Tren otomotif di Indonesia saat ini adalah kendaraan elektrifikasi atau kendaraan yang mengandalkan energi listrik. Untuk OtoFriends yang sedang mencari sepeda motor listrik dewasa, berikut ini rekomendasinya lengkap dengan harga motor listrik dewasa.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak di dunia. Tak heran bila para pelaku bisnis otomotif sepeda motor menargetkan pasar di Indonesia. Keunggulan motor listrik adalah efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi daripada motor bensin konvensional. 

Meskipun menggunakan listrik, tetapi kita tetap perlu membawa dokumen penting saat berkendara menggunakan kendaraan listrik. Dokumen seperti STNK dan BPKB tetap perlu kita miliki karena telah diatur pada Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menariknya sepeda motor listrik yang dikhususkan untuk anak-anak ada pula khusus orang dewasa. Berikut ini rekomendasi 10 sepeda listrik dewasa terbaik dan murah yang bisa OtoFriends pilih.

Baca juga: Servis Motor Listrik Segway Kini Bisa di Otoklix

1. Yamaha Neos

Yamaha mengeluarkan beberapa produk motor listrik, salah satunya adalah Yamaha Neo yang diluncurkan akhir 2022 lalu di Vietnam. Harga sepeda motor listrik Yamaha ini di Vietnam dijual mulai dari 50 juta VND atau setara dengan Rp32,8 juta.

Neo memiliki desain skuter yang trendi berbentuk serba bulat, terdapat cover lampu di bagian depannya yang berbentuk menyerupai mata dan desain lampu yang dibuat terpisah dengan body. Ada 3 pilihan warna antara lain putih, hitam dan biru.

2. Honda U-Go

Tak mau kalah dengan kompetitornya, Honda pun turut memproduksi motor listrik khusus orang dewasa yang dijual cukup murah. Honda memproduksi 3 motor listrik yakni Honda U-Go, Honda V-Go dan Honda U-Bee.

Harga motor listrik Honda U-Go berkisar antara Rp16 juta sampai Rp17 juta.

Terdapat dua jenis motor Honda U-Go yakni yang baterai berkapasitas 1200 watt yang yang memiliki kecepatan maksimal sampai 53 km/jam dan baterai berkapasitas 800 watt dengan kecepatan maksimal 43 km/jam. Honda membekali U-Go dengan baterai lithium 48V 20Ah yang mampu menempuh jarak hingga 130 km.

Adapun jenis motor listrik lainnya yakni Honda V-Go dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda yakni Rp16 jutaan. V-Go menggunakan baterai berkapasitas 2000 watt dengan kecepatan maksimal 55 km/jam. Baterai yang dibekali Honda untuk V-Go merupakan baterai lithium berkualitas tinggi yang digunakan juga pada mobil Tesla S.

3. Segway N90 C

Rekomendasi sepeda motor listrik dewasa selanjutnya adalah keluaran Segway yakni motor listrik Segway N90 C yang dijual dengan harga Rp27 jutaan untuk harga on the road Jakarta.

Dengan harga yang lumayan fantastis, Segway membekali N90 C dengan sistem kelistrikan premium sehingga dapat menempuh jarak maksimal sebesar 96 km dan kecepatan maksimal 52 kpj. Untuk desainnya sendiri Segway mendesain N90 C dengan desain futuristik.

4. Gesits

Nama Gesits sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 2016 bersama dengan prototipe motor listriknya. 

Dengan banyak pembaruan dan pembekalan teknologi tercanggih, Gesits memiliki 3 mode yakni mode ECO dengan kecepatan maksimal 45 km/jam, mode urban 60 km/jam dan mode sport dengan kecepatan 70 km/jam.

Harga motor listrik Gesits mulai dari Rp28 jutaan untuk harga on the road Jakarta. Gesits membekali motor listriknya dengan baterai Li-NCM 72V 20Ah yang disematkan di bagian bagasi motor. 

