Di pameran otomotif GIIAS 2022 kemarin, selain Tiggo 7 Pro, Chery juga menawarkan mobil di kelas SUV premium lainnya yakni Chery Tiggo 8 Pro. Disebut-sebut di banyak portal otomotif bahwa Tiggo 8 Pro merupakan mobil SUV yang lebih canggih dan mewah dibandingkan Tiggo 7 Pro.

PT Chery Sales Indonesia (CSI) mengklaim bahwa Chery Tiggo 8 Pro menjadi pilihan mobil SUV yang mengedepankan gaya dan fungsinya, khususnya yang berkaitan dengan keselamatan. 

Pengembangannya cukup kompleks, yakni desain dan fitur yang fungsional tetapi tetap eksklusif sehingga sangat cocok dijadikan salah satu pilihan mobil keluarga.

Sayangnya, mobil produksi China ini baru dijual secara resmi melalui CSI per Oktober 2022 nanti. Sebelum benar-benar dirilis, yuk kenali lebih dulu spesifikasi Chery Tiggo 8 Pro.

Performa Mesin Chery Tiggo 8 Pro

Kapasitas mesin mobil Chery Tiggo 8 Pro yakni mesin turbo 2.000 cc Turbo Gasoline Direct Injection (TGDI) generasi ketiga yang bisa menghasilkan keluaran mesin sebesar 250 hp pada torsi maksimal 400 Nm yang disalurkan melalui transmisi otomatis percepatan 7.

Tiggo 8 Pro mengadopsi teknologi turbocharger sehingga dapat memberikan dorongan yang lebih efektif dengan efisiensi termal sebesar 37,1 persen.

Chery Tiggo 8 Pro diklaim sebagai mobil dengan teknologi dan fitur terlengkap dibandingkan dua generasi sebelumnya yakni Chery Tiggo 7 Pro dan Tiggo 4 Pro. 

Pasalnya Tiggo 8 Pro dibekali teknologi canggih seperti sistem pembakaran cerdas generasi kedua, adaptive cruise control dan forward collision, miller cycle, sistem injeksi langsung 350 bar dan keseimbangan ganda poros yang diklaim bisa mengeluarkan tingkat emisi rendah.

Baca juga: Fungsi Injektor Mobil dan Cara Merawatnya

Fitur Chery Tiggo 8 Pro

Sementara itu, dari segi keselamatan Chery Tiggo 8 Pro menggunakan ADAS, diantaranya yakni adaptive cruise control, autonomous emergency braking (AEB), forward collision warning (FCW), start-stop otomatis, blind spot detection, rear cross traffic alert, dan high beam control.

Ada juga sistem keselamatan dan keamanan standar yakni airbags, sistem pengereman ABS, brake override system dan electronic system programme, serta traction control system.

Selain itu, fitur tambahan lainnya di antaranya traffic sign recognition, hill start assist, hill descent control, speed limit remind, kamera 30 derajat, parking brake dan auto hold.

Fitur infotainment mobil ini diantaranya seperti surround 8 speaker dari Sony, ambient light multi warna yang digunakan untuk kabin mobil dan skylight panoramic sunroof.

Baca juga: Mau beli mobil yang ada sunroofnya? Ini rekomendasinya!

Desain Eksterior Chery Tiggo 8 Pro

Ukuran dimensi Chery Tiggo 8 Pro memiliki panjang 4.722 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.745 mm dengan enam pilihan warna meliputi black, white, red, blue, gray, purple.

Konsep desain Chery Tiggo 8 Pro menerapkan konsep global Chery 3.0 aesthetic content and form yang dikombinasikan dengan gaya high end. 

Grill mobil ini elegan karena didesain matriks dan ada berlian geometrisnya. Lampu depan mobil ini sudah menggunakan lampu LED berdesain sipit yang menyatu dengan DRL.

Sedangkan eksterior bagian belakang mobil menggunakan lampu henti LED yang sudah dilengkapi dengan kick sensor. Velg mobil Chery Tiggo 8 Pro menggunakan velg dual tone yang ukurannya 18 inch.

Desain Interior Chery Tiggo 8 Pro

Saat masuk ke dalam kabin mobil, kita akan disuguhi kemewahan dimulai dari dashboard mobil, door trim sampai jok mobil terbuat dari material premium. Semua varian Chery Tiggo 8 Pro memuat kapasitas penumpang sebanyak tujuh penumpang dewasa.

Head unit Chery Tiggo 8 Pro sudah menggunakan layar LCD full digital ukuran 12.3 inch, sedangkan head unit untuk mengatur AC mobil sudah menerapkan teknologi touchscreen berukuran 8 inci. 

Fitur infotainment tambahan lainnya diantaranya arm rest, wireless charger, surround 8 speaker dari Sony, ambient light multi warna, dan skylight panoramic sunroof.

Baca juga: 7 Head Unit Apple Carplay Terbaik dan Terbaru di 2022

Harga Chery Tiggo 8 Pro

Sama seperti Chery Tiggo 7 Pro, Chery Tiggo 8 Pro terbaru baru akan resmi dijual melalui PT Chery Sales Indonesia (CSI) per Oktober 2022 nanti. Kendati demikian, pada event GIIAS 2022 kemarin telah dibocorkan estimasi harga Chery Tiggo 8 Pro.

Harga Chery Tiggo 8 Pro varian Luxury dibanderol dengan harga Rp520 jutaan sedangkan Chery Tiggo 8 Pro varian Premium dijual dengan harga Rp560 jutaan. Kedua harga ini merupakan harga OTR.

Harga bisa sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu update informasi tentang harga mobil terbaru melalui blog otomotif terpercaya.

Pertanyaan Seputar Chery Tiggo 8 Pro

Harga Chery Tiggo 8 Pro varian Luxury dibanderol dengan harga Rp520 jutaan sedangkan Chery Tiggo 8 Pro varian Premium dijual dengan harga Rp560 jutaan.

Fitur keselamatan Chery Tiggo 8 Pro menggunakan ADAS, di antaranya yakni adaptive cruise control, autonomous emergency braking (AEB), forward collision warning (FCW), start-stop otomatis, blind spot detection, rear cross traffic alert, dan high beam control.

Kapasitas mesin mobil Chery Tiggo 8 Pro yakni mesin turbo 2.000 cc Turbo Gasoline Direct Injection (TGDI) generasi ketiga yang bisa menghasilkan keluaran mesin sebesar 250 hp pada torsi maksimal 400 Nm yang disalurkan melalui transmisi otomatis percepatan 7.