Interior mobil harus rutin dibersihkan karena berkaitan dengan aspek kenyamanan dan kesehatan. Selain itu, membersihkan interior mobil juga dapat menjaga keawetan komponen-komponen mobil. Berikut beberapa cara membersihkan interior mobil agar tetap tampak kinclong!

Cara membersihkan interior mobil

1. Bersihkan plafon jok

Plafon mobil dibuat dari beberapa jenis bahan seperti beludru atau fabric. Cara perawatan masing-masing bahan tersebut berbeda. Apabila plafon terbuat dari bahan jenis fabric, gunakan bahan pembersih interior mobil khusus. 

Gunakan kain berserat halus untuk membersihkan plafon. Gosok perlahan sampai debu dan kotoran hilang. Untuk plafon berbahan beludru, gunakan air lebih dahulu. Cara membersihkannya adalah basahi lap dengan air, baru gosok plafon.

2. Bersihkan jok mobil

Selain plafon, jok mobil adalah bagian yang perlu perawatan ekstra. Bahan lapisan jok juga berbeda-beda, sehingga cara membersihkannya berbeda. Pertama, bersihkan jok mobil dengan kemoceng untuk menghilangkan debu. Kemudian, gunakan mesin vakum agar kotoran di sela-sela jok bisa terangkat.

Jika di jok terdapat noda sabun, bersihkan dengan cairan sabun, gosok perlahan lalu keringkan. Namun, perlu diingat cara ini hanya bisa digunakan apabila jok menggunakan lapisan vinyl. Jika jok mobil menggunakan bahan kulit, siapkan cairan pembersih khusus. Hindari penggunaan deterjen.

3. Bersihkan dashboard

Dashboard juga menjadi komponen penting dalam kabin karena menutup area mesin dan berbagai macam kabel serta jadi tempat penyimpanan. Bersihkan dashboard dengan kemoceng untuk menghilangkan debu kering. Selain itu, gunakan lap yang dibasahi air hangat apabila ditemukan kotoran berkerak.

4. Bersihkan kaca jendela luar dan dalam

Kaca mobil yang tidak dirawat akan menyulitkan penglihatan pengemudi. Sehingga, jangan biarkan kaca tergores maupun buram. Untuk membersihkan kaca mobil, gunakan air dan kain lap.Jangan lupa cek apakah wiper masih bisa bekerja dengan baik.

Baca juga: 6 Tren Modifikasi Interior Mobil Kekinian Biar Makin Wow

5. Bersihkan pijakan kaki dan karpet

Untuk membersihkan karpet, lepas karpet lalu cuci secara terpisah. Gunakan air dan sabun untuk menghilangkan kotoran. Pada bagian bawah karpet, gunakan mesin vakum.

Selain itu, bersihkan pedal di tempat pengemudi. Gunakan sikat gigi sebelum menggunakan mesin vakum. Sikatlah area yang berkerak, lalu keringkan. Selanjutnya, pasang kembali karpet yang sudah kering.

6. Bersihkan lubang ventilasi AC

Gunakan kemoceng untuk membersihkan lubang ventilasi AC. Selain itu, OtoFriends juga bisa menggunakan kanebo yang sudah dibasahi air.

7. Sediakan tempat sampah

Agar interior mobil tetap bersih, sediakan tempat sampah kecil agar sampah tidak berserakan di segala tempat. Letakkan tempat sampah di lokasi yang strategis. Jangan lupa untuk mencuci tempat sampah secara rutin agar tetap bersih. 

8. Sediakan pengharum mobil

Selanjutnya, sediakan pengharum mobil untuk meminimalisir bau kabin. OtoFriends bisa membeli pengharum khusus mobil yang banyak dijual di pasaran. Letakkan pewangi mobil di atas dashboard atau gantung di kaca spion dalam.

Baca juga: Variasi Interior Mobil yang Wajib Ada Agar Berkendara Nyaman

Biaya perbaikan interior mobil

Apabila OtoFriends memiliki budget terbatas, penggantian interior mobil bisa disiasati dengan membeli bahan aftermarket. Misalnya, perbaikan bahan setir, shift-knob, cover shift-knob, dasbor, panel trimming, pilar A-B-C, dan panel dibanderol mulai dari Rp2 jutaan.

