Semir ban mobil terbaik adalah semir ban mobil yang bisa melindungi ban mobil dari paparan sinar UV dan menjaga elastisitas karet pada ban mobil.

Sebab, ban mobil akan sering bergesekan dengan permukaan aspal dan terpapar sinar matahari yang membuat warna ban mobil lama-kelamaan akan memudar.

Meskipun sudah dicuci, terkadang ban mobil masih terlihat kusam. Kita bisa menggunakan semir ban mobil ini agar tampilan mobil semakin enak dipandang.

Agar ban mobil terlihat seperti baru, Otofriends wajib tahu semir ban mobil terbaik di bawah ini. Yuk, simak rekomendasi Otoklix berikut ini.

Daftar dan harga semir ban mobil

1. One+ Tyre Polish

Semir ban mobil ini bisa didapat dengan harga Rp55 ribuan. Bentuknya berupa spray sehingga memudahkan dalam pengaplikasian. Semprotkan pada ban mobil dan tunggu sampai kering. 

Kandungan semir ini berupa silikon water-based. Teksturnya instant tyre dressing sehingga dapat membuat ban mobil langsung hitam meskipun sekali semprot.

2. Turtle Wax Wet n Black Tire Shine

Jika OtoFriends mencari semir ban mobil yang bisa mempertahankan kilaunya meskipun sudah berkali-kali cuci mobil, Turtle Wax ini bisa menjadi solusi. 

Produk ini diklaim menggunakan formula terbaik dan mampu memberikan efek wet look. Warna ban mobil terlihat hitam pekat. Harga untuk satu botol Turtle Wax ini adalah Rp184 ribuan.

3. Sonax Xtreme Tyre Gloss Spray

Produk semir ban mobil terbaik berikutnya adalah dari merek Sonax. Dengan menggunakan semir ban Sonax, ban mobil akan terlihat glossy/mengkilap secara tahan lama.

Selain memberikan efek kilap, Sonax juga dapat memelihara karet ban agar tidak cepat retak, sehingga usia pakai ban menjadi lebih lama. Tersedia dalam bentuk spray untuk memudahkan pengaplikasian. Harga semir ban ini berkisar Rp180 ribuan.

Baca juga: 6 Semir Ban Mobil Terbaik dan Tips Biar Selalu Mengkilap

4. Waxco Wet Look Tyre Shine

Produk semir ban dari Waxco ini memiliki kualitas yang premium. Terdapat formula khusus hi-gloss yang dapat membersihkan dan membuat warna ban hitam mengkilap secara tahan lama. Ban mobil akan terlihat seperti baru. Selain digunakan pada ban, semir ini juga bisa digunakan pada bumper mobil atau karet pada velg ban..

Cara menggunakan semir ini adalah dengan mengoleskan semir pada ban dengan menggunakan kuas. Hasil kilapnya lebih merata. Tidak heran bahwa produk ini disukai oleh konsumen. Harganya juga cukup terjangkau, hanya Rp90 ribuan.

Selain itu, semir ban ini tidak mengandung senyawa CFC (Klorofluorokarbon) sehingga produknya lebih ramah lingkungan. Dengan kandungan 500 ml, produk ini bisa digunakan untuk menyemir sampai dengan 160 ban.

5. Dobeli Tire Shine

Mencari semir ban mobil terbaik dengan harga terjangkau? Dobeli Tire Shine ini bisa menjadi salah satu pilihan. Harganya hanya Rp50 ribuan. Menggunakan cairan water-based membuat produk ini aman untuk ban mobil meskipun digunakan untuk jangka panjang. Semir ini membuat ban mobil terlihat kinclong. 

Selain itu, formulanya juga mampu merawat ban agar tidak cepat retak dna menutup pori-pori ban mobil. Sehingga partikel mikro tidak menembus dan mengendap di mobil. Satu botol Dobeli Tire Wax berisi 500 ml ini dapat digunakan berulang kali.

6. Otomen Dresser Semir Ban

Semir ban mobil yang satu ini juga mudah diaplikasikan. Cukup dioles, bisa membuat warna ban kembali menghitam dan juga mencegah ban mobil retak. Selain digunakan pada ban mobil, bisa pula digunakan pada eksterior maupun interior mobil. Misalnya dashboard, panel dalam pintu, jok mobil, dan lainnya.

Produk ini juga menggunakan teknologi proteksi Sun Blocker sehingga ban mobil lebih aman dari paparan sinar UVA dan UVB agar ban tidak cepat rusak. Formulanya juga tidak membuat permukaan terasa lengket.

