Sirkuit Proving Ground Bekasi siap dibangun, apa itu sirkuit proving ground? dan bagaimana desainnya? Simak informasi selengkapnya di sini.

Menteri Perhubungan menjelaskan bahwa Indonesia akan membangun sebuah sirkuit untuk digunakan tes kendaraan terbesar se-ASEAN. Sirkuit ini rencananya akan dibangun mulai bulan November 2022 lengkap dengan fasilitas-fasilitasnya penunjang di dalamnya. 

Tidak hanya luas, sirkuit ini rencananya akan dibangun sesuai standar internasional UNECE (United Nations Economic Commission for Europe) atau Komisi Ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Eropa.

Namun, OtoFriends sebenarnya tahu tidak apa itu Sirkuit Proving Ground? Berikut Otoklix berikan penjelasannya mengenai sirkuit yang akan dibangun di Bekasi dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara tersebut. 

Apa Itu Sirkuit Proving Ground?

Sirkuit proving ground atau fasilitas proving ground merupakan fasilitas yang digunakan untuk dilakukannya uji coba kendaraan bermotor di luar ruangan (outdoor). Fasilitas ini dibangun agar nantinya pengujian kendaraan bermotor yang diekspor dari Indonesia tidak perlu dilakukan lagi di negara tujuan.

Indonesia akan membangun fasilitas proving ground ini dan menjadi fasilitas pengujian kendaraan bermotor pertama di Indonesia dan terbesar se-Asia Tenggara, sebab akan memanfaatkan lahan seluas 80 hektar. Tidak hanya menjadi yang terbesar, sirkuit juga akan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas modern.

Fasilitas ini juga berstandar internasional UNECE dan dibangun dengan mengadopsi United Nations Agreement Concerning The Adoption of Uniform Conditions of Approval and Reciprocal Recognition of Approval For Motor Vehicle Equipment and Parts (UN Agreement).

Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik 2022 Harga Rp100 Jutaan Irit BBM

Dengan begitu, proses ekspor kendaraan bermotor dari Indonesia ke negara tujuan menjadi lebih efisien karena sudah diuji terlebih dahulu di proving ground ini. Bahkan, kehadiran proving ground ini juga nantinya mampu meningkatkan daya saing, sebab proses ekspornya efisien.

Proving ground rencananya akan digunakan untuk menguji kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Ini juga menjadi peran pemerintah dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan agar mampu mengurangi emisi kendaraan bermotor.

Direncanakan, sirkuit proving ground nantinya akan memiliki 16 fasilitas pengujian berstandar internasional United Nation Regulation (UNR). Ini juga rencananya akan diterapkan di negara-negara ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Mutual Recognition.

Tidak hanya itu, nantinya dalam area sirkuit ini juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain seperti pembangunan daerah wisata, pembangunan business center/tempat usaha seperti gedung pertemuan maupun foodcourt. 

Sehingga pembangunan ini manfaatnya juga akan dirasakan bagi perekonomian nasional, terutama perekonomian di Bekasi itu sendiri sebagai lokasi dibangunnya fasilitas sirkuit proving ground. Juga dapat mendukung industri otomotif Indonesia untuk menembus pasar internasional, dan mampu memberikan jaminan keselamatan di dalam negeri dengan standar otomotif level ASEAN dan internasional.

Baca juga: 9 Tips Agar Tidak Mabuk Saat Naik Mobil

Desain Sirkuit Proving Ground

Menilik dari desain proving ground yang sudah ada milik swasta, dapat dipastikan bahwa sirkuit proving ground di Bekasi akan menyediakan berbagai fasilitas pengujian kendaraan. Mulai dari tes medan jalan, lintasan yang licin, hingga kekedapan kabin.

Tidak hanya itu, nantinya akan ada 16 fasilitas yang bisa digunakan untuk pengujian kendaraan yang sudah bertaraf internasional. Kemudian, sebuah danau juga akan dibangun di tengah-tengah area pengujian, yang dapat berpotensi menjadi tempat wisata.

Di bagian area luar juga bisa dimanfaatkan sebagai area latihan berkendara yang mampu menghasilkan PNBP. 

Area seluas 4,2 hektar yang tersisa sebagai lahan kosong juga bisa dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi lahan komersial yang mampu menghasilkan PNBP juga. Letaknya berada di seberang jalan tol. Karena lokasinya yang strategis inilah, area ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat dibangun sebagai tempat usaha atau business center dengan menggunakan skema Kerjasama Pemanfaatan (KSP)

Baca juga: 13 Pilihan Mobil Irit Bensin 2022 Beserta Spesifikasinya

Kapan Sirkuit Proving Ground Selesai Dibangun?

Lalu, kapan kira-kira sirkuit proving ground dibangun dan selesai? Menteri Perhubungan mengungkapkan bahwa groundbreaking pembangunan sirkuit proving ground ini akan dimulai pada bulan November 2022. 

Menteri Perhubungan juga menjelaskan bahwa proyek ini sebisa mungkin rampung dan mampu beroperasi penuh dalam waktu 2 tahun ke depan. Bahkan, tahun depan diharapkan bisa selesai untuk digunakan sebagai pilot project beberapa kegiatan.

Proyek senilai Rp1,89 triliun ini dibangun oleh konsorsium PT Indonesia Internasional Otomotif Proving Ground, yang terdiri dari PT Gobel International, PT Hutama Karya (Persero), PT Astra Daihatsu Motor, Toyota Tsusho Corporation, PT Bintang Pradipa Persada, dan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport Urban Development.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

Proyek ini memiliki kapasitas maksimum untuk melakukan pengujian dalam setahun adalah sebanyak 14.319 pengujian. Skema pembangunan menggunakan availability payment dengan nilai pengembalian proyek senilai Rp399 miliar per tahun, dan kerja sama dilakukan selama 15 tahun masa operasi.

Itulah penjelasan mengenai sirkuit proving ground yang merupakan fasilitas yang dibangun untuk digunakan sebagai tempat pengujian kendaraan bermotor terutama kendaraan listrik. Ternyata proyek besar ini diharapkan dapat rampung dalam 2 tahun, dan nantinya di area tersebut dapat dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata hingga business center.

Tidak hanya itu, pembangunan fasilitas proving ground juga diharapkan mampu membantu perekonomian nasional terutama perekonomian di Bekasi sebagai lokasi tempat fasilitas ini dibangun.

Jika penjelasan mengenai sirkuit proving ground tersebut bermanfaat, OtoFriends juga bisa kunjungi berbagai informasi otomotif menarik lainnya hanya di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Sirkuit Proving Ground

Fasilitas yang digunakan untuk menguji kendaraan bermotor secara outdoor atau di luar ruangan.

Membantu perekonomian nasional dan perekonomian di Bekasi dan dapat mendukung industri otomotif di Indonesia tembus ke pasar internasional.

Diharapkan fasilitas proving ground selesai hingga mampu beroperasi penuh dalam kurun waktu 2 tahun.