Ternyata cuci mobil pun banyak jenisnya. Secara umum tempat cuci mobil dibagi menjadi cuci mobil manual dan cuci mobil otomatis. Untuk cuci mobil manual ada yang menggunakan hidrolik, steam, sementara untuk cuci otomatis menggunakan robotic.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari tempat cuci mobil otomatis dan manual?

Kelebihan Car Wash Otomatis

Car Wash otomatis adalah tempat cuci mobil yang minim menggunakan tenaga manusia karena sudah menggunakan mesin yang dioperasikan secara otomatis. Prosedurnya sukup sederhana, mobil hanya diminta masuk ke ruang cuci otomatis. Proses ini hanya memakan waktu 3-5 menit saja.

Kemudian, mobil akan disemprot menggunakan air bertekanan tinggi, sabun, serta mesin juga akan menggosok permukaan bodi dan kaca mobil dan menyemprot kolong mobil. Karena menggunakan mesin, waktu pencuciannya juga cukup singkat. Penumpang pun tidak perlu keluar dari mobil, cukup menutup kaca jendela secara rapat saja.

Setelah selesai, penumpang akan dipersilakan keluar dari mobil agar mobil dapat dibersihkan bagian interiornya. Bagian dalam mobil akan dilap dan dikeringkan secara manual oleh tenaga manusia.

Karena prosesnya yang mudah dan cepat, maka cuci mobil ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Kekurangan Car Wash Otomatis

1. Berisiko lebih tinggi merusak cat mobil

Meskipun hemat waktu, tetapi cuci mobil otomatis juga memiliki kekurangan dan bahkan bisa berisiko terhadap kerusakan mobil. Kekurangan pertama adalah berisiko merusak cat mobil tergores akibat sikatnya yang berbahan plastik. Plastik lama kelamaan akan mengeras. Ketika berputar dengan cepat, itu dapat melukai lapisan cat mobil.

Tetapi saat ini banyak pula cuci mobil otomatis yang tidak menggunakan sikat plastik, melainkan menggunakan sikat yang lebih ramah bagi bodi mobil yaitu busa dan plas chamois yang lembut dan empuk. Jadi, pastikan untuk memilih tempat cuci mobil otomatis yang memiliki reputasi baik ya.

2. Tidak bersih menyeluruh

Selain itu, daya cuci di cuci mobil otomatis juga tidak sedetail seperti cuci mobil manual. Kotoran yang berada di sela-sela mobil tidak bisa hilang jika hanya dicuci di mesin cuci mobil. Mesin cuci mobil hanya menjangkau permukaan yang luas saja. Tetapi kamu bisa memilih tempat cuci mobil yang menyediakan jasa tambahan untuk membersihkan bagian yang tidak tersentuh mesin dengan pengerjaan oleh petugas.

3. Alat pembersih bersifat abrasif

Beberapa tempat cuci otomatis juga memiliki alat pembersih yang bersifat abrasif meskipun menggunakan kain yang berbahan lembut. Alat cuci mobil tersebut bisa merusak benda yang menonjol dari mobil, misanya spion atau trim longgar.

4. Tidak ramah untuk beberapa tipe mobil

Tempat cuci otomatis biasanya mensyaratkan mobil dalam keadaan netral dan mesin dimatikan. Untuk mobil-mobil modern yang sudah menggunakan bantuan pengemudi canggih (ADAS), fitur ini mendeteksi akan menabrak sebuah objek, sehingga menahan mobil bergerak maju.

Selain itu, fitur pada komponen wiper juga akan mendeteksi hujan dan otomatis aktif ketika masuk ke alat cuci mobil. Jadi, butuh perlakuan khusus untuk tipe-tipe mobil tertentu. Misalnya untuk mobil Acura TLX 2015, Lexus hibrida, dan beberapa Lincoln perlu mematikan fitur tertentu agar mobil tetap dalam keadaan netral untuk waktu yang cukup lama.

Beberapa tipe mobil baru harus menonaktifkan fungsi cruise control dinamis, yaitu mengatur laju mobil pada kecepatan yang diinginkan. Sehingga mobil bisa melewati alat cuci mobil dengan benar.

Berbeda lagi dengan tipe mobil terbaru dari Subaru yang perlu mematikan fitur kontrol rem pra-tabrakan, wiper otomatis, dan penahan kendaraan otomatis sebelum masuk ruang cuci. Sementara itu untuk model Mercedes-Benz GLS 2020 sudah memiliki mode carwash.

Jadi, kenali mobilmu sebelum menggunakan jasa cuci mobil ini ya.

5. Harga relatif lebih mahal

Jika berbicara harga memang cuci mobil otomatis biasanya mematok harga yang lebih mahal daripada tempat cuci mobil manual. Selain menggunakan mesin, listrik, efisiensi waktu, dan juga air yang dibutuhkan lebih banyak.

Kelebihan Cuci Mobil Manual

Selanjutnya mari kita bahas tentang kelebihan cuci mobil manual. Pada jenis ini, proses yang dilakukan dikerjakan oleh tim teknisi dari bengkel cuci mobil tersebut. Pembersihan atap, kap mesin, bodi, velg, dan kolong mobil dikerjakan oleh sekitar 2-3 orang teknisi secara manual.

Hasil cucinya lebih bersih karena dikerjakan secara detail. Kamu juga bisa request untuk membersihkan salah satu bagian yang ingin dikerjakan secara lebih maksimal, misalnya membersihkan ruang mesin.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk cuci mobil manual ini lebih murah daripada cuci mobil otomatis.

Kekurangan Cuci Mobil Manual

Meskipun hasil cucinya lebih bersih, tetapi pengerjaan cuci mobil manual membutuhkan waktu yang lebih lama. Untuk satu mobil bisa dikerjakan sekitar 20-40 menit, tergantung paket cuci yang diambil. Hal ini tentu cocok bagi kamu yang meluangkan waktu khusus untuk cuci mobil.

Selain itu, pilih juga cuci mobil manual yang tepercaya. Karena hal itu menunjukkan bahwa teknisinya bagus, sampo mobil yang digunakan aman bagi mobil, dan sebagainya.

Itu dia informasi tentang cuci mobil otomatis, kelebihan dan kekurangannya dibandingkan dengan cuci mobil manual. Metode mana pun yang akan kamu pilih, pastikan bengkelnya tepercaya ya.

Temukan bengkel cuci mobil tepercaya di aplikasi Otoklix. Ada Power Workshop yang di-support penuh oleh Otoklix dan tentu saja memiliki harga yang bersaing dengan bengkel lainnya.