Mobil city car hatchback dari Honda, Honda Brio, menjadi mobil andalan karena konsumsi BBM Brio yang cukup irit dan cocok digunakan sebagai moda transportasi di wilayah perkotaan.

Honda membekali Brio dengan mesin berkapasitas 1.200 cc dan berbodi kompak sehingga sangat cocok digunakan di tengah padatnya lalu lintas ibu kota. Ukurannya yang kompak tersebutlah yang menjadi salah satu faktor kenapa mobil hatchback ini irit penggunaan bahan bakar.

Hampir kebanyakan pengguna mobil Honda Brio merupakan keluarga muda atau single karena kapasitas penumpangnya yang sedikit. Apakah benar konsumsi BBM Brio seirit itu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Uji Konsumsi BBM Brio, Jadi Mobil Favorit di Kelas City Car

Konsumsi BBM Brio

Honda Brio adalah salah satu mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang terkenal dengan keiritan konsumsi bahan bakar. OtoFriends yang sedang mencari kendaraan bermotor roda 4 untuk penggunaan di wilayah perkotaan dapat memilih mobil Brio.

Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) dan beberapa hasil tes uji coba keiritan bahan bakar minyak (BBM), konsumsi BBM Brio cukup mengejutkan karena banyak yang menyebutkan bahwa konsumsi mobil Honda Brio sama dengan motor bebek.

Honda Brio menjadi mobil dengan konsumsi bbm mobil paling irit dengan konsumsi BBM 1:30, 1 km/liter penggunaan di jalan tol.

Adapun rute campuran antara jalan tol dan non tol, penggunaan bahan bakarnya masih irit yakni 1:16 km/liter. Hasil uji coba tersebut masih lebih baik daripada regulasi mobil LCGC yang berada di angka 1:20 km/liter.

Untuk diketahui bahwa motor bebek dengan mesin karburator mengonsumsi bahan bakar sekitar 1:30 km/liter hingga 1:35 km/liter, sama seperti Honda Brio. Karenanya kenapa motor bebek bermesin karburator tersebut sama hematnya dengan mobil Honda Brio.

Uji coba lainnya dilakukan menggunakan Honda Brio generasi kedua yang menggunakan mesin berkode L12 berkapasitas 1.200 cc, 4 silinder i-VTEC dengan keluaran tenaga 89 dk dan torsi 110 Nm. Konsumsi BBM Honda All New Brio di dalam kota sebesar 16,9 km/liter, sedangkan bila berkendara di dalam tol bisa mencapai 22,6 km/liter. 

Baca juga: 13 Pilihan Mobil Irit Bensin 2022 Beserta Spesifikasinya

Bandingkan Honda Brio dengan Mobil City Car Lain

Bagaimana dengan mobil city car hatchback lainnya, apakah sama iritnya dengan Honda Brio? Atau justru sebaliknya jauh lebih irit atau lebih bolos? Berikut ini perbandingan konsumsi BBM Agya, Suzuki Ignis, Daihatsu Sirion dan Honda Brio.

1. Honda Brio 1.2 CVT vs Toyota Agya dan Suzuki Ignis

Ketiga mobil city car yakni Toyota Agya, Suzuki Ignis dan Honda Brio memiliki kapasitas mesin yang sama yakni 1.200 cc namun menggunakan tipe mesin yang berbeda. 

Honda Brio menggunakan mesin berkode L12, 4 silinder, i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 89 dk dan torsi maksimal 110 Nm.

Sedangkan Toyota Agya berkapasitas mesin 1.200 cc menggunakan mesin berkode 3NR-VE, 4 silinder, dual VVT-i transmisi otomatis mampu menghasilkan tenaga maksimal 88 dk dan torsi 107 Nm. 

Kemudian Suzuki Ignis menggunakan mesin berkode K12M, 4 silinder, VVT, berkapasitas sama dikawinkan dengan transmisi matic jenis AMT (Automated Manual Transmission) mampu menghasilkan tenaga maksimal 83 dk dan torsi 113 Nm.

Dari ketiga jenis mesin yang berbeda tersebut, konsumsi bahan bakarnya juga berbeda, berikut ini tabel perbandingan konsumsi BBM ketiga mobil tersebut.

