Perawatan ban adalah hal yang sangat penting untuk menjaga keselamatan berkendara. Maka dari itu, kamu perlu rutin melakukan spooring dan balancing. Apa itu spooring dan balancing? Dimana tempat spooring balancing terdekat?

Simak artikel di bawah ini ya.

Bengkel Ban untuk Spooring Balancing Terdekat

Sebelum mengetahui tentang apa itu spooring dan balancing, catat dulu lokasi bengkel ban terdekat ya. Ini dia daftar rekomendasi bengkel ban di Jabodetabek yang bisa kamu datangi untuk melakukan spooring dan balancing.

Nama BengkelAlamatNo. Telepon
Espede Ban Sawah Besar
Jl. Sukarjo Wiryopranoto, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat(021) 3453272
TS BAN
Jl. Pecenongan No.4A, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat0816708044
Berkat Ban
Jalan Permata Taman Palem Blok B3 No. 35, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat(021) 54369956
Velindo Ban
Jl. Daan Mogot KM. 11 No.43, Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat(021) 5451122
Subur Ban
Jl. Tanjung Duren Raya No.113, Kec. Grogol petamburan, Jakarta Barat(021) 5670209
Bina Ban
Jl. Tanjung Duren Raya No.27, Kec. Grogol petamburan, Jakarta Barat(021) 5672400
PS Ban
Jl. Ir. H. Juanda, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Timur, Tangerang Selatan(021) 7401777
Arema Ban
Jl. Gedong Panjang II No. 3 Pejagalan Penjaringan Jakarta Utara(021) 6907108
Karunia Ban
G H, Jl. Dr. Setiabudi No.39, Pamulang Timur, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan(021) 74715648
Ichiban Tyre & Autoservice
Jl. Kb. Raya 2 No.25, RT.7/RW.7, Duri Kepa, Kec. Kebon Jeruk, Jakarta Barat(021) 5674323
Kedoya Raya Ban & Motor
Jl. Kedoya Raya No.29, Kedoya Selatan, Kec. Kebon Jeruk, Jakarta Barat(021) 5810380
Js Auto
Jl. Siliwangi No.3, Pd. Benda, Kec. Pamulang, Tangerang Selatan085214926111
Saputra Ban Bintaro 3
Jl. Elang Blok Hf.1 No.7, Pd. Pucung, Kec. Pondok Aren, Tangerang Selatan(021) 22929575
Cinere Ban
Jalan Cinere Raya Blok NA No.17, Cinere, Kec. Cinere, Kota Depok(021) 7549820
Auto Ban Serpong
Jl. Raya Serpong No.KM. 8 No.15, Pakulonan, Kec. Serpong Utara, Tangerang Selatan(021) 5396156
Subur Makmur Ban Dunlop Shop Tyres
Jalan Raya Jakarta – Bogor Km.39 No.54 Cilodong, Pabuaran, Depok081395099959
Dunia Ban Home service
Jl. MH. Thamrin No.17, Cikokol, Kec. Tangerang, Tangerang(021) 5547713
Trijaya Ban
Jl. Kayumanis Timur No.1, Cirimekar, Cibinong, Bogor(021) 87914835

Agar lebih mudah dan kamu bisa jadwalkan ke bengkel, kamu bisa gunakan aplikasi atau buka web www.otoklix.com. Daftar akun terlebih dahulu menggunakan nomor handphone dan pilih bengkel terdekat.

Apa Itu Spooring dan Balancing?

Kaki-kaki mobil dan roda menjadi tumpuan utama mobil agar dapat dikendarai. Untuk menjaga keselamatan pengemudi, kamu perlu memastikan bahwa roda dalam posisi yang aman dan benar. Hal ini juga membuat kamu lebih nyaman berkendara. 

Lalu, apa itu spooring dan apa bedanya dengan balancing?

Spooring

Jika kamu sering menggunakan mobil apalagi melewati medan yang berat, kedudukan empat roda bisa saja berubah. Perubahan ini mungkin tidak terlihat secara kasat mata, tetapi kamu dapat merasakan performa mobil menjadi tidak stabil. 

Nah, maka dari itu kamu perlu melakukan spooring, yaitu meluruskan kembali posisi keempat roda menjadi seperti pengaturan awal pabrik. Umumnya roda yang perlu diluruskan adalah dua roda depan. Spooring juga dilakukan ketika kamu mengganti ban mobil baru.

Cara mengetahui apakah roda mobil perlu dilakukan spooring adalah dengan berkendara di kecepatan rendah, sekitar 40-50 kpj. Kalau setirnya terasa “lari” sendiri, berbelok ke kanan atau ke kiri padahal setir dalam kondisi lurus, maka kamu perlu mengecek di bengkel spooring balancing terdekat.

Cara kerja spooring adalah dengan mengatur posisi roda depan atau front wheel alignment. Prosesnya adalah dengan menyetel sudut camber atau sudut caster.

Balancing

Tujuan dari balancing sama dengan spooring, yaitu agar berkendara lebih nyaman karena setirnya stabil. Bedanya, balancing dilakukan untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. 

Balancing dilakukan dengan mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi, misalnya 100 kpj. Apabila terasa getaran di dalam mobil, artinya ban sebelah kanan dan kiri tidak seimbang. Apabila dilakukan pengecekan di bengkel spooring balancing terdekat, maka akan dilakukan pengecekan di mesin balancing untuk mengetahui roda mana yang butuh diseimbangkan.

Titik tersebut akan ditempelkan besi atau timah kecil sebagai penyelaras keseimbangan. Roda yang ditempeli besi atau timah akan membuat bobot roda seimbang. Jadi, getaran yang dirasakan semakin kecil atau bahkan hilang.

Tidak hanya saat terasa getaran di dalam kabin, balancing juga dilakukan ketika kamu mengganti ban atau velg mobil, lho. Ada batas kilometer tertentu juga untuk melakukan balancing.

Kapan Harus Spooring Balancing?

Beberapa kondisi berikut menjadi indikasi atau tanda-tanda mobil perlu dilakukan spooring balancing di bengkel spooring balancing terdekat.

1. Setir mobil sulit dikendalikan

Seperti yang sudah disinggung di atas, jika kamu berkendara di kecepatan rendah sekitar 40-50 kpj dan merasa setir mobil bergerak sendiri ke kanan atau kiri, maka roda perlu dilakukan spooring. Terkadang setir juga terasa berat.

2. Getaran di dalam kabin

Sudah disinggung pula di atas, ketika berkendara di kecepatan tinggi dan terasa getaran di dalam kabin, maka mobil kamu perlu dilakukan balancing.

3. Kaki mobil bermasalah

Idealnya, kaki-kaki mobil perlu dicek secara rutin setiap 3 bulan sekali agar kondisinya tetap terjaga. Kaki mobil yang bermasalah dapat membuat setir tidak seimbang. Jadi, segera lakukan perbaikan di bengkel yang menyediakan spooring balancing terdekat ya.

4. Ban sudah mulai tampak aus

Ban yang tampak aus atau tidak rata karena ada benjolan di satu sisi atau semua sisi menjadi tanda bahwa kamu perlu melakukan spooring balancing. Biasanya, ban yang botak adalah di bagian depan. Kondisi ban yang tidak baik akan membuat gerakan mobil tidak sesuai.

5. Ban tampak miring dan tidak sejajar

Cara mengetahui kondisi ban perlu dibawa ke bengkel spooring balancing terdekat adalah dengan melihat ban tidak sejajar ketika diparkir. Biasanya ban di roda depan yang terlihat miring.

6. Memasuki masa servis ban

Spooring balancing memang perlu dilakukan secara berkala, yaitu setiap 20.000 km atau setiap tahun tanpa menunggu munculnya tanda-tanda mobil perlu di-spooring dan balancing.
Kamu bisa mencari bengkel spooring balancing terdekat dengan aplikasi Otoklix lho. Cara kerjanya adalah dengan melalui maps dan mencarikan bengkel ban terdekat. Service ban mobil di Otoklix bisa dapat garansi 30 hari.