Ban merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan. Tanpa ban, mobil tidak dapat berjalan sempurna. Oleh sebab itu, ban mobil perlu dirawat dengan baik dan diganti secara teratur. Berikut beberapa rekomendasi bengkel ban mobil terdekat di Depok yang bisa dijadikan referensi!

Rekomendasi bengkel ban mobil di Depok

Nama bengkel

Alamat

Layanan

Mutiara Car Care

 

Jl. Margonda Raya No.350, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423

Ganti ban, ganti spare part, ganti oli, dll

Wiguna Ban PD

Jl. Margonda Raya No.268, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423

Spooring balancing, ganti ban, cuci mobil, dll

F20 Wheels

 

Jl. Margonda Raya No.424, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

Ganti ban, ganti velg, servis mobil

Mandiri Jaya Ban Depok

Jl. Margonda Raya No.39, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431

Ganti ban, tukar tambah ban

Ottoban Depok

 

Jl. Margonda Raya No.228, RT.1/RW.12, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16423

Ganti ban, servis mobil

Kembar Motor Spooring & Balancing

 

Jl. K.H.M. Yusuf Raya No.56, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16418

Ganti ban, spooring balancing, tune up, dll

Bridgestone Depok

 

Jl. Margonda Raya No.475, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424

Ganti ban, cuci mobil

Setuju Motor – Reparasi Ban

Kukusan

Jl. Kukusan Raya No.67 A, Depok, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Ganti ban, reparasi ban

SteamerWheels 

 

Jl. K.H.M. Usman No.132, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Ganti ban, spooring, balancing

Belawan Speed Cimanggis

 

Jl. Raya Jakarta-Bogor No.88, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16451

Ganti ban, velg, servis mobil

Baca juga: Rekomendasi 5 Bengkel Ban Mobil Terdekat di Depok

Tips membeli ban mobil yang tepat

1.Pilih ban sesuai kebutuhan

Agar ban dapat digunakan dengan tepat, pastikan OtoFriends membeli ban sesuai kebutuhan. Misalnya, ban M/T atau Mud Terrain cocok untuk pengguna mobil yang hobi traveling dan melewati medan bebatuan. Apabila OtoFriends menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari di jalanan biasa, ban tipe All Terrain atau A/T lebih cocok digunakan.

2. Pilih ban sesuai tipe mobil

Selain menyesuaikan ban dengan kebutuhan, pastikan juga ban yang dipilih sesuai dengan tipe mobil. Sebab, setiap kendaraan memiliki tipe dan ukuran bawaan dari pabrik. Untuk mengeceknya, OtoFriends bisa melihat bagian plakat laci atau pintu, atau di dekat tutup tangki bahan bakar. OtoFriends juga dapat melihat tipe ban dari petunjuk penggunaan yang mencantumkan tipe dan ukuran ban.

3. Pilih ban sesuai desain alur

Jangan lupa untuk membeli ban sesuai desain alur, motif, atau pola. Hal itu penting diperhatikan karena dapat memperbesar gesekan ban dengan jalan. Apabila gesekan yang terjadi kecil, risiko terpeleset di jalan semakin besar. Untuk pengguna yang tinggal di daerah yang sering hujan, misalnya, bisa memilih ban dengan pola desain V. Sebab, alur desain V memiliki daya gesek tinggi sehingga sangat tepat digunakan di jalanan licin.

Baca juga: Bengkel Ban Mobil Terdekat & Terbaik dari Lokasi Kamu

4. Pilih ban sesuai ukuran

Selanjutnya, pilih ban sesuai ukuran. Pemilik mobil harus paham arti kode yang ada di permukaan ban. Misalnya, kode ban mobil 205/55 R16 91 V, cara membacanya adalah sebagai berikut:

  • 205: Menunjukkan lebar telapak ban dalam satuan mm.
  • 55: Menunjukkan aspek rasio ketebalan ban dalam persentase atas lebar tapaknya.
  • 16: Menunjukkan diameter velg yang dicantumkan dalam satuan inci.
  • 91: Menunjukkan indeks beban maksimum.

Ban juga terbagi menjadi beberapa jenis, yakni ban tubetype (ban dalam), ban tubeless (tanpa ban dalam), dan ban radial. Selain itu, kode V menunjukkan batas kecepatan maksimum. Setiap ban memiliki kode berbeda, misalnya S, Q, H, dan Z.

5. Pilih ban sesuai ketebalan

Tips selanjutnya adalah perhatikan ketebalan ban. Apabila OtoFriends memilih ban mobil yang tebal, keseimbangan mobil dan performa akan meningkat. Sebaliknya, apabila OtoFriends membeli ban yang tipis, performanya akan menurun. Jadi, pilihlah ban dengan kualitas terbaik.

6. Perhatikan tanda kadaluarsa ban

Selanjutnya, perhatikan tanda kadaluarsa ban. Caranya dengan memperhatikan kode ban, misalnya kode 0312. Angka 03 menunjukkan waktu pembuatan ban, yakni di minggu ketiga. Angka 13 menunjukkan tahun produksi ban, yakni 2013. Untuk membeli ban yang bagus, pilihlah ban dengan tahun pembuatan terbaru.

Pastikan pula proses penyimpanan ban tidak sembarangan. Sebab, ban yang terbuat dari karet dan lama disimpan akan menimbulkan masalah. Selain itu, tempat penyimpanan yang lembab juga bisa mempengaruhi kualitas karet ban. Untuk memastikan kondisi ban, OtoFriends bisa pergi ke bengkel terdekat atau melakukan booking online melalui aplikasi Otoklix!

Baca juga: Daftar Bengkel Ban Mobil Murah di Jabodetabek

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar bengkel ban mobil terdekat di Depok

Beberapa rekomendasi ban mobil yang bagus di antaranya Bridgestone, Hankook, Toyo, Achilles, GT Radial, Michelin, Dunlop, dan Yokohama.

Ban mobil yang harus diganti di antaranya sudah berumur lebih dari 3 tahun, telah menempuh jarak 40 ribu kilometer, ketebalan tapak ban mencapai batas TWI, ban gundul di tengah, ban retak, dan ban yang sudah terlalu sering ditambal.

Tidak perlu spooring dan balancing setelah ganti ban karena setelan kaki kaki mobil tidak berubah. Namun, lakukan balancing ulang karena bobot bannya sudah berubah.