Pemeliharaan kendaraan dinas sangat penting bagi mobilitas perusahaan. Sebab, mobil operasional yang baik bisa menunjang produktivitas usaha. Misalnya, bagi Anda pemilik usaha katering, butuh mengantarkan masakan kepada klien. Mungkin juga bagi Anda yang memiliki bisnis percetakan butuh kendaraan dinas untuk membawa produk dari pabrik ke toko, dan sebagainya.

Namun, ternyata ada beberapa fungsi kendaraan dinas selain yang sudah disebutkan di atas. Sebelumnya, mari kita bahas apa itu kendaraan dinas dan fungsinya sebelum membahas pemeliharaan kendaraan dinas dan biaya yang perlu dipersiapkan.

Simak artikel berikut ini.

Banner

Apa Itu Kendaraan Dinas?

Kendaraan dinas atau kendaraan operasional adalah kendaraan yang dimiliki atau disewa oleh sebuah perusahaan, lembaga pemerintahan, maupun organisasi. Kendaraan dinas ini bisa dipakai oleh pegawai untuk keperluan kerja maupun kepentingan pribadi untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi.

Oleh sebab itu kendaraan operasional perusahaan termasuk salah satu aset berharga yang dimiliki perusahaan. Sehingga, perlu dikelola dengan baik.

Fungsi Kendaraan Dinas

Fungsi kendaraan operasional sangat krusial untuk mendukung aktivitas perusahaan sehingga rantai pasok perusahaan bisa berjalan efektif dan efisien. Contohnya adalah distribusi produk maupun aktivitas lainnya.

Fungsi kendaraan dinas bagi perusahaan maupun karyawan antara lain sebagai berikut.

  • Kendaraan dinas memudahkan karyawan dalam operasional sehari-hari. Sehingga, kendaraan dinas juga bisa menjadi salah satu insentif atau bonus bagi karyawan.
  • Sistem pajak memperkuat manfaat pemakaian mobil dibandingkan remunerasi keuangan.
  • Memudahkan karyawan mengemudikan kendaraan untuk waktu tertentu dan bisa mengakses kendaraan setiap saat.
  • Perusahaan bisa mendapat keuntungan kalau memasang iklan di kendaraan.

Baca juga: SOP Perawatan Mobil Dinas Terlengkap danTips Memilih Bengkel

Pemeliharaan Kendaraan Dinas

Setelah memahami apa itu kendaraan dinas dan fungsinya, Anda tentu sudah tahu pentingnya pemeliharaan kendaraan dinas.

Pemeliharaan kendaraan dinas tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, transportasi adalah salah satu faktor penentu pengeluaran perusahaan dan juga layanan yang andal. Oleh karena itu, perusahaan perlu memastikan kendaraan dinas selalu dalam kondisi baik dan mencari bengkel berkualitas untuk servis mobil operasional.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan kendaraan dinas antara lain sebagai berikut.

  1. Membersihkan mobil dinas sebelum beroperasi.
  2. Mengecek dan inventarisasi kondisi mobil.
  3. Mengajukan permohonan untuk pemeliharaan kendaraan dinas, misalnya untuk servis atau perpanjang STNK.
  4. Melakukan studi kelayakan kendaraan dinas.
  5. Menyetujui atau tidak menyetujui usulan perawatan kendaraan dinas.
  6. Usulan permohonan pemeliharaan kendaraan dinas diajukan kepada pimpinan dan ditandatangani.
  7. Usulan permohonan perawatan kendaraan dinas ditindaklanjuti.
  8. Melakukan perawatan kendaraan dinas.
  9. Menjadwalkan dan mengarsip laporan hasil pemeliharaan.

Tips Pemeliharaan Kendaraan Dinas

Mengingat tingginya mobilitas kendaraan dinas, Anda perlu melakukan pemeliharaan kendaraan dinas dengan optimal. Berikut tipsnya.

  1. Rutin memeriksa ban saat hendak pergi. Periksa tekanan dan ketebalan ban.
  2. Mengganti oli mobil dinas secara rutin. Oli mobil operasional harus diganti setiap 3000-500 mil untuk mencegah komponen mesin rusak.
  3. Periksa kondisi lampu mobil, pastikan sudah berfungsi maksimal.
  4. Mengganti minyak atau pelumas secara berkala. Pelumas yang perlu diperiksa adalah minyak rem, oli power steering, antibeku, hingga oli transmisi.
  5. Memeriksa kondisi aki dan membersihkan kabelnya secara rutin. Fungsinya adalah untuk mencegah terganggunya koneksi karena korosi. Cek juga cairan pada aki.

