Menurut OtoFriends, apakah penting memiliki mesin poles mobil di rumah? Untuk menjawabnya, OtoFriends perlu mengetahui beberapa hal berikut ini.

Permukaan body mobil merupakan bagian mobil yang sering terpapar langsung sinar ultraviolet, air hujan, dan perubahan suhu yang drastis sehingga rentan mengalami penuaan, adanya goresan atau baret, dan perubahan warna body mobil jadi lebih memudar.

Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan melakukan poles mobil untuk meratakan permukaan body mobil sehingga tampak lebih mengkilap seperti baru. 

OtoFriends bisa membawanya ke bengkel body repair atau melakukannya sendiri di rumah menggunakan mesin poles mobil sendiri. Berapa harga mesin poles mobil? Ini ulasannya.

Kenali jenis-jenis mesin poles mobil

Sekadar informasi, ternyata mesin poles mobil memiliki banyak jenis. Dari sekian banyak jenisnya, masing-masing punya kelebihan dan harganya yang terjangkau. Berikut adalah jenis-jenis mesin poles mobil.

Orbital

Mesin poles mobil jenis orbital biasanya menjadi rekomendasi alat poles yang harganya terjangkau. Jenis ini biasanya digunakan untuk waxing mobil. Kecepatannya tidak terlalu tinggi. Kekurangannya, mesin jenis ini tidak efektif untuk paint correction stage.

Dual action

Jenis alat poles dual action jadi rekomendasi untuk mesin poles yang paling umum dan mudah digunakan. Bahkan, jenis ini bisa dipakai pemula sekalipun. 

Sayangnya, jenis poles dual action tidak direkomendasikan untuk skala usaha karena proses pengerjaannya memakan waktu dan hasilnya bisa tidak maksimal.

Rotary

Mesin poles dengan jenis rotary memiliki tenaga yang kuat dan cepat untuk menghapus goresan di permukaan cat. Namun, penggunaan alat jenis ini tidak bisa sembarang digunakan. Pasalnya, mesin poles jenis rotary memiliki tingkat kesulitan tinggi. 

Penggunaan alat jenis ini disarankan bagi orang yang berpengalaman. Kekurangannya, mesin ini tidak praktis dan sulit dipakai bagi pemula.

Baca juga: Rekomendasi Mesin Poles Mobil Terbaik dan Harganya

Rekomendasi mesin dan harga poles mobil

Banyaknya jenis mesin poles mobil yang tersedia di pasaran, membuat pemilik kendaraan bingung memilih mana yang paling bagus dan berkualitas. Berikut adalah mesin poles mobil yang recommended untuk dimiliki pemilik mobil. 

1. Bosch GPO 12 CE

Pabrikan Bosch sudah tidak asing dunia permesinan. Termasuk mesin poles mobil. Bosch mengeluarkan produk mesin poles berdaya 1250 watt, yang dapat menghasilkan performa optimal. 

Mesin poles ini memiliki softgrip atau gagang utama yang nyaman saat digunakan. Untuk kisaran harga, ada di antara Rp2,6 juta hingga Rp2,8 juta.

2. Goto Kova GV6010

Mesin poles Goto Kova GV6010 adalah salah satu yang memiliki harga terjangkau. Mulai dari Rp 240 ribu. Mesin ini disajikan dalam bentuk yang ergonomis berukuran 125 mm atau sekitar 5 inci.

Sedangkan untuk performa, cukup bisa diandalkan. Karena konsumsi daya yang hanya butuh 600W/220V. Dengan daya yang cukup rendah, mesin ini cocok dipakai di rumah. 

3. NRT Pro GV5000HD 

Mesin poles NRT Pro GV5000HD ini memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu di kisaran Rp230 ribu-Rp250 ribu. 

Dengan harga yang murah, NRT Pro GV5000HD ini menjadi salah satu favorit mesin poles rumahan. Hadir dengan desain bodi ringkas, memiliki gagang yang ergonomis, dan juga bobot yang ringan. Soal kecepatan, alat ini memiliki kecepatan tanpa beban hingga 4500 rpm.

