Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan merk yang identik dengan warna merah ini. SPBU-SPBU di Indonesia didominasi oleh Pertamina karena memang perusahaan asal Indonesia. Selain menyuplai bahan bakar, oli keluaran Pertamina ini juga sudah terbukti kualitasnya.

Sebelum mengetahui rekomendasi oli Pertamina untuk mobil kamu, kita simak dulu yuk informasi tentang jenis-jenis oli Pertamina yang beredar di pasaran.

Jenis Oli Pertamina

Pertamina tidak hanya memproduksi oli mesin, tetapi juga oli transmisi dan oli gardan. Oli yang diproduksi pun memiliki banyak varian tergantung bahan penyusun dan juga kekentalannya.

1. Oli Mesin 

Oli mesin memiliki peran yang sangat penting karena memberi pelumas seluruh mesin. Maka dari itu tidak heran jumlah oli yang dibutuhkan untuk mengaliri seluruh bagian mesin cukup banyak. Berdasarkan bahan penyusunnya, oli Pertamina dibagi menjadi tiga varian, yaitu oli mineral, oli semi sintetis, dan oli sintetis.

a. Oli mineral

Oli mineral adalah oli yang bahan penyusunnya merupakan bahan alami yang diambil dari perut bumi. Oli ini memiliki viskositas yang tinggi sehingga digunakan pada mobil diesel atau mobil-mobil tua karena komponen pada mesin mobil tersebut cukup renggang. Produk Pertamina dengan bahan mineral ini adalah Prima XP SAE 20W – 50 , Prima X’Treme 10W-30, Mesran SAE 10W, 20W, 30, 40, 50, Mesran Super SAE 20W-50, dan Meditran SX.

b. Oli semi sintetis

Jika oli mineral disusun sepenuhnya dari minyak dari perut bumi, oli semi sintetis diberi tambahan bahan aditif sehingga cocok digunakan pada mobil dengan tenaga mesin sedang seperti mobil penumpang. Produk oli Pertamina semi sintetis adalah Fastron SAE 20W-50 dan Pertamina Enduro 4T SAE 10W-40.

c. Oli sintetis

Oli ini dibuat sepenuhnya dari bahan buatan sehingga spesifikasinya bisa sesuai keinginan. Oli ini cenderung lebih encer sehingga cocok digunakan pada mobil modern. Oli Pertamina semi sintetis adalah seri Fastron Gold, seri Fastron Techno, dan seri Fastron Platinum.

2. Oli Transmisi Automatic

Pertamina juga memproduksi oli transmisi. Jenis ATF memiliki sistem aditif khusus untuk memberikan friksi yang tepat agar perpindahan gigi lebih halus. Oli ini juga sudah diformulasikan untuk kendaraan transmisi otomatis konvensional. Contohnya pada mobil sedan, SUV, MPV, dan mobil di iklim tropis.

3. Oli Gardan

Hampir sama dengan oli transmisi, Pertamina juga memproduksi oli gardan. Oli gardan ini berfungsi untuk memberikan perlindungan dan tambahan tekanan pada gardan untuk meringankan kerja mesin. 

Oli gardan produksi pertamina diformulasikan dari bahan aditif pilihan seperti Extreme Pressure. Teknologi ini digunakan untuk beban yang berat dan memiliki suhu tinggi. Transmisi manual dapat menggunakan pelumas Pertamina Rored EPA 140 karena sudah memenuhi API GL-4. Oli jenis ini mengurangi risiko keausan pada gigi agar gigi lebih terawat dan perpindahan terasa lebih halus.

Spesifikasi Oli Mesin Pertamina

Fastron Gold SAE 0W-20, 0W-40, 5W-30

Oli Fastron seri Gold adalah oli Pertamina dengan bahan full sintetis premium dengan tambahan bahan aditif pilihan untuk meningkatkan kinerja mesin, perlindungan komponen mesin, serta menghemat bahan bakar. Oli ini memiliki kekentalan ganda yang stabil. Kekentalan yang stabil ini membuat oli tidak mudah menguap, sehingga oli tidak cepat habis dan komponen dapat lebih terlindungi.

Fastron Gold ini diperuntukkan bagi mobil modern atau kendaraan generasi terbaru. Fastron SAE 5W-40 direkomendasikan untuk mobil seperti BMW, VW, Mercedes Benz, dan Porsche karena telah melalui spesifikasi ketat OEM.

Fastron Techno SAE 15W-50, 10W-40, 10W-30

Seri Techno ini juga merupakan oli dengan base oil sintetis dan campuran bahan aditif berkualitas. Fastron Techno telah memenuhi tingkatan mutu API SN. Oli Pertamina seri ini juga memiliki kekentalan ganda yang stabil sehingga tahan terhadap oksidasi dan suhu tinggi. Tingkat penguapan oli rendah membuat pemakaian oli lebih irit.

Oli jenis ini direkomendasikan untuk mobil bensin modern yang telah dilengkapi sistem direct injection dan multikatup.

Mesran

Oli Pertamina jenis Mesran didesain dengan viskositas tinggi dan tambahan bahan aditif yang cocok digunakan untuk melumasi kendaraan bensin. Seri Mesran ini telah memenuhi persyaratan API SE/CC. Penggunaan Mesran 40 dan 50 sesuai untuk kendaraan yang mensyaratkan kinerja API SE dan API CC. Sementara itu untuk Mesran 10W, 20W, dan 30W memiliki bahan deterjen, dispersan, dan anti wear yang seimbang.

Sementara untuk Mesran Super SAE 20w-50 cocok digunakan pada sepeda motor produksi ‘90-an dan sistem transmisi sepeda motor 2 tak.

Harga Oli Pertamina

Ini dia beberapa harga oli Pertamina berdasarkan tingkat kekentalannya.

Merek OliHarga/1 literHarga/4 liter
Pertamina 10W-40Rp 80 ribu – 95 ribuRp 280 ribu – 340 ribu
Pertamina 1 5W-30Rp 130 ribuRp 375 ribu – 500 ribu
Pertamina 15W-40Rp 45 ribuRp 160 ribu – 200 ribu
Fastron 10W-40Rp 50 ribu – 97 ribuRp 300 ribu – 380 ribu
Fastron 5W-30Rp 70 ribu – 158 ribuRp 285 ribu – 500 ribu
Fastron 15W-40Rp 64 ribu – 76 ribuRp 230 ribu – 300 ribu

Itu tadi informasi mengenai oli Pertamina yang bisa kita jadikan pilihan untuk mobil kita. Pastikan memilih oli sesuai dengan kebutuhan mobil kamu ya.
Kamu juga bisa mendapatkan promo ganti oli di 1.000+ bengkel se-Jabodetabek yang ada di aplikasi Otoklix. Yuk, daftar di Otoklix.com untuk mendapatkan ganti oli lebih murah dan dijamin orisinal!