BMW M3 yang diluncurkan oleh BMW Group Indonesia pada tahun 1986 kini telah berusia 36 tahun. BMW M3 yang merupakan sport coupe merupakan bentuk pengembangan dan inovasi dari BMW 3 yang masuk dalam kategori mobil balap.

Salah satu generasi pertama dari BMW M3 yang masih sangat diminati adalah M3 varian E30. Varian ini bahkan sering dicari kolektor mobil karena termasuk salah satu mobil klasik.

    Sebagai pengamat dunia otomotif, Otofriends mungkin akan penasaran tentang spesifikasi lengkap dari mobil balap ini. Lalu, bagaimana kelebihan dan kekurangan dari BMW M3 sebagai mobil balap? Mari kita simak ulasan berikut ini.

    Baca juga: Konsumsi Innova Bensin vs Diesel Lebih Irit Mana?

    Mengenal Generasi Ke Generasi BMW M3

    Dengan usia yang sudah cukup tua, tentu saja BMW M3 mengalami perbaikan dan inovasi dari generasi ke generasi. Apa saja seri pada BMW M3 ini? Ikuti terus ulasannya berikut ini.

    1. BMW M3 Seri E

    Histori dibalik kemunculan seri E30 mungkin menjadi salah satu cerita manis yang dialami oleh BMW sebagai produsen. Pada awalnya E30 diluncurkan hanya untuk meningkatkan performa dari 3-Series yang telah ada sebelumnya dan tidak akan jual massal. Namun, BMW harus melewati homologasi dan minimal menjual 5.000 unit versi legal di jalan raya sebagai syarat dalam kompetisi balap Group A Touring Car.

    E30 kemudian digarap lebih serius dengan performa tinggi yang membuatnya terjual lebih dari 18.000 unit pada tahun 1991. E30 dibekali dengan mesin S14 kubikasi 2.3-liter 4-silinder menghasilkan tenaga 192 hp dan torsi 240 Nm. Sistem transmisi manual 5-speed. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh hanya dalam waktu 6,5 detik.

    E36 muncul dengan konfigurasi mesin 3.0-liter 6-silinder yang lebih bertenaga. Dari segi penampilan, E36 menjadi lebih elegan karena tidak dirancang sebagai mobil balap lagi. transmisi sequential manual gearbox (SMG) pertama kali diinstalkan pada E36. E36 masuk dalam kategori sedan dengan empat pintu .

    Konfigurasi mesin E46 sedikit lebih tinggi dari E36 yakni 3.2-liter 6-silinder dengan transmisi SMG dan manual. Rekor waktu untuk menempuh  akselerasi 0-100 km/jam adalah 5,1 detik. E46 juga diluncurkan dengan versi balap menggunakan mesin 4.0-liter V8 yang menghasilkan tenaga lebih besar.

    E92 muncul sebagai varian terbaru dari seri E dengan konfigurasi mesin yang masih sama dengan sebelumnya. E92 memberikan pilihan transmisi yakni dalam bentuk manual 6-speed dan otomatis kopling ganda M-DCT 7-speed. E92 tampil dengan desain yang lebih elegan. tenaga puncak mencapai 425 hp dan torsi monster 550 Nm

    1. BMW M3 Seri F

    Terjadi perubahan yang signifikan pada BMW M3 seri F. OtoFriends tidak akan mendapati model coupe dua pintu lagi karena seri ini dibekali dengan empat pintu. Adanya twin-turbocharger membuat mobil ini dapat menghasilkan tenaga 425 hp dengan torsi hingga 550 Nm. F80 menggunakan transmisi otomatis kopling ganda.

    Baca juga: 6 Perbedaan Mobil Matic dan Manual

    BMW M3 Competition

    BMW M3 Competition adalah jenis mobil balap berbentuk sedan dengan empat pintu. Bagaimana spesifikasinya secara detail? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.  

    1. Desain Interior

    Sebagai mobil balap yang mewah, M3 Competition dibekali dengan fitur-fitur diantaranya seperti Ambient lights, Cruise control, Headrest yang dapat diatur, Keyless entry, Power outlet, Power rear/trunk door dan lampu baca dan sistem audio menggunakan 10.25-inch touch display.

    Tempat duduk dapat diatur secara elektrik dengan memory. Penumpang dimanjakan dengan adanya Seat heating dan Lumbar support atau bantal pengganjal atau alas punggung. Bahan yang digunakan untuk tempat duduk adalah M Leather ‘Merino’

    Pengemudi semakin dimudahkan dengan fitur Engine start stop button, Lingkar kemudi dengan tombol multi fungsi, Power steering, Electric Power dan BMW Navigation System Professional. Tipe Steering Gear-nya Rack & Pinion.

    Sistem keamanan menggunakan Airbag system lengkap di bagian kursi depan dan belakang, bagian samping dan  atas. Fitur Child safety locks memberikan ketenangan selama berkendara dengan keluarga. 

    1. Desain Eksterior

    Dimensi M3 Competition 4794x1903x1437 mm. Dari penampakan eksteriornya, M3 Competition sangat berbeda dengan seri M pada umumnya. Bagian grill mobil cukup besar yang diadaptasi dari BMW 4 dan seri M4 competition. Bumper didesain sangat agresif sehingga terkesan sangat sporty. Jenis ban radial dengan ukuran 245/55 R19. Ukuran velg R19 dan velg alloy 19 inch. 

    Lampu depan menggunakan Adaptive headlights dengan BMW Laserlight and BMW Selective beam. Untuk lampu kabut dan lampu belakang menggunakan LED. Untuk kemudahan bermanuver dan parkir, spion menggunakan Electric Auto folding mirrors yang dapat dilipat secara otomatis. 

    1. Spesifikasi Mesin

    Spesifikasi mesin sama persis dengan seri M4 competition. Kapasitas mesin 2993 cc. Konfigurasi mesin yang digunakan BMW M TwinPower Turbo inline 8-speed M Steptronic dengan Drivelogic 6-cylinder sehingga menghasilkan tenaga 510 hp dan torsi 650 Nm dengan penggerak roda belakang atau Rear-wheel-drive (RWD). M3 Competition menggunakan bahan bakar bensin. Akselerasi mesin mencapai 3,9 detik. 

    Baca juga:Waspadai Oli Palsu, Ini Perbedaan Oli Palsu dan Asli!

    Berapa Kisaran Harga BMW M3 Terbaru?

    BMW M3 Competition 2022 adalah seri terbaru dari BMW M3. Dimensi mobil balap ini adalah 4794 x 2068 x 1487 mm. Mobil ini dipasarkan dengan harga Rp 2,37 Milyar.

    Mobil berkapasitas 4 penumpang ini tersedia dalam 12 warna yakni Black Sapphire, Alpine White, Dravit Grey Metallic, Portimao Blue, Tanzanite Blue Metallic, Toronto Red Metallic, Frozen Brilliant White Metallic, Brooklyn Grey Metallic, Frozen Portimao Blue Metallic, Isle of Man Green, Oxide Grey Metallic, Sao Paulo Yellow. 

    Selain mengetahui spesifikasi detail dari BMW M3 di atas, OtoFriends juga dapat menemukan tempat servis dan bengkel terpercaya hanya di Otoklix.

    OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

    Pertanyaan Seputar BMW M3

    Transmisi yang digunakan BMW M3 competition adalah otomatis

    BMW M3 sedan 2022 menggunakan bahan bakar bensin

    Kapasitas mesin BMW M3 competition 2933 cc