Selain Pertamina, Shell menjadi salah satu stasiun pengisian bahan bakar kendaraan yang menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Terlebih lagi seiring dengan kenaikan harga BBM Pertamina, mulai banyak orang yang mempertimbangkan untuk menggunakan dan mencari lokasi SPBU Shell.

Ya, perusahaan bernama Royal Dutch Shell ini merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar yang ada di dunia saat ini. Walaupun ada kata ‘Dutch’ di namanya, namun perusahaan ini sebenarnya berawal dari Indonesia, lho.

Sejarah SPBU Shell

Jadi, perusahaan Shell ini pertama kali beroperasi pada tahun 1880 silam di Indonesia, tepatnya pada saat ada mantan mandor perkebunan Hindia Belanda, Aeliko Jans Zijklert, menemukan cairan hitam di wilayah perkebunan Telaga Said, Sumatera Utara. 

Kemudian cairan tersebut dikirim ke Jakarta yang dulunya masih bernama Batavia untuk diteliti. Setelah itu, diketahui lah jika cairan tersebut adalah minyak bumi. Karena temuan tersebut, Zijklert pun memutuskan untuk berhenti menjadi mandor dan pulang ke Belanda untuk memulai wirausaha.

Walaupun terlihat sederhana, tetapi perjalanan yang harus dilaluinya tidak semudah dan semulus yang dibayangkan. Ketika proses penggalian yang pertama, Zijkler memperoleh hasil nihil karena sumur itu justru mengering. 

Tak putus asa, kemudian dia melanjutkan penggalian ke Telaga Tunggal 1 yang masih ada di wilayah Sumatera untuk mencari apa yang dia inginkan. Karena hasilnya positif, mencari orang berpengalaman untuk mengebor minyak, dan menjual ide usaha tersebut kepada rekan bisnisnya.

Fakta Menarik SPBU Shell

Hingga saat ini, Shell menjadi perusahaan minyak terbesar dan paling sukses di dunia. Nah, bagi OtoFriends yang penasaran dengan perusahaan yang satu ini, ada beberapa fakta menarik seputar Shell yang mungkin saja akan membuatmu tercengang.

1. Masuk ke dalam daftar perusahaan terbesar pada tahun 2012

Melansir dari Fortune, perusahaan minyak yang satu ini sempat menggeser Walmart sebagai perusahaan terbesar dunia di tahun 2012 silam. Beberapa hal yang membuat Shell mampu meraih peringkat pertama, yakni penemuan ladang minyak di wilayah perairan kutub utara.

2. Direkomendasikan oleh Ferrari, dan dikembangkan untuk ajang balap

Shell V-Power merupakan satu-satunya produk bahan bakar yang dikembangkan bersama dan juga direkomendasikan Ferrari. Selain untuk meningkatkan performa pada mesin kendaraan, para ilmuwan dari Shell berhasil membuat bahan bakar yang lebih efisien.

3. Evolusi beberapa kali perubahan pada logo

Logo Shell yang berupa spesies kerang Pecten Maximus ini, ternyata menjadi salah satu simbol paling dikenal dan familiar di seluruh dunia. Namun tahukah kamu, dari awal berdiri sampai saat ini, Shell telah mengalami perubahan logo hingga delapan kali.

4. SPBU pertama di Indonesia berada di Karawaci

SPBU Shell pertama di Indonesia berada di kawasan Karawaci, Tangerang. SPBU tersebut beroperasi sejak tanggal 1 November 2005. Kemudian pada 1 Maret 2006, Shell kembali membuka SPBU di daerah Slipi, Jakarta.

Daftar Lokasi SPBU Shell 

Untuk saat ini, jumlah SPBU Shell yang tersebar di Indonesia sendiri sudah sangat banyak, terutama di kota-kota besar. Di bawah ini akan kami berikan daftar lokasi dari SPBU Shell yang ada di beberapa kota besar di Indonesia.

Baca juga: 6 Cara Cari Pom Bensin Terdekat, Praktis dan Efisien

Daftar Lokasi SPBU Shell di Jabodetabek

  • SHELL S PARMAN-1 WEST JKT, beralamat di Blok 38-39 S Parman, jakarta, DKI Jakarta, 11480.
  • SHELL PAJAJARAN-1 BGR, alamatnya di Jalan Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, 16153.
  • SHELL SAWANGAN-1, berada di blok Jalan Raya Sawangan nomor 36, Depok, 16435.
  • SHELL OTISTA-1 TGR, alamat ada di Jalan Otto Iskandardinata Raya nomor 82, Tangerang, Banten, 15113.
  • SHELL NOER ALI-2, beralamat di Jalan Bromo, RT.010/RW.006A, Jakasamp, Bekasi, DKI Jakarta, 17145

Daftar Lokasi SPBU Shell di Medan 

  • SHELL SETIABUDI-1 MDN, berada di Jalan Setia Budi 216-213, Tanjung Rejo, Kota Medan, Sumatera Utara, 20154.
  • SHELL ADAM MALIK-1 MDN, ada di Jalan. H. Adam Malik, Silalas, Kota Medan, Sumatera Utara, 20235.
  • SHELL PANCING-1 MDN, SPBU Shell Medan ini berada di Jalan. Williem Iskandar nomor 239, Medan, Sumatera Utara, 20222.

