Honda CR-V adalah salah satu SUV yang diperhitungkan di Indonesia. CR-V selalu dianggap sebagai mobil mewah. Desainnya keren dan juga nyaman dikendarai. Namun, banyak yang menganggap bahwa konsumsi BBM CR-V gen 2 boros. Benar begitu?

Mobil SUV memang dibekali dengan mesin bertenaga. Untuk mengimbangi tenaga mesin tersebut, biasanya penggunaan BBM-nya juga lebih boros dibandingkan dengan mobil-mobil seperti MPV maupun city car. Konsumsi BBM CR-V gen 2 juga jadi pertimbangan bagi yang ingin beli unit bekasnya.

Lantas, apakah benar kalau konsumsi BBM CR-V gen 2 boros? Mari kita cek fakta tentang konsumsi BBM Honda CR-V generasi kedua.

Konsumsi BBM CR-V Gen 2

Konsumsi BBM sebuah kendaraan tidak hanya dilihat dari setelan pabriknya. Namun, dipengaruhi oleh berbagai faktor juga. Misalnya rute atau medan yang dilalui, gaya mengemudi, hingga kondisi mesin mobil. Mobil yang rajin dirawat biasanya lebih irit bahan bakar.

CR-V generasi kedua punya akselerasi yang lebih baik karena adanya power to weight. Fitur ini juga bikin konsumsi BBM cendering efisien. Konsumsi BBM CR-V gen 2 adalah 5-7 km/liter untuk rute dalam kota dan 9-11 km/liter untuk rute luar kota. Sementara itu, kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 58 liter.

Angka tersebut memang cenderung boros BBM. Pasalnya, sudah ada fitur ECO mode yang bisa memaksimalkan efisiensi BBM sampai 20%. Perlu diketahui bahwa konsumsi bahan bakar mobil paling irit di Indonesia adalah 20 km/liter hingga 24 km/liter.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda CRV dari Generasi ke Generasi

Spesifikasi Honda CR-V Gen 2 (2002-2006)

CR-V generasi kedua terlihat benar-benar berbeda dari segi tampilan. Dimensinya jadi lebih bongsor, memakai sasis yang sama dengan Honda Civic generasi ketujuh. Kemudian, dari segi performa juga lebih gahar.

Dapur pacunya dibekali dengan mesin K24A1 yang bisa menghasilkan performa lebih bertenaga. Tenaga puncaknya mencapai 160 hp dan torsi 220 Nm. Kemudian, pada tahun 2005, meluncur CR-V model facelift dari generasi kedua ini. Salah satu yang di-upgrade pada versi ini adalah model kaki terbaru dengan ukuran 16 inci.

Generasi ini tersedia dalam 2 opsi mesin, yaitu 2.000 cc dan 2.400 cc K24A1 4 silinder segaris. Tenaga yang bisa dihasilkan adalah 150 HP. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan untuk tipe 2.0L. Sedangkan untuk tipe 2.4L dibekali dengan transmisi matic 5 percepatan.

CR-V generasi kedua ini hadir dengan tampilan yang lebih atraktif daripada generasi pertamanya. Salah satu perbedaan signifikan adalah ukurannya yang lebih besar. CR-V generasi masih menempatkan ban serep pada pintu bagasi belakang.

Tampilan eksteriornya memang tidak segagah pesaingnya. Namun, di sisi lain, ada kelebihan pada bagian interiornya. Sebenarnya Honda CR-V gen 2 ini cuma punya 2 baris kursi. Akan tetapi, untuk pasar Indonesia bisa pilih kursi baris ketiga di area bagasi.

Tujuannya adalah untuk menarik calon pengguna yang ingin beli MPV atau yang mengutamakan mobil dengan kapasitas 7 orang.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Honda BRV dari Generasi ke Generasi

Harga Bekas Honda CR-V Gen 2

Lantas, berapa harga Honda CR-V generasi 2 bekas? Mobil ini masih laku dijual di pasaran. Untuk harga bekas di daerah Jakarta dan sekitarnya, Honda CR-V generasi kedua facelift tipe 2.4L dijual dengan harga Rp75 juta hingga Rp90 jutaan. Sedangkan untuk tipe 2.0L dijual dengan harga Rp60 juta sampai Rp75 jutaan.

