Untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital untuk bisnis rental kendaraan yang paling krusial adalah perencanaan pembuatan konten. Promosi secara offline saat ini kurang optimal sehingga Anda perlu upgrade strategi marketing dengan memanfaatkan media sosial dan platform digital lainnya.

 Walaupun banyak stigma yang beranggapan bahwa bisnis rental tak perlu terlalu effort untuk menggunakan media sosial dan platform digital. Akan tetapi, kenyataannya pasca pandemi Covid-19 kemarin penggunaan internet semakin tinggi.

Belum lagi kebiasaan yang mulai tercipta untuk membuat konten-konten yang viral di media sosial semakin mendorong Anda untuk memulai memanfaatkan konten, media sosial dan platform digital untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital untuk bisnis rental kendaraan.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

Cara Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Rental Kendaraan

Bisnis rental mobil merupakan usaha yang memberikan jasa berupa peminjaman kendaraan bermotor roda 4 tersebut kepada orang yang membutuhkan dengan imbalan biaya tertentu yang dikenal dengan istilah biaya sewa yang akan dibayarkan kepada peminjam.

Dalam skala kecil di mana mobil yang dimiliki berjumlah di bawah 5 unit mobil maka Anda bisa memanfaatkan pemasaran offline yaitu dari mulut ke mulut.

Akan tetapi, bila bisnis ini sudah mulai Anda seriusi dengan terus menambah armada dan jasa supirnya. Maka diperlukan perencanaan strategi pemasaran lebih optimal dengan memanfaatkan media sosial dan platform digital.

Adapun cara sederhana untuk membuat perencanaan strategi pemasaran digital untuk bisnis rental kendaraan di antaranya sebagai berikut:

  • Membentuk tim digital marketing sendiri yang terdiri minimal 1-2 orang. Tim tersebut harus memiliki kemampuan membuat konten dan mengoperasikan media sosial atau platform digital lainnya seperti website
  • Memiliki keterampilan untuk membuat konten dalam bentuk gambar, video ataupun artikel yang akan diterbitkan di media sosial atau website
  • Mengetahui teknik optimasi SEO untuk mengoptimalkan traffic website ataupun media sosial
  • Menggunakan iklan berbayar agar iklan tersebut tepat sasaran dan ditemukan oleh konsumen-konsumen yang sedang membutuhkan
  • Meminta pelanggan untuk memberikan testimoninya melalui media sosial mereka masing-masing yang akan di-post juga di media sosial perusahaan
Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

Manfaat 8 Platform Digital Ini

Selanjutnya, platform-platform dan media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan strategi digital marketing bisnis rental mobil di antaranya sebagai berikut.

1. Facebook Pribadi

Berjualan melalui Facebook masih digandrungi semua lini bisnis, mulai dari bisnis skala kecil, menengah hingga skala atas. Bila belum memiliki akun bisnis khusus bisnis, Anda bisa memanfaatkan jalur akun Facebook pribadi Anda sebagai owner.

2. WhatsApp

Kemudian manfaatkan jalur pribadi Anda melalui akun WhatsApp. Langkah awalnya bisa menyebarkan bisnis melalui status atau story WhatsApp.

Kemudian Anda juga bisa share tentang bisnis ke grup-grup keluarga, grup teman, atau grup bisnis lainnya.

3. Share di Komunitas atau Grup Otomotif

Cobalah untuk bergabung dengan komunitas otomotif tertentu. Misalnya komunitas khusus mobil Honda atau mobil Hyundai. Cari tahu komunitas-komunitas otomotif itu supaya Anda bisa melebarkan target pasar lagi.

Biasanya komunitas-komunitas akan memiliki grup khusus di aplikasi WhatsApp atau Facebook. Maka manfaatkan grup itu untuk share konten tentang bisnis rental kendaraan Anda.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Bisnis Rental

4. Twitter dan Instagram

Media sosial lain yang bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk digital marketing yaitu Twitter dan Instagram. Setelah membuat konten video atau foto, Anda akan upload konten tersebut dengan caption khusus.

