Salah satu yang menambah performa mobil balap agar bisa bermanuver dengan baik adalah ban mobil sport. Namun, tidak hanya untuk balapan, ban mobil sport juga dipakai untuk modifikasi. Sebelum memodifikasi mobil, sebaiknya kita kenali lebih dulu tentang ban mobil sport.

Keunggulan Memakai Ban Mobil Sport

Ban mobil jenis sport ternyata bisa juga sebagai ban kendaraan harian. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan ban mobil sport yang bisa kita pertimbangkan sebelum menggantinya.

    1. Stabilitas dan daya cengkeram tinggi

    Hal pertama yang perlu kita perhatikan sebelum ganti ban adalah memilih ban yang punya stabilitas dan daya cengkeram yang bagus. Ban mobil sport punya grip yang lebih baik daripada ban mobil biasa. Sebab memang saat balapan, mobil butuh traksi yang tinggi sekalipun dalam kondisi jalan basah. Selain itu, ban sport juga memiliki tingkat kebisingan yang rendah. Saat berkendara di jalan raya, ban mobil ini bisa memberikan performa maksimal. Terutama saat melintas dengan kecepatan tinggi. 

    2. Daya cengkram dan pengeraman yang baik saat suhu rendah

    Bahkan, daya cengkram ban mobil sport tetap baik pada suhu rendah. Di sisi lain, sistem pengereman juga bekerja optimal meskipun pada suhu rendah. Sehingga, lebih aman saat berkendara.

    Biasanya, saat suhu rendah, tekanan udara dalam ban juga ikut turun dan membuat ban jadi kempis. Material karetnya juga mengerut. Sehingga ada ruang kosong antara ban dengan pelek. Tidak menutup kemungkinan, udara di dalam ban bisa keluar sendiri. Dengan menggunakan ban mobil sport, risiko seperti ini bisa diminimalisasi.

    3. Manuver lebih aman dan nyaman

    Mobil balap butuh ban yang bisa melakukan manuver dengan lebih aman dan nyaman. Maka dari itu, ban mobil sport dirancang demikian. Materialnya dilengkapi dengan compound sport eksklusif sehingga karetnya juga lebih kuat. Selain itu, tapak bannya lebih lebar dan rapat daripada ban biasa. Manuver jadi lebih nyaman karena daya cengkram yang kuat.

    Baca juga: Rekomendasi 10 Toko Ban Mobil di Jakarta dan Sekitarnya

    4. Penampilan lebih keren

    Kelebihan lainnya dari ban mobil sport tentu saja memberikan sentuhan berbeda pada tampilannya. Penampilan mobil bakal kelihatan lebih keren, stylish, dan sporty. Mobil terlihat lebih atraktif saat melaju di jalanan.

    Ban mobil sport cocok digunakan untuk pengemudi yang punya karakter begini:

    • Membutuhkan pengendalian akuran dengan daya cengkeram dan respons ban yang baik.
    • Mau mengeluarkan biaya lebih untuk konsumsi bahan bakar, mengganti ban yang usia pakainya lebih pendek, harga ban yang lebih mahal, dan kenyamanan berkendara yang berkurang demi performa ban yang optimal. Speed rating ban sport bisa melaju sampai 210 km/jam, 240 km/jam, bahkan 270 km/jam.
    • Pengemudi yang ingin menghadirkan pengalaman berkendara.

    Baca juga: 7 Pilihan Merk Ban Mobil Paling Senyap atau Low Noise

    Pilihan Ban Mobil Sport

    Tertarik ganti ban mobil dengan tipe sport? Ini dia pilihannya.

    1. Michelin Pilot Sport 4

    Michelin Pilot Sport 4 didesain dengan pola tapak yang terinspirasi dari ban Formula E dan ajang balap lainnya. Ban ini adalah ban mobil sport premium dengan desain velvet pada sidewall-nya.

    Selain itu, Michelin Pilot Sport juga punya hybrid belt yang terbuat dari aramid dan nylon. Kedua bahan ini bisa meningkatkan respons kemudi secara maksimal. Tidak hanya andal, ban ini juga terlihat stylish. Harga ban mobil dengan ukuran ring 17 inci ini adalah sekitar Rp1,4 jutaan.

