Menunda perawatan kendaraan operasional akan berdampak pada pergerakan bisnis perusahaan. Apalagi bila lini bisnis yang Anda geluti saat ini seputar industri konstruksi, logistik hingga e-commerce. Tingginya aktivitas bisnis tersebut semakin mempertegas fungsi kendaraan operasional perusahaan semakin penting.

Kendaraan operasional perusahaan adalah kendaraan yang dimiliki dan dikelola perusahaan, organisasi atau lembaga pemerintah sebagai moda transportasi perusahaan untuk menunjang tugas dan fungsi tiap-tiap lini bisnis serta aktivitas bisnis sehari-hari.

Adapun pemeliharaan kendaraan adalah aktivitas memeriksa, memperbaiki, dan memastikan performa mobil selalu prima sehingga saat akan digunakan mobil dapat berfungsi dengan optimal. 

Banner

Fungsi kendaraan operasional yang begitu krusial yang mewajibkan Anda untuk rutin melakukan pemeliharaan. Berikut ini tujuan dan manfaat perawatan kendaraan operasional.

Baca juga: Cara dan Tips Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

1. Memperpanjang Usia Kendaraan

Usia ideal pemakaian kendaraan berkisar 3 tahun tergantung dari pemakaian dan perawatan kendaraan. 

Jika kendaraan hanya digunakan sebagai moda transportasi dalam kota dengan jarak tempuh per harinya kurang dari 100 kilometer, maka dapat meningkatkan harapan pemakaian kendaraan lebih dari biasanya.

Selain itu, rutin melakukan servis mobil secara berkala juga cukup mempengaruhi usia pemakaian kendaraan bahkan bisa memperpanjang usia pemakaian hingga 5 tahun. 

Beberapa perusahaan yang bergerak di lini bisnis logistik atau jasa pengiriman barang harus lebih sering melakukan perawatan mobil minimal 2 minggu sekali. 

Dengan begitu, fungsi kendaraan operasional perusahaan sebagai moda transportasi untuk mendukung aktivitas bisnis sehari-hari akan terlaksana.

Mengingat banyaknya kendaraan perusahaan yang Anda miliki, sebaiknya memanfaatkan aplikasi-aplikasi khusus yang memiliki fitur riwayat servis mobil dan fitur reminder jadwal pemeliharaan dan perawatan kendaraan operasional.

Layanan unggulan Autoclix, Otoklix for Business, bantu perusahaan merawat kendaraan operasional perusahaan. Informasi lebih lanjut download aplikasi Otoklix atau hubungi OtoBuddy melalui WhatsApp 0811-920-025.

2. Meningkatkan Rasa Aman dan Nyaman

Tujuan selanjutnya adalah meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi pengendara dan penumpang. Sebab, melalui perawatan kendaraan rutin seperti servis mobil berkala Anda dapat mendeteksi kerusakan ringan pada komponen mobil seperti komponen mesin mobil dan fitur-fitur mobil.

Jika ditemukan kerusakan pada komponen tertentu, maka pihak bengkel akan merekomendasikan perbaikan kepada pemilik mobil. 

Sebagai contoh saat sistem pelumasan pada sistem rem mobil telah berkurang maka bengkel akan merekomendasikan untuk memperbaiki bagian tersebut akan sistem pengereman mobil dapat bekerja optimal lagi.

Hal sebaliknya akan terjadi bila Anda menyepelekan perawatan kendaraan, sulit untuk mendeteksi apakah terjadi kerusakan pada komponen mobil, dalam kasus ini adalah pelumasan pada sistem pengereman mobil. Saat hal tersebut terjadi, maka kecelakaan lalu lintas akibat rem blong bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, mengapa perawatan kendaraan sangat berkaitan dengan keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

Baca juga: Tips Pemeliharaan Kendaraan Dinas, Pastikan Selalu Prima

3. Membantu Merawat Kualitas Udara

Hasil proses pembakaran mesin kendaraan bermotor berupa gas buangan atau biasa disebut dengan emisi merupakan sisa senyawa dari proses pembakaran bahan bakar seperti minyak, gas alam ataupun batubara yang terbuang ke udara.

Kualitas udara ikut menurun sejalan dengan meningkatnya kendaraan bermotor yang mengaspal di Indonesia khususnya di kota-kota besar seperti DKI Jakarta. 