4. BITEC PGM 125 E-J

BITEC PGM 125 E-J dibanderol di harga Rp300 ribu hingga Rp400 ribu. Dengan daya 480 watt di tegangan 220V, mesin poles ini tergolong aman di dompet. 

Tagihan listrik bulannya tidak akan membengkak. Mesin poles BITEC PGM 125 E-J memiliki kecepatan tanpa bebannya bisa mencapai 3000 rpm. 

5. Kenmaster Car Polisher 

Kenmaster adalah brand perabot rumah tangga yang sudah dikenal berkualitas. Kenmaster juga mengeluarkan produk car polisher yang berdesain ringkas, mini, dan ergonomis sehingga mudah digunakan. 

Dengan adanya 2 buah pegangan yang nyaman dan tidak mudah lepas, dua pegangan di samping bodinya, membuat penggunaan alat ini stabil. 

Mesin poles mobil ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki budget rendah. Karena Kenmaster Car Polisher dibanderol murah, yakni hanya Rp200 ribuan dengan mesin poles motor berdaya 110 watt yang kuat dan mempunyai daya tahan lama.

6. Ryu Gun Polisher RGP 180E

Rekomendasi mesin poles mobil selanjutnya adalah Ryu Gun Polisher RGP 180E. Hadir dengan desain yang ergonomis dan dilengkapi dengan soft grip untuk kenyamanan saat dipakai untuk memoles mobil kamu. 

Mesin poles ini cocok untuk bidang vertikal dengan daya yang dibutuhkan cukup tinggi, yakni 900 watt. Untuk harganya, terbilang lumayan mahal, dibanderol Rp1-2 jutaan. Namun, kualitas dan fitur yang ditawarkannya pun tidak main-main. 

Selain desainnya ergonomis, mesin poles mobil ini juga mempunyai putaran maksimum 2000 rpm, dan mempunyai 2 mode kecepatan yang diantaranya yaitu variable speed (5 speed 600-2000 rpm) dan non-variable speed (single speed).

7. TORO TR DA 15

Berikutnya, mesin mobil Toro TR-DA-15 mempunyai keunggulan pada fungsi dan fiturnya yang sangat baik untuk membantu kamu memperoleh hasil pengerjaan dan pengalaman pemolesan menjadi sangat baik dari sebelumnya. Mesin ini bisa dijadikan pilihan karena kecepatan putaran pada mesin bisa mencapai 4500 rpm. 

Fitur-fitur yang dimiliki di antaranya soft start dengan constant speed system untuk output kecepatan stabil, bertenaga dan efektif dalam menghilangkan cacat cat lebih cepat, non-slip soft rubber coated grip.

Selain itu, ada juga anti-tip brace, electronic speed control dial serta sejumlah fitur lainnya. Alat ini juga bisa digunakan untuk proses waxing. Untuk harga cukup mahal, berkisar di Rp 3,3 juta. 

8. Black + Decker KP600-B1 

Mesin poles Black + Decker KP600-B1 ini dirancang khusus untuk para pengguna yang menginginkan cara cepat dan mudah memoles mobilnya. Alat ini bisa menerapkan lilin dengan wax applicator bonnet yang disertakan. 

Mesin ini sangat ideal untuk waxing dan memoles mobil, bahkan furniture lainnya. Harganya cukup terjangkau, berada di antara Rp600-700 ribuan. Mesin poles ini memiliki kebutuhan daya 60W dengan kecepatan hingga 4400 rpm dan single speed switch. 

9. Krisbow Mesin Poles Tangan 

Siapa tidak mengenal Krisbow, brand yang sudah malang melintang di dunia peralatan rumah tangga atau alat listrik. Krisbow juga mengeluarkan mesin poles tangan. 

Dengan daya yang relatif rendah yaitu 570 watt dengan ukuran pad sebesar 18 cm, Krisbow mesin poles dibanderol dengan harga Rp 900-an ribu. Krisbow mesin poles tangan mempunyai frekuensi 50 Hz dan kecepatan maksimum 1000-2400 rpm. 