Tips Beli Mobil Honda CR-V Bekas

Sebelum beli mobil Honda CR-V gen 2 bekas, sebaiknya perhatikan dulu tiga hal berikut.

1. Mesin

Secara umum memang mesin CR-V generasi kedua ini cukup andal, mumpuni, dan responsif. Namun, tetap saja kalau jarang tune up, tenaga mobil ini bakal turun hingga boros BBM. Jadi, pastikan untuk selalu servis dan tune up supaya performanya tetap terjaga.

2. Kaki-kaki

Kaki-kaki CR-V generasi kedua ini memang bantingannya agak keras untuk menahan guncangan, tetapi suspensi mobil ini termasuk paling kuat di antara mobil Honda lainnya. Sebelum beli mobil bekas, perhatikan bagian kaki-kakinya, khususnya pada dudukan karet. Apakah karetnya sudah ada yang sobek atau getas.

3. Bodi

Bagian bodi adalah bagian yang paling mudah dilihat. Bagi sebagian pemilik, posisi ban serep di pintu belakang memberi beban berlebih untuk engsel pintu belakang. Selain itu juga rentan hilang. Jadi, banyak yang memindahkan ban serep ke dalam.

Namun, kalau kurang rapi dalam pencopotannya, bekas copotan ban ini masih terlihat coak. Pemilik bisa menutupnya dengan pelat atau dempul, tetapi ada yang kurang bagus dan masih membekas. Kalau mau lebih berkualitas, pihak ATPM menerima ubahan ini dengan mutu prima.

Baca juga: Harga Jual Mesin Mobil Bekas dan Cara Mengeceknya

Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V Gen 2

Secara umum, kelebihan dan kekurangan Honda CR-V generasi kedua adalah sebagai berikut.

Kelebihan Honda CR-V Gen 2

  • Desain eskterior yang stylish dan gagah
  • Kapasitas kabin luas
  • Kabin cukup kedap
  • AC dingin
  • Mesin responsif
  • Konsumsi BBM CR-V gen 2 tipe 2.0 cukup irit

Kekurangan Honda CRV Gen 2

  • Desain dasbor kurang bagus
  • Desain interior cenderung monoton
  • Kualitas interior kurang bagus
  • Suku cadang cukup mahal pada tipe 2.4
  • Kualitas kaki-kaki kurang bagus, jadi sering bunyi

Itu dia pembahasan tentang konsumsi BBM CR-V gen 2.

Supaya performa terjaga dan BBM tetap irit, lakukan perawatan berkala di bengkel tepercaya. Mesin yang terjaga performanya bikin kerja sistem pembakaran lebih ringan, sehingga konsumsi BBM lebih efisien.

Kemudahan servis lengkap, mulai dari ganti oli, ganti aki, tune up, servis rem, AC, hingga perawatan bodi mobil bisa didapat di bengkel Otoklix. Selain servis lengkap dan berkualitas, suku cadang yang tersedia juga asli. Harga transparan, bayar sesuai nominal saat booking.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM CR-V Gen 2


Konsumsi BBM Honda CR-V gen 2 memang tidak bisa dibilang paling irit di kelasnya. Namun, cukup efisien. Konsumsi BBM CR-V gen 2 adalah 5-7 km/liter untuk rute dalam kota dan 9-11 km/liter untuk rute luar kota.


Pengeteasan konsumsi BBM CR-V 2003 dilakukan oleh beberapa pemilik. Konsumsi 1 liter bensin bisa menempuh jarak 9 km dengan bensin berjenis Pertamax.


Kapasitas tangki bahan bakar untuk Honda CR-V gen 2 adalah 58 liter. Kapasitas tangki ini cukup berat untuk dibawa bepergian ke luar kota dan tidak sering mengisi bensin.