Oli Prima XP merupakan oli yang diproduksi oleh Pertamina. Oli merek lokal ini mendapat banyak respons positif di kalangan pengguna mobil. Kualitasnya tidak perlu diragukan. Maka tidak heran, oli ini langsung memiliki tingkat penjualan yang tinggi. 

Spesifikasi Oli Prima XP

Oli mobil Prima XP memiliki dua varian kekentalan, yaitu SAE 10W-40 dan SAE 20W-50. Kedua oli tersebut direkomendasikan untuk mobil dengan usia 5 tahun ke atas. Lantas, apa keunggulan kedua oli tersebut?

1. Prima XP SAE 10W-40

Pelumas ini memiliki base oil sintetis dengan penambahan zat aditif, di antaranya adalah aditif RN. Oli Prima XP 10W-40 telah melalui standarisasi mutu API SN, API CF, dan ACEA A2-96/B2-98. 

Oli dengan kekentalan ganda ini mampu mempertahankan kondisi oli secara stabil pada berbagai suhu. Kemudian dapat memberikan akselerasi dan perlindungan maksimal terhadap mesin bahkan sejak pertama kali dihidupkan.

Fungsi dari oli ini adalah membersihkan ruang mesin dan mencegah pembentukan deposit pada piston. Pelumas ini juga tahan terhadap oksidasi dan panas, sehingga usia pakai pelumas menjadi lebih panjang.

Mobil dengan mesin bensin modern dan sistem direct injection serta multikatup direkomendasikan menggunakan oli ini. Prima XP 10W-40 juga dapat digunakan pada mobil-mobil Jepang, Korea, dan Amerika.

2. Prima XP SAE 20W-50

Bahan penyusun Prima XP SAE 20-50 adalah semi sintetis dengan penambahan zat aditif RN. Oli ini juga telah mengantongi sertifikat API SJ, API CF, ACEA A2-96/B2-98, serta JASO MA. Keunggulan oli mobil Prima XP SAE 20W-50 adalah tahan terhadap oksidasi dan panas. Pembentukan deposit pada piston dan kebersihan mesin juga terjaga.

Oli ini direkomendasikan untuk mesin bensin dengan multikatup yang telah dilengkapi sistem DOHC atau Twin Cam. Selain itu dapat digunakan pada kendaraan bensin yang mensyaratkan penggunaan oli API Service SH serta untuk kendaraan mesin diesel tugas sedang.

Keunggulan Oli Prima XP

Beberapa keunggulan ini dapat menjadi pertimbangan ketika kamu akan membeli oli Prima XP.

1. Harga terjangkau

Oli Prima XP memiliki harga yang terjangkau. Harga ini tentu sangat bersahabat bagi kantong kamu. Meskipun murah, tetapi kualitasnya tetap baik dan dapat bersaing dengan oli sejenis dari merk lain. Tetapi tetap sesuaikan oli dengan kondisi kendaraan ya.

Meskipun murah, bukan berarti oli ini dapat dipakai di semua kendaraan. Contohnya, kendaraan modern terbaru yang berusia di bawah 3 tahun biasanya membutuhkan oli yang encer, seperti 0W-20 atau 5W-30. Sementara Prima XP hanya memiliki varian 10W-40 dan 20W-50. Jadi, meskipun murah, jangan sembarangan menggunakan oli ya.

2. Performa terbaik

Harga yang murah tidak berarti kualitasnya juga murahan. Oli mobil Prima XP ini dapat menjadi pilihan agar berkendara menjadi lebih nyaman. Pelumas ini dapat memberikan performa maksimal terhadap mesin mobil.

3. Memperpanjang usia mesin

Fungsi oli adalah menahan gesekan antar komponen mesin. Jadi, jika menggunakan oli berkualitas, tentunya komponen akan lebih terjaga sehingga usia mesin akan lebih lama. 

4. Mampu membersihkan mesin

Selain menahan gesekan, oli Prima XP juga dapat membersihkan mesin dari kotoran dan endapan. Mesin yang bersih akan membuat performanya optimal sehingga tarikan mobil terasa lebih ringan. Cocok sekali digunakan pada mobil yang sering menempuh jarak perjalanan jauh atau mobil travel.

Oli Pertamina Lainnya

Sebagai salah satu perusahaan minyak terbesar di Indonesia, Pertamina hampir memonopoli penjualan bahan bakar. Tidak hanya itu, Pertamina juga memiliki banyak varian oli mesin mobil. Apa sajakah oli lain dari Pertamina selain Prima XP?

1. Oli Fastron

Oli ini sudah dilengkapi dengan teknologi nano guard yang dapat melapisi komponen mesin sejak mobil pertama kali dihidupkan. Selain itu menggunakan oli Fastron juga dapat mengefisiensi penggunaan bahan bakar serta konsumsi oli. Oli Fastron memiliki usia pakai sampai dengan 10.000 km.

Ada 4 jenis oli Fastron, yaitu Fastron Gold Oil (SAE 0W-20, SAE 5W-30 dan SAE 5W-40), Fastron Platinum Racing Oil (SAE 10W-40), Fastron Platinum Oil (SAE 0W-40), dan Fastron Techno Oil (SAE 10W-40 dan SAE 15W-50).

Fastron Gold digunakan untuk mobil-mobil mewah, seperti BMW, Mercedes-Benz, VW, dan Porsche. Kemudian Fastron Platinum Racing digunakan untuk mobil balap seperti Lamborghini dan Ferrari. Yang ketiga adalah Fastron Platinum yang cocok digunakan pada mobil sehari-hari di dalam kota. Terakhir, Fastron Techno cocok digunakan untuk mobil dengan mesin SAPS rendah dan mesin injeksi terbaru.

2. Oli Mesran Prima

Oli Mesran memiliki spesifikasi 20W-50. Cocok digunakan pada mobil-mobil lawas. Base oil pada oli ini adalah oli mineral dengan tambahan zat aditif. Zat aditif tersebut adalah detergent dispersant, anti oksidasi, anti aus, dan dapat melindungi kebersihan tork serta mencegah terbentuknya endapan lumpur.

3. Oli Meditran

Yang terakhir oli dari Pertamina selain oli Prima XP adalah Meditran. Oli ini digunakan pada mesin diesel dengan kinerja berat dan tinggi. Oli ini sudah memenuhi standar CH-4/SJ. Oli ini dirancang agar tetap stabil dalam berbagai kondisi suhu. Selain itu juga tahan terhadap oksidasi dan melindungi mesin dari asam dan korosi.

Terdapat detergent dispersant yang mampu membersihkan mesin sehingga kinerja mesin terjaga dan terlindungi dari keausan. 

Harga untuk oli-oli Pertamina tersebut cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp30-60 ribuan untuk kemasan 1 liter.

Jadi, banyak pilihan dari Pertamina yaitu oli Prima XP, Fastron, Mesran, dan Meditran. Tidak ada lagi ganti oli mahal.

Apalagi jika ganti oli melalui aplikasi Otoklix. Kamu bisa mendapat harga 30% lebih murah serta mendapat garansi 30 hari setelah pengerjaan. Yuk, segera ganti oli di bengkel terdekat!