10. Baseus Original Car Wax Lazy Waxing Machine 

Baseus biasanya kita kenal untuk gadget. Namun ternyata Baseus juga memiliki produk mesin poles mobil. Harganya cukup murah. 

Berada di kisaran Rp130 ribu. Meskipun harga murah, Baseus Original Car Wax Lazy Waxing Machine mempunyai fungsi dan kualitas yang cukup baik dan cocok bagi yang sedang mencari mesin poles mobil murah dan terbaik.

11. Kenmaster KM-05

Rekomendasi mesin poles mobil selanjutnya adalah Kenmaster KM-05 yang bisa didapatkan melalui offline atau online melalui marketplace. Harga mesin polesan mobil yang satu ini terbilang cukup murah yakni Rp200 ribuan.

Dengan harga yang begitu murah kita tetap bisa membuat body mobil terlihat mengkilap dan lebih fresh. 

Keunggulan dari produk ini adalah kecepatan variabel yang bisa diatur sesuai kebutuhan kita, maksimal kecepatan mencapai 1600 sampai 3000 rp, frekuensi 50 sampai 60 Hz dengan daya hanya 600 watt. 

Ukuran mesin poles mobil Kenmaster KM-05 sebesar 5 inci sehingga bisa dibawa kemana saja dan disimpan di mana saja.

12. Mailtank Car Polisher SH-43

Merek mesin poles mobil yang harganya terjangkau lainnya adalah Mailtank Car Polisher SH-43 yang dijual dengan harga Rp200 ribuan. 

Meskipun harga mesin polesan mobil ini terbilang murah tetapi kualitas poles yang dihasilkan Mailtank Car Polisher bisa membuat mobil kita berkilau.

Material pembuat Mailtank Car Polisher SH-43 adalah aluminium sehingga mesin poles mobil ini lebih kuat tahan lama. 

Keunggulan produk ini adalah dilengkapi dengan disk poles yang bisa kita ganti sesuai kebutuhan, pegangannya kuat anti licin dengan gagang pegangan yang bisa diputar dan sistem pengaturan dengan pilihan beberapa kecepatan.

13. Ryu Angle Polisher RPO180-1E

Ryu angle polisher RP0180-1E merupakan mesin poles mobil dengan harga yang cukup fantastis yakni berkisar antara Rp1 jutaan sampai Rp2 jutaan. Akan tetapi, dengan harga yang mahal tersebut nyatanya cukup sepadan dengan spesifikasi dan fitur mesin poles mobil ini.

Mesin poles mobil yang diproduksi oleh Tekiro Corporation ini banyak mengadaptasi teknologi dan desain dari Jepang sehingga memiliki performa yang lebih maksimal dan cocok diaplikasikan pada bidang horizontal. 

Ryu angle polisher RP0180-1E memiliki pengaturan kecepatan 6 posisi dan maksimal putaran 3000 RPM sehingga menjadi mesin poles motor terbaik di kelasnya.

Ukuran dimensinya yakni 180 mm dan berat 3,5 kg. Sedangkan daya listriknya sebesar 1200 watt. Ryu angle dilengkapi dengan fitur variable speed yang berfungsi untuk mengatur kecepatan yang aman dan nyaman. 

Ryu angle diklaim merupakan produk mesin poles mobil serba guna sehingga cocok digunakan untuk skala bisnis apa saja, mulai dari pekerjaan auto detailing sampai penggunaan pribadi.

Baca juga: Tips Membersihkan Mesin Mobil yang Aman dan Benar

Tips Memilih Mesin Poles Mobil

Setelah mengetahui rekomendasi produk mesin poles dan harga mesin polesan mobil, kita akan dihadapkan pada situasi yang membingungkan untuk memilih mana mesin poles mobil yang terbaik? Ini tipsnya.