Tips agar konten dan akun Twitter atau Instagram bisnis Anda mudah ditemukan orang lain maka sertakan juga tagar atau hashtag di setiap caption konten. Sebagai contoh #jasasewamobil atau #rentalmobil.

5. Instagram

Selain melalui hastag atau tagar, ada fitur lain di media sosial Instagram yang bisa dimanfaatkan yaitu story. Promosikan bisnis rental mobil Anda melalui akun Instagram khusus rental mobil atau akun Instagram pribadi owner.

6. Youtube

Manfaatkan aplikasi Youtube sebagai media memperkenalkan bisnis Anda namun dengan cara yang smooth menggunakan konten-konten video.

Anda bisa memulai buat konten video seputar otomotif, khususnya mobil. Misalnya saja bagaimana cara merawat dan memelihara mobil di rumah, mencuci mobil, rekomendasi oli mobil hingga tips-tips memilih tempat sewa mobil.

Mengingat bisnis Anda seputar sewa mobil, maka Anda juga bisa membuat konten seputar tempat wisata di kawasan lokasi bisnis Anda dengan tujuan untuk mengarahkan pelanggan selama berlibur di lokasi tersebut agar menyewa mobil di rental mobil Anda.

7. Google Bisnisku

Google turut membantu para pebisnis skala kecil dan menengah agar bisnisnya mudah terdeteksi dan dikenali oleh pelanggan secara umum melalui Google Bisnisku.

Sebagai owner, Anda bisa mendaftarkan bisnis tersebut di Google Bisnisku dan memberikan informasi seputar bisnis seperti lokasi bisnis, jam operasional, hingga nomor kontak. Keuntungan memiliki Google Bisnisku adalah potensi masuk ke dalam mesin pencari Google.

8. Google Analytics

Apabila rental mobil telah memiliki website, maka Anda bisa mengelola statistic pengunjung website melalui Google Analytics. Dengan begitu, owner dapat dengan mudah melakukan analisis trafic website berdasarkan periode tertentu dengan data yang akurat. Google Analytics juga bisa dikoneksikan dengan Google Ads.

Baca juga: 7 Indikator Kepuasan Pelanggan dan Cara Mengukurnya

Tips Memilih Bengkel untuk Merawat Mobil Perusahaan

Mengingat mobil merupakan bahan baku utama untuk bisnis rental mobil sehingga Anda perlu mempertimbangkan banyak hal dengan cermat dalam memilih bengkel mobil.

Bukan hanya mempertimbangkan biaya servisnya saja melainkan bagaimana fasilitas yang tersedia. Salah satu bengkel terbaik adalah Bengkel Otoklix karena memiliki layanan khusus untuk merawat dan memelihara mobil operasional perusahaan.

Otoklix For Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

Pertanyaan Seputar Cara Menentukan Harga pada Bisnis Rental Kendaraan :


Bisnis rental mobil merupakan usaha yang memberikan jasa berupa peminjaman kendaraan bermotor roda 4 tersebut kepada orang yang membutuhkan dengan imbalan biaya tertentu yang dikenal dengan istilah biaya sewa yang akan dibayarkan kepada peminjam.


Cara mengoptimalkan strategi digital marketing untuk bisnis rental kendaraan antara lain membentuk tim digital marketing yang memiliki skill kompeten di bidangnya, kemampuan membuat konten untuk media sosial atau website, menerapkan SEO di setiap konten, gunakan iklan berbayar, dan testimoni pelanggan.


Untuk mengoptimalkan bisnis melalui digital marketing, Anda bisa menggunakan 8 platform ini yaitu Facebook, WhatsApp, Twitter, Instagram, Youtube, Google Bisnisku, Google Analytics, dan grup komunitas.