Memilih keramik garasi mobil memang gampang-gampang susah. Sebab, tidak hanya mementingkan estetika, tetapi juga butuh pertimbangan lain. Misalnya memilih keramik berdasarkan bahannya. Garasi ini tentunya akan sering dilalui mobil, jadi pilih keramik garasi mobil yang berbahan kuat.

Otoklix bakal memberikan 20 inspirasi model dan motif keramik garasi mobil serta tips memilih dan merawatnya. Simak artikel berikut ini.

Inspirasi Model Keramik Garasi Mobil

Sebelum merencanakan motif keramik garasi mobil, OtoFriends bisa terlebih dahulu mempertimbangkan model keramik garasi ini. Beberapa ide di bawah ini mungkin bisa membantu OtoFriends.

1. Model Batu Alam

Salah satu model yang banyak dipakai untuk keramik garasi adalah menggunakan batu alam. bahannya kuat dan memberikan kesan natural, sebab mengandalkan warna alami dari batu alam. Teksturnya juga kasar sehingga membuat mobil tidak mudah tergelincir.

2. Model Konblok

​​

Selain menggunakan keramik untuk lantai garasi, OtoFriends juga bisa menggunakan konblok atau paving block. Pemasangannya mudah, tetapi tetap membuat lantai garasi terkesan rapi dan natural.

3. Model Beton

Menggunakan beton untuk garasi bisa jadi alternatif pilihan yang tepat. Beton bisa menampung kendaraan tanpa membuatnya cepat rusak, sehingga lebih awet. Cara merawatnya juga relatif lebih mudah.

4. Model Semen Ekspos

Hampir sama dengan beton, lantai garasi juga bisa dikreasikan menggunakan semen ekspos. Apalagi bagi OtoFriends yang punya budget terbatas. Menggunakan semen di garasi juga bisa memberikan kesan bersih dan luas. Dengan pengaplikasian yang tepat, garasi semen bisa memberikan kesan minimalis, tetapi modern.

5. Model Batu Sikat

Selain batu alam, OtoFriends juga bisa menggunakan batu sikat untuk lantai ruang garasi. Apalagi penggunaan batu sikat lebih fleksibel untuk memilih motif yang diinginkan. Batu sikat bisa jadi pertimbangan sebelum membeli keramik.

Baca juga: Ukuran Garasi Mobil yang Ideal untuk Mobil Kecil sampai SUV

Pilihan Motif Keramik Garasi Mobil

Setelah memilih mau model apa untuk keramik garasi mobil, selanjutnya adalah merancang motif yang tepat dan indah dipandang. Berikut ini adalah 20 motif keramik garasi mobil yang mungkin bisa menginspirasi OtoFriends.

1. Neo Marecchia Noce

Pilihan motif ini cocok bagi OtoFriends yang menyukai sesuatu yang clean dan simple. Meskipun polos, keramik berukuran 30×30 ini memberikan kesan natural dan minimalis modern di garasi rumah. harganya Rp65 ribu per dus berisi 11 keping.

2. Cross Series

Kalau OtoFriends menginginkan motif yang aesthetic, maka motif cross series ini bisa jadi pilihan. Motifnya memang tidak terlihat saat masih belum disusun, tetapi begitu disusun dengan rapi, akan terlihat motif yang menarik. 

3. Alaska

Keramik ini juga mengusung penggunaan batu alam dengan motif batuan kecil pada permukaannya. Teksturnya matt embossed sehingga tidak licin. Menggunakan motif keramik ini membuat rumah minimalis menjadi terkesan elegan. Harganya Rp62 ribu per dus isi 6 pcs, berukuran 40×40 cm.

4. Douglas

Keramik douglas memberikan kesan yang natural. Permukaannya yang bertekstur juga membuat keramik ini jadi antislip. Penggunaan keramik douglas cocok dipakai di area outdoor. Satu dus berisi 4 keramik dengan harga Rp70 ribuan.

5. Tigris Series

Tigris series adalah keramik garasi yang menggunakan model dan motif keramik batu alam. Motif ini populer digunakan sebagai keramik garasi mobil. Harga untuk satu dus berisi 6 keping berukuran 40×40 cm adalah Rp65 ribuan.

6. Berrylstone

Berrylstone adalah keramik batu alam bermotif. Ukurannya memang cukup besar, yaitu 50×50 sentimeter dengan pilihan warna grey dan beige. Harganya sekitar Rp70 ribuan per dus.

7. dHakodate

Keramik ini memberikan kesan minimalis pada garasi mobil. Terdapat efek glitter pada permukaannya saat terkena cahaya. Ada beberapa pilihan warna, di antaranya grey, charcoal, dan pearl. Selain cocok dipakai di garasi rumah, keramik ini juga cocok dipakai di kamar mandi atau teras. Harganya memang cukup mahal. Untuk satu dus keramik berukuran 50×50 cm sebanyak 12 pcs yaitu Rp150 ribu.

