 hp. Mobil ini tersedia dalam transmisi manual 5 percepatan. Tersedia dalam 6 pilihan warna.

5. Toyota Fortuner GR Sport

Toyota Fortuner GR adalah SUV 7-seater dengan harga berkisar RP723 jutaan. Mobil dengan penggerak 4×4 ini dibekali dengan mesin diesel 2755 cc konfigurasi 4 silinder, 4 valve, DOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 200 hp pada torsi 499 Nm. dimensi mobil ini adalah 4795 mm (p) x 1855 mm (l) x 1835 (t). Rodanya berukuran 265/60 R18.

6. Toyota Agya GR Sport

Toyota Agya generasi kedua telah diluncurkan. Mobil ini menyasar segmen berbeda. Generasi pertamanya untuk pasar LCGC, sedangkan Toyota Agya GR Sport di segmen compact hatchback. Namun, dari segi ukuran hanya berbeda lebih panjang 70 mm saja dari Agya yang biasa.

Mesin yang digunakan adalah 1.198 cc Dual VVTi (WA-VE). Mesin ini dikombinasikan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan atau otomatis Dual Mode CVT (DCVT). Agya GR Sport transmisi matik sudah dibekali juga dengan fitur Power Mode dan paddle shift. Harganya sekitar Rp237 juta sampai Rp253 jutaan.

Baca juga: Keunggulan Ban Mobil Sport: Tampil Sporty dan Performa Mumpuni

7. Toyota Veloz GR Limited

Mobil Toyota Gazoo Racing Indonesia terakhir yang bakal kita bahas adalah Veloz GR Limited. Mobl ini hanya diproduksi sebanyak 3700 unit. Tampilan eksteriornya terlihat lebih sporty dan modern. Peluncurannya bersamaan dengan Agya GR, Yaris GR, Fortuner GR, serta Rush GR.

Tersedia dua pilihan mesin pada Veloz GR ini, yaitu 1.5 L dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Ada juga tipe 1.3 L dengan transmisi manual dan otomatis. Sistem kemudinya menggunakan Rack & Pinion, Electronic Power Steering & Tilt Steering. Veloz menggunakan ban berukuran 185/65 R15.

Itu dia pembahasan tentang Toyota Gazoo Racing Indonesia.

Servis mobil secara berkala agar performanya terjaga. Terutama bagi OtoFriends dengan mobilitas tinggi atau yang sering melewati medan berat dengan mobil sport. Pastikan untuk tune up mobil dan cek kondisi rem untuk keselamatan selama berkendara.

Temukan bengkel Otoklix terdekat se-wilayah Jabodetabek. Booking servis dengan mudah via aplikasi. Hasil inspeksi juga bisa dengan mudah dilihat pada menu Digital Inspection Result.

Pertanyaan Seputar Toyota Gazoo Racing Indonesia

GR adalah singkatan dari Gazoo Racing, yaitu divisi performa pada Toyota yang mengembangan kendaraan Toyota untuk dipakai pada ajang balap. Ajang balap yang diikuti di antaranya adalah World Rally Championship (WRC), 24 Hours of Le Mans, dan Dakar Rally.

Toyota Jepang mengeluarkan Yaris GR dalam tiga varian. Namun, hanya satu varian yang dipasarkan di Indonesia dengan jumlah terbatas. Sejak pemesanannya dibuka pertama kali pada 25 Maret 2021, total yang terjual hanya 126 unit.

TRD Sportivo sudah digantikan dengan GR Sport. Pada peluncurannya ada lima model GR Sport, yaitu Agya, Veloz, Yaris, Rush, dan Fortuner.