Merek mobil ternama seperti Suzuki, Honda, Daihatsu, dan Toyota biasanya rutin merilis mobil diesel dengan efisiensi bahan bakar yang lebih irit dan terjangkau. Harga mobil diesel sendiri memang lebih mahal daripada mobil bensin, tapi tetap saja tinggi peminatnya. Untuk itu, kami akan merekomendasikan kamu apa saja mobil diesel paling irit yang wajib dibeli.

Namun, sebelumnya, alasan kenapa diesel lebih tangguh adalah karena kubikasinya lebih besar, torsi besar, dan mesin sangat tangguh daripada mesin bensin. Oleh karena itulah, sangat diandalkan untuk menjelajah berbagai medan. 

Rekomendasi Mobil Diesel Paling Irit

Sudah punya rekomendasi mobil diesel paling irit yang tersedia di Indonesia? Tak perlu khawatir, di bawah ini akan kamu berikan rekomendasi secara lengkap dengan membahas spesifikasi mobilnya secara singkat. 

Mitsubishi Pajero Sport Diesel

Jenis mobil SUV (Sport Utility Vehicle) ini telah dibekali oleh mesin diesel berkapasitas 2,5 liter dengan tenaga yang dihasilkan 134 PS dan torsi puncak 324 Nm. Namun, ini untuk varian GLX dan Exceed.

Sementara itu, untuk varian Dakar Ultimate dibekali oleh mesin diesel 2,4 liter yang menghasilkan torsi 430 Nm dan tenaga 178 PS. Semua varian mobil ini sudah dilengkapi sistem injeksi bahan bakar serta teknologi common rail. Fungsi teknologi ini yaitu meningkatkan kebutuhan efisiensi konsumsi bahan bakar. 

Daihatsu Ayla Diesel

Banyak beredar di pasaran, Ayla ternyata menggunakan mesin diesel, bukan bensin. Mobil ini memiliki mesin diesel berkapasitas 1 liter dan bisa menghasilkan tenaga 68 PS dengan torsi 95 Nm. 

Mobil Ayla sudah memiliki sistem injeksi bahan bakar yang sangat canggih. Apalagi, penyematan teknologi Eco Idle turut mendukung mobil ini bekerja lebih efisien, terutama saat mengkonsumsi bahan bakar. Setelah dilakukan uji coba, efisiensi bahan bakarnya berada di angka 20 km per liter. 

Renault Duster Diesel

Renault Duster Diesel dibekali oleh mesin dengan kapasitas 1.498 cc. Walaupun kapasitasnya terbilang cukup besar, tapi Duster ternyata masih tetap mengutamakan efisiensi penggunaan bahan bakar loh. Sehingga setiap jarak tempuh 24,5 km, kamu hanya butuh 1 liter saja. 

Mitsubishi Kuda Diesel

Mitsubishi Kuda menjadi mobil diesel paling irit bahan bakar yang dibuktikan melalui hasil uji efisiensi yang berada di angka 12–15 km per liter. Namun, tipe mobil ini harus terhenti produksinya sejak tahun 2015 lalu. Sehingga, jika kamu tetap ingin membelinya, mungkin hanya tersedia yang bekas saja. 

Mengusung mesin diesel dengan kapasitas 2,5 liter, mobil ini menghasilkan tenaga 136 PS dan torsi 314 Nm. Sementara itu, untuk sistem injeksi bahan bakarnya sudah menggunakan teknologi common rail yang sangat canggih agar lebih irit.

DFSK Super Cab Diesel

DFSK Super Cab merupakan mobil pick up yang menawarkan dua pilihan mesin, yaitu diesel dan bensin. Dari segi bahan bakar, varian mesin diesel memang lebih efisien terhadap bahan bakarnya. Tercatat bahwa daya tempuh mobil diesel ini bisa mencapai jarak 16,19 km per liter. 

Isuzu Panther Diesel

Isuzu memiliki mesin diesel dengan kapasitas 2,5 liter dengan tenaga yang dihasilkan yaitu 79 PS dan torsi 192 Nm. Desain Isuzu Panther sendiri memang dicanangkan untuk membawa penumpang dengan jumlah lebih banyak, untuk itu desainnya tampak lebih luas. 

Isuzu All New Mu-X Diesel

Seperti Mitsubishi Kuda, Isuzu All New ini ternyata juga memiliki teknologi common rail yang membuatnya juga irit bahan bakar. Dari hasil uji coba, efisiensi bahan bakarnya menunjukkan angka 12–15 km per liter. 

Jadi, sangatlah layak dimasukkan ke kategori mobil diesel paling irit. Isuzu All New mempunyai mesin diesel dengan kapasitas 2,4 liter yang dapat menghasilkan tenaga 177 PS dan torsi 430 Nm. 

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Keluaran Suzuki ini sudah dirilis sejak 2017 lalu dan digadang-gadang menjadi generasi terbarunya low MPV. Suzuki Ertiga ini mempunyai teknologi Diesel Direct Injection System yang mampu menghasilkan tenaga hingga 89 PS dengan torsi 200 Nm. 

Karena bersistem hybrid, maka mobil ini sangat efisien dalam penggunaan bahan bakarnya. Hal ini telah dilakukan uji coba BT2MP-BPPT pada angka 22,6 km per liternya. Sangat irit kan?

Toyota Kijang Innova Diesel

Toyota Kijang sebenarnya memiliki dua pilihan mesin yaitu diesel dan bensin. Kapasitas mesin dieselnya adalah 2.4000 cc dengan tenaga 146,9 dan torsi 359,9 Nm. Tak hanya irit, kapasitas kabin 7-seater nya juga turut membuat Toyota Kijang Innova ini sangat unggul. 

Wuling Confero Diesel

Wuling Confero Diesel mempunyai mesin diesel berkapasitas 1,5 liter dengan tenaga 96 PS dan torsi 220 Nm. Mobil ini pun sudah mempunyai sistem injeksi bahan canggih. Sama seperti Ayla, efisien bahan bakarnya juga ditunjukkan pada angka 20 km per liter. 

Mobil ini mempunyai desain yang sangat modern. Apalagi, fitur keselamatannya juga sangat menjamin keamanan dan keselamatan selama berkendara. Jika kamu mengutamakan efisiensi bahan bakar, Wuling Confero sangat direkomendasikan.

Itulah rekomendasi mobil diesel paling irit. Apapun pilihan mobil diesel yang ingin kamu beli, jangan lupa untuk selalu melakukan servis dan perawatan terhadap mesinnya. Kami merekomendasikan servis mobil diesel di bengkel Otoklix dengan pekerja profesional dan berpengalaman. 

Otoklix juga sudah melayani ribuan kendaraan dengan hasil yang sangat memuaskan. Jadi dipastikan, kondisi mobil kamu selalu prima hingga kapanpun. Segera booking jadwal servis mobil dieselmu di Otoklix sekarang.