Ban mobil kamu kotor? Ada baiknya segera dibersihkan dan jangan lupa diberikan semir. Memberikan semir pada ban mobil juga penting. Tidak hanya untuk penampilan saja, semir juga bisa melindungi ban dari polusi, sinar UV, sehingga ban tidak cepat rusak, dan warna aslinya tetap awet.

Meski begitu, OtoFriends jangan sampai asal pilih semir ban mobil. Pilih yang sudah teruji kualitasnya seperti salah satunya dari merek KIT ban mobil. Selain sudah teruji, produk ini juga mudah ditemukan. Berikut rekomendasinya:

    Rekomendasi Semir Kit Ban Mobil

    Produsen KIT mengeluarkan setidaknya 3 jenis semir untuk ban mobil. Masing-masing pasti memiliki spesifikasi dan manfaat yang berbeda untuk ban mobil. Berikut adalah penjelasannya:

    1. KIT Grand Prix Tire Shine

    KIT Grand Prix Tire Shine merupakan semir ban mobil seri premium car care. Bahan dasarnya dibuat dengan kualitas premium berformula khusus juga. Formula ini diklaim bisa membuat ban mobil menjadi lebih hitam dan kilap bersinar lebih lama dibanding menggunakan semir seri lainnya.

    Warna hitam dan kilap yang dihasilkan semir seri ini disebut bisa awet selama berminggu-minggu, bahkan setelah mobil dicuci dan terkena hujan. Selain itu, bila semir ini digunakan secara teratur, mampu melindungi ban dari keretakan dan kekusaman. 

    Kelebihan lainnya dari semir ini adalah mudah digunakan dan cepat, tinggal semprot saja. Sementara harganya mencapai Rp50 ribu – Rp80 ribuan

    1. KIT Black Magic Tire Gel

    Meski bukan seri premium, semir KIT satu ini punya kelebihannya sendiri yakni mampu  membersihkan, mengkilapkan dan melindungi ban lebih lama. Berkat formulasi gel yang unik bisa membuat ban jadi lebih hitam dan berkilau khas ‘wet look’ lebih lama. 

    Selain itu, semir ini juga water resistant sehingga bisa menjaga ban mobil tetap hitam mengkilap bahkan setelah mobil dicuci atau terkena air hujan. Serupa dengan seri semir sebelumnya, KIT mengklaim produk dengan harga Rp14 ribuan ini bisa melindungi ban dari keretakan.

    1. KIT Black Magic Tire Foam

    Terakhir, KIT Black Magic Tire Foam. Sesuai dengan namanya, semir ini diformulasikan dengan busa ajaib yang mampu membersihkan kotoran secara cepat, sekaligus mengkilapkan dan melindungi ban.

    Cara menggunakannya juga sangat praktis yakni tinggal semprot, tidak perlu disikat, tidak perlu dicuci, dan tidak perlu dibersihkan lagi. Formula water resistant-nya yang unik dapat menjaga ban mobil tetap hitam mengkilap walaupun mobil sudah dicuci atau terkena air hujan.

    Kelebihan lain dari semir seharga Rp30 ribuan ini adalah tercium wewangian seperti wangi orange, dan aman untuk segala jenis velg serta penutup roda.

    Tips Menyemir Ban Mobil Biar Klimis Maksimal dan Awet

    Usai memilih semir KIT yang cocok dengan seleramu, ikuti tips menyemir ban mobil berikut supaya hasilnya klimis maksimal dan lebih tahan lama:

    1. Pastikan Ban Sudah Bersih dan Kering

    Umumnya, kegiatan menyemir ban mobil dilakukan sesudah mencuci mobil. Maka itu, sebelum menyemir pastikan ban mobil OtoFriends sudah bersih dan kering sepenuhnya. 

    Demikian pula area sekitarnya. Keringkan permukaan ban, pinggir-pinggir ban, dan bagian apapun yang dekat dengan ban menggunakan kain microfiber bersih atau handuk.

    1. Gunakan Alat Bantu

    Salah satu cara menyemir yang paling banyak direkomendasikan adalah dibantu dengan aplikator bukan pakai tangan (meski sudah pakai handscoon). Akan tetapi, aplikatornya tidak boleh sembarang. 

    Aplikator yang terbaik, terutama untuk semir yang disemprot atau semir spray adalah yang berbahan busa microfiber atau handuk terry. Jadi, semprotkan atau tuangkan semir ke aplikator terlebih dahulu, baru oleskan ke permukaan samping ban mobil.

    Trik ini akan membuat kilau ban lebih merata, dan menghindarkan kesalahan aplikasi semir agar tidak mengenai rotor rem, cakram, bantalan, dan bagian lain yang tidak diinginkan.

    1. Keringkan Semir

    Seusai mengaplikasikan semir di semua ban, jangan langsung dibawa jalan ya. Keringkan dulu sekitar 10-20 menit atau ikut instruksi yang tertera pada semir yang kamu pilih. 

    1. Bersihkan Residu semir

    Meski sudah dikeringkan, pastikan lagi agar tak ada residu semir yang tersisa di sekitar area ban. Selain itu, tempelkan spons ke permukaan ban yang disemir untuk menghapus kilap berlebih yang tersisa dari semir tersebut. Langkah ini penting untuk mencegah debu dan kotoran lainnya menempel pada ban.  

    1. Jaga Kebersihan dan Periksa Ban Secara Rutin

    Terakhir, ingat untuk selalu menjaga kebersihan ban. Rajin-rajinlah membersihkan ban mobil, kapanpun kamu sempat.

    Selain itu, rutinlah memeriksa tekanan angin pada ban. Tahukah kamu bahwa ketika suhu naik atau turun 10 derajat, tekanan angin pada ban juga bakal ikut berubah. Nah, ini merupakan salah satu penyebab ban cepat aus. Untuk menghindari hal tersebut, periksalah ban mobilmu sebulan sekali.

    Periksa juga permukaan ban. Perhatikan, apakah ada keretakan, sobekan pada karet, gelembung, atau tanda-tanda kerusakan lainnya. Pemeriksaan akhir termasuk meninjau tapak dalam dan luar – untuk tanda-tanda keausan ban yang tidak merata.

    Untuk pemeriksaan rutin bisa mengandalkan jasa servis di bengkel-bengkel umum terdekat. Sekarang, kamu bisa booking jasa servis ban dengan mudah lewat telepon genggam saja. 

    Tinggal download aplikasi Otoklix dan registrasi sebentar, kamu langsung bisa melakukan booking servis sesuai kebutuhanmu. 

    Nah, demikianlah rekomendasi semir KIT ban mobil beserta tipsnya. Sudah menentukan semir yang cocok untuk ban mobilmu? Share dan review hasilnya di kolom komentar ya!