Baca juga: Contoh Surat Peminjaman Mobil Dinas Operasional Terlengkap

Biaya Pemeliharaan Kendaraan Dinas

Pemeliharaan kendaraan dinas memerlukan biaya servis. Oleh sebab itu, perusahaan perlu mempersiapkan atau menganggarkan dana untuk perawatan mobil dinas. Biaya tersebut meliputi.

  • Biaya servis rutin bulanan atau servis mesin.
  • Biaya perbaikan kerusakan tingkat berat pada mobil.
  • Biaya penggantian suku cadang.

Biaya servis rutin

Servis mobil operasional secara rutin antara lain adalah mengganti oli pada kelipatan jarak tempuh tertentu, ganti kampas rem, minyak rem, ganti aki, filter oli, hingga cuci mobil agar kendaraan dinas selalu bersih dan terawat.

Ganti oli bisa menghabiskan dana mulai dari Rp300 ribuan hingga jutaan rupiah. Umumnya, ganti oli mesin mobil operasional perusahaan butuh biaya Rp500 ribu hingga Rp2 juta.

Selain ganti oli mesin, aki mobil juga perlu diganti ketika usia pemakaian sudah mencapai 2-4 tahun. Harganya mulai dari Rp700 ribu hingga jutaan rupiah. Kampas rem memakan biaya yang cukup besar, yaitu Rp1,5 juta sampai Rp3 juta.

Aksesoris atau komponen mobil yang perlu diganti antara lain filter udara dengan harga Rp250 ribu – Rp1 juta dan wiper dengan harga Rp100 ribu hingga Rp1 juta.

Ban mobil adalah salah satu komponen krusial dari mobil. Kondisi ban yang sudah jelek sebaiknya segera diganti sebab bisa berbahaya saat berkendara. Harga ban mobil beragam, mulai Rp300 ribu hingga Rp 3 jutaan. Biaya tersebut belum termasuk spooring dan balancing.

Baca juga: Rekomendasi Merek Mobil Dinas dengan Performa Bagus

Biaya bahan bakar

Selain mempersiapkan biaya servis mobil, Anda juga perlu memperhitungkan biaya bahan bakar. Sebagai pemeliharaan kendaraan dinas, sebaiknya pilih bahan bakar yang direkomendasikan untuk mobil.

Berikut adalah harga bahan bakar 2023 dari Pertamina.

  • Pertalite Rp10 ribu/liter.
  • Pertamax Rp13.300/liter
  • Pertamina Dex Rp14.600/liter.
  • Dexlite Rp13.700/liter
  • Pertamax Turbo Rp15 ribu/liter.
  • Pertamina Bio Solar Rp6.800/liter.

Cara menghitung pemakaian bahan bakar untuk mobil operasional bisa mengalikan harga dengan kebutuhan bahan bakar per hari, dikali jumlah hari kerja. Misalnya mobil dinas Anda menggunakan Pertamax dan kebutuhan satu hari perjalanan dinas adalah 3 liter.

Biaya untuk bahan bakar selama satu hari adalah Rp39.900. Jika dalam satu bulan ada 20 hari kerja, maka estimasi biaya bahan bakar selama satu bulan adalah sekitar Rp800 ribuan.

Biaya pemeliharaan kendaraan dinas di atas belum termasuk tagihan tol dan juga biaya perpanjang STNK.

Namun, tidak perlu khawatir biaya servis membengkak. Sebab, servis mobil operasional dengan Otoklix for Business menawarkan harga yang kompetitif. Selain itu, Anda juga bisa menghemat anggaran perusahaan atas pelayanan SLA yang efisien dari Otoklix terhadap klien.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore agar servis mobil operasional lebih mudah dan bisa mengestimasikan biayanya. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Pemeliharaan Kendaraan Dinas


Pemeliharaan kendaraan adalah servis mobil secara berkala, meliputi menyetel, memperbaiki, mengencangkan, mengganti spare part kendaraan yang sudah mengalami penurunan kinerja.


Perawatan berkala bertujuan untuk memeriksa kondisi kendaraan dengan menyeluruh secara rutin. Kalau ada komponen yang rusak, kita bisa mendeteksinya dengan lebih dini agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius.


Kendaraan operasional adalah kendaraan yang dipakai untuk mendukung operasional kantor maupun pegawai dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.