Meskipun tidak punya mobil pribadi, Anda bisa rental mobil untuk driver online. Kini, moda transportasi dipermudah dengan adanya taksi online. Taksi online memudahkan penumpang mencari transportasi. Selain itu, adanya taksi online juga membuka lapangan pekerjaan bagi Anda yang punya keterampilan mengemudi.

Tidak semua pengemudi punya mobil sendiri. Namun, tidak perlu khawatir sebab kini Anda bisa mencari nafkah dengan jadi driver online tanpa harus punya mobil sendiri. Simak persyaratan dan keuntungan rental mobil untuk driver online.

Persyaratan Pendaftaran Rental Mobil untuk Driver Online

Persyaratan Dokumen

Sejumlah rental mobil punya persyaratan yang berbeda-beda kepada calon konsumen yang ingin menyewa mobil. Berikut persyaratan dokumen yang harus dilengkapi untuk menyewa mobil dari salah satu rental mobil untuk driver online.

Banner

1. Punya akun taksi online yang aktif minimal 3 bulan terakhir.

2. Fotokopi SIM A.

3. Fotokopi KTP dan KK suami istri (kalau sudah menikah).

4. Punya rumah sendiri (memiliki bukti kepemilikan rumah dan siap disurvey).

5. Status rumah tinggal kontrak minimal 8 bulan. Punya domisili tempat tinggal saat ini.

6. Materai Rp10 ribu.

7. Deposit Rp750 ribu (deposit akan dikembalikan saat masa sewa berakhir). Ada pula yang menetapkan Register Fee Rp300 ribu yang akan hangus dan juga dokumen jaminan seperti BPKB kendaraan, surat rumah, atau surat berharga lainnya).

Persyaratan Umum

Selain persyaratan dokumen, ada juga persyaratan umum saat akan menyewa kendaraan untuk taksi online. 

1. Status rumah tinggal milik sendiri atau orang tua.

2. Punya akun driver online.

3. Bersedia mematuhi aturan perusahaan.

4. Aktif sebagai driver online selma 3 bulan ke belakang.

5. Berdomisili di sekitar tempat rental mobil untuk driver online.

6. Usia 21-58 tahun.

Baca juga: 11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Alur Pendaftaran

Setelah menyiapkan seluruh dokumen persyaratan, Anda juga perlu tahu bagaimana alur pendaftarannya. 

Sebagian rental mobil untuk driver online menyediakan website untuk mendaftar secara online. Jadi, setelah mendaftar secara online, rumah Anda akan disurvey oleh pihak rental. Setelah itu pihak rental akan menentukan hasil persetujuan sewa.

Kalau rental mobil sudah menyetujui hasil persetujuan sewa, maka akan dilakukan serah terima mobil.

Keuntungan Rental Mobil

Membeli mobil sendiri untuk dijadikan kendaraan taksi online tentu butuh modal besar. Selain biaya untuk beli mobil, Anda juga harus menyiapkan dana untuk perawatannya. Oleh sebab itu, rental mobil untuk driver online bisa jadi solusi cepat dan praktis bagi Anda yang ingin mencari nafkah dari taksi online.

Berikut ini adalah sejumlah keuntungan rental mobil untuk driver online.

1. Biaya lebih murah

Sewa mobil membantu Anda bisa memiliki kendaraan dengan biaya murah. Modal yang Anda keluarkan tidak lebih dari 1 juta, tetapi sudah bisa sewa mobil untuk melakukan pekerjaan taksi online. Anda juga bisa menentukan berapa lama ingin menyewa mobil. Jadi, biaya yang dikeluarkan bisa lebih dikontrol.

2. Perawatan mobil terjamin

Ketika mau punya kendaraan pribadi, Anda juga perlu mempertimbangkan soal perawatannya. Apalagi kalau beli mobil yang biaya perawatannya cukup mahal. Sedangkan kalau Anda menggunakan jasa rental mobil, Anda tidak perlu khawatir soal perawatan mobil.

Sebab, perawatan mobil yang Anda pakai sudah diurus oleh penyedia jasa rental tersebut. Jadi, performa kendaraan yang Anda pakai selalu terjaga. Selain itu, beberapa pihak rental mobil juga menyediakan fasilitas teknisi yang cepat tanggap.

Baca juga: Catat! 7 Rekomendasi Rental Mobil Terbesar di Indonesia

3. Tidak perlu DP

Tidak seperti beli mobil baru yang butuh DP, rental mobil biasanya tidak meminta uang muka dalam jumlah besar. Namun, sebagai gantinya, rental mobil butuh jaminan lainnya untuk memastikan kalau ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada kendaraan yang Anda gunakan.

4. Bisa ganti mobil

Mengganti mobil yang sudah terdaftar di aplikasi memang sedikit sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Sebab, mobil yang Anda gunakan harus memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang. Dengan rental mobil, Anda bisa mengganti mobil kepada pihak jasa penyewa dengan mudah.

5. Administrasi mudah

Selain tidak perlu memikirkan soal perawatan, menyewa mobil di rental juga memudahkan Anda dalam mengurus administrasi. Segala urusan administrasi mobil jadi tanggung jawab pemilik rental, misalnya tentang asuransi, pajak kendaraan, bahkan hingga bahan bakar juga ditanggung pihak rental.

