Mungkin masyarakat Indonesia belum banyak mengetahui tentang mobil MG ZS. Mobil ini memang tidak sepopuler mobil-mobil buatan Jepang seperti Toyota dan Honda atau bahkan mobil Eropa seperti BMW atau Merci di Indonesia. Lantas, mobil MG ZS buatan mana? Bagaimana spesifikasinya dan berapa harga MG ZS? Simak artikel selengkapnya.

Harga MG ZS

Harga mobil MG ZS 2021 – 2022 ini sekitar Rp261 jutaan sampai Rp295 jutaan, tergantung varian yang dipilih. Ada yang varian MG ZS 1.5L Excite untuk tipe terendahnya dan MG ZS 1.5L Ignite yang merupakan varian tertinggi. Sementara itu ada juga tipe New MG ZS yang punya tiga varian. Di antaranya adalah New MG ZS Activate dengan harga Rp268 jutaan, New MG ZS Ignite yang dibanderol Rp289 jutaan, serta New MG ZS Magnify dengan harga Rp309 juta.

Sejarah Singkat Mobil MG

Setelah mengetahui berapa harga MG ZS, kita bakal bahas tentang sejarah singkat mobil MG. MG ZS buatan mana? Nama mobil MG (Morris Garage) memang masih belum banyak terdengar di kancah otomotif Indonesia, tetapi sebenarnya mobil ini sudah berdiri sekitar satu abad yang lalu.

MG adalah mobil merek Inggris yang didirikan pada 1924 dan sampai saat ini sudah berpindah-pindah tangan. Sekarang, MG dipegang oleh grup otomotif besar asal China. Morris Garage telah dipegang oleh Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC). Pabrik ini berlokasi di Lingang, Shanghai, dan Zhengzhou. Selain itu, ada juga pabrik yang berlokasi di Thailand, yaitu di Laem Chabang. Ada juga yang berlokasi di Halol, Gujarat, India.

Baca juga: 10 Rekomendasi Mobil 4WD Terbaik dan paling Tangguh

Spesifikasi Mobil MG ZS

Tidak afdol jika membahas mobil tetapi tidak membahas spesifikasinya secara lengkap. Oleh sebab itu, Otoklix bakal memberikan penjabaran spesifikasi mobil ini.

Eksterior

Mobil ini berjenis SUV. Namun, pada New MG ZS banyak melakukan pembaruan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Mobil The New MG ZS hadir dalam konsep baru, yaitu Exclusive High-gloss grille. Konsep ini menonjolkan logo ikonik dan klasik oktagonal khas MG. Pada sisi depannya juga terdapat lampu depan LED projector headlights dan rear tail light pada sisi belakang.

Selain itu ada juga semacam garis yang menyambung di bagian samping sampai gagang pintu belakang. Garis ini juga dikenal sebagai british shoulder line. Menilik pada dimensi, mobil SUV ini punya panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, serta tinggi 1.653 mm (untuk varian Ignite dan Magnify) serta 1.628 mm (untuk varian Activate). Jarak sumbu roda mobil ini 2.585 mm. Dengan dimensi ini, bobot MG ZS mencapai 1.290 kg. Kapasitas tangkinya 48 liter.

Selanjutnya kita beralih ke bagian roda. Ukuran ban yang digunakan adalah 215/60 R16 dengan ukuran pelek 16 inci untuk tipe Activate dan Ignite. Namun, pada tipe Magnify ukuran peleknya lebih besar, yakni 17 inci dengan profil ban 215/55 R17. Di sisi lain, keempat roda MG ZS menggunakan velg berbahan alloy dengan yang diberi nama Tomahawk alloy wheels. Penggunaan desain ini membuat mobil SUV MG ZS terlihat makin sporty. 

Apalagi ditambah dengan spoiler belakang yang juga makin meningkatkan kesan sporty looks-nya. Mobil ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu Arctic White, Scarlet Red, Silver Metallic, dan Black Knight.

Sementara itu, bagian suspensinya menggunakan Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar. Di sisi suspensi belakang menggunakan Torsion Beam. Sistem rem depannya memakai Ventilation Disc Brake serta sistem rem belakang Disc Brake.

Baca juga: Kenali Jenis Ban Mobil SUV dan Merek yang Direkomendasikan

Interior

Sekarang kita masuk ke sisi kabin. Mobil ini sudah dilengkapi dengan kombinasi 6-way Electric Adjustable Driver Seat. Sehingga, pengemudi akan lebih nyaman dan mudah mengatur posisi duduk hanya dengan sentuhan jari.

Dapur pacu

New MG ZS ini dibekali dengan mesin yang kapasitasnya tidak terlalu besar, yaitu 1.5 L. atau 1.498 cc. Jenis mesin yang digunakan adalah 15S4C DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi – TECH, Multi-point Fuel Injection. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sampai 114 ps pada 6.000 rpm. Torsi maksimalnya 150 Nm pada 4.500 rpm. 

Mesin ini juga dibekali dengan transmisi otomatis CVT dengan 8 percepatan. Transmisi ini diklaim bisa memudahkan perpindahan gigi serta makin halus, nyaman, prima, dan lincah.

Fitur keselamatan

Selayaknya sebuah SUV yang ditujukan untuk menerjang medan berat, mobil MG ZS juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pada aspek keselamatannya. Terdapat 6 titik Airbag. Kemudian, sudah dilengkapi dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Parking Brake (EPB), dan Curve Brake Control (CBC). Selain itu ada juga Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Stability Control System (SCS), Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS), serta Follow Me Home Light. Selain itu, bodi New MG ZS sudah memiliki Structure Body FSF (Full Space Frame).

Baca juga: Apa itu Mobil SUV dan MPV? Ini Perbedaannya

Fitur hiburan

Jika membahas fitur hiburan dan fungsional, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang keren. Di antaranya ada Electric IMAX Panoramic Sunroof. Kita bisa memandangi langit sehingga perjalanan menjadi tidak membosankan. Selain itu ada juga sistem AC dengan PM 2.5 Filter Air Purifying System yang bisa mengalirkan udara lebih bersih di dalam kabin.

Ada juga fitur kamera 360 derajat Omi Directional Camera yang otomatis akan aktif saat berbelok atau mundur. Kemudian, ada 5 USB Port pada bagian depan, penumpang, dan kaca spion tengah. Sebagai tambahan fitur keamanan, ada juga panel instrumen digital 7 inci dengan fitur TPMS untuk mengecek tekanan ban.

Nah itu dia pembahasan tentang harga MG ZS, sejarah singkat, dan juga spesifikasi lengkap dari mobil SUV ini. Tidak hanya penampilan, performanya juga tangguh. Mobil ini bisa jadi pilihan saat kita mencari mobil SUV.

Namun, jangan lupa untuk melakukan servis rutin mobil. Misalnya, ganti oli, ganti aki, dan mengecek kondisi AC mobil. Semua layanan servis bisa didapat dari aplikasi Otoklix. Ada 2.000+ bengkel tersedia!