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil perusahaan perlu mempertimbangkan kualitas emisi gas buangan dari kendaraan operasional perusahaan.

Langkah paling mudah untuk mengontrol gas buangan hasil pembakaran tersebut adalah dengan rutin memeriksa dan merawat mesin mobil.

Dengan demikian, Anda ikut membantu pemerintah dalam menjaga kualitas udara karena terhindar dari polusi udara yang bersumber dari hasil emisi gas buangan.

Baca juga: Rincian Biaya Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

4. Menghemat Biaya Perawatan Kendaraan Operasional

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa keuntungan rutin melakukan servis mobil secara berkala adalah pemilik mobil dapat mendeteksi bila ada kerusakan pada komponen mobil. Melalui kegiatan perawatan kendaraan tersebut Anda mengetahui bagaimana kondisi kesehatan kendaraan.

Sejalan dengan itu, maka kerusakan-kerusakan ringan atau perawatan standar seperti ganti oli mobil dan menambah tekanan angin ban mobil dapat menghemat biaya servis mobil. Mengapa demikian?

Sebab kerusakan ringan tersebut hanya memerlukan biaya sedikit dan perbaikan kerusakan tersebut adalah upaya agar terhindar dari merembetnya kerusakan komponen mobil lainnya.

Sebagai contoh saat kampas rem yang sudah aus belum terdeteksi sehingga komponen tersebut belum diganti. 

Semakin sering kampas rem tersebut bekerja, maka piringan cakramnya ikut tergores. Selain sistem pengereman kurang optimal, Anda juga harus mengganti komponen lain selain kampas rem. Inilah yang dimaksud dapat menghemat biaya servis.

Belum lagi biaya jasa servis mobil yang semakin besar bila kerusakan mobil semakin banyak.

Trik lain untuk menghemat biaya operasional perawatan kendaraan adalah memilih bengkel mobil terbaik yang menawarkan biaya servis dengan harga yang kompetitif, seperti Bengkel Otoklix.

Otoklix memiliki layanan khusus untuk membantu perusahaan dalam merawat kendaraan perusahaan. Layanan Otoklix for Business merupakan program kerja sama dengan tujuan memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk memelihara dan merawat mobil operasional perusahaan.

5. Memangkas Biaya Operasional Perusahaan

Tujuan perawatan kendaraan operasional yang cukup krusial dan terpenting bagi perusahaan adalah agar dapat memangkas biaya operasional perusahaan.

Anda dapat menghemat biaya servis mobil karena perawatan kendaraan ringan umumnya dibebankan biaya servis yang murah daripada servis tingkat berat.

Selain itu, dengan rutin melakukan servis mobil maka konsumsi bahan bakar kendaraan jadi lebih irit. Pasalnya kendaraan yang jarang melakukan perawatan dan servis mobil akan mengonsumsi BBM 50% lebih banyak daripada kendaraan yang rutin melakukan servis mobil.

Bayangkan bila perusahaan Anda memiliki lebih dari 1 mobil operasional, berapa biaya operasional yang Anda butuhkan untuk mengisi BBM setiap kendaraan per harinya?

Demikianlah informasi tentang manfaat dan tujuan perawatan kendaraan operasional. Selalu jaga dan rawat performa kendaraan operasioal perusahaan Anda agar pergerakan bisnis semakin lancar. 

Pertanyaan Seputar Perawatan Kendaraan Operasional :


Kendaraan operasional perusahaan adalah kendaraan yang dimiliki dan dikelola perusahaan, organisasi atau lembaga pemerintah sebagai moda transportasi perusahaan untuk menunjang tugas dan fungsi tiap-tiap lini bisnis serta aktivitas bisnis sehari-hari.


Tujuan dari perawatan mesin kendaraan adalah untuk memperpanjang usia kendaraan, meningkatkan rasa aman dan nyaman, membantu merawat kualitas udara, menghemat biaya perawatan kendaraan dan memangkas biaya operasional perusahaan.


Pemeliharaan kendaraan adalah aktivitas memeriksa, memperbaiki, dan memastikan performa mobil selalu prima sehingga saat akan digunakan mobil dapat berfungsi dengan optimal.