Membersihkan kendaraan menggunakan mesin cuci mobil tekanan tinggi merupakan hal yang sangat mudah. Pemilik kendaraan tidak perlu repot menghabiskan banyak waktu dan tenaga karena ini bisa dilakukan di rumah.

Seperti diketahui, hampir setiap tempat pencucian kendaraan atau carwash menggunakan mesin cuci mobil tekanan tinggi. Segala jenis kotoran yang menempel di mobil langsung tersapu bersih karena tekanan air yang dihembuskan mesin tersebut.

Namun, ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam memilih mesin cuci bertekanan tinggi. Termasuk faktor keamanan dan kenyamanan dalam mencuci. Jika ingin mencuci sendiri, pastikan tempatnya luas. Perhatikan juga daya listriknya karena setiap mesin steam memiliki kebutuhan daya yang berbeda-beda. Berikut tips memilih mesin cuci bertekanan tinggi dan rekomendasinya.

Rekomendasi mesin cuci bertekanan tinggi

Bagi pemilik kendaraan yang ingin membeli mesin cuci mobil tekanan tinggi, sebaiknya lebih teliti agar tidak tertipu. Berikut adalah beberapa rekomendasi mesin cuci mobil bertekanan tinggi yang dijual di pasaran:

  1. Jet Cleaner BENZ BZ-8570

Jet cleaner atau mesin cuci steam BENZ tipe BZ-8570 merupakan salah satu mesin cuci steam rekomendasi. Memiliki kebutuhan daya 700 watt di tegangan 220 V, mesin ini bisa mengeluarkan air dengan tekanan 70 hingga 120 bar dengan kecepatan air mencapai 8 liter per menit. 

Mesin cuci mobil tekanan tinggi ini dibekali selang input sepanjang 1 meter dengan keluaran 5 meter. Komponen bawaan mesin ini yaitu stick gun, saringan air, connector dan buku petunjuk. Harganya di kisaran Rp700 ribuan.

  1. Jet steam cleaner cordless YUKIDO 36V

Mesin steam ini didesain tanpa kabel karena memiliki baterai lithium berperforma tinggi. Pemakaian mudah, cocok untuk yang baru menggunakan mesin steam. Mesin ini menyemburkan air 4 liter per menit dengan tekanan 30 bar. Panjang selang air 5 meter. Jenis baterai yang dipakai yaitu LI-ion 46V. Harganya cukup terjangkau, dibanderol mulai Rp435 ribu. 

  1. KYODO Jet Cleaner

Rekomendasi mesin cuci tekanan tinggi selanjutnya adalah KYODO Jet Cleaner. Memiliki bobot yang cukup berat yaitu 7kg, Jet Cleaner KYODO PROWASH 110 memiliki tekanan air hingga 40 bar. Dengan kebutuhan daya 500-700 watt di tegangan 220V. Lontaran air mesin ini bisa mencapai 6 liter per menit. Mesin steam ini dilengkapi adjustable nozzle di ujung stik dan memiliki teknologi auto sedot dan auto stop. Untuk harga, ada di kisaran Rp700 ribuan.

  1. BOSCH High-Pressure Cleaner

BOSCH high pressure cleaner adalah salah satu rekomendasi mesin steam yang memiliki harga cukup mahal. Berada di kisaran mulai dari Rp1,6 juta, mesin ini memiliki spesifikasi yang cukup lengkap. Dengan bobot 8.000 gram, BOSCH high pressure cleaner ini memiliki motor seri Bosch 1500 watt sehingga memberi kekuatan pembersihan sampai 120 bar. 

Dengan harga yang cukup tinggi, BOSCH menawarkan sejumlah keunggulan. Di antaranya, nosel busa bertekanan tinggi termasuk sebagai standar serta nosel putar untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Mesin ini memiliki debit air 350 liter per jam. 

  1. Hyundai High-Pressure Washer

Tak hanya di industri otomotif, Hyundai ternyata mengeluarkan produk high pressure jet cleaner. Dilepas dengan harga mulai dari Rp1,3 juta, Hyundai high pressure cleaner memiliki berat 8 kg dengan tekanan air mencapai 105 bar. Mesin cuci tekanan tinggi ini membutuhkan daya listrik mencapai 900 watt.

  1. RYOBI high-pressure washer

RYOBI high pressure washer memiliki tekanan air maksimal 90 bar dengan volume keluaran mencapai 4,8 liter per menit. Mesin cuci bertekanan tinggi yang berbobot 3,8 kg ini memiliki kebutuhan daya sekitar 800 watt. Kelengkapan RYOBI high pressure washer yaitu mendapatkan variable nozzle lance, dispenser sabun selang 5 sepanjang m dan sambungan ke selang air. Harganya berkisar di Rp1,1 jutaan.

