cara cek oli shell asli

Cara Cek Oli Shell Asli. Perhatikan 7 Tips Penting Ini!

Tahukah kamu bahwa banyak beredar oli palsu di pasaran? Oleh sebab itu kamu perlu tahu cara cek oli Shell asli. 

Oknum tidak bertanggung jawab memproduksi oli palsu dan menjual dengan harga di bawah standar. Hal ini terjadi karena tingginya angka pengguna kendaraan bermotor yang dijadikan ladang penipuan oleh sejumlah oknum.

Bagaimana cara cek oli Shell asli atau palsu?

Cara Mengecek Oli Shell yang Asli dan Palsu

Oli Shell memang menjadi salah satu produk pelumas yang paling sering dipalsukan. Bagi kamu yang biasa menggunakan oli Shell, kamu perlu mengetahui beberapa ciri-ciri yang membedakan oli Shell asli dan palsu.

1. Cetakan pada label kemasan

Cara cek oli Shell asli yang pertama adalah dengan mencermati label kemasan. Produsen sebesar Shell pasti menggunakan teknologi percetakan yang bagus untuk mencetak label pada kemasan oli. Sehingga menggunakan bahan berkualitas dengan cetakan yang bagus. 

Sementara pada oli palsu detail dan bahan yang digunakan pada kertas label kemasan terlihat berkualitas rendah. Jika kamu mencoba membandingkan kedua barang asli dan palsu, kamu akan menemukan perbedaan gambar pada kemasan. 

Ada beberapa oli Shell palsu dengan warna gradasi putih yang lebih lebar dan garis gradasi yang kasar, tidak sehalus gradasi pada kemasan oli asli.

2. Segel pada tutup botol

Pada beberapa oli Shell yang palsu, pemasangan segel terlihat miring. Angka pada segel oli Shell asli juga berwarna putih. Ketika terkena air, warna pada angka berubah kemerahan. Sedangkan pada oli Shell yang palsu biasanya warna angka sudah terlihat kemerahan.

Angka tersebut ketika dipanaskan akan kembali berwarna putih. Sedangkan pada oli yang palsu akan tetap merah meskipun sudah dipanaskan. 

3. Perhatikan botol yang digunakan

Oknum yang memalsukan tidak mungkin mengeluarkan modal yang banyak untuk menggunakan botol berkualitas. Botol yang digunakan pada oli Shell palsu merupakan botol bekas pemakaian oli.

Tampilan fisik botol bekas biasanya terlihat dari warnanya yang kurang cerah. Produk oli Shell yang asli juga tidak menggunakan botol kemasan daur ulang. Jadi cara cek oli Shell asli adalah dengan melihat warna botol yang lebih cerah dan terlihat bersih.

4. Teknologi “Jam Jar” pada oli Shell asli

Ini adalah salah satu keunggulan Shell dalam memproduksi oli. Bentuk proteksi terhadap pemalsuan oli ini adalah menggunakan teknologi “Jam Jar” yaitu segel inovatif yang diciptakan Shell. Scan oli Shell ini dapat dilakukan dengan mudah.

Segel ini memiliki kode QR pada lapisan keduanya. Kode QR ini dapat dipindai dan akan terhubung dengan server Shell Anti-Counterfeit System (sistem anti-pemalsuan). Letak kode ini berada pada bagian tutup kemasan. Pada tutup kemasan juga terdapat hologram anti rusak.

Saat ini, 80% dari seluruh produk pelumas Shell yang meliputi Shell Helix seperti Shell Helix Ultra, Shell Helix HX5, Shell Helix HX7, Shell Helix HX8 untuk kemasan 1 liter dan 4 liter telah menggunakan teknologi Jam Jar.

Ini dia langkah-langkah cek barcode oli Shell secara online:

  1. Gunakan aplikasi scanner yang tersedia pada ponselmu. Jika tidak ada, kamu bisa menginstall aplikasinya melalui Playstore atau Appstore.
  2. Buka segel lapisan pertama pada kemasan oli Shell.
  3. Temukan segel lapisan kedua di bawah segel hologram. Kamu akan menemukan 16 angka dan kode QR. Pindai kode QR tersebut. 
  4. Saat kode dipindai, kamu akan diarahkan ke website www.ac.shell.com
  5. Pilih negara Indonesia pada Select Country
  6. Pilih bahasa Indonesia pada Select Language
  7. Geser ke arah kanan ketika muncul slider dengan tulisan “Geser ke arah kanan”
  8. Setelah tulisan pada slider berganti menjadi “Terima kasih”, kamu bisa memilih “Lanjutkan”
  9. Hasil akan menunjukkan “Kode Benar” dan akan terdapat pula informasi oli sudah pernah digunakan atau belum.
  10. Selesai

5. Verifikasi pada website resmi

Selain memindai kode QR, cara cek oli Shell asli bisa dengan mengunjungi www.ac.shell.com dan memasukkan 16 angka pada kode QR tersebut.

6. Mengirim SMS

Selain menggunakan kedua cara di atas, baik memindai kode ataupun melalui website, kamu juga bisa mengirimkan sms ke nomor 08557467005. Mengirim SMS ini tidak dikenakan biaya. 

7. Perhatikan harga, warna, dan bau

Cara cek oli Shell asli yang terakhir adalah memperhatikan warna dan bau oli. Oli Shell yang palsu biasanya terlihat agak keruh dan memiliki bau yang kurang sedap. Bau ini bisa berupa bau gosong. Padahal, oli yang asli memiliki warna yang bening dan tidak berbau. 

Selain itu harga oli Shell palsu pasti akan jauh lebih murah daripada harga oli Shell asli. Kamu patut mencurigai jika harga oli Shell yang dijual terlalu jauh dari standar pasaran. 

Tips Membeli Oli Shell yang Asli

Untuk mengantisipasi membeli oli Shell yang palsu, kamu bisa membelinya di toko resmi produsen Shell atau di bengkel tepercaya. Temukan bengkel tepercaya yang termasuk dalam Power Workshop Otoklix

Power Workshop Otoklix merupakan bengkel yang telah bermitra dengan Otoklix. Bengkel ini sudah terstandardisasi Otoklix dari segi pelayanan dan suku cadang. Spare part yang dijual di Power Workshop Otoklix, termasuk oli mobil Shell, sudah terjamin kualitas dan orisinalitasnya.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan harga 30% lebih murah daripada bengkel mitra biasa. Dapatkan juga program cashback dari bengkel-bengkel yang telah terdaftar pada Power Workshop Otoklix. Yuk, segera buka website atau instal aplikasi Otoklix!

Demikian adalah cara cek oli Shell asli. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *