Mini countryman pertama kali diperkenalkan di Indonesia yakni pada pameran otomotif tahunan terbesar di Indonesia tahun 2018, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Bukan sekedar mobil mini, melainkan mini countryman hadir dengan kelincahan serta berkarakter sporty.

Harga Terbaru Mini Countryman

Dengan kepopuleran mini countryman seperti saat ini, kamu tidak perlu heran kenapa mini countryman dibanderol dengan harga cukup tinggi. Bahkan harga terendahnya saja Rp 850 juta untuk varian Mini Cooper Countryman.

Setelah itu disusul oleh Mini Countryman Blackheath Edition Rp 969 juta dan Mini Cooper Countryman S Rp 980 juta. Sementara, paling mahal adalah Mini Countryman John Cooper Works yaitu Rp 1,52 miliar.

Spesifikasi Mobil Mini Countryman

Lebih lengkapnya, kamu bisa cek apa saja spesifikasi dari mini countryman pada penjelasan berikut ini.

  1. Varian Mobil Mini Countryman

Saat ini tersedia 4 varian dari mobil mini countryman, antara lain Mini Cooper Countryman, Mini Cooper Countryman S, Mini Countryman John Cooper Works, dan Mini Countryman Blackheath Edition.

Secara keseluruhan, masing-masingnya bisa ditempati hingga 5 orang dengan bahan bakarnya bensin.

  1. Mesin Mobil Mini Countryman

Mesin yang digunakan pada mini cooper countryman memiliki kapasitas 1.5 L dengan 3 silinder serta Twin Turbo. Dimana mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 136 ps dengan torsi 220 nm. 

Sementara itu, untuk varian MINI John Cooper Works telah dibekali mesin performa tinggi. Untuk sumber tenaganya berasal dari mesin bensin empat silinder 1998 cc MINI TwinPower Turbo.

Terakhir, cooper S sudah dibekali oleh mesin 1998 cc 4 silinder yang mempunyai tenaga maksimal 192 ps/6000 rpm dengan torsi puncaknya 280 Nm/ 4600 rpm.

  1. Fitur Tersedia Mobil Mini Countryman

Fitur yang tersedia pada mini countryman memang melimpah sekali fiturnya. Salah satunya saat kamu membuka pintu bagasi belakang bisa menggunakan fitur comfort access. 

Apabila tanganmu penuh atau sedang tidak bisa meraih handle pintunya, maka fitur Easy Opener Standar senantiasa memberikan memberikan bantuan sembari memuat barang ke bagasi.

Fitur eksterior mini countryman lainnya adalah sensor dengan fungsi auto headlight activation, front fog lights. 

Adapun fitur lengkap lainnya dari mini countryman bisa seperti chrome line, floor mats, front center armrest.

  1. Interior Mobil Mini Countryman

Tak hanya dilihat berbobot dari luar saja, melainkan interiornya pun berdesain retro-modern. Penumpang dan pengemudi akan dibuat nyaman dengan ruang kepala dan bahu yang diperbesar. Begitu pun dengan susunan kursinya.

Jika dibandingkan dengan model pendahulunya, maka bagian pintu belakang telah diperbesar. Sehingga akses masuk dan keluarmu jadi lebih nyaman.

Apalagi, saat ini kursi pengemudi dan penumpang sudah menerapkan pengaturan elektrik dengan fungsi memori di bagian sisi pengemudi.

  1. Eksterior Mobil Mini Countryman

Ditinjau dari segi desain, mini countryman masih mengusung ciri dari MINI seperti lengkungan roda besar, overhang pendek, serta sisi bawah lebar. Namun, desainnya tetap kuat dengan bodynya yang tidak terlalu bongsor.

Sementara itu, untuk bagian headlamp nya sendiri masih mempertahankan gaya bundar khas brand MINI. Dimana konturnya sangatlah khas, menyatu dengan gril radiator, dan sedikit membulat asimetris.

Ada juga lampu kecil yang posisinya terigerasi ke lubang masuk udara dan dipergunakan sebagai lampu pada siang harinya.

Kelebihan Mini Countryman Tahun 2022

Apabila membayangkan mini countryman, mungkin akan langsung terlintas mobil bergaya klasik khasnya Inggris. 

Nah, soal desain, kamu tak perlu khawatir, sebab memang tampak sangat stylish dengan memberikan kesan retro yang amat kuat.

Di samping itu, kamu pun juga bebas dalam memilih warna yang sangat menarik perhatian. Pun sama dengan sisi interior mobil ini yang amat lapang. Sehingga jadi salah satu alasan kenapa penumpang nyaman.

Jok mini countryman dilapisi dengan material kulit berkualitas yang membuat posisinya lebih nyaman. Kabinnya terbilang cukup padat. Sehingga suara bising dari luar yang sangat mengganggu tidak akan sampai ke dalam.

Mobil mini countryman terbilang lebih tangguh. Sebab dibekali dengan mesin yang bertenaga dan terbaru yang rata-rata telah memakai teknologi MINI Twin Power Turbo Engine. 

Baca juga: Spesifikasi dan Harga SUV Tangguh Nissan Magnite 2022

Kekurangan Mini Countryman

Mini countryman dibanderol dengan harga tinggi, hal tersebut membuat tidak semua orang bisa memilikinya. Ini dikarenakan mobil mini countryman termasuk kelas premium dengan banyaknya fitur teknologi terbaru yang siap memanjakan pengemudinya.

Dalam memilih bahan bakar, kamu pun tak boleh sembarangan. Sebab, mini countryman sudah dibekali mesin berteknologi tinggi. Jadi yang direkomendasikan hanyalah bahan bakar beroktan minimal 95.

Hal ini mungkin membuatmu harus merogoh uang lebih banyak untuk membeli bahan bakarnya. 

Karena bersuspensi keras, maka untuk kamu yang tidak menyukai suspensi berkarakter tersebut mungkin kurang nyaman saat mengendarainya.

Meskipun demikian, sebenarnya mobil dengan suspensi keras bisa berjalan lebih stabil dan tak limbung saat bermanuver.

Pajak Mini Countryman

Seperti yang kita tahu, mini countryman dibanderol dengan harga tinggi. Jadi, sudah pasti pajak tahunan yang dibebankan kepada pemilik juga tinggi, yakni mulai Rp 12 juta per tahunnya.

Lakukan perawatan mobilmu segera di bengkel terdekat dan jangan lupa pelajari tips perawatan mobil di rumah yang didapatkan dari blog otomotif.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Mini Countryman

Berkisar Rp 850 juta hingga Rp 1,52 miliar.

Bahan bakar dengan nilai oktan minimal 95

Mesin 1998 cc 4 silinder yang mempunyai tenaga maksimal 192 ps/6000 rpm dengan torsi puncaknya 280 Nm/ 4600 rpm