Tahukah OtoFriends bahwa memilih air radiator mobil yang bagus tidak boleh sembarangan? Air radiator yang digunakan harus tepat agar tidak merusak mesin mobil karena mesin mobil akan panas saat proses pembakaran.

Air radiator ini berfungsi sebagai pendingin agar komponen mobil seperti piston tidak macet dan stang tidak bengkok.

Berbagai merk air radiator beredar di pasaran. Tetapi, manakah yang bagus dan cocok untuk mobil kita? Berikut ini Otoklix rekomendasikan 7 merk air radiator mobil yang bagus untuk kamu.

Rekomendasi Air Radiator Mobil yang Bagus

1. Top One

Pecinta mobil pasti sudah familiar dengan air radiator merk Top 1. Merk ini telah menjadi sponsor ajang balap internasional.

Tidak hanya unggul dengan olinya, tetapi juga radiator coolant-nya. Air radiator coolant berwarna hijau ini dibuat dari air yang didemineralisasi atau diolah menggunakan teknologi Long Life Formula. Teknologi ini mengandung senyawa aditif ethylene glycol dengan volume 20% dari total volumenya.

Selain itu, radiator coolant Top 1 mengandung zat carboxylate rush inhibitors dari Amerika. Keunggulan Top 1 coolant radiator adalah titik didih yang cukup tinggi, bisa mencapai 118 derajat Celcius. Titik didih yang tinggi ini membuat penguapan menjadi rendah, sehingga mengurangi terjadinya overheat pada mesin mobil.

Keunggulan lainnya adalah dapat mencegah radiator dari risiko korosi dan kerak. Coolant radiator dari Top 1 telah mengantongi standar internasional, antara lain adalah ASTM, MTU, Caterpillar EC-1, ASTM B6210, dan banyak lain. 

Harga radiator coolant Top 1 dibanderol dengan harga Rp140 ribuan dan memiliki berbagai pilihan kemasan.

2. Prestone

Air radiator mobil yang bagus berikutnya adalah merk Prestone. Air radiator ini berwarna hijau dan memiliki kemampuan proteksi aluminium yang juga dapat melindungi mesin mobil. Air radiator Prestone dapat dicampur dengan pendingin lainnya. Selain itu, titik didih air radiator Prestone mencapai 130 derajat Celcius yang bisa mencegah mesin overheating.

Bukan hanya menjaga dari overheat saja. Radiator coolant Prestone juga bisa mencegah terjadinya boil over, freeze up, bahkan menjaga performa AC mobil. Mesin juga tidak mudah berkarat jika memakai air radiator mobil ini.

3. Brystone

Radiator coolant Brystone diproduksi dengan teknologi Jepang yang canggih. Coolant radiator ini bisa mencegah mesin overheating meskipun pada cuaca panas sekalipun, mencegah dari korosi, dan menjaga performa AC. 

Selain itu, air radiator berwarna merah ini juga dijual dengan harga yang terjangkau. Hal ini yang membuat coolant radiator Bryston banyak diminati.

Baca juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

4. Vegacool

Merk air radiator mobil yang bagus dengan harga terjangkau berikutnya adalah Vegacool. Air radiator ini dijual dengan harga sekitar Rp55 ribuan untuk ukuran 5 liter. Air radiator ini bisa digunakan pada mobil maupun motor. 

Seperti fungsi utama air radiator pada umumnya yang mencegah mesin dari overheating, Vegacool juga bisa mencegah korosi pada mesin. Korosi ini bisa menyebabkan kebocoran radiator, rusaknya pompa air, sampai thermostat yang tersumbat.

Vegacool telah memenuhi standar ISO 9001 sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan. Meskipun tersedia dalam varian Vegacool Merah Ultraline dan Vegacool Hijau Ultraline, tetapi kedua produk ini tidak ada perbedaan signifikan.

5. Master

Master radiator coolant juga sudah dikenal di industri otomotif. Sudah banyak pengguna mobil yang memakai radiator coolant ini. Harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas yang bagus membuat merk ini menjadi pilihan.

Air radiator ini memiliki kandungan konsentrat sekitar -7 yang membuat suhu mesin tetap stabil dan tidak berkarat sehingga umur mesin mobil dapat lebih panjang. Radiator Coolant Master ini dapat langsung dituang ke dalam radiator, tidak perlu dicampur lagi dengan air. 

Kemudian, hidupkan mobil selama beberapa menit dan cek kembali ketinggian cairan radiator. Jika volumenya kurang, kamu bisa menambahkannya kembali secara perlahan.

6. Carrera

Merk air radiator mobil yang bagus yang bisa kamu gunakan adalah Carrera. Harga radiator coolant ini cukup terjangkau. Tetapi meskipun harganya murah, kualitasnya tetap bagus karena sudah menggunakan beberapa teknologi dan kandungan yang berkualitas cukup baik dengan kandungan konsentrat sekitar minus tiga.