7. Meguiar’s Endurance Tire Gel

Menggunakan salah satu ban semir mobil terbaik dari merek Meguiar’s akan membuat ban mobil terkesan wet look

Formula makro polimer dan kopolimer dalam produk ini dapat melindungi ban mobil dari kerusakan akibat sinar UV seperti pecah atau getas. Selain itu, produk ini juga akan mencegah ben berwarna kusam kecoklatan.

Menggunakan bahan gel membuat produk ini tahan lama terhadap air, bahkan bisa sampai berminggu-minggu. Penggunaannya juga mudah. Harga untuk sebotol Meguiar’s Endurance Tire Gel ini sekitar Rp52 ribuan.

8. Sabusa Semir Eksterior dan Interior

Tidak hanya dapat digunakan untuk semir ban mobil, Sabusa juga bisa digunakan sebagai semir eksterior dan interior mobil lainnya. 

Produk ini menggunakan cairan water-based yang tidak akan merusak ban mobil. Teksturnya juga tidak lengket. Produk ini dapat membuat ban mobil kita super kinclong.

Semir Sabusa ini bisa digunakan pada jok kulit, dashboard, dan doortrim yang cepat kusam seiring waktu. Cara menggunakannya cukup dioleskan dengan menggunakan kuas pada ban mobil. Harga untuk 500 ml cairan semir ini adalah sekitar Rp62 ribuan.

9. 3M Tire Restorer

3M Tire Restorer ini bisa didapatkan dengan harga hanya Rp54 ribuan saja. Semir ban dari 3M akan membuat ban mobil terlihat berkilau. Selain itu, formulanya juga menjaga elastisitas karet ban mobil sehingga tidak mudah retak.

10. Ikori Semir Ban

Semir ban ini terbilang cukup murah, hanya Rp25 ribuan saja per liter. Semir ban ini dapat melindungi lapisan ban dari kotoran dan debu. 

Proteksinya bisa bertahan sampai dengan dua minggu. Dengan kemasan satu liter, tentunya lebih hemat dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Dengan harga yang ekonomis, ban mobil kita bisa terlihat seperti baru!

11. Kit Black Magic Tire Gel

Siapa yang tidak kenal dengan produk perawatan bodi mobil yang satu ini? Menggunakan salah satu semir ban mobil terbaik ini dapat membuat ban mobil menjadi super kinclong serta dapat membersihkan kotoran pada ban mobil.

Setelah menggunakan produk ini, ban mobil akan mendapatkan hasil wet look yang membuat ban mobil terlihat seperti baru. Harganya pun cukup terjangkau, hanya Rp13 ribuan untuk satu pouch.

Baca juga: Rekomendasi Semir Kit Ban Mobil yang Klimis Maksimal dan Awet

12. Zone Semir Ban

Selain digunakan pada ban mobil, semir ban ini juga bisa digunakan pada dashboard mobil. Zone semir ban akan bekerja dengan mengangkat kotoran dan debu dari permukaan ban dan memberikan tampilan wet look.

Cara Memilih Semir Ban Mobil Terbaik

Bagaimana cara pilih semir ban mobil yang aman dan terbaik? Ada 4 hal yang perlu kita pertimbangkan saat memilih semir ban mobil terbaik. 

Mulai dari mempertimbangkan ingin menggunakan jenis semir ban mobil yang mana, kandungan formula pada semir ban mobil, mempertimbangkan pengaplikasian semir ban bertekstur khusus pada kondisi ban sampai mempertimbangkan apakah perlu yang banyak silikonnya atau tidak.

Pertimbangkan Jenis Semir Ban Mobil

Ada tiga jenis semir ban mobil, yakni semir ban mobil cair, busa atau foam dan wax. Ketiganya memiliki keunggulannya masing-masing. 

Pada semir ban mobil cair biasanya terdiri dari silikon yang dicampur dengan beberapa campuran bahan kimia lain untuk mempertegas kilap ban mobil.

Sementara itu, jenis busa atau foam diklaim sebagai semir ban mobil super kinclong karena sifatnya yang membersihkan sekaligus membuat kilap maksimal pada ban mobil. Sedangkan jenis wax merupakan jenis semir ban non silikon yang bisa menjaga elastisitas karet ban mobil.

Pertimbangkan Formula yang Terkandung pada Semir Ban Mobil

Cari tahu terlebih dulu formula yang terkandung pada semir ban mobil. Kandungan silikon memang dibutuhkan namun bila terlalu banyak atau campuran silikon yang berbahaya justru bisa mempersingkat usia ban mobil dan tapak jadi cepat haus.