Medan Jalan (Rute)Honda BrioToyota AgyaSuzuki Ignis
Rute dalam Kota16,9 km/liter15 km/liter17,2 km/liter
Rute Tol22,6 km/liter20,7 km/liter20,5 km/liter

2. Honda Brio RS vs Daihatsu Sirion

Selanjutnya bandingkan konsumsi Honda Brio RS dengan Daihatsu Sirion, manakah yang paling irit?

Honda Brio RS berkapasitas 1.200 cc SOHC, 4 silinder i-VTEC dengan transmisi manual 5 percepatan (CVT) mampu menghasilkan tenaga maksimal 88 tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm.

Adapun spesifikasi Daihatsu Sirion berkapasitas 1.329 cc DOHC yang menggunakan transmisi manual 5 percepatan mampu menghasilkan tenaga maksimal 93,7 tk pada 6.000 rpm dan capaian torsi maksimal 119 Nm pada 4.200 rpm.

Berdasarkan hasil uji coba, tercatat konsumsi BBM Brio RS sebesar 27,2 km/liter di jalan tol dengan kecepatan minimal 40 kpj dan maksimal 80 kpj pada rpm 1.100 – 1.500 rpm. Berbeda dengan Daihatsu Sirion yang tertera di MID menunjukkan angka 14,7 kpl.

Baca juga: Mobil Honda Terbaru 2022 – Brio RS Urbanite Edition

Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi BBM Mobil

Terlepas dari hasil uji coba di atas, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan konsumsi BBM. Dengan kata lain, walaupun mobil Honda Brio terkenal cukup irit, namun bila dalam menggunakan kendaraan tersebut tanpa aturan maka konsumsi BBM mobil tetap bisa boros.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi irit atau boros konsumsi BBM untuk mobil, antara lain:

  • Menggunakan jenis BBM, apakah sesuai dengan nilai oktan atau berbeda.
  • Melintasi rute dan jenis permukaan jalan tertentu, sebagai contoh medan jalan mulus, bebas hambatan, atau berbelok, dan macet.
  • Menghindari kebiasaan mengemudi agresif, disarankan berkemudi dengan kecepatan normal dan konstan.
  • Memperhatikan bobot kendaraan, semakin besar bobot kendaraan maka semakin berat kerja mesin mobil sehingga membutuhkan BBM lebih besar.
  • Merawat dan memelihara mesin mobil rutin secara berkala.

Demikianlah informasi tentang konsumsi BBM Brio yang dinilai cukup irit sebagai mobil LCGC. Kendati demikian, walaupun telah terbukti irit, namun bila kita gak rutin melakukan perawatan mesin maka konsumsi BBM Honda Brio bisa semakin boros.

Kondisi kesehatan mesin mobil yang buruk membuat kinerja sistem mesin mobil harus bekerja lebih besar sehingga membutuhkan bahan bakar yang banyak agar kerjanya bisa maksimal.

Oleh karena itu, direkomendasikan untuk melakukan servis tune up rutin secara berkala setiap 6 bulan sekali. Selain itu, rutin mengganti oli mobil dan aki mobil secara berkala sesuai jarak tempuh atau waktu pemakaian mobil.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Mari merawat kondisi mesin mobil agar selalu optimal dengan rutin melakukan servis mobil di Otoklix.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Brio :


Mobil city car hatchback dari Honda, Honda Brio, menjadi mobil andalan karena konsumsi BBM Brio yang cukup irit dan cocok digunakan sebagai moda transportasi di wilayah perkotaan.


Honda Brio menjadi mobil dengan konsumsi bbm mobil paling irit dengan konsumsi BBM 1:30, 1 km/liter penggunaan di jalan tol. Sedangkan rute campuran antara jalan tol dan non tol sekitar 1:16 km/liter.


Berdasarkan hasil uji coba, tercatat konsumsi BBM Brio RS sebesar 27,2 km/liter di jalan tol dengan kecepatan minimal 40 kpj dan maksimal 80 kpj pada rpm 1.100 – 1.500 rpm. Berbeda dengan Daihatsu Sirion yang tertera di MID menunjukkan angka 14,7 kpl.