Memasang kaca film mobil tidak boleh sembarangan. Sebab, kaca film akan dipakai selama bertahun-tahun dan harganya juga tidak murah. Merek-merek kaca film mobil yang bagus di bawah ini bisa menjadi pilihan saat OtoFriends ingin memasang kaca film mobil.

Pilihan Kaca Film Mobil yang Bagus 2022

Di bawah ini adalah sejumlah merek kaca film yang bagus untuk dipakai di mobil. Mari kita bahas tentang spesifikasi dan juga harga dari kaca film mobil berikut ini.

1. Iceberg Window Films

Kaca film memang berfungsi untuk menghalau sinar dan cahaya matahari berlebih. Namun, bagaimana dengan malam hari? Menggunakan kaca film mobil yang salah malah bisa membuat penglihatan malam hari menjadi kurang jernih. 

Iceberg Window Films ini sudah dilengkapi dengan teknologi Night Vision yang membuat berkendara malam hari menjadi lebih aman dan menyenangkan. Teknologi ini membuat penglihatan menjadi lebih jernih. 

Kaca film ini terbuat dari 100 persen material karbon dengan teknologi nano. Sehingga, bisa menolak panas dan inframerah secara maksimal. Bahkan diklaim bisa sampai 99%. Ada tiga varian unggulan, yaitu Ice, Onyx, dan Pearl. Harga kaca film mobil ini mulai dari Rp1,5 jutaan.

2. Masterpiece Window Film

Merek selanjutnya ada dari Masterpiece Window Film Black Shinju. Kaca film ini punya warna yang hitam pekat, sesuai dengan namanya. Dengan warna ini, mobil terasa lebih teduh. Temperatur kabin juga terasa lebih sejuk. Tentunya sangat bermanfaat di iklim tropis dengan sinar dan panas matahari yang terik.

Merek kaca film asal Jepang ini punya nilai TSER sampai 77% dan UVR sampai 99%. Kaca film mobil ini cocok digunakan pada mobil-mobil kecil. Kalau OtoFriends mau memasang kaca film ini, siapkan dana sekitar Rp1,6 jutaan.

3. Wincos Automotive Film HCD

Masih dari merek asal Jepang, sekarang kita bahas merek Wincos. Kaca film mobil ini memiliki kualitas yang tinggi. Kepekatan dan gelapnya warna kaca film akan memberikan privasi kepada penumpang dan membuat tampilan mobil terlihat lebih elegan.

Dengan kepekatan yang tinggi juga kaca film Wincos bisa menjaga interior mobil. Selain itu, penumpang juga lebih terjaga dari penuaan dini dan kanker kulit. Pasalnya, sudah ada teknologi Total UV Protection pada produk ini. Hanya saja, untuk mendapatkan kaca film berkualitas tinggi ini, bujet yang harus dipersiapkan adalah sekitar Rp3,5 jutaan.

4. ICE-u by Konica Minolta

Konica Minolta juga menjadi salah satu yang populer di Indonesia, yaitu tipe ICE-u. Ada tiga teknologi yang disematkan pada kaca film mobil ini. Pertama adalah optical technology, yaitu prinsip kerja optik mesin fotokopi. Dengan adanya teknologi ini, sinar inframerah dapat ditolak dengan baik.

Kedua yaitu coating technology, artinya produk ini menggunakan metode nano-coating dengan presisi yang tinggi. Kemudian, teknologi ketiga adalah application technology. Material ini menggunakan sejumlah material photosensitive sehingga kualitas dan daya tahan kaca film jadi lebih kuat.

Pelapis kaca yang menjadi standar bawaan Mitsubishi Xpander ini bisa dipasang dengan harga mulai dari Rp2,2 jutaan.

5. Kaca Film Mobil 3M

Merek yang satu ini sangat populer di Indonesia. Dengan kualitas yang sangat baik, harganya tergolong cukup terjangkau. Kaca film ini sudah ada sejak 1966 dan tetap mempertahankan kualitasnya sampai saat ini. Kaca film 3M bisa menolak panas smapai dengan 95%.

Selain itu, ada keunggulan-keunggulan lain dari kaca film 3M. Antara lain adalah bisa mencegah efek buruk sinar ultraviolet dan inframerah sampai 99%. Penumpang mobil akan terhindar dari radiasi buruk sinar matahari langsung. Kualitas interior mobil juga lebih baik, warnanya tidak cepat pudar serta suhu di dalam kabin tetap dingin.

Ada berbagai tipe yang tersedia dari kaca film mobil 3M. Di antaranya adalah Black Beauty vs Crystalline. Kedua tipe ini sama-sama bagus, tetapi penggunaannya sesuai kebutuhan kita. Harga Crystalline memang lebih mahal dibandingkan Black Beauty, yaitu Rp1,5 juta – Rp2 jutaan. Sementara Black Beauty hanya sekitar Rp550 ribu – Rp585 ribuan saja. Keunggulan lain kalau menggunakan kaca film mobil 3M adalah kita bisa mendapat garansi 5 tahun.

Itu dia 5 merek kaca film mobil yang bagus. Merek lainnya bisa OtoFriends simak pada artikel ini Rekomendasi 9 Kaca Film Mobil Terbaik.

Tips Memilih Kaca Film Mobil

Setelah mengetahui merek kaca film mobil apa saja yang bagus, kita juga perlu tahu cara memilihnya. Kaca film mobil yang bagus belum tentu memang kita butuhkan. Jadi, simak tips di bawah ini.

1. Ada undang-undang yang berlaku

Di Indonesia, ada undang-undang yang mengatur tentang pemasangan kaca film mobil. Peraturan ini dibuat untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Peraturan ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pada peraturan tersebut, kaca depan dan belakang mobil boleh menggunakan pelapis kaca berwarna (film coating). Persentase maksimal yang diperbolehkan adalah 40 persen. Sementara untuk sisi samping, boleh menggunakan kaca film dengan kepekatan maksimal 70 persen.

2. Perhatikan tingkat kegelapannya

Saat akan memasang kaca mobil, kita perlu memperhatikan Visible Light Transmittance. Hal ini mengacu kepada undang-undang tersebut. Semakin tinggi angka pada VLT, artinya kaca film semakin gelap. Misalnya VLT 40, CLT 60, dan VLT, 80.

3. Pilih berdasarkan material pembuatnya

Ada beberapa material yang menjadi bahan penyusun kaca film mobil. Jenis Nano Metal dianggap paling baik untuk menolak panas. Hanya saja, menggunakan kaca film mobil jenis Nano Metal bisa menghambat sinyal atau sensor mobil, misalnya untuk auto wiper atau auto headlamp.

Selain Nano Metal, ada juga Nano Ceramic yang sama baiknya dalam menolak panas. Warnanya lebih gelap. Hal ini mungkin akan sedikit mengganggu penglihatan pengemudi saat berkendara di malam hari. Selanjutnya ada bahan Nano Carbon yang visualnya lebih jernih.

4. Memilih tempat pasang kaca film mobil

Ini adalah tips yang tidak menyangkut produk kaca film, tetapi cukup penting untuk diterapkan. Sebaiknya cari bengkel pasang kaca film mobil yang memiliki beragam variasi kaca film yang lengkap. Bisa juga membandingkan beberapa bengkel untuk mendapatkan harga terbaik. Biasanya bengkel-bengkel ini menawarkan paket kaca film full atau sebagian. Cari juga bengkel yang menjual kaca film original.

Itu dia artikel tentang kaca film mobil. Salah satu cara mencari bengkel yang menjual suku cadang orisinal adalah dengan mencarinya menggunakan aplikasi Otoklix, terutama bengkel-bengkel yang termasuk OtoSelect. Otoklix akan otomatis mencarikan bengkel terdekat dan terbaik untuk OtoFriends.