Cara mengatasi mobil keluar asap putih menjadi pertanyaan yang sering diajukan ketika asap knalpot mobil sudah berubah warna. Perlu OtoFriends ketahui, mobil yang sehat memiliki asap knalpot yang tidak berwarna, jika sampai knalpot mobil berubah warna menjadi putih, maka ada beberapa hal terkait kerusakan komponen mesin mobil yang perlu OtoFriends waspadai. Berikut OtoFriends rangkum cara mengatasi mobil keluar asap putih lengkap dengan penyebab dan biayanya.

Penyebab Mobil Keluar Asap Putih

Sebelum mengetahui cara mengatasi mobil keluar asap putih, beberapa hal yang menjadi penyebab harus OtoFriends ketahui, agar dapat menemukan solusi yang tepat dalam melakukan perbaikan dan penggantian komponen mesin mobil. 

  1. Kebocoran Oli

Oli mesin mobil rembes bisa menjadi salah satu penyebab masalah mobil keluar asap putih terjadi. Oli mobil berfungsi untuk melumasi komponen mesin turbo, sehingga apabila ada kebocoran akan menyebabkan asap putih keluar dari knalpot mobil. Segera cari sumber dan penyebab mengapa oli mesin mobil bisa merembes, agar OtoFriends bisa melakukan penanganan dengan lebih cepat dan tepat.

Baca juga: Biaya Perbaikan Oli Mesin Mobil Rembes, Kenali Juga Penyebabnya

  1. Ring Piston Aus

Ring piston yang aus dan terkikis bisa menjadi penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap putih. Mengatasi hal ini, OtoFriends harus segera membawa mobil ke bengkel untuk melakukan penggantian ring piston mobil. Jika ring piston tidak segera diganti, maka tidak hanya masalah knalpot mobil mengeluarkan asap putih, berbagai risiko lain seperti kerusakan mesin motor mobil juga akan terjadi.

  1. Seal Katup Aus

Sama halnya dengan masalah ring piston mobil aus, seal katup yang aus juga harus langsung diganti. Seal katup berfungsi untuk mengalirkan udara ke saluran pembakaran. Seal katup aus yang tidak diganti akan menghambat udara masuk sehingga menjadi penyebab oli rembes atau kebocoran oli terjadi. 

  1. Sistem PCV Rusak

PCV adalah sistem mobil yang mengatur tekanan udara dalam ruang mesin tetap dalam kondisi yang stabil. Jika Sistem PCV rusak, maka oli akan merembes, alhasil masalah mobil mengeluarkan asap putih akan terjadi. 

  1. Rusaknya Kepala Silinder

Kepala silinder memiliki peran untuk merapatkan dua komponen blok mesin. Kepala silinder yang rusak mengakibatkan oli menjadi masuk kedalam ruang mesin. Oli yang menetes ke ruang bakar akan menimbulkan warna putih pada asap knalpot mobil.

Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih

Sudah tahu beberapa penyebab mobil keluar asap mobil, berikut Otoklix rangkum cara mengatasi mobil keluar asap putih yang tepat, simak penjelasannya:

  1. Cek Indikator Engine

Jika lampu indikator engine menyala, maka kerusakan pada mesin mobil terdeteksi dengan baik. OtoFriends harus jeli dalam melakukan pengecekkan agar dapat mengetahui cara mengatasi mobil keluar asap putih dengan tepat. 

  1. Mengganti Seal Katup

Mengganti seal katup mobil dapat membantu OtoFriends menyelesaikan masalah mobil keluar asap putih. Pasalnya, seal katup mobil yang sudah aus atau terdapat kerak oli memang harus diganti agar dapat mengalirkan udara ke saluran pembakaran dengan lancar.

  1. Melepas Saluran PCV

PCV sebagai mesin pengatur tekanan udara dapat dilepas dan diganti. OtoFriends dapat melakukan pengecekkan terlebih dahulu apakah ada kebocoran karena kerusakan separator atau tidak. Jika terlihat jejak oli, maka melakukan penggantian PCV adalah cara mengatasi mobil keluar asap putih tepat yang perlu OtoFriends lakukan.

  1. Cek Kondisi Oli Mobil

Memastikan kondisi oli mobil tetap dalam kondisi full adalah salah satu cara mengatasi mobil keluar asap putih. Jika oli berada di bawah indikator normal, maka oli bisa bocor dan masuk ke ruang pembakaran. Lakukan pengecekan oli mobil secara rutin untuk mengantisipasi permasalahan volume oli di bawah indikator normal.

Baca juga: 4 Tanda Oli Mobil Kurang dan Efeknya pada Kinerja Mobil

  1. Mengecek Tekanan Kompresi Mesin Mobil

Cara mengatasi mobil keluar asap putih yang lainnya adalah dengan mengecek tekanan kompresi mesin mobil.

  1. Lepas Selang Udara

Selang udara adalah salah satu bagian dari mesin turbo. Jika terdapat tetesan oli pada selang udara mesin turbo, maka melepaskan selang untuk melakukan perbaikan dapat dilakukan agar masalah mobil keluar asap putih dapat diatasi.

  1. Cek Turbocharger

Cara mudah melakukan pengecekkan turbocharger adalah dengan menyalakan mesin mobil dan mendengarkan suaranya. Segera bawa mobil OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix apabila ada suara yang tidak lazim untuk melakukan perbaikan.

  1. Perbaiki Saluran Pipa Oli Mesin

Saluran pipa terhubung langsung pada oli mesin mobil. Jika ada kebocoran bisa dipastikan terdapat kerusakan pada saluran pipa, sehingga oli dapat menetes dan masuk ke ruang pembakaran. Segera lakukan penggantian saluran pipa oli mesin agar knalpot mobil tidak lagi mengeluarkan asap putih. 

  1. Cek Kondisi Kepala Silinder

Jika kondisi kepala silinder mobil retak, OtoFriends harus segera melakukan pergantian kepala silinder di bengkel terdekat. Bagian ini tidak bisa diperbaiki, sehingga menggantinya dengan yang baru akan membantu OtoFriends menjaga oli tidak menetes ke ruang pembakaran mesin mobil.

Baca juga: Pengertian Blok Silinder, Fungsi sampai Komponen Blok Silinder

Dilihat dari penyebab dan cara mengatasinya, masalah mobil mengeluarkan asap putih mayoritas dikarenakan adanya oli yang masuk ke ruang pembakaran. Oleh sebab itu, OtoFriends harus selalu melakukan servis rutin untuk mengecek kondisi oli mobil, sehingga sumber masalah dan cara mengatasi mobil keluar asap putih dapat diatasi dengan lebih mudah. Segera lakukan booking servis di aplikasi Otoklix untuk pengalaman servis mobil tepercaya. 

Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih

Masalah mobil keluar asap putih umumnya disebabkan oleh masuknya oli mesin mobil ke ruang pembakaran. Memperbaiki hal ini, membawa mobil ke bengkel untuk menemukan sumber bocor dapat dilakukan, agar masalah mobil keluar asap putih dapat segera teratasi.

Melakukan pengecekan setiap komponen mobil secara detail dapat dilakukan jika masalah mobil mengeluarkan asap putih terjadi. Perhatikan apakah ada kebocoran atau kerusakan mesin yang menjadi penyebab oli mesin mobil bocor.

Jika mobil mengeluarkan asap putih tipis dalam waktu yang sebentar, OtoFriends tidak perlu khawatir. Sebaliknya, segera bawa ke bengkel apabila asap putih yang keluar dari mobil sangat tebal dan berlangsung lama.