Sebagai salah satu negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak di dunia, setiap tahun produsen motor listrik semakin berlomba-lomba menciptakan motor listrik murah untuk menarik minat konsumen. 

Motor listrik memang menjadi alternatif yang menarik untuk bepergian, terutama dengan harganya yang murah dan ramah lingkungan. Apalagi, bentuknya juga sangat unik dan tersedia banyak pilihan warna.

Rekomendasi Motor Listrik Murah

Di bawah ini kami akan merekomendasikan kamu berbagai motor listrik murah yang bisa dibeli di bawah harga 20 juta. Bahkan, ada beberapa diantaranya yang dibanderol di bawah 10 juta saja loh, apa saja?

Elvindo

PT, Indo Jaya Motor Elektrik menciptakan motor listrik murah Elvindo dengan harga terjangkau, yaitu mulai Rp 13 juta. Hingga kini, sudah dirilis tiga model yaitu Shinta, Arjuna, dan Rama. Bahkan, sudah dirilis jug STNK dan BPKBnya. 

Jika kamu punya mobilitas yang tak terlalu jauh, Elvindo ini cocok menjadi motor pilihan untuk bepergian. Keunggulan utama yang ditonjolkan oleh Elvindo adalah ketersediaan spare part setiap modelnya.

Uwinfly

Uwinfly hanya dibanderol dengan harga Rp 8,9 juta untuk LS 1, sedangkan untuk GT 2 yaitu Rp 9,9 juta. Motor ini memiliki daya 800 watt dan dapat melaju hingga kecepatan 55 km/ jam. 

Motor listrik ini berasal dari China, tetapi kini sudah bekerja sama dengan PLN Jawa Barat. Hal inilah yang membuat distribusi motor listrik ini semakin pesat ke berbagai daerah di Jawa Barat. 

Selis Eagle Prix

Terlihat dari desainnya, Selis Eagle Prix sangat mencerminkan desain seperti skutik Eropa. Model motor ini memang sangat minimalis, sehingga cocok untuk Anda yang ingin memiliki motor listrik sederhana. 

Kesan elegannya semakin menonjol dengan kehadiran headlamp yang sudah menggunakan LED proyektor. Selis Eagle Prix sudah dibekali dengan daya 800 watt. Jadi, bisa dipacu kecepatannya hingga 40 km/ jam dan jarak tempuh 35 km. 

Selis Eagle Prix dijual dengan harga berbeda untuk off the road, yaitu Rp 11,5 juta. Sedangkan, jika ingin dikendarai di jalan umum, kamu harus siap menambah Rp 2,5 juta lagi. Jadi totalnya adalah Rp 14 juta. 

ECGO 2

Bagi penggemar otomotif, nama sepeda motor listrik ECGO 2 pastinya tak asing lagi. Dibandingkan generasi sebelumnya, ECGO 2  sudah menggunakan teknologi-teknologi terbaru. 

Teknologinya tersebut adalah GPS tracker. Jadi, kamu bisa melacak dimana posisi motornya via aplikasi. Harganya terjangkau, mulai Rp – Rp 11 juta. 

Sistem pengisian baterainya juga cukup unik loh. Dikarenakan, ECGO menyewakan baterai pada pengguna motor ini dengan harga Rp 95 ribu selama 30 hari. Jadi setelah 30 hari, kamu harus menyewa baterainya lagi. 

Kecepatan maksimal motor ini adalah 60 km/jam, dimana bisa menempuh hingga jarak 70 km. Kehadiran motor ini sebenarnya sudah ada sejak 2019 silam di bawah produsen PT. Green City Traffic. 

Charged

Ada tiga model motor listrik yang diluncurkan, yaitu Anoa, Rimau, dan Maleo. Ketiga model tersebut sama-sama unik dengan tujuan perancangan yang berbeda-beda. Jadi, pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya

Sementara itu, harga motor listrik Charged berkisar Rp 1.650.000 dengan sistem sewa per bulan dan sudah termasuk pajaknya. Kecepatannya juga bervariasi tergantung varian, mulai 70–95 km/jam.

MForce

GIIAS 2022 turut diramaikan oleh MForce dengan menggandeng 4 merek kendaraan sekaligus yakni SM Sport, WMoto, CFMoto, dan SYM. Meskipun banyak kompetitor baru, tapi perusahaan yang sudah berdiri sejak 2013 ini tetap eksis hingga kini. 

Diantara banyaknya varian motor listrik MForce, paling murah adalah WMoto. Meskipun lebih murah, konsep yang diusung oleh WMoto tetap kekinian kok, apalagi juga disematkan berbagai teknologi terkini. 

Dinamo listrik yang dimiliki WMoto memiliki kapasitas 1.200 watt dengan materai bermuatan 72 Volt 20 Ah. Kamu bisa mengendarai motor ini hingga jarak 60 km dengan kondisi baterai masih terisi penuh. Dapatkan WMoto ini dengan harga Rp 16,2 juta. 

Minerva

Pernah mendengar event Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022? Nah, Minerva ini adalah salah satu motor listrik yang juga diikutkan dalam acara tersebut loh. Motor listrik ini dikenal lebih praktis lantara memakai metode swap atau tukar baterai. 

Minerva bisa mencapai kecepatan maksimal 50–60 km/jam. Harganya mulai Rp 16,5 juta dan tersedia hingga 5 pilihan warna, yaitu biru muda, abu-abu, merah-silver, biru-silver, dan tosca. 

Smoot Tempur

Smoot Tempur memang dibuat di Indonesia, tapi untuk part motornya masih didapatkan dari luar negeri. Desain dari motor listrik satu ini sangat kekinian dan futuristik. Sebab, kebanyakan memiliki model yang lucu dan menggemaskan. 

Smoot Tempur telah dibekali dengan baterai Lithium ion yang berkapasitas 64 V 22,5. Ini membuatnya bisa menempuh jarak hingga 60 km. Motor ini memiliki tenaga 1500 W dengan torsinya 1200 Nm pada putaran mesin 750 RPM. 

Setiap pembelian motor listrik Smoot Tempur, kamu tidak akan mendapatkan charger sama sekali. Dikarenakan, motornya memang tidak diisi secara mandiri, tetapi menggunakan metode swap atau ganti baterai. Untuk hargannya, cukup Rp 13,9 juta saja. 

Itulah rekomendasi motor listrik murah yang kini sudah tersedia banyak di pasaran. Meskipun produktivitas motor ini tidak terlalu tinggi seperti motor pada umumnya, tetap saja kamu harus melakukan perawatan secara rutin agar selalu prima. 

Otoklix yang dikenal sebagai bengkel mobil resmi tidak hanya menyediakan service dan perawatan untuk mobil saja, tetapi juga motor listrik seperti di atas. Jadi, jangan ragu untuk mengonsultasikan masalah motor listrik kamu di Otoklix.