Gesits mengklaim bahwa motor ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 70 km/jam dengan kemampuan daya tempuh satu baterai sejauh 50 km.

5. Viar New Q1

Motor listrik asal Indonesia selanjutnya adalah motor listrik Viar New Q1 yang dijual dengan harga mulai dari Rp21 jutaan sampai Rp22 jutaan. Berbeda dengan motor listrik lainnya, Viar New Q1 justru hadir dengan desain nyentrik dan retro, misalnya saja bagian lampu depan yang berbentuk lonjong dan desain siluet body motornya.

Sementara itu, spesifikasi Viar New Q1 antara lain baterai menggunakan baterai Lithium-Ion 60V 23 Ah berkapasitas 800 watt. Kita membutuhkan waktu 4 sampai 5 jam untuk pengisian daya baterainya hingga terisi 100 persen.

Viar mengklaim bahwa New Q1 ini memiliki kecepatan maksimal hingga 60 km/jam dan maksimal jarak tempuh sebesar 60 km.

6. United Motor T1800

United Motor T1800 secara resmi mengaspal di Indonesia sejak bulan Desember 2022. Merek sepeda United yang sering kita jumpai di Indonesia turut serta menambah varian produknya dengan memproduksi sepeda motor listrik dewasa.

Terdapat 4 pilihan mode kecepatan antara lain mode 1 untuk kecepatan 50 km/jam, mode 2 60 km/jam, mode 3 65 km/jam, dan mode turbo dengan kecepatan 70 km/jam, sedangkan maksimal jarak tempuh motor listrik ini bisa mencapai 60-65 km.

Berbicara harga, rupanya setiap varian motor T1800 memiliki harga yang berbeda, untuk motor listrik United T1800 biasa yang menggunakan satu baterai dijual dengan harga Rp27,5 juta. 

Adapun United T1800 CM seharga Rp33,5 juta dan United T1800 TM dapat kita miliki dengan harga Rp34,25 juta. Untuk varian CM dan TM, United membekali kedua varian motor listrik tersebut dengan 2 baterai.

Kemudian, bagian desainnya sendiri sangat kental akan nilai futuristik, khususnya pada bagian lampu yang sudah menggunakan lampu LED. United juga membekali fitur khusus yakni gigi mundur untuk memudahkan penggunanya saat akan memindahkan motor atau memarkirkan motor.

7. Selis Agats

Sepeda listrik dewasa murah dari Selis yang cukup terkenal adalah Selis Agats yang dijual di bawah Rp15 juta. Berbeda dengan motor listrik sebelumnya yang dibanderol cukup fantastis di atas Rp20 jutaan.

Dengan harga yang murah tersebut, kita tetap dapat merasakan sensasi naik motor listrik dengan kecepatan maksimum 60 km/jam. Selis mengklaim bahwa tipe Agats ini mampu menempuh jarak terpanjang hingga 50 km.

Sementara itu, bila meneliti bagian baterainya, Selis membekali Agats dengan baterai Sealed Lead Acid atau SLA, berbeda dengan motor listrik pada umumnya yang menggunakan baterai lithium. Desain body motornya yang sporty sangat cocok sebagai moda transportasi anak muda zaman sekarang.

8. Alva One

Alva One menjadi rekomendasi motor listrik dengan harga yang mahal. Untuk harga on the road Jakartanya saja sebesar Rp34,9 jutaan. Namun harga ini sepadan dengan berbagai fitur dan teknologi yang menyertainya.

Pertama kali terlihat pada acara GIIAS 2022, Alva One telah banyak mencuri perhatian orang.

Mulai dari desainnya yang seperti motor matic bermesin bensin pada umumnya ditambah ukuran ban motor yang cukup besar yakni 14 inci, motor ini menjadi motor listrik yang terlihat gagah, sporty namun tetap menawan.