8. Duncan

Keramik satu ini memiliki motif hampir sama dengan batu alam, yaitu batuan kali kecil. motifnya cocok dipakai di garasi outdoor. Harga per dus berisi 4 keping keramik berukuran 40×40 cm adalah Rp73 ribuan.

9. Antonio

Keramik Antonio adalah keramik dengan motif kotak-kotak kecil. Akan terlihat sempurna setelah dipasang dengan rapi. Tersedia pilihan abu-abu dan cokelat. Harga satu dus berisi 6 keping keramik berukuran 40×40 cm adalah Rp65 ribu.

10. Devon

Kalau tidak ingin menggunakan batu alam asli tetapi tetap ingin mempertahankan suasana natural, selain menggunakan Duncan, keramik Devon juga bisa jadi pilihan. Garasi mobil bakal terkesan mewah dengan keramik ini. Keramik ini memiliki harga sekitar Rp75 ribu per dus berisi 4 keping berukuran 50×50 cm.

Baca juga: Rekomendasi Keramik Garasi Mobil Lengkap dengan Perawatannya

11. Topaliza Brick

Seperti namanya, keramik ini memiliki warna seperti batu bata merah. Keramik ini memberikan kesan seperti terakota asli, meskipun terbuat dari keramik. Harganya berkisar Rp67 ribu per dus berisi 6 keping keramik 40×40 cm.

12. Bunga

Motif bunga yang disusun dari batu alam juga bisa menjadi inspirasi pilihan keramik garasi mobil yang natural.

13. Lingkaran atau polkadot 

Bagi OtoFriends yang menyukai motif lingkaran atau polkadot, kini bisa mengaplikasikannya pada keramik garasi rumah. OtoFriends bisa membuatnya dari batu alam, batu sikat, atau pilihan keramik.

14. Kotak-kotak

Garasi rumah dengan motif kotak-kotak besar juga tidak kalah menarik. OtoFriends bisa memasangnya secara lurus atau diagonal.

15. Tile

Berbeda dengan motif kotak besar, motif kotak kecil berupa tile juga tidak kalah menarik. OtoFriends bisa mengombinasikannya dengan warna berbeda.

16. Soft dan gelap

Nuansa soft dan gelap bisa dipadukan sebagai motif keramik garasi, misalnya memadukan warna abu-abu gelap dengan abu-abu terang serta putih.

17. Batu alam polos

Menggunakan batu alam tidak melulu harus berbeda warna untuk menghasilkan motif menarik. Polos dengan bahan batu alam berwarna abu-abu juga bisa jadi ide menarik untuk keramik garasi mobil.

18. Persegi panjang sederhana

Tidak hanya motif kotak, OtoFriends juga bisa menggunakan motif persegi panjang dengan memadukan keramik-keramik berbeda warna.

19. Nuansa putih

Menggunakan warna putih sebagai keramik memang memiliki banyak pertimbangan. Di antaranya adalah cepat kotor. Akan tetapi, warna putih juga memberikan kesan terang.

20. Papan catur

Motif papan catur ini banyak diaplikasikan di garasi rumah. Selain mudah disusun, motif ini juga terlihat menarik.

Baca juga: Cara Agar Mobil Terhindar dari Jamur dan Karat di Musim Hujan

Tips Memilih Keramik Garasi Mobil

Keramik garasi mobil yang baik memiliki beberapa kriteria, seperti:

1. Keramik Garasi Mobil Harus Berukuran Pas

Memilih keramik garasi mobil memang tidak mudah. Terlebih jika ukuran dan bentuk dari garasi mobil OtoFriends tidak ideal. Mengantisipasi hal tersebut, OtoFriends harus memiliki rencana yang matang untuk membangun garasi mobil, agar lebih mudah memilih ukuran keramik garasi mobil yang sesuai. 

Ada berbagai macam ukuran keramik garasi mobil, 30x30cm, 40x40cm, dan 50x50cm, sesuaikan dengan diameter ukuran ruangan maka bisa dipastikan OtoFriends tidak akan salah dalam memilih ukuran keramik garasi mobil.

2. Keramik Garasi Mobil Harus Tebal

Keramik garasi mobil yang tipis tentu akan rawan pecah, alhasil OtoFriends harus sering-sering melakukan penggantian keramik, agar garasi mobil tetap dapat terlihat cantik dan elegan. 

Ingatlah untuk memilih keramik garasi mobil dengan kualitas terpercaya. Pilihlah keramik garasi mobil yang tebal dan mempu menahan beban mobil, sehingga tidak perlu khawatir apabila harus memarkirkan mobil di garasi dalam jangka waktu yang lama. Semakin tebal keramik garasi mobil maka akan semakin kuat pula keramik menahan beban mobil.  