7. Megacool

Merk yang terakhir adalah Megacool. Air radiator ini berwarna hijau dan memiliki kandungan konsentrat sekitar minus satu. Harganya sangat murah, tetapi masih bagus untuk menjadi pendingin radiator mobil. Air radiator ini juga bisa membuat performa AC tetap bagus.

Perlu OtoFriends ketahui, menggunakan air radiator dengan air biasa seperti air keran atau air mineral memiliki banyak risiko. Kandungan mineral pada air tersebut dapat membuat korosi pada komponen mobil. Selain itu, penguapannya pun cukup tinggi sehingga air cepat habis.

Fungsi Air Radiator Mobil

Setelah mengetahui apa saja merk air radiator mobil yang bagus, OtoFriends perlu tahu fungsi radiator secara umum maupun secara khusus. Seperti yang sudah disinggung di atas, air radiator digunakan sebagai pendingin mesin agar mobil kita tidak mengalami overheat.

Air radiator memiliki fungsi utama sebagai penjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Air radiator yang terjaga kualitasnya akan membuat kinerja radiator terjaga dengan baik. Jika kualitasnya menurun atau berkurang, maka kerja radiator akan lebih berat

Senyawa kimia didalamnya juga membantu memberikan proteksi pada bagian sistem pendingin. Bukan hanya itu saja, air radiator juga digunakan untuk menjaga karet agar tetap lentur dan tidak cepat mengalami pemuaian yang bisa menyebabkannya menjadi kaku.

Tips Mengisi Air Radiator

Agar radiator tetap berfungsi sebagaimana mestinya, cairan pendingin tidak boleh luput dari perhatian. Air yang terlalu lama di dalam radiator akan mengundang korosif dan penumpukan kotoran. OtoFriends disarankan untuk mengganti air radiator mobil tiap enam bulan sekali atau setidaknya satu tahun sekali. Berikut beberapa tips mengisi air radiator yang dapat diikuti::

1. Pastikan mesin dalam keadaan dingin

Penting untuk selalu memastikan apakah mesin dalam keadaan dingin atau panas ketika akan membuka radiator. Sebab, jika membuka tutup radiator ketika mesin dalam kondisi panas, air radiator akan muncrat dan bisa mengenai bagian tubuh.

2. Periksa kondisi air radiator

OtoFriends perlu mengecek apakah air radiator keruh atau masih bersih namun hampir habis. Jika air radiator keruh, maka harus segera dikuras lalu ganti dengan yang baru.

Bagaimana jika air radiator ketinggiannya berada di bawah batas maksimum namun masih bersih? Maka hal yang perlu dilakukan hanyalah melakukan pengisian ulang saja.

Menjaga kebersihan air radiator merupakan hal yang sangat penting karena air yang keruh dapat mengakibatkan radiator mampat dan mengganggu kinerja mesin.

3. Gunakan corong

Melakukan pengisian air radiator bukanlah hal sulit untuk dilakukan di rumah. Cukup siapkan sebuah corong bersih untuk membantu mengisi air radiatornya.

Alat bantu seperti corong tersebut diperlukan karena lubang tabung radiator memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga rentan membuat air tercecer dan terbuang percuma jika langsung menuangkannya. Selain karena terbuang sia-sia, air yang tercecer tersebut pun juga dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik maupun membuat komponen berkarat. 

4. Isi air radiator dalam ukuran yang tepat

Pengisian air radiator jangan sampai terlalu berlebihan atau justru kurang. Usahakan untuk mengisinya dengan ukuran yang pas, sampai batas maksimumnya saja. Gunakan air radiator mobil yang bagus agar performanya maksimal.

5. Tutup tabung radiator

Terakhir, pastikan untuk menutup tabung radiatornya sampai rapat. Jika tidak tertutup rapat, dikhawatirkan air dapat meluber dan tutupnya terpental ketika mesin dinyalakan. Akan sangat membahayakan jika air radiator yang meluber tersebut sampai mengenai komponen yang ada pada mesin mobil, karena dapat mengakibatkan mesin menjadi panas.

OtoFriends, gunakanlah air radiator mobil yang bagus seperti rekomendasi merk-merk di atas, agar dapat melindungi mesin. Kamu bisa mendapatkan radiator coolant ini di bengkel mobil terdekat melalui situs Otoklix.

Pertanyaan Seputar Air Radiator Mobil yang Bagus

Ada beberapa merk air radiator mobil yang bagus dan terlaris di pasar, berikut ini daftarnya:
Top One
Prestone
Brystone
Vegacool
Master
Carrera
Megacoo

Mengganti cairan khusus radiator dengan air biasa bisa membuat radiator bekerja kurang optimal dan membuat mesin mobil mengalami overheat membuat overheat.

OtoFriends disarankan untuk mengganti air radiator mobil tiap enam bulan sekali atau setidaknya satu tahun sekali.