    2. Michelin Pilot Sport 5

    Selain Pilot Sport 4, Michelin juga meluncurkan Pilot Sport 5 yang merupakan generasi terbaru dari Pilot Sport. Ban ini diklaim punya kinerja yang tinggi. Sehingga cocok digunakan pada mobil sport sedan dengan performa tinggi. Selain peningkatan performa, tampilan ban Pilot Sport 5 juga lebih elegan, jarak tempuhnya lebih baik, dan traksi yang lebih baik. Jarak pengereman cukup pendek di jalanan kering maupun basah.

    Dengan mengusung konsep Performance Made to Last, ban mobil ini juga punya masa pakai yang lebih lama. Desain sidewall-nya juga terlihat premium. Cocok digunakan pada mobil sedan premium, hot hatch, modifikasi mobil sporty, dan mobil sport atau roadster. Mobil ini tersedia dalam 26 dimensi pada ukuran ring 17, 18, dan 19 inci.

    3. Michelin Sport EV

    Masih dari Michelin, bahkan pada April 2021, Michelin baru meluncurkan ban mobil sport khusus mobil listrik. Ini adalah ban Michelin pertama yang dirancang untuk menyesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan mobil sport listrik. Ban mobil ini punya konsep yang serupa dengan ban jalan raya. Tujuannya, agar ban mobil berukuran 19 inci ini efektif menjajal jalanan dalam cuaca apa pun.

    Salah satu teknologi yang disematkan pada ban mobil ini adalah Electric Grip Compound. Teknologi ini adalah senyawa keras pada bagian tengah tapak ban supaya daya cengkeram optimal untuk mengatasi torsi tinggi pada mobil sport listrik. Side-wall Pilot Sport EV punya pola dan corak beludru. Desain ini sama dengan ban Michelin di Formula E.

    Dengan desain begini, Michelin Sport EC punya hambatan gulir yang rendah. Di sisi lain, ban ini juga punya tingkat kebisingan yang rendah berkat Michelin Acoustic berbentuk busa poliuretan. Tersedia 16 pilihan ukuran untuk ring velg 18 inci sampai 22 inch.

    Baca juga: Spesifikasi Ban Mobil Michelin, Tipe, Kelebihan, serta Harga Terbaru di 2022

    4. Accelera 651 Sport

    Ban mobil sport terbaik berikutnya berasal dari Accelera. Ban ini bisa dipakai di velg dengan ukuran ring 15. Harganya tidak terlalu mahal, sekitar Rp720 ribuan. Ban ini biasa digunakan untuk balapan. Alur direksional pada bagian tengah ini punya teknologi water film breaker yang memudahkan memecah air di jalan. 

    Selain itu, pada bagian tengah ban juga ada two main ribs yang membuat performanya semakin maksimal. Ban ini direkomendasikan untuk mobil yang sering berkendara di daerah becek. Drifting dan tracking-nya lebih nyaman dan jalanan basah tidak bakal memberikan hambatan berarti.

    5. Bridgestone Potenza S007A

    Sejumlah kelebihan disematkan pada Bridgestone Potenza S007A. Ada teknologi Kevlar Flipper + Hybrid Spiral yang membuat daya cengkramnya tinggi. Terutama saat mobil bermanuver di kecepatan tinggi. Selain itu setiap sipe membentuk huruf M yang disebut sebagai 3D-M Shaped Sipes. Desain ini memungkinkan tingkat kekakuan blok kembang ban menjadi lebih kuat. Sehingga usia ban lebih panjang.

    Selain itu ada juga kombinasi Multi Round Block dan Optimized Crown Shape untuk memberikan daya cengkeram yang lebih baik di jalanan basah. Selain itu, ban ini juga memberikan kestabilan saat menikung.

    Banyak kelebihan dengan memakai ban mobil sport, bukan? Pilihan ban mobil sport di atas bisa dicari di bengkel ban yang sudah terdaftar sebagai mitra Otoklix. Jangan lupa untuk servis ban secara berkala!