Mobil Hummer merupakan sebuah merek mobil yang cukup dikenal. Merk mobil ini memiliki harga jual yang cukup mahal pada setiap tipenya.

Hal itu menjadikan mobil Hummer kendaraan roda empat yang  diperuntukan bagi pasar kelas atas. Selain itu, mobil ini pernah menjadi mobil bagi para tentara Amerika serikat di medan perang.

Sayangnya sekarang Hummer sudah bangkrut dan tidak lagi memproduksi mobil. Alhasil mobil Hummer yang bisa kita dapatkan di Indonesia adalah barang bekas.

Padahal peminat mobil asal Amerika Serikat ini sangat besar, dan sering menjadi simbol kesuksesan seseorang. Sayangnya nasib naas mengiringi perjalanan Hummer.

Pabrikan ini mengalami kebangkrutan pada tahun 2009, sehingga harus menghentikan penjualan dan menutup dealer-dealer Hummer di seluruh dunia. General Motor (GM) selaku pemegang merek Hummer sempat berniat menjual perusahaannya ke perusahaan otomotif China, Sichuan Tengzhong Heavy Industrial Machinery Company.

Akan tetapi keinginan tersebut gagal terlaksana. Hal itu karena banyak penolakan dari warga China. Hal itu membuat GM memilih untuk menyuntik mati produknya ini.

Sementara itu, semua mobil Hummer adalah mobil berjenis SUV yang terlihat gagah dan besar. Ketangguhan mobil Hummer membuatnya menjadi pilihan utama tentara Amerika Serikat untuk berperang di Timur Tengah.

Namun, sebenarnya yang dipakai tentara Amerika Serikat bukanlah mobil Hummer, melainkan High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau sering disebut sebagai Humvee. Mobil ini dibuat oleh AM General yang kemudian menjual versi sipil dari model M998 Humvee.

Lantas berapakah harga mobil Hummer pada 2022. Otoklix mencoba merangkumnya pada artikel ini untuk OtoFriends.

Baca Juga: Wow! 16 Merk Mobil Mewah Ini Harganya Fantastis, Ada yang Rp90 Miliar

Hummer H1

Hummer H1 merupakan tipe mobil Hummer termahal yang ada saat ini jika dibandingkan dengan tipe mobil Hummer lainnya. Mahalnya harga mobil Hummer H1 jelas terlihat dari tampilan desain yang garang dan super mewah.

Mobil ini mampu melewati tanjakan dengan kemiringan 60 derajat dan genangan air sampai kedalaman 76 cm. Kemampuan ini tidak lepas dari jarak bodi mobil ke tanah yang mencapai 40 cm dan didukung mesin bertenaga dahsyat yang menggunakan konfigurasi mesin V8.

Tersedia beberapa varian mesin berbeda yang otomatis akan mempengaruhi harga mobil Hummer H1. Semuanya menggunakan sistem transmisi otomatis yang membuatnya lebih nyaman dikendarai saat melewati medan offroad.

Di sisi lain, Hummer dikenal sangat boros dalam hal konsumsi bahan bakar. Walaupun boros, namun Hummer H1 tetap laris manis diburu pecinta otomotif di seluruh dunia.

Bahkan saat ini Hummer H1 menjadi incaran para kolektor yang rela mengeluarkan uang miliar rupiah untuk membelinya, jadi jangan heran apabila mobil Hummer H1 bekas tahun 1995 dibanderol mencapai 5.5 Miliar Rupiah.

Hummer H2

Hummer H2 adalah sebuah SUV besar yang dipasarkan Hummer pada tahun 2002 sampai 2009 menggunakan basis GMT820 dan Chevrolet 2500 HD. Mobil ini memiliki desain lebih elegan dibandingkan Hummer H1.

Dalam perjalanannya dari tahun 2002 hingga 2009 tercatat Hummer memiliki tiga versi yang bisa flikermania miliki, yaitu versi mesin V8 6 liter yang mampu menawarkan power sebesar 316 Hp, versi mesin V8 6 liter dengan power yang lebih tinggi yaitu 325 Hp, serta versi ,esom V8 6.2 liter dengan kemampuan power mencapai 393 Hp.

