Datsun 240z dikenal sebagai mobil sport klasik ikonik di tahun 70an. Banyak orang menggemari mobil Datsun 240z ini karena tampilan desainnya yang unik dan elegan. Memiliki model desain kap mesin yang panjang dan lampu depan yang bulat, mobil Datsun 240z kian menarik perhatian banyak kolektor. Lantas, seperti apa spesifikasi dan harga mobil klasik cantik Datsun 240z ini? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya.

Baca juga: 10 Mobil Klasik Terpopuler di Indonesia, Harganya di Bawah Rp200 jutaan

Mobil Datsun 240z di Indonesia

Masuk dalam golongan mobil incaran kolektor, kini mobil Datsun 240z dibanderol mulai dari harga Rp500 hingga Rp1 miliar bahkan lebih tergantung dari kondisi dan modifikasinya. Awalnya, mobil Datsun 240z ini masuk ke Indonesia dibawa oleh Nissan dan dibanderol dengan harga ekonomis dengan segmen pasar menengah ke bawah. Namun seiring dengan perkembangan desain dan teknologi, mobil Datsun 240z kini masuk dalam incaran kolektor karena desain eksterior dan interiornya yang unik dan menonjol ketimbang dengan desain mobil sport klasik lainnya.

Spesifikasi Lengkap Mobil Datsun 240z

Tidak hanya dikenal memiliki desain eksterior yang unik, mobil Datsun 240z juga memiliki beberapa keunggulan lainnya yang mampu menarik minat banyak kolektor. Seperti apa spesifikasi dan keunikan lainnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Interior Mobil Datsun 240z

Kini banyak bermunculan modifikasi mobil Datsun 240z, sehingga jarang ditemukan tampilan mobil Datsun 240z original. Di era 70an mobil Datsun 240z ini menggunakan desain ikonik dilengkapi dengan beberapa fitur mewah pada zamannya yaitu kaset dan radio, serta AC dan beberapa komponen elektronik lainnya. 

Eksterior Mobil Datsun 240z

Seperti yang sudah disebutkan, mobil Datsun 240z memiliki tampilan desain eksterior yang fenomenal. Desain kap mobil yang panjang, lampu depan yang bulat, serta bentuk atap targa menjadi daya tarik tersendiri. Adapun mobil Datsun 240z ini berkapasitas dua orang dan memiliki berbagai variasi warna, ada yang biru, merah, kuning, hingga coklat.

Baca juga: 12 Mobil Amerika untuk Koleksi Penggemar Mobil Klasik!

Mesin dan Performa Mobil Datsun 240z

Mobil Datsun 240z original dibekali mesin L24 berkapasitas 2.4 liter dengan transmisi manual 4 speed. Varian mesin ini tersedia untuk mobil Datsun 240z seri 1 yang rilis di tahun 1969. Sekedar informasi, mobil Datsun 240z memiliki banyak varian dan opsi mesin. Pada mobil Datsun 240z keluaran 1978 muncul beberapa varian baru dengan penggantian model mesin terdahulunya. Mesin tersebut mampu memberikan tenaga maksimal hingga 180 HP dan dikombinasikan dengan sistem transmisi manual lima percepatan.

Fitur Mobil Datsun 240z

Dari segi fitur, mobil Datsun 240z ini sudah terbilang cukup kaya di kelas dan era 70an. Tersematkan suspensi independen pada seluruh roda yang bisa membantu pengendara meningkatkan kestabilan berkendara ketika sedang menikung.

Sama halnya dengan mobil jadul pada umumnya, Meski dibanderol dengan harga sangat tinggi, pengorbanan OtoFriends untuk dapat memiliki dan merawat mobil tua Datsun 240z tentu tidak sampai di pembelian saja. Perawatan mobil tua dan bekas akan lebih rumit dan susah untuk dilakukan karena ada beberapa perawatan khusus yang harus OtoFriends lakukan. Servis rutin, tune up, dan pengecekan komponen pun tidak bisa dilakukan di sembarang bengkel. Belum lagi sparepartnya pun juga tidak banyak yang menjual. 

Baca juga: Rekomendasi Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

Namun, jangan khawatir karena OtoFriends tetap bisa melakukan perawatan mobil Datsun 240z OtoFriends hanya dengan sekali klik di aplikasi Otoklix. Terdapat banyak rekomendasi bengkel sesuai kebutuhan dan lokasi tempat OtoFriends berada. 

Tips Melakukan Pembelian Mobil Tua

Jangan lupa untuk melakukan pengecekkan sebelum melakukan pembelian. Pastikan setiap komponen dan mesin dari mobil Datsun 240z OtoFriends adalah asli dan orisinal. Sebab beberapa modifikasi jika tidak sesuai dan dilakukan dengan benar, justru berisiko menimbulkan kerusakan. Selain memperhatikan setiap komponen dan suku cadang, beberapa hal yang harus OtoFriends perhatikan ketika ingin membeli mobil tua, antara lain:

1. Harga

Semakin banyak modifikasi komponen mobil maka sudah bisa dipastikan harga akan semakin murah. Namun tentu ini tergantung pada jenis dan kondisi mobil. Pastikan mendapatkan mobil Datsun 240z yang pas dikantong karena perawatan mobil tua akan jauh lebih menguras dompet ketimbang harga pembelian.

2. Kondisi Mesin

Cek kondisi mesin karena rawan membuat kantong  boncos apabila mesin tidak dalam kondisi prima. OtoFriends bisa menggunakan bantuan Otoklix untuk melakukan inspeksi mobil bekas sehingga lebih yakin sebelum melakukan pembelian mobil Datsun 240z impian OtoFriends.

3. Bahan Bakar

Biasanya mobil jadul akan lebih boros bahan bakar. Oleh sebab itu, pastikan mobil terhindar dari berbagai masalah seperti kerusakan filter atau piston yang bisa menjadi sumber keborosan bahan bakar berlebih.

4. Harga Jual Kembali

Jika OtoFriends berencana untuk menjadi seorang kolektor sekaligus pebisnis otomotif, jangan lupa perhatikan harga jual kembali mobil tua incaran OtoFriends. Biasanya depresiasi harga jual kembali mobil berlaku hingga 5 juta per tahunnya.

Mencegah kesalahan dalam pembelian mobil Datsun 240z ataupun mobil tua lainnya, pastikan OtoFriends tidak melakukan pembelian secara terburu-buru. Lakukan riset dengan tepat agar bisa menemukan mobil Datsun 240z impian OtoFriends dengan optimal. 

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Datsun 240z

Masuk dalam golongan mobil incaran kolektor, kini mobil Datsun 240z dibanderol mulai dari harga Rp500 hingga Rp1 miliar bahkan lebih tergantung dari kondisi dan modifikasinya. 


Mobil Datsun terbilang cukup terkenal dan populer di era tahun 70an.


Mobil Datsun 240z Fairlady dibanderol bervariasi, mulai dari Rp200 jutaan hingga miliaran rupiah.