air radiator mobil yang bagus

Air Radiator Mobil yang Bagus dan Terlaris di Pasaran

Tahukah kamu bahwa memilih air radiator mobil yang bagus tidak boleh sembarangan? Air radiator yang digunakan harus tepat agar tidak merusak mesin mobil karena mesin mobil akan panas saat proses pembakaran.

Air radiator ini berfungsi sebagai pendingin agar komponen mobil seperti piston tidak macet dan stang tidak bengkok.

Berbagai merk air radiator beredar di pasaran. Tetapi, manakah yang bagus dan cocok untuk mobil kamu? Berikut ini Otoklix rekomendasikan 7 merk air radiator mobil yang bagus untuk kamu.

Top One

Pecinta mobil pasti sudah familier dengan merk Top 1. Merk ini telah menjadi sponsor ajang balap internasional.

Tidak hanya unggul dengan olinya, tetapi juga radiator coolant-nya. Air radiator coolant berwarna hijau ini dibuat dari air yang didemineralisasi atau diolah menggunakan teknologi Long Life Formula. Teknologi ini mengandung senyawa aditif ethylene glycol dengan volume 20% dari total volumenya.

Selain itu, radiator coolant Top 1 mengandung zat carboxylate rush inhibitors dari Amerika. Keunggulan Top 1 coolant radiator adalah titik didih yang cukup tinggi, bisa mencapai 118 derajat Celcius. Titik didih yang tinggi ini membuat penguapan menjadi rendah, sehingga mengurangi terjadinya overheat pada mesin mobil.

Keunggulan lainnya adalah dapat mencegah radiator dari risiko korosi dan kerak. Coolant radiator dari Top 1 telah mengantongi standar internasional, antara lain adalah ASTM, MTU, Caterpillar EC-1, ASTM B6210, dan banyak lain. 

Harga radiator coolant Top 1 dibanderol dengan harga Rp140 ribuan dan memiliki berbagai pilihan kemasan.

Prestone

Air radiator mobil yang bagus berikutnya adalah merk Prestone. Air radiator ini berwarna hijau dan memiliki kemampuan proteksi aluminium yang juga dapat melindungi mesin mobil. Air radiator Prestone dapat dicampur dengan pendingin lainnya. Selain itu, titik didih air radiator Prestone mencapai 130 derajat Celcius yang bisa mencegah mesin overheating.

Menariknya, selain menjaga dari overheat, radiator coolant Prestone juga bisa mencegah terjadinya boil over, freeze up, bahkan menjaga performa AC mobil. Mesin juga tidak mudah berkarat.

Brystone

Radiator coolant Brystone diproduksi dengan teknologi Jepang yang canggih. Coolant radiator ini bisa mencegah mesin overheating meskipun pada cuaca panas sekalipun, mencegah dari korosi, dan menjaga performa AC. 

Selain itu, air radiator berwarna merah ini juga dijual dengan harga yang terjangkau. Hal ini yang membuat coolant radiator Bryston banyak diminati.

Vegacool

Merk air radiator mobil yang bagus dengan harga terjangkau berikutnya adalah Vegacool. Air radiator ini dijual dengan harga sekitar Rp55 ribuan untuk ukuran 5 liter. Air radiator ini bisa digunakan pada mobil maupun motor.

Seperti fungsi utama air radiator pada umumnya yang mencegah mesin dari overheating, Vegacool juga bisa mencegah korosi pada mesin. Korosi ini bisa menyebabkan kebocoran radiator, rusaknya pompa air, sampai thermostat yang tersumbat.

Vegacool telah memenuhi standar ISO 9001 sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan. Meskipun tersedia dalam varian Vegacool Merah Ultraline dan Vegacool Hijau Ultraline, tetapi kedua produk ini tidak ada perbedaan signifikan.

Master

Master radiator coolant juga sudah dikenal di industri otomotif. Sudah banyak pengguna mobil yang memakai radiator coolant ini. Harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas yang bagus membuat merk ini menjadi pilihan.

Air radiator ini memiliki kandungan konsentrat sekitar -7 yang membuat suhu mesin tetap stabil dan tidak berkarat sehingga umur mesin mobil dapat lebih panjang. Radiator Coolant Master ini dapat langsung dituang ke dalam radiator, tidak perlu dicampur lagi dengan air. 

Kemudian, hidupkan mobil selama beberapa menit dan cek kembali ketinggian cairan radiator. Jika volumenya kurang, kamu bisa menambahkannya kembali secara perlahan.

Carrera

Merk air radiator mobil yang bagus yang bisa kamu gunakan adalah Carrera. Harga radiator coolant ini cukup terjangkau. Tetapi meskipun harganya murah, kualitasnya tetap bagus karena sudah menggunakan beberapa teknologi dan kandungan yang berkualitas cukup baik dengan kandungan konsentrat sekitar minus tiga.

Megacool

Merk yang terakhir adalah Megacool. Air radiator ini berwarna hijau dan memiliki kandungan konsentrat sekitar minus satu. Harganya sangat murah, tetapi masih bagus untuk menjadi pendingin radiator mobil. Air radiator ini juga bisa membuat performa AC tetap bagus.

Perlu kamu ketahui, menggunakan air radiator dengan air biasa seperti air keran atau air mineral memiliki banyak risiko. Kandungan mineral pada air tersebut dapat membuat korosi pada komponen mobil. Selain itu, penguapannya pun cukup tinggi sehingga air cepat habis.

Maka dari itu, gunakanlah air radiator mobil yang bagus seperti rekomendasi merk-merk di atas, sehingga dapat melindungi mesin. Kamu bisa mendapatkan radiator coolant ini di bengkel mobil terdekat yang tersedia di Otoklix.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *