Ciri-ciri transmisi manual rusak penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil OtoFriends. Transmisi berperan penting dalam menyalurkan tenaga ke roda mobil, sehingga apabila ciri ciri transmisi manual rusak tidak di atasi dengan baik, tentu dapat mengakibatkan mobil mogok dan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Hal ini juga perlu menjadi perhatian bagi OtoFriends yang tertarik untuk melakukan pembelian mobil bekas. Mobil bekas rawan memiliki kondisi mesin mobil yang rusak dan tidak terawat. Usahakan untuk melakukan test drive dan cek kondisi mesin terlebih dahulu, sehingga OtoFriends tidak menyesal saat memutuskan untuk melakukan pembelian mobil bekas.

Baca juga: Cara Jitu Cek Mesin Mobil Bekas Bagi Pemula

Untuk lebih lengkapnya, berikut Otoklix rangkum informasi penting terkait ciri ciri transmisi manual rusak yang perlu OtoFriends ketahui. Simak penjelasannya di bawah ini!

10 Ciri Ciri Transmisi Manual Rusak

Secara umum, ada 10 ciri ciri transmisi manual rusak yang dapat OtoFriends jadikan pertanda untuk segera melakukan pengecekkan, antara lain:

  1. Susah Pindah Gigi

Pernah merasakan masalah mobil sulit untuk pindah gigi? Berhati-hatilah karena itu adalah salah satu ciri ciri transmisi manual rusak yang perlu segera diatasi. Masalah ini biasanya disebabkan karena adanya keausan pada komponen tali kopling, terdapat komponen yang termakan usia, atau adanya masalah pada garpu kopling saat memindahkan gigi.

  1. Gear Slip

Masalah gear slip juga bisa menjadi indikasi dari ciri ciri transmisi manual rusak. Berhati-hatilah karena gear slip dapat menyebabkan kecelakaan, terlebih apabila OtoFriends sedang berkendara dengan kecepatan yang tinggi. Risiko hilang kendali bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat berkendara dengan mematuhi aturan kecepatan standar yang telah ditentukan. 

Selain itu rutin melakukan pengecekkan kondisi mesin dan komponen transmisi juga menjadi hal yang penting. OtoFriends dapat menggunakan aplikasi Otoklix untuk melakukan booking service dan perawatan. Aplikasi Otoklix dapat OtoFriends unduh di Play Store atau App Store.

  1. Kopling Seret

Sama halnya dengan masalah gear slip, kopling seret juga bisa menjadi ciri ciri transmisi manual rusak yang berbahaya. Apabila kopling mobil seret, maka OtoFriends akan kesulitan untuk memindahkan gigi, alhasil mesin mobil menjadi rusak dan mengeluarkan bunyi seret. 

Beberapa hal yang menjadi penyebab masalah kopling seret antara lain, kopling yang sudah kendur atau disk kopling yang gagal terlepas dari flywheel saat pedal kopling di injak. 

  1. Suara Dengung dari Transmisi Mobil

Mendengar suara dengung dari arah transmisi mobil, lebih baik OtoFriends segera membawa mobil kesayangan OtoFriends ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekkan. Suara mesin yang berdengung bisa menjadi indikasi adanya benturan antar komponen sehingga mengakibatkan kinerja transmisi mobil menjadi terganggu. 

Mengatasi hal ini OtoFriends harus memberikan oli transmisi pada komponen mobil yang sudah terlihat aus. Melakukan pengecekkan rutin setidaknya 6 bulan sekali bisa menjadi solusi tepat untuk menghindari ciri ciri transmisi manual rusak seperti ini terjadi pada mobil OtoFriends.

  1. Mobil Bergetar

Ciri ciri transmisi manual rusak selanjutnya adalah mobil bergetar saat sedang dikendarai, padahal mobil berkendara di jalanan yang mulus. Masalah ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti RPM yang rendah, performa mesin mobil yang menurun, hingga transmisi manual mobil yang rusak. 

Lakukan pengecekan untuk memastikan penyebab masalah mobil OtoFriends bergetar sehingga OtoFriends dapat melakukan perbaikan dengan penangan yang tepat.

