Perawatan mobil kendaraan selain mesin, body juga harus diperhatikan. Mencuci mobil bisa dilakukan di tempat cuci mobil atau carwash. Tapi, cuci mobil juga bisa dilakukan secara mandiri menggunakan mesin cuci mobil. 

Seperti diketahui, biaya mencuci mobil di carwash cukup terjangkau mulai dari Rp30 ribu hingga Rp200 ribu. Waktu pengerjaannya juga lebih cepat, sekitar 20 menit jika tidak mengantri. Namun, akan lebih hemat jika mencuci secara mandiri atau di rumah.

    Merawat mobil juga harus memperhatikan kebersihannya

    Perawatan mobil dengan mencuci bisa membantu membuat kendaraan lebih nyaman dipakai. Mencuci mobil juga adalah bentuk perhatian pemilik akan kendaraan yang dimiliki. Manfaat lain mencuci mobil secara rutin sendiri yakni menjadi kesempatan kamu untuk melakukan inspeksi kendaraan. Ketika membersihkan bodi atau interior mobil, bisa sekaligus memeriksa kondisi kendaraan. Nah, bagi yang ingin berhemat dengan melakukan cuci mandiri bisa memilih mesin buat cuci.

    Rekomendasi mesin cuci mobil

    Ada banyak jenis mesin cuci mobil yang dijual di Indonesia. Supaya pemilik kendaraan tidak bingung memilihnya, berikut Otoklix ulas sejumlah mesin cuci mobil yang recommended. 

    1. SAP High Pressure BP

    SAP High Pressure BP adalah mesin cuci mobil yang cukup terjangkau. Harganya ada di kisaran Rp650 ribu. Mesin cuci mobil ini saat diberi sudah memiliki kelengkapan selang yang berukuran lima meter sehingga memudahkan menjangkau tempat-tempat yang sulit untuk anda jangkau ketika mencuci mobil.

    2. STANLEY Pressure Washer

    Mesin cuci mobil STANLEY Pressure Washer ini tergolong mudah digunakan. Bentuknya cukup kecil namun memiliki kapasitas besar. Mesin ini bisa menampung 6,5 liter dan memiliki daya 1400 watt. Mesin ini jika dibeli sudah termasuk selang lima meter. Harga STANLEY Pressure Washer dibanderol cukup tinggi, sekitar Rp1,5 juta.

    3. Krisbow

    Brand Krisbow sudah tidak asing di telinga masyarakat. Selain produsen peralatan rumah tangga, Krisbow juga mengeluarkan mesin cuci mobil yang berkualitas. Mesin ini bisa memancarkan air dengan tekanan hingga 90 bar untuk cuci mobil. Harganya berkisar antara Rp800 ribu hingga Rp3 juta tergantung tipenya.

    4. Nankai Jet Cleaner v202 Varem

    Rekomendasi selanjutnya, terbaik yaitu Nankai Jet Cleaner v202 Varem. Mesin ini memerlukan daya listrik sebesar 900 watt dan mampu membersihkan tak hanya debu dan kotoran tapi juga lumpur yang menempel di mobil dengan cepat. Selain itu, Nankai Jet Cleaner v202 Varem juga dianggap sebagai salah satu produk mesin cuci mobil yang praktis dan mudah digunakan. Harganya, cukup merogoh kocek Rp500 ribuan. 

    5. Lakoni Laguna 70

    Lakoni High Pressure Cleaner Daytona 100 jadi mesin cuci mobil yang cukup terjangkau. Dengan kebutuhan daya listrik kecil, hanya 550 watt, Lakoni Laguna 70 bisa mencapai kekuatan 100 bar. Fasilitas yang didapat mulai dari selang 5 meter, pistol, botol sabun dan konektor. Lakoni Laguna 70 bisa didapatkan dengan harga antara Rp550 ribu – Rp700 ribu.

    6. Multipro PPW-99 DPR

    Multipro PPW-99 PDR memiliki bentuk yang cukup berbeda dari kebanyakan produk serupa.  Dengan dimensi 42x32x34,5 cm dan berat sekitar 7,2 kilogram, Multipro PPW-99 PDR tergolong cukup kompak. Namun, mesin ini bisa bekerja optimal untuk mencuci kendaraan. Bahkan bisa digunakan untuk mencuci AC atau karpet.  Multipro PPW-99 PDR menggunakan baterai 8 Ah, Multipro PPW-99 PDR memiliki kapasitas tangki sebesar 16 liter. Mesin ini dibanderol Rp725 ribuan.

    7. Steam Jet Cleaner MORRIS

    Diberi harga Rp 1 jutaan, steam jet cleaner Morris ini jadi salah satu produk mesin cuci mobil yang direkomendasikan karena dilengkapi teknologi yang dirancang khusus dari Jepang. Morris Jet Cleaner (MOR-40P) memiliki pemakaian daya listrik cukup kecil yakni 650 watt. Kekuatan semburan airnya pun cukup kencang untuk merontokkan kotoran maupun debu di kendaraan. Mesin ini sudah dilengkapi selang 5 meter dan pistol panjang serta kabel listrik siap pakai. 

    8. Nilfisk C100

    Nilfisk C100 diyakini sebagai salah satu mesin cuci mobil terbaik. Mesin ini dilengkapi selang dan kabel dengan panjang masing-masing 5 meter. Daya yang diperlukan cukup besar yaitu 1100 watt, produk keluaran merek asal Denmark ini mampu menyemburkan tekanan air hingga 105 bar. Tekanan yang cukup besar membuat pengguna harus lebih hati-hati. Harganya cukup mahal, berada di kisaran Rp1,2 juta hingga Rp 2 juta. 

    9. Karcher K1

    Mesin cuci mobil Karcher K1 juga bisa jadi pilihan untuk mencuci mobil secara mandiri. Karcher K1 dilengkapi dengan selang 3 meter dan kabel sepanjang 2 meter. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan konektor jika membeli produk tersebut. Karcher K1 juga memiliki tekanan air tak kalah kencang, yakni mencapai 90 bar dengan pemakaian listrik sekitar 850 watt. Harganya sekitar Rp1 jutaan. 

    10. Jet Cleaner Multipro HPD 5006M

    Mesin cuci mobil Jet Cleaner Multipro HPD 5006M dibanderol sekitar Rp 700 ribuan. Memiliki kebutuhan daya 600 watt. Mesin pencuci ini dengan daya listrik yang kecil ini memiliki tekanan 50 hingga 95 bar cukup untuk mencuci AC , motor, atau mobil. Untuk pemakaian rumah tangga. 

    Mesin cuci mobil bisa membuat biaya perawatan body kendaraan lebih hemat. Namun, selain mencuci, merawat kendaraan juga harus dilakukan dengan cara melakukan servis rutin. Sebaiknya buatlah jadwal rutin melakukan cek kendaraan. Kemudian komponen-komponen yang bisa rusak karena usia harus secara rutin diganti. 

    Nah, OtoFriends yang ingin merawat kendaraan bisa melakukan booking servis melalui OtoKlix. Di aplikasi Otoklix, OtoFriends bisa memilih bengkel servis terdekat untuk mengecek performa kendaraan. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.