3. Pilih Keramik Garasi Mobil yang Gelap

Keramik garasi mobil memiliki begitu banyak motif dan warna, namun memilih keramik garasi mobil berwarna gelap akan lebih menguntungkan. Selain cocok untuk di gunakan di garasi mobil dan dapat memberikan kesan dan nuansa elegan, keramik garasi mobil berwarna gelap akan memudahkan OtoFriends melihat debu dan kotoran. Alhasil, kebersihan garasi mobil OtoFriends bisa lebih terjamin, karena lebih mudah untuk dibersihkan.

4. Pilih Keramik Garasi Mobil yang Kasar

Keramik garasi mobil yang halus akan membuat ban mobil jadi gampang tergelincir. Apalagi jika OtoFriends berencana atau sering melakukan cuci mobil secara mandiri. 

Lantai yang basah dan licin rawan membuat ban mobil menjadi terselip, alhasil mobil akan lebih sulit untuk diparkirkan di dalam garasi. Terlebih jika cuaca sedang hujan, tentu bisa OtoFriends bayangkan betapa bahaya dan sulitnya untuk bisa melakukan perawatan mobil atau hanya sekedar memarkirkan mobil ke dalam garasi.

Jadi, pilihlah keramik garasi mobil yang bertekstur kasar, selain untuk menjaga keamanan dan keselamatan OtoFriends dan mobil kesayangan, keramik garasi mobil yang kasar juga membantu OtoFriends untuk menghindari berbagai macam kesulitan tersebut. 

Tips Merawat Keramik Garasi Mobil

Untuk menjaga kondisi keramik garasi mobil supaya tetap bersih dan terawat, kita perlu melakukan beberapa hal di bawah ini. Berikut ini adalah tips merawat keramik garasi mobil.

1. Rajin menyapu

Rajin menyapu meskipun tidak terlalu tampak kotor bisa jadi salah satu cara termudah merawat keramik garasi mobil. Apalagi untuk permukaan keramik yang kasar. Kilaunya bisa pudar kalau tidak rajin dibersihkan. Paling tidak sapu lantai garasi setiap 2 hari sekali.

2. Cara membersihkan noda minyak

Garasi mobil sering menjadi korban dari oli yang mungkin rembes dari mobil atau noda minyak lainnya. Tidak perlu khawatir. Cara membersihkan noda minyak dari keramik garasi mobil adalah dengan menaburkan tepung terigu lalu biarkan selama satu hingga dua jam, lalu bersihkan tepung terigu tersebut.

3. Menggosok secara berkala

Menggosok terlalu sering sebenarnya tidak direkomendasikan, tetapi sesekali memang perlu dilakukan. Sebab mungkin ada noda yang menempel dan tidak hilang kalau cuma disapu. Kalau ada noda tanah menggumpal atau lumpur mengering, OtoFriends bisa menyikatnya dengan halus dengan gerakan memutar. Bisa juga menggunakan cairan pembersih dengan kandungan asam yang tidak terlalu tinggi supaya tidak merusak tekstur keramik.

4. Mengepel

Selain menyapu, mengepel juga perlu dilakukan secara rutin. Gunakan cairan pembersih lantai untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Menggunakan baking soda

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kilau keramik adalah menggunakan baking soda. Campurkan baking soda dengan pasta gigi berwarna putih lalu gosokkan ke permukaan lantai menggunakan kain basah. Selanjutnya, bilas dengan air bersih.

Itu dia artikel tentang model dan motif keramik garasi mobil serta tips memilih serta merawatnya. Tidak hanya keramik garasi yang perlu dirawat, usahakan untuk selalu merawat mobil dengan rutin. Misalnya melakukan ganti oli, tune up, sampai dengan memeriksa kondisi rem. Berbagai layanan perawatan mobil itu bisa di-booking langsung melalui aplikasi Otoklix. Otoklix akan mencarikan lokasi bengkel terdekat dari lokasimu.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Keramik Garasi Mobil

Harga keramik garasi mobil tentu saja bervariasi. Akan tetapi, dari sumber yang Otoklix dapat dan rangkum seperti artikel di atas, harganya berkisar Rp65 ribu sampai Rp75 ribuan per meter, dengan jumlah isi yang berbeda tergantung ukuran keramik. Ukur terlebih dahulu keseluruhan luas garasi sebelum membeli keramik garasi mobil.

Memilih keramik garasi mobil perlu mempertimbangkan hal-hal ini; 1. Ukurannya harus pas, 2. Harus tebal, 3. Kalau tidak ingin terlalu repot membersihkan, bisa pilih warna gelap, 4. Pilih yang memiliki tekstur kasar.

Salah satu bahan yang mudah didapatkan untuk membuat keramik garasi mobil jadi kinclong adalah mencampurkan baking soda dengan pasta gigi berwarna putih. Setelah itu, gosokkan secara merata dan bilas sampai bersih.