Konsumsi Innova bensin disebut-sebut kurang memuaskan dibandingkan dengan mesin diesel. Penggunaan bahan bakar yang efektif dan efisien tentu menjadi salah satu prioritas dalam membeli sebuah mobil karena nantinya akan menguntungkan pemilik kendaraan.

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Perlu dipahami bahwa konsumsi bahan bakar tergantung pada cara pengemudi dalam berkendara, kondisi lalu lintas jalan, hingga jenis bahan bakar yang digunakan. Berkendara secara ugal-ugalan serta kondisi lalu lintas yang macet tentunya dapat membuat konsumsi BBM mobil menjadi boros.

Konsumsi Innova bensin dan diesel menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan jika OtoFriends hendak membeli mobil Toyota Kijang Innova kondisi baru atau bekas. Simak perbandingan konsumsi Innova bensin dan diesel di bawah ini.

Perbedaan Konsumsi Innova Bensin dan Diesel

Toyota Kijang Innova selama ini dikenal sebagai salah satu kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang tidak bisa dikatakan irit, namun juga tidak bisa dikatakan boros. Banyak pengujian yang sudah dilakukan untuk melihat seberapa irit konsumsi BBM mobil tersebut.

Menghitung konsumsi Innova bensin dan diesel bisa dilakukan pada dua rute berbeda, yakni rute dalam kota dan rute luar kota. Pemakaian mobil dalam kota tentunya akan lebih banyak mengonsumsi bahan bakar karena kondisi jalan yang padat dan cenderung macet. 

Dalam keadaan macet, kendaraan akan lebih banyak diam dan membuat kinerja mesin menjadi lebih berat. Tidak adanya pasokan udara yang cukup dapat membuat mesin lebih panas. Kondisi inilah yang kemudian membuat bahan bakar tersedot lebih banyak ke ruang bakar.

Konsumsi Innova bensin dan diesel akan berbeda jika OtoFriends berkendara pada rute luar kota. Penggunaan bahan bakar pada rute luar kota biasanya lebih irit karena kondisi jalannya lebih sepi dan banyak jalur lurusnya, terlebih jika memanfaatkan jalan tol.

Secara umum, konsumsi Innova bensin mencapai sekitar 8-10 km/liter pada rute dalam kota dan 12-14 km/liter pada rute luar kota. Angka tersebut lebih boros bila dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova bermesin diesel yang bisa mencapai 13 km/liter untuk rute dalam kota dan 18 km/liter untuk rute luar kota melalui jalan tol.

Namun, OtoFriends harus ingat bila konsumsi bahan bakar tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena banyak faktor lain seperti cara berkendara, kondisi jalan, hingga jenis bahan bakar yang digunakan oleh pemilik kendaraan.

Baca juga: Harga Ban Mobil Innova dan Pilihan Rekomendasinya

BBM yang Tepat untuk Toyota Kijang Innova

Penggunaan jenis BBM juga turut memberikan pengaruh terhadap konsumsi Innova bensin dan diesel. Terlebih untuk Toyota Kijang Innova bermesin diesel yang bahan bakarnya tidak bisa menggunakan solar biasa. Sebab, mesinnya sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru yang justru akan menjadi mengalami kerusakan bila menggunakan bahan bakar berkualitas rendah.

Menurut pabrikan, bahan bakar yang tepat untuk digunakan pada Toyota Kijang Innova mesin bensin adalah Pertamax dengan RON 92. Meski disarankan untuk menggunakan Pertamax, Innova bensin masih bisa mengonsumsi bahan bakar dengan kualitas lebih rendah seperti Pertalite yang memiliki angka RON 90.

Bila melihat angka kompresinya, penggunaan Pertamax memang sedikit nanggung karena RON 92 biasanya digunakan pada mesin berkompresi 10:1. Itulah mengapa Toyota Kijang Innova bensin masih bisa menggunakan Pertalite sebagai bahan bakarnya. 

Namun, penggunaan BBM dengan RON rendah dalam jangka waktu lama akan membuat kerak karbon sisa dari pembakaran lebih banyak menempel pada sistem ruang bakar. Maka dari itu, OtoFriends sebaiknya memilih bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan.

Baca juga: Daftar Oktan Bensin Jenis Premium dan Oktan BBM Lainnya

Tips Menghemat Konsumsi Bahan Bakar

Menghemat konsumsi Innova bensin bisa dilakukan melalui perawatan secara rutin dan berkala. Berikut beberapa hal yang memang perlu untuk dilakukan agar konsumsi bahan bakar pada Toyota Kijang Innova bensin menjadi lebih irit.

Pemakaian oli yang sesuai

Memilih oli mesin untuk mobil sebaiknya dilakukan dengan cermat. Sebagai pemilik mobil, kita wajib mengikuti rekomendasi dalam buku panduan pengguna. Salah memilih jenis oli mesin bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Pemilihan oli yang sesuai merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat membuat konsumsi Innova bensin menjadi lebih irit. Selain itu, OtoFriends disarankan untuk melakukan penggantian oli secara berkala sesuai dengan waktu yang telah ditentukan antara 1 bulan sekali atau mengacu pada kilometer.

Baca juga: 7 Rekomendasi Merek Oli Terbaik Sesuai Kebutuhan Mobil

Atur perpindahan gigi

Perpindahan gigi pada rpm terlalu tinggi justru akan membuat konsumsi Innova bensin menjadi lebih boros. OtoFriends sebaiknya melakukan perpindahan gigi pada rpm dengan torsi yang paling tinggi. Hal ini bisa kita baca pada grafik torsi yang tercantum dalam buku panduan pengguna untuk transmisi manual.

Sementara untuk transmisi otomatis, menginjak gas dengan perlahan dan menyesuaikan kondisi jalan akan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih ekonomis. Sebab, komputer langsung memerintahkan untuk pindah gigi sebelum rpm tinggi.

OtoFriends juga harus menghindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu kecuali dalam keadaan terpaksa. Sebab, hal itu akan lebih banyak membuang energi dan bahan bakar.

Rajin melakukan perawatan mesin

Melakukan perawatan mesin melalui servis berkala secara rutin juga bisa membantu menghemat penggunaan bahan bakar. OtoFriends disarankan untuk melakukan servis berkala setiap 3 bulan sekali atau setiap jarak tempuh mencapai 5.000 km. 

Dengan melakukan servis secara berkala, saluran bahan bakar dan komponen kendaraan lainnya akan diperiksa dan terjaga dalam kondisi terbaik. Hal itu akan turut membuat konsumsi Innova bensin menjadi lebih irit dan efisien.

OtoFriends kini bisa memilih bengkel terpercaya untuk perawatan mesin mobil melalui aplikasi Otoklix yang akan memudahkan kamu menemukan bengkel terdekat maupun layanan seperti ganti oli, ganti ban, tune up, ganti aki, body repair, servis AC hingga cuci mobil.

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Konsumsi Innova Bensin

Toyota Kijang Innova selama ini dikenal sebagai salah satu kendaraan dengan efisiensi bahan bakar yang tidak bisa dikatakan irit, namun juga tidak bisa dikatakan boros.

Innova bensin masih bisa mengonsumsi bahan bakar dengan kualitas lebih rendah seperti Pertalite yang memiliki angka RON 90.

Konsumsi Innova bensin mencapai sekitar 8-10 km/liter pada rute dalam kota dan 12-14 km/liter pada rute luar kota. Sementara Toyota Kijang Innova bermesin diesel bisa mencapai 13 km/liter untuk rute dalam kota dan 18 km/liter untuk rute luar kota melalui jalan tol.