Untuk mengganti jok dengan jok kulit asli, biayanya sekitar Rp13 juta untuk mobil dengan tiga baris tempat duduk. Sementara, jok kulit asli untuk mobil dengan dua baris tempat duduk harganya sekitar Rp10 jutaan. Jok kulit asli tersebut diimpor dari luar negeri. Apabila OtoFriends ingin menggunakan kulit sintetis buatan lokal, harganya sekitar Rp5 juta hingga Rp7 juta.

Aksesoris interior mobil

Aksesoris interior mobil dapat membuat tampilan mobil lebih menarik. Berikut beberapa rekomendasi aksesoris interior mobil.

1. Console box

Console box berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang bawaan seperti handphone, kunci, dan lain-lain.

2. Sarung jok anti air dan noda

Sarung jok anti air dan noda berfungsi untuk melindungi mobil dari air tumpah maupun cairan lainnya.

3. Car phone holder

Seiring perkembangan zaman, smartphone dapat mengalahkan fitur GPS (Global Positioning System) yang biasanya ditemukan di dashboard mobil. Untuk memudahkan pengoperasian smartphone, gunakan car phone holder.

Baca juga: 6 Rekomendasi Bengkel Interior Mobil di Jabodetabek

Rekomendasi tempat service interior mobil

Apabila OtoFriends tidak sempat membersihkan interior mobil secara mandiri, pergilah ke bengkel terdekat. Untuk menghindari antrian, OtoFriends bisa melakukan booking online lewat aplikasi Otoklix. Berikut rekomendasi tempat service interior mobil untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya: 

1. PADI Car Leather Seat

Alamat: 

  • Jalan Pos Pengumben Raya, Jakarta Barat.
  • Jl. Lenteng Agung Raya No.32, RT.13/RW.5, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. 

Layanan: perbaikan mobil, modifikasi jok, servis rutin

2. Juno Leather

Alamat:

  • Jl. TB Simatupang No.61, RT.6/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530
  • Jalan Taman Palem Lestari Blok A39 No. 60, RT.9/RW.15, Tegal Alur, Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11730
  • Ruko Mendrisio 3 blok B nomor 22, Komplek Ilago Paramount Serpong, Tangerang Selatan (Jalan Baru BSD-Summarecon). 

Layanan: menangani jok kulit dan sarung jok mobil

3. Cahaya Pro

Alamat: Jl RE Martadinata No 279, Pamulang, Tangerang Selatan

Telepon: +62 21 7444003

Layanan: servis rutin, modifikasi interior semi permanen hingga permanen

Biaya: Rp800 ribu hingga Rp1,5 juta

4. Vertue Concept

Alamat: Jl. Danau Sunter Utara No.6, RT.10/RW.14, Sunter, Jakarta Utara, Kec. Tanjung. Priok, Kota Jakarta Utara

Telepon: 0817-837-883

Layanan: ganti kulit jok dan panel interior lain, shift knob, panel timing, dll.

5. Classic Car Interior

Alamat: Jalan Raya Pekayon No 26, Jaka Setia, Bekasi, Classic Car Interior

Telepon: 0821-1236-9494

Layanan: menerima desain sesuai pesanan pelanggan

Pertanyaan Seputar Interior Mobil

Bagian interior mobil adalah komponen yang ada di dalam mobil. Dalam pemeriksaan, masih banyak pemilik kendaraan kerap menomorduakannya karena dianggap tidak terlalu penting.

Bersihkan debu-debu halus yang terlihat menggunakan kemoceng atau juga vacuum cleaner. Agar lebih bersih dan bisa membersihkan debu di sela-sela AC mobil, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner.

Interior mobil merupakan bagian yang sangat penting untuk kenyamanan selama berkendara. Maka dari itu, menjaga interior mobil agar tetap bersih merupakan hal yang wajib dilakukan, baik dari kotoran berupa remah-remah makanan, debu, tumpahan susu atau air dan lainnya.