Daftar Lokasi SPBU Shell di Malang

  • SHELL KAWI-1 MLG DO, beralamat di Jalan Kawi nomor 27F, Malang, Jawa Timur, 65116.
  • SHELL LAWANG-1 MLG DO, berada di Jalan dr. Wahidin, Malang, Jawa Timur, 65216.

Daftar Lokasi SPBU Shell di Surabaya

  • SHELL PEMUDA CENTRAL-1 SURABAYA, SPBU Shell terdekat Surabaya ini alamatnya ada di Jalan Pemuda, RT.003/RW.1, Embong, Surabaya, Jawa Timur, 60271.
  • SHELL PANDEGILING-1 SURABAYA, Jalan Pandegiling nomor. 55 RT.001/RW.09, Surabaya, Jawa Timur, 60264.
  • SHELL KENJERAN-1 SBY, Jalan. Kenjeran nomor. 591, Surabaya, Jawa Timur, 60114.

Baca juga: 32 Daftar Lokasi SPBU Vivo di Indonesia dan Harganya

Daftar Lokasi SPBU Shell di Bandung

  • SHELL PELAJAR PEJUANG-1 BDG, berada di Jalan Pelajar Pejuang nomor. 125, Bandung, Jawa Barat, 40263.
  • SHELL SUDIRMAN-1 BDG, Jalan Jenderal Sudirman nomor. 559, Sukahaji, Kota Bandung, Jawa Barat, 40221

Daftar Lokasi SPBU Shell di Cirebon 

  • SHELL KESAMBI-1 CRB DO, beralamat di Jalan Kesambi, Cirebon, Jawa Barat, 45132.
  • SHELL CITRALAND – CRB DO, ada di Jalan Ciremai Raya, Kalijaga, Cirebon, Jawa Barat, 45144.

Lokasi SPBU Shell di atas belum semua kami sebutkan secara lengkap, menurut data dari website resmi Shell ada sekitar 184 SPBU. Untuk lebih lengkapnya silahkan kamu cek pada website Shell.co.id.

Baca juga: Jangan Salah Beli, Ini Warna BBM di Pertamina Saat Ini

Harga BBM di SPBU Shell

Setelah tahu lokasi SPBU Shell di beberapa daerah di atas, tentu saja kamu penasaran dengan harga BBM di SPBU Shell saat ini, bukan? Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa menyimak tabel harga yang ada di bawah ini.

LokasiShell SuperShell V-PowerShell Diesel ExtraShell V-Power DieselShell V-power Nitro+
JakartaRp. 14.150Rp. 14.840Rp. 18.450Rp. 15.230
Jawa BaratRp. 14.150Rp. 14.840Rp. 18.450Rp. 15.230
BantenRp. 14.150Rp. 14.840Rp. 18.450Rp. 15.230
Jawa TimurRp. 14.150Rp. 14.840Rp. 18.140
Sumatera UtaraRp. 14.460Rp. 15.160Rp. 18.540

Harga bensin di SPBU Shell di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung dari harga minyak dunia. Tambahan catatan untuk harga bensin per liter area luar pulau Jawa lebih mahal. Mungkin hanya itu info seputar sejarah, fakta menarik, harga BBM, serta lokasi SPBU Shell yang bisa dibagikan untuk saat ini. 

Mungkin hanya itu info seputar sejarah, fakta menarik, harga BBM, serta lokasi SPBU Shell yang bisa dibagikan untuk saat ini. Agar mobil tetap nyaman dan awet digunakan, pastikan untuk selalu melakukan service rutin dan ganti oli berkala. Kamu bisa menemukan bengkel terdekat lewat rekomendasi aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking bengkel secara online dengan harga jaminan sesuai aplikasi. Silahkan coba dan dapatkan banyak keuntungannya.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Shell berkantor pusat di Den Haag, Belanda, dan saat ini dipimpin CEO bernama Ben van Beurden.

Total menurut peta lokasi SPBU Shell di Indonesia ada 184 lokasi yang tersebar di pulau Jawa dan Sumatera.

Harga bensin di Shell untuk Shell Super Rp14.150/liter, Shell V-Power Rp14.840/liter, Shell V-Power Diesel Rp18.450/liter dan Shell V-Power Nitro+ Rp15.230/liter.