Baca juga: Mesin Mobil Bergetar Saat Diam? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

  1. Bau Terbakar

Jika OtoFriends mencium bau terbakar dari arah mobil, sudah bisa dipastikan bahwa ciri-ciri transmisi manual rusak terlihat akibat mesin mobil mengalami overheat. Mengatasi hal ini OtoFriends harus memberikan pelumas pada komponen transmisi manual mobil sehingga pergerakkan komponen dapat lancar kembali. Ingatlah untuk tidak memberikan pelumas atau oli secara berlebihan karena dapat menyebabkan kebocoran atau mengotori mesin transmisi manual mobil.

  1. Lampu Check Engine Menyala

Lampu check engine yang menyala menjadi indikator atau ciri ciri transmisi manual rusak. Jika lampu ini sudah menyala, maka sudah bisa dipastikan bahwa masalah kerusakan bersumber dari transmisi manual mobil OtoFriends sehingga OtoFriends bisa melakukan penghematan waktu pemeriksaan mesin mobil dan segera mengambil tindakan perbaikan transmisi manual.  

  1. Cairan Transmisi Bocor

Cairan transmisi mobil yang bocor dapat menimbulkan masalah serius pada mobil. Perlu diketahui cairan transmisi yang bagus akan berwarna merah terang dan berbau mani, sebaliknya cairan transmisi yang sudah kotor akan berwarna gelap dan berbau gosong. Oleh sebab itu OtoFriends harus rutin melakukan pengecekan dan penggantian untuk memastikan bahwa cairan transmisi mobil tidak bocor dan tetap dalam kondisi yang bersih. 

  1. Mesin Mobil Lama Merespons

Mesin mobil telat merespons bisa menjadi ciri ciri transmisi manual rusak. Biasanya saat pedal gas mobil diinjak, mobil melaju dengan tenaga yang tidak semestinya. Gejala ringan ini secara tidak langsung menunjukkan ciri ciri transmisi manual rusak dan bisa berujung pada kerusakan yang parah. Oleh sebab itu, segera bawa mobil OtoFriends ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan dan menemukan sumber masalah mengapa mesin mobil lambat untuk merespons.

  1. Suara Berisik di Posisi Netral

Ketika mobil berada pada posisi netral namun timbul suara berisik, bisa dipastikan bahwa ada komponen bearing mobil yang sudah aus. Komponen ini membunyikan suara berisik dan dapat mengganggu kinerja transmisi manual mobil. Segera periksa ke bengkel untuk memastikan ciri ciri transmisi manual rusak tidak melebar ke komponen mesin mobil lainnya.

Cara Memperbaiki dan Merawat Transmisi Manual Rusak

Sudah mengetahui 10 ciri ciri transmisi manual rusak, langkah tepat untuk mengatasi masalah transmisi manual rusak ini adalah dengan membawa mobil OtoFriends ke bengkel terdekat agar bisa ditemukan sumber permasalahannya dengan tepat. Jangan menganggap remeh ciri ciri transmisi manual rusak di atas karena dapat berujung fatal pada mesin mobil. 

Lakukan perawatan rutin seperti ganti oli transmisi secara teratur setiap 3.000km sampai 5.000 km, menyetel kopling dengan tepat, melakukan servis rutin setidaknya 6 bulan sekali, dan menggunakan komponen transmisi yang berkualitas untuk merawat setiap komponen transmisi manual mobil OtoFriends.

Baca juga: Penting! Ini Fungsi Oli Transmisi Manual dan Tanda Harus Ganti

Hubungi kami lebih lanjut untuk informasi seputar perbaikan transmisi manual mobil yang rusak. 

Pertanyaan Seputar Ciri Ciri Transmisi Manual Rusak

Beberapa gejala kerusakan pada transmisi manual ditunjukkan seperti gear slip, susah pindah gigi, kopling seret, mobil bergetar, bau terbakar, hingga suara berisik dan lampu check engine menyala.

Penyebab utama transmisi manual rusak biasanya karena adanya komponen transmisi yang aus. Gunakan oli transmisi rutin setidaknya setiap 3.000 km untuk menghindari masalah transmisi manual rusak.

Mobil dengan transmisi manual memiliki kelemahan seperti, susah untuk dikemudikan pengendara yang baru bisa menyetir mobil.