Saat akan membeli ban untuk mobil kesayangan kalian, ada baiknya, OtoFriends mempelajari terlebih dahulu tabel kode ban mobil. Sebab terdapat berbagai jenis ban serta spesifikasi yang dijual di pasaran. Oleh karenanya kalian perlu teliti dan mengetahui jenis ban tersebut.

Selain itu, kalian sebisa mungkin memahami kode ban mobil yang tertera di ban mobil, kode tersebut berupa susunan huruf serta angka. Selain itu terdapat juga keterangan pembuatannya, karena ban memiliki masa penggunaan dan harus diganti.

Kode pada ban mobil umumnya terletak di permukaan ban mobil bagian pinggir dan mudah ditemukan karena berupa huruf dan angka yang dicetak timbul. Rangkaian angka dan huruf tersebut memiliki arti penting, mulai dari jenis, ukuran, hingga anjuran batas kecepatan dan beban maksimum ban mobil.

Melalui kode tersebut pemilik kendaraan bisa mendapatkan petunjuk penting mengenai kondisi ban mobilnya. Memahami arti kode ban mobil juga bisa membantu kamu ketika akan mengganti ban, agar tidak salah memilih ban dan tetap nyaman digunakan saat berkendara.

Seperti apa arti dan cara membaca arti kode pada ban mobil? Simak penjelasannya berikut.

Tipe Mobil

Huruf P yang terdapat pada awal kode menandakan tipe ban yang diperuntukkan bagi kendaraan penumpang. P memiliki  makna Passenger, yang artinya ban tersebut tepat digunakan untuk mengangkut penumpang atau mobil sehari-hari yang selama ini banyak digunakan.

Meski begitu, banyak produsen ban mobil penumpang yang tidak menyertakan kode huruf ban mobil ini. Jika ada huruf “P” di dinding samping sebelum deretan angka, itu berarti “mobil penumpang”. 

Hal ini mengacu pada metode ukuran ban Amerika yang disebut P-metrik. Selain “P”, ada pula kode huruf lain seperti ST, LT, dan T. Khusus untuk T yang bermakna temporary, ban mobil ini adalah ban cadangan dan tidak disarankan digunakan dalam kurun waktu lama.  

Baca Juga: Tekanan Angin Ban Mobil City Car Ideal dan Tips Mengisinya

Lebar Tapak Ban

Selanjutnya ada angka 205, angka tersebut merupakan kode ukuran ban mobil yang menunjukkan lebar tapak ban dalam satuan milimeter dan disarankan untuk digunakan oleh kendaraan yang bersangkutan saat dipasangkan pada pelek.

Jika melihat angka dari kode pada ban mobil di atas, tandanya mobil yang bersangkutan harus menggunakan ban yang memiliki lebar 205 milimeter. Tentu ukuran tersebut bervariasi, ada yang memiliki ukuran lebih besar misal 205 milimeter, dan seterusnya.

Rasio Tinggi Ban 

Selanjutnya ada satuan tinggi dari angka yang muncul setelah garis miring. Angka 65 menunjukkan jika besarnya ukuran tinggi ban ditentukan berdasarkan rasio dari angka lebar sebelumnya.

Jika angka 205 merupakan ukuran lebar dari ban mobil, maka angka 65 menunjukkan tinggi ban 65 persen dari lebarnya, yang berarti 65 persen x 205 milimeter sama dengan 133,2 millimeter. Cara perhitungan tersebut sama jika rasio menunjukkan angka berbeda, misal 75 berarti 75 persen, dan seterusnya.

Diameter Velg Mobil

Kode ban mobil R umumnya diikuti dengan angka seperti 14 atau 15. Angka tersebut menentukan besar diameter velg mobil yang akan dipasangkan ban. Jika pada mobil tertentu memiliki velg berukuran 15 inci maka harus memakai ban ukuran ring 15.

Ada juga R14 yang berarti ban tertentu hanya bisa terpasang pada velg mobil yang memiliki ukuran 14 inci. Umumnya, ukuran ban mobil tersedia dengan diameter mulai dari 12 inci hingga 22 inci.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Bengkel Ban Mobil Terdekat di Depok dan Sekitarnya

Kemampuan Menahan Beban

Ban mempunyai batas beban tumpuan, kode angka 94 menunjukkan beban maksimum yang dapat ditopang pada ban mobil tertentu. Beban maksimum ini ditunjukkan dengan angka puluhan di belakang ukuran diameter ban.

Berdasarkan ketentuan, angka 94 menunjukkan bahwa mobil yang dipasangi ban dengan kode tersebut mampu menahan total beban penumpang seberat 670 kg.

Sama halnya seperti bagian lain, kode satu ini juga memiliki ketentuan yang bervariasi, di mana semakin besar angkanya maka semakin besar pula beban penumpang atau bawaan yang mampu diangkut dari setiap mobil.

Kode Kecepatan Ban Mobil

Pada kode terakhir terdapat kode  yang menunjukkan batas kecepatan mobil yang dapat dicapai saat menggunakan ban tertentu. Karena pada kode ban mobil di atas kodenya berupa huruf H, maka kecepatan maksimal yang dapat dicapai saat menggunakan ban tersebut ada di angka 210 kilometer per jam (km/jam).

Sama seperti kode lainnya,  ketentuan berbeda juga berlaku untuk tingkatan kode yang terdapat pada masing-masing ban. Berikut tabel kode ban mobil berdasarkan batas kecepatan penggunaannya. 

Itu dia tabel kode ban pada mobil yang wajib kalian tahu. Untuk OtoFriends yang ingin melakukan penggantian ban mobil bisa langsung datang ke bengkel rekanan kami yang bisa dicari melalui website Otoklix.