  1. Jet Cleaner High-Pressure Lakoni Laguna 70

Mesin cuci bertekanan tinggi selanjutnya adalah Lakoni Laguna 70. Dengan berat 7,2 kg, mesin ini mampu menyemburkan air dengan volume 5,5 liter per menit. Laguna 70 memiliki tekanan maksimum 100 bar. Panjang kabel power listrik sekitar 4,5 meter. Harganya berkisar di angka Rp900 ribuan.

  1. Jet Cleaner XENON HPW400

Berobot 7,2 kg XENON HPW400 memiliki kapasitas aliran air mencapai 320 liter per jam. Dengan tekanan bisa mencapai 100 bar. Mesin ini membutuhkan daya cukup kecil yaitu 400 watt. Harga produk ini berkisar Rp560 ribuan.

  1. Firman Jet Cleaner FJC 105

Jet Cleaner Firman FJC105 merupakan mesin steam atau mesin pencuci kendaraan yang di desain khusus untuk memberikan kemudahan pengguna. Mesin jet cleaner ini menggunakan sistem plug in, yang dapat memudahkan pengguna dalam pemasangan selang air. 

Tidak hanya mencuci kendaraan, alat inipun dapat digunakan untuk membersihkan halaman atau jalan karena tekanan semprotannya yang dapat mencapai 105 bar. Mesin ini memiliki daya sebesar 750 watt. Firman FJC 150 dibanderol kisaran Rp900 ribu hingga Rp1 jutaan.

  1. KRISBOW high-pressure cleaner

Terakhir, ada Krisbow high pressure cleaner, mesin pembersih bertekanan tinggi yang mencapai 100 bar. Mesin ini memiliki kebutuhan daya yang cukup tinggi yaitu 1400 W. Alat ini menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkan permukaan secara luas. 

Sangat efektif digunakan untuk membersihkan endapan kotoran, kotoran membandel, maupun lumut dan jamur yang menempel. Alat ini juga dilengkapi proteksi thermal untuk mencegah panas berlebih dan meningkatkan usia pemakaian mesin.

Cara memilih mesin cuci bertekanan tinggi yang bagus

Setelah membahas beberapa rekomendasi mesin cuci mobil tekanan tinggi, alangkah baiknya pemilik kendaraan juga tahu cara memilih mesin cuci mobil yang bagus. Tujuannya agar mesin tersebut bisa awet dalam jangka waktu lama.

  1. Pilih sesuai kebutuhan  

Memilih mesin cuci mobil bertekanan tinggi harus sesuai dengan kebutuhan. Dalam membeli, harus memperhatikan jenis kendaraan, tingkat kekotoran kendaraan hingga luas area tempat mencuci dan daya listrik di rumah. Misalnya, jika hanya dipakai untuk mobil sehari-hari yang dikendarai di jalan raya, belilah mesin yang ringan dengan tekanan air yang tidak terlalu besar. 

Begitu pula dengan luas area, jika untuk pemakaian pribadi di rumah, carilah mesin jet steam yang berukuran kecil. Juga perhatikan kebutuhan daya listriknya yang sesuai dengan daya listrik di rumah.

  1. Cek harga di beberapa toko/marketplace dan bandingkan

Selanjutnya, dalam membeli mesin jet steam, rajin-rajinlah membandingkan harga di beberapa marketplace atau toko. Jika teliti, bisa mendapatkan yang lebih murah dengan merk yang sama.

  1. Baca review

Membaca spesifikasi, fitur termasuk review bisa membantu dalam memilih. Biasanya di spesifikasi sudah tercantum ukuran dimensi, kebutuhan daya listrik, tekanan dan volume air yang dikeluarkan. Di kolom review biasanya ada testimoni dari pembeli yang sudah mencoba. 

  1. Pilih selang yang cocok

Terakhir, pilihlah jenis selang yang cocok dengan mesin yang akan dibeli. Biasanya selang sepanjang 5 meter sudah masuk dalam paket pembelian. Namun bila ingin melakukan penambahan, agar teliti dalam membeli selang jangan sampai salah dan tidak cocok dengan mesin yang dibeli. 

Menjaga mobil agar tetap bersih harus terus dilakukan agar kendaraan tetap terawat. Selain mencuci secara mandiri, OtoFriend sjuga bisa mencuci di bengkel yang ada di sekitar dengan mencari di aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena kamu hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.