Pertimbangkan Tekstur Semir saat Diaplikasikan pada Ban Mobil

Pilih produk semir ban mobil terbaik yang bukan hanya membersihkan dan membuat kilap pada ban saja melainkan juga merawat ban mobil agar usia pemakaiannya panjang. 

Caranya adalah dengan memilih tekstur yang tepat untuk kondisi ban mobil kita. Instant tyre dressing atau jenis semir berbusa cocok digunakan untuk kita yang sibuk dan memiliki sedikit waktu untuk menyemir ban mobil.

Adapun untuk ban mobil kering direkomendasikan untuk menggunakan semir ban mobil bertekstur tyre gel. Caranya cukup mudah OtoFriends hanya perlu menggunakan spons untuk mengaplikasikan gelnya.

Pertimbangkan Kandungan Silikonnya

Tujuan menyemir ban mobil untuk merawat karet ban mobil agar usia pemakaiannya bisa lama. Oleh karena itu berhati-hati dalam memilih kandungan silikon pada produk semir ban mobil.

Semir ban mobil terbaik harus memiliki kandungan yang mampu menangkal ban mobil dari paparan sinar UV. Perhatikan juga kandungan silikonnya, apabila hanya sekadar banyak kandungan silikon maka berpotensi mempersingkat usia pemakaian.

Lain halnya bila kita memilih silikon tertentu seperti silikon water based yang bisa memperpanjang usia pemakaian.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Ganti Ban Mobil? Ini Tanda-tandanya!

Bagaimana Cara Mengetahui Semir Ban Mobil dengan Kandungan Silikon Terbanyak?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bila kandungan silikon pada semir ban mobil terlalu banyak maka dampaknya adalah bisa mempersingkat usia pemakaian ban mobil karena tapak jadi cepat tipis dan ban mobil cepat haus.

Ciri-ciri semir ban mobil yang banyak mengandung silikon adalah semir ban mobil super kinclong tanpa memperhatikan kandungan cleaner di dalamnya. Perhatikan terlebih dulu informasi produk saat membeli semir ban mobil terbaik.

Selain itu, semir ban mobil terbaik adalah semir ban mobil yang aman dari tekstur kental dan berminyak.

Walaupun begitu, ada jenis silikon baik yang memang tepat diaplikasikan untuk merawat ban mobil. Di antaranya adalah silicone water-based dan silicone solvent-based. Keduanya mengandung silikon yang baik untuk ban mobil.

Silicone water-based diklaim sebagai produk eco-friendly karena mengandung air di dalamnya sehingga bisa memperpanjang usia pemakaian ban mobil. Ban mobil kita jadi terhindar dari gampangnya rusak pada karet ban mobil.

Sedangkan silicone solvent-based merupakan kandungan silikon pada semir ban mobil super kinclong yang bisa memberikan efek kilap lebih lama. Namun, semir ban mobil ini disarankan untuk sesekali saja digunakan.

Nah itu dia 12 rekomendasi semir ban mobil terbaik yang bikin ban mobil terlihat hitam, mengkilap, dan seperti baru kembali. Selain merawat tampilan ban, tentu saja kita perlu rajin merawat fungsi ban.

Jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa ban adalah dengan spooring dan balancing. OtoFriends bisa mendapatkan harga yang transparan di lokasi bengkel terdekat dengan menginstal aplikasi Otoklix. Temukan bengkel ban mobil terbaik di sini yuk!

Pertanyaan Seputar Semir Ban Mobil Terbaik

Untuk beberapa produk semir ban mobil bisa saja berbahaya untuk ban mobil apabila terkandung banyak silikon tanpa campuran yang bersifat membersihkan atau cleaner dan kandungan yang bisa menjaga ban dari paparan sinar UV.

Ada banyak semir ban mobil yang bagus, mulai dari Kit Black Magic dengan harga Rp13 ribuan, Turtle Wax Wet n Black Tire Shine yang memiliki sifat wet look dijual dengan harga Rp184 ribu, atau 3M Tire Restorer yang bisa menjaga elastisitas karet ban dijual dengan harga Rp54 ribu.

Kit Black Magic Tire Gel termasuk semir ban mobil super kinclong yang dijual dengan harga Rp13 ribu. Semir ban ini amat untuk ban mobil dan dapat memberikan hasil wet look sehingga ban mobil akan selalu terlihat seperti baru.