6. Jam kerja fleksibel

Keuntungan bekerja sebagai driver online adalah bisa memiliki jam kerja yang fleksibel. Anda bisa menentukan sendiri jam berapa Anda bekerja dan jam berapa Anda beristirahat. Selain itu, rental mobil juga umumnya menyediakan fasilitas lepas kunci 24 jam. Jadi, driver tidak perlu mengembalikan mobil rental ke pool dan bisa dibawa pulang.

Pilihan Sewa Mobil untuk Driver Online

Memilih mobil di rental mobil untuk driver online perlu mengedepankan kenyamanan dan keamanan. Pihak penyedia layanan taksi online juga mensyaratkan mobil yang boleh dipakai sebagai mobil taksi. Kapasitas mesinnya minimal 1.000 cc. Kebanyakan mobil yang dipakai bisa memuat banyak orang, jenis yang digunakan umumnya city car dan MPV.

Mobil berjenis MPV adalah mobil serbaguna yang bisa menampung sekitar 4-5 penumpang. Ukuran bagasinya juga luas sehingga memadai untuk membawa barang. Mobil yang dipakai oleh driver online juga sebaiknya mobil yang irit BBM.

Berikut ini adalah pilihan mobil yang tepat buat jadi taksi online.

Baca juga: Kenali MPM Rent, Perusahaan Rental Terbesar di Indonesia

1. Daihatsu Sigra 1.2 X M/T

Daihatsu dibekali dengan mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.197 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 88 dk. Daihatsu Sigra tersedia dalam dua varian, yaitu tipe X dan X Deluce. Perbedaan keduanya terletak pada desain pelek, stiker pintu belakang, dan lis kaca krom. LCGC ini dibekali dengan kabin dan ruang kaki yang luas. Sehingga, penumpang nyaman sepanjang perjalanan.

2. Toyota Cayla E M/T

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya jadi favorit driver online sebab mesinnya cukup bertenaga dengan harga yang tergolong ekonomis. Tersedia tipe E dan tipe G pada Toyota Calya. Perbedaan kedua tipe tersebut ada pada warna gril, ketersediaan foglamp, dan fitur pelipat elektris pada spion.

Soal interior, tidak banyak perbedaan pada tipe E dan G. Tipe E tidak memiliki konsol tengah di bawah tuas transmisinya. Kompartemen penyimpanannya juga berada di bawah jok penumpang. Kemudian, tipe E belum menggunakan touchscreen dan juga audio steering switch seperti pada tipe G.

3. Toyota Avanza 1.3 M/T

Selain disematkan mesin yang mumpuni, Toyota Avanza juga dibekali dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Mesin 4 silinder berkubikasi 1.329 cc dengan tenaga maksimal 96,5 dk disematkan pada mobil ini. Toyota Avanza dikenal dengan performa yang andal, mudah dirawat, dan spare part yang mudah didapat serta harganya terjangkau.

4. Honda Mobilio S M/T

Varian terendah Honda Mobilio memang tidak dibekali dengan spoiler, foglamp, dan DRL LED. namun, mesinnya cukup tangguh dengan kapasitas 1.500 cc. Mobilio juga sudah menggunakan sistem AC digital dan dilengkapi dengan double blower yang menyebarkan kesejukan hingga penumpang belakang. Akselerasinya juga lebih baik daripada Avanza maupun Ertiga.

5. Suzuki Ertiga GA M/T

Sama seperti Mobilio, Suzuki Ertiga juga dibekali dengan mesin 1.500 cc. Ertiga menawarkan kenyamanan berkendara yang bisa dibanggakan karena dibekali dengan suspensi dan jok empuk. Kabinnya juga tergolong kedap. Selain itu, mobil ini juga irit BBM.

Mengingat tanggung jawab perawatan mobil berada pada pemilik rental mobil untuk driver online, maka pemilik perlu memilih bengkel berkualitas untuk servis mobil rentalnya.

Otoklix for Business tidak hanya menawarkan servis berkualitas, tetapi juga menawarkan kemudahan administrasi dan pelayanan yang cepat tanggap. Sehingga, memudahkan Anda dalam mengelola bisnis rental mobil.

Selain keuntungan di atas, harga servisnya juga 30% lebih hemat dibandingkan bengkel resmi dan ada garansi 14 hari. Kungjungi https://otoklix.com/bisnis untuk informasi lebih lanjut.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Rental Mobil untuk Driver Online


Bagi Anda yang tertarik menjadi mitra GoCar tetapi tidak punya mobil pribadi, Anda bisa menyewa mobil melalui partner sewa Gojek.


Untuk menyewa Avanza keluaran 2022-2023, tarif yang ditawarkan untuk 10 hari adalah Rp6,5 juta atau sekitar Rp650 ribu sehari. Adapun sewa per tujuh hari adalah Rp5 juta. Harga ini bukan untuk driver online.


Pasal 1564 KUHP Perdata menyebutkan bahwa penyewa yang bertanggung jawab atas kerusakan yang timbul pada barang yang disewa selama waktu sewa. Namun, penyewa bebas dari tanggung jawab kalau bisa membuktikan bahwa kerusakan terjadi di luar kesalahannya.