Memiliki fitur setting kecepatan

Tips memilih mesin poles mobil yang pertama adalah dengan memilih mesin yang memiliki fitur pengaturan kecepatan seperti pengaturan variable speed. Dengan begitu, kita bisa mengontrol kerjanya mesin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Memiliki fitur kecepatan putaran per menit

Dibandingkan memilih produk mesin poles mobil yang memiliki daya putaran kencang, lebih baik kita memilih mesin yang memiliki fitur kecepatan putaran per menit atau RPM. 

Terlebih lagi bila kebutuhan kita saat ini untuk polishing, maka faktor kecepatan RPM memegang kendali untuk menghasilkan hasil yang lebih maksimal.

Sedangkan mesin poles mobil yang memiliki daya putaran kencang justru akan menciptakan baret halus di permukaan body mobil.

Memiliki gagang mesin bersifat ergonomis

Selain mempertimbangkan sisi performa alat, kita juga perlu melihat faktor pendukung seperti gagang mesin poles mobil yang bersifat ergonomis.

Jika kita memilih alat dengan pegangan gagang yang ergonomis maka kita akan dengan leluasa dan nyaman untuk mengontrol mesin sehingga kerja mesin jadi lebih stabil.

Baca juga: Rekomendasi Salon Mobil Terdekat di Jakarta untuk Detailing

Cara Poles Mobil yang Benar

Umumnya, poles mobil dilakukan sebelum melakukan wax mobil. Walaupun begitu, keduanya tak perlu digunakan setiap kita selesai mencuci mobil. Idealnya digunakan setiap beberapa bulan sekali untuk menjaga dan mengontrol kondisi cat body mobil.

Saat OtoFriends harus menggunakan mesin poles mobil di rumah, ini cara poles mobil yang benar di rumah untuk hasil yang lebih maksimal, di antaranya:

  • Lakukan poles mobil di sore hari saat sinar matahari belum terlalu terik.
  • Lakukan poles mobil di tempat yang teduh atau di dalam garasi, yang terpenting hindari mobil dari paparan sinar matahari langsung.
  • Bersihkan mobil agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel. Disarankan untuk membersihkan mobil menggunakan shampo khusus yang memiliki kadar pH 7 agar kotoran dan debu terangkat sempurna.
  • Keringkan mobil menggunakan lap microfiber agar air mudah menyerap.
  • Aplikasikan pasta poles mobil pada lap kering dan bersih terhadap permukaan body mobil.
  • Gosok dengan lembut pasta tersebut sampai produk terlihat menghilang. Gosok dengan gerakan memutar sampai pasta poles semakin tipis dan tidak meninggalkan jejak di body mobil.
  • Poles mobil secara merata dan sedetail mungkin.
  • Untuk meningkatkan tingkat kilap, kita bisa menggunakan lap halus pada mesin poles mobil tanpa diberikan cairan tambahan.
  • Bila selesai, kita bisa mengeringkannya dengan lap microfiber atau lap chamois yang bersifat lembut dan mudah menyerap air.

Mencuci secara mandiri dengan mesin poles mobil bisa membuat biaya perawatan lebih hemat. Selain mencuci, merawat kendaraan juga harus dilakukan dengan cara melakukan servis rutin.

Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti.

Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking service melalui Otoklix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. 

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Mesin Poles Mobil

Harga mesin poles mobil beragam, dari yang termurah yakni Mailtank Car Polisher SH-43 dan Kenmaster KM-05 yang dijual Rp200 ribuan, NRT Pro GV5000HD yang dijual Rp240 ribuan, sampai yang termahal Bosch GPO 12 CE dijual dengan harga Rp2,8 jutaan dan TORO TR DA 15 seharga Rp3,3 jutaan.

Cara memilih mesin poles mobil terbaik di antaranya pilih produk yang memiliki fitur setting kecepatan, fitur kecepatan RPM, dan gagang mesin yang bersifat ergonomis.

Rekomendasi mesin poles motor yakni Kenmaster Car Polisher yang dijual mulai Rp200 ribuan dan Ry Angle Polisher RP0180-1E yang dijual dengan harga Rp1 jutaan sampai Rp2 jutaan.