Untuk masalah interior, Hummer H2 dibuat lebih modern sehingga lebih nyaman dikendarai sebagai mobil keluarga. Selain itu, Hummer menyediakan varian Double Cabin yang sangat populer di Amerika. 

Beragam fitur canggih juga dimiliki Hummer H2, seperti AC dengan Tri-Zone Climate Control, Cruise Control, sistem audio Bose, dan masih banyak fitur mewah lainnya.

Di Indonesia harga mobil Hummer H2 Double Cabin bekas tahun 2005 dibanderol mencapai Rp. 1.65 Miliar. Sedangkan untuk varian SUV mencapai Rp. 1.35 Miliar untuk tahun produksi 2007.

Hummer H2 SUT

Setelah sukses meluncurkan Hummer H2. GM meluncurkan Hummer H2 SUT (Super Utility Truck). Varian ini merupakan Hummer H2 versi truk pick up.

OtoFriends akan menemukan perbedaan yang signifikan dalam tampilan luar dengan bagasi terbuka. Harga yang dibanderol untuk tipe ini mirip dengan SUV.

Namun, ada beberapa konsumen yang menjualnya dengan harga tinggi tergantung spesifikasi yang ada. Hummer H2 SUT dijual sekitar 2,4 miliar rupiah.

Hummer H3

Hummer H3 diproduksi pada 2005 hingga 2010. Akan tetapi, untuk pertama kalinya Hummer H3 dipasarkan pada tahun 2006.

Meski tergolong mobil Hummer paling muda, namun harga mobil Hummer H3 ini bisa dibilang yang paling murah. Meski begitu mobil keluaran edisi ketiga ini tetap mampu menarik perhatian publik.

Dalam pembuatannya mobil Hummer H3 ini dirancang jauh lebih kecil dibandingkan dengan tipe yang lain. Bahkan dalam pemasarannya Hummer H3 memiliki beberapa varian mesin yang dapat dimiliki mulai dari 3.5 liter, 3.7 liter, dan 5.3 liter. 

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor kenapa harga mobil Hummer H3 bisa lebih murah dibanding yang lain. Yang jelas dengan kapasitas mesin yang lebih kecil tersebut, sudah pasti dalam penggunaan bahan bakarnya pun jauh lebih irit.

Di Indonesia sendiri, harga mobil Hummer H3 ini ditawarkan dengan kisaran harga 925 juta hingga 990 juta rupiah. Walau terkesan lebih murah, namun mobil ini tetap memiliki tampilan gagah dan performa yang powerfull sama seperti kedua seri mobil Hummer diatas.

Baca Juga: Wow! 16 Merk Mobil Mewah Ini Harganya Fantastis, Ada yang Rp90 Miliar

Hummer H3T

Lain lagi untuk tipe mobil hummer termewah H3T. Hummer tipe H3 memang sudah dipegang langsung oleh General Motor (GM) tanpa campur tangan dari AM General. Modelnya adalah tipe pick up dengan 4 pintu yang dibuat tahun 2008 hingga 2010. 

H3T yang merupakan mobil double cabin, mampu menampung beban barang yang berat atau setara 5 orang dewasa.  Namun begitu bukan berarti harga mobil Hummer H3T ini menjadi lebih murah. 

Mobil ini ditujukan untuk para penggila offroad sepertinya membawa dampak yang cukup besar dalam hal penjualannya. arena dengan membawa desain yang lebih segar mobil Hummer yang satu ini tetap cukup menarik perhatian publik dengan jumlah penjualan yang tinggi.

Membawa mesin berkapasitas 5.3 liter menjadikan mobil ini sangat mampu diajak untuk melewati jalanan off-road dengan lancar. Dengan harga mobil Hummer H3T yang ditawarkan cukup mahal, mobil tipe ini juga sangat bisa diandalkan untuk menderek dengan kekuatan yang cukup besar.

Untuk harganya, mobil ini dijual dengan kisaran harga yang sama seperti Hummer H3 yaitu sekitar 900 – 1 Milyar.

Hummer H3 Alpha

Hummer H3 Alpha merupakan mobil yang memiliki kenyamanan interior yang cukup baik. Selain itu model kedua dari seri eksklusif Hummer Alpha ini sudah mengusung mesin berkapasitas 5.3 liter V8. 

penggunaan mesin tersebut mampu menjadikan mobil offroad yang satu ini begitu powerfull karena, seperti informasi yang kami peroleh, Hummer H3 Alpha yang diproduksi pada tahun 2008 ini mampu menghasilkan power sebesar 295 Hp dengan torsi 438 Nm. 

Hal itu sebanding dengan harga mobil Hummer H3 Alpha yang ditawarkan, flikermania akan memperoleh sebuah sistem transmisi otomatis dengan empat tingkat percepatan.

Hebatnya lagi dengan harga yang ditawarkan tersebut, PT GM mengklaim jika mobil ini mampu mencapai akselerasi dari 0-60 mph hanya dalam waktu 8 detik. Mengusung desain yang hampir sama seperti kebanyakan mobil Hummer lainnya, Hummer H3 Alpha ini memiliki bobot seberat 4854 lbs dengan maximum towing capacity yang mencapai 2721 kg.

Baca Juga: Koleksi Mobil Termewah Pemain Sepak Bola Dunia

Humvee

Ini dia cikal bakal mobil Hummer. Humvee merupakan mobil yang dipakai oleh tentara Amerika Serikat untuk keperluan militer. Setelah dibuat oleh AM General, muncullah tipe sipil yang dibuat dengan sebutan Hummer H1.

M998 Humvee merupakan kendaraan perang yang memiliki tampilan menarik cocok dengan citra dari militer. High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) atau Humvee memiliki biaya produksi hampir 3 miliar rupiah.

Dengan biaya yang cukup besar, Hummer satu ini tidak diperuntukan untuk masyarakat sipil. AM General hanya membuatnya atas permintaan militer Amerika Serikat.

Dengan biaya yang besar, kendaraan ini merupakan salah satu mobil diesel terbaik yang ada, dimana Humvee diproduksi dengan membawa mesin diesel V8 62 L yang mampu menawarkan power sebesar 190 Hp pada 3.400 rpm. Sementara mesin tersebut juga mampu menghasilkan torsi sebesar 515 Nm pada 1.700 rpm.

Adapun untuk memberikan kualitas power yang sempurna, disediakan juga sebuah sistem transmisi 3-speed automatic atau 4-speed automatic. Dengan membawa bodi besar, tak heran apabila mobil ini datang dengan memiliki kapasitas tangki bahan bakar besar dengan kapasitas tampung hingga 95 liter.

Nah itu dia tujuh mobil Hummer beserta harga jual bekasnya. Untuk OtoFriends semua yang ingin melakukan perawatan mobilnya bisa langsung datang ke bengkel rekanan kami.

Caranya pun cukup mudah, kalian bisa mencari bengkel terdekat melalui website dan aplikasi Otoklix. Selain itu, kalian bisa menikmati beragam promo yang ada.

Pertanyaan Seputar Mobil Hummer

Setidaknya ada 7 jenis mobil Hummer yang ada di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, harga mobil Hummer H3 ini ditawarkan dengan kisaran harga 925 juta hingga 990 juta rupiah. Walau terkesan lebih murah, namun mobil ini tetap memiliki tampilan gagah dan performa yang powerfull sama seperti kedua seri mobil Hummer diatas.

Hummer dikenal sebagai mobil premium yang memiliki kualitas dan kekuatan yang sangat baik, selain itu, Hummer juga sering digunakan tentara Amerika di medan perang. Tak heran mobil ini memiliki harga yang cukup mahal.