Kita akan dibuat takjub saat mengetahui bahwa kecepatan maksimumnya mencapai 90 km/jam dan kemampuan jarak tempuh terjauh 70 km. Untuk satu kali pengisian daya hingga baterai penuh membutuhkan waktu 4 jam. Baterai yang digunakan Alva One adalah baterai lithium-ion 60 V 45 Ah.

Sedangkan fitur-fiturnya sendiri, Alva One memiliki fitur khusus yakni gigi mundur, pilihan 3 mode kecepatan, lampu LED, konektivitas smartphone, speedometer digital, rem cakram depan dan belakang hingga layanan darurat khusus yang dapat kita akses 24 jam.

9. Smoot Tempur Facelift

Smoot tempur facelift bisa OtoFriends jadikan pilihan kendaraan sehari-hari karena memiliki kecepatan maksimum 60 km/jam dengan kecepatan maksimum 60 km. Smoot tempur facelift menggunakan baterai lithium-ion 64 V 22,5 Ah berkapasitas 1500 watt.

Adapun dari desainnya, Smoot memiliki tampilan luar seperti motor matic berbahan bakar bensin pada umumnya dengan tambahan LCD pada bagian speedometer dan lampu LED.

Harga Smoot termasuk murah, harga sepeda motor listrik murah ini hanya Rp16,5 jutaan saja. Fitur unggulan yang hanya dimiliki Smoot Tempur Facelift adalah fasilitas swap battery atau tukar baterai. 

Terdapat kurang lebih 400 stasiun khusus untuk menukar baterai motor listrik ini yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

Namun, bila OtoFriends tetap ingin memiliki charger maka dapat membeli Home Charger dengan harga kurang lebih Rp1,2 juta.

10. ECGO 2

Rekomendasi sepeda listrik dewasa murah yang terakhir adalah motor listrik ECGO 2 yang dibanderol mulai dari Rp8 jutaan sampai Rp11 jutaan. Meskipun harga jualnya murah, tetapi fitur dan teknologi yang digunakan ECGO 2 bukan kaleng-kaleng.

Motor listrik ECGO pertama kali diperkenalkan pada acara GIIAS 2019. Ada banyak fitur yang diperbarui sehingga menghadirkan ECGO 2 untuk menjawab tantangan dari masyarakat.

Mulai dari kemampuan maksimum jarak tempuh hingga 70 km, kecepatan maksimum 60 km/jam, hingga GPS Tracker yang dapat diakses melalui aplikasi di smartphone.

Untuk baterainya sendiri, ECGO 2 menghadirkan sistem sewa baterai di mana kita dapat menyewa baterai dengan biaya Rp95 ribu untuk 30 hari.

Itulah daftar rekomendasi sepeda motor listrik dewasa dengan beragam harga, mulai dari yang paling murah di bawah Rp10 juta hingga Rp30 jutaan.

Sebelum membeli kendaraan elektrifikasi, ada baiknya kita mencari tahu bagaimana cara merawat motor tersebut. 

Sekalipun tidak memiliki aki mobil, tetapi kendaraan elektrifikasi seperti motor atau mobil listrik memiliki komponen-komponen kelistrikan yang cukup kompleks sehingga perlu penanganan yang cermat.

OtoFriends sedang mencari bengkel yang bisa membantu untuk perawatan motor listrik? Kamu dapat menemukannya di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Sepeda Motor Listrik Dewasa

Harga sepeda motor listrik murah mulai dari ECGO dengan harga Rp8 juta-Rp11 juta, Smoot Tempur Facelift Rp16,5 juta, Honda U-Go Rp16 juta-Rp17 jutaan, Viar New Q1 Rp21 jutaan, Segway N90 C Rp27 juta hingga Alva One Rp34,9 jutaan.

Motor listrik diklaim menjadi kendaraan yang ramah lingkungan dan lebih efisien daripada kendaraan berbahan bakar bensin konvensional.

Sama seperti motor konvensional, kita tetap perlu memiliki dokumen kendaraan penting seperti STNK dan BPKB. Aturan ini telah tertulis pada peraturan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.