Ada dua tipe mobil Xenia, dengan mesin 1.000 cc dan mesin 1.300 cc. Kedua tipe mobil ini membutuhkan oli mobil Xenia yang berbeda karena beban kerjanya juga yang berbeda. Xenia generasi pertama menggunakan mesin 1.000 cc EJ-DE non VVT-i dan 1.300 cc K3-E. Ketika facelift, dua mesin tersebut menggunakan teknologi VVT-i.

Kemudian pada 2015, mesin 1.300 cc diganti dengan mesin 1NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i dan juga mendapat tambahan mesin 1.500 cc dengan mesin 2NR-VE. Tipe-tipe mesin yang berbeda ini membuat mobil Avanza memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Oli Apa yang Direkomendasikan?

Mobil Xenia yang diproduksi sebelum tahun 2015 disarankan menggunakan oli dengan spesifikasi SAE 10W-40. Sementara oli mobil Xenia yang usianya kurang dari 5 tahun disarankan menggunakan SAE 5W-30 dengan kekentalan yang lebih rendah.

Kapasitas oli mobil Xenia untuk mesin 1.000 cc hanya 2,3 liter dengan filter oli dan 2,1 liter tanpa filter oli. Kemudian untuk Xenia 1.300 cc kapasitasnya adalah 2,7 liter tanpa filter oli dan 3 liter dengan filter oli.

Baca juga: Setiap Berapa Km Ganti Oli Transmisi Mobil Manual?

Rekomendasi Oli Mobil Xenia

Meskipun Daihatsu mengeluarkan DGO (Daihatsu Genuine Oil) yang cocok dengan mobil-mobil keluaran Daihatsu, tetapi kamu juga bisa menggunakan merek lain asal spesifikasinya sesuai. Ini dia daftar 10 rekomendasi oli mobil Xenia.

1. Daihatsu Genuine Oil 5W-30

Oli ini direkomendasikan untuk Daihatsu Xenia 1.500 cc dengan mesin 1NR-VE dan 2NR-VE dan sudah menggunakan teknologi Dual VVT-i. Oli ini memiliki berbagai zat aditif yang mampu mendukung kerja mesin mobil dalam kecepatan tinggi maupun stop and go sekalipun. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan mesin lebih bertenaga.

Ada pula teknologi Coolmax yang mampu memberikan perlindungan terhadap mesin sejak pertama kali distarter. Oli ini telah melampaui standar API SN. Kamu bisa mendapatkan oli ini dengan harga Rp77 ribuan per liter.

2. TOP 1 HP Sport 5W-30

TOP 1 HP Sport 5W-30 juga cocok digunakan untuk oli mobil Xenia. Terdapat teknologi Xtra Clean Additives yang membuat oli dapat membersihkan kerak pada ruang mesin dan juga mencegah pembentukan kembali kerak tersebut.

Oli Top 1 ini membuat suhu mesin stabil meskipun mobil terjebak macet karena cocok untuk mesin yang stop and go. Cocok digunakan untuk mobil Avanza yang usianya kurang dari 3 tahun. Oli dengan bahan sintetis ini telah berstandar API SN dan dibanderol dengan harga Rp340 ribuan untuk kemasan 3,5 liter dan Rp97 ribuan untuk kemasan 1 liter.

3. TOP 1 Evolution 5W-30

TOP 1 Evolution memiliki bahan dasar penyusun full sintetis yang membuat oli ini tahan lama serta tahan terhadap suhu tinggi. Kemudian tingkat oksidasinya juga rendah dan konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Terdapat teknologi Extreme Low Shear dan Ester Fortified yang mampu memberikan perlindungan komponen dari keausan. Lapisan film pada komponen mesin melindungi mesin dari keausan. Oli ini juga dapat membersihkan ruang mesin sampai celah terkecil.

Pelumas ini telah bersertifikat API SN dengan harga Rp173 ribu per liter.

4. TOP 1 Zenzation 10W-40

Rekomendasi oli mobil Xenia berikutnya masih dari TOP 1, tetapi dengan kekentalan yang lebih tinggi, yaitu 10W-40. Oli ini memiliki bahan penyusun sintetik blend premium. Kandungan sintetiknya 30% lebih banyak daripada merek lain sehingga usia pakainya lebih lama.

Ada teknologi Mo3 untuk melindungi komponen mesin modern dari gesekan. Dengan adanya teknologi ini, pelumasan menjadi lebih cepat sehingga lebih efektif mencegah keausan.

Kemudian ada teknologi Ester Fortified yang dapat memberikan akselerasi mobil lebih responsif. Ada pula teknologi Max TBN yang dapat mencegah komponen dari korosi. Tidak hanya itu, masih ada lagi teknologi pada oli ini, yaitu Exceed Euro 6 Standard yang membuat emisi gas buat lebih rendah. Standar API SN telah dikantongi oleh oli ini.

Harga TOP 1 Zenzation 10W-40 untuk kemasan 1 liter adalah Rp102 ribu sedangkan untuk kemasan 4 liter adalah Rp411 ribuan. Hanya saja, oli ini direkomendasikan untuk Xenia dengan usia di atas 5 tahun.

5. Motul H-Tech 100 Plus 5W-30

Motul juga direkomendasikan untuk oli mobil Xenia, baik 1.300 cc maupun 1.500 cc. Oli ini dapat membersihkan ruang mesin dan mencegah komponen dari keausan. Oli ini mampu beradaptasi dengan mesin mobil ketika melalui jalanan macet atau ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

Untuk 1 liter oli Motul H-Tech 100 Plus 5W-30 dibanderol dengan harga Rp180 ribuan.

6. Fastron Techno 10W-40

Fastron Techno 10W-40 juga cocok digunakan untuk oli mobil Xenia yang sudah berusia di atas 5 tahun. Viskositasnya cukup kental dengan bahan dasar full sintetis dan penambahan zat aditif. Oli ini dapat bekerja optimal meskipun mesin mobil baru dihidupkan. 

Selain itu pelumas ini juga dapat membersihkan ruang mesin dari sisa pembakaran dan mencegah terbentuknya deposit. Tingkat penguapan yang rendah membuat oli ini lebih irit dan tidak mudah berkurang.

Oli dengan standar API SN ini dibanderol dengan harga Rp332 ribu untuk kemasan 4 liter dan Rp70 ribuan untuk kemasan 1 liter.

7. Toyota Motor Oil Lubricants 0W-20

Rekomendasi oli mobil Xenia berikutnya datang dari TMO. Oli dengan spesifikasi 0W-20 ini adalah pelumas paling encer dari TMO. Oli ini sudah mendapat akreditasi ILSAC GF-5 dan terbukti minim penguapan dan minim produksi foam/buih. Penggunaan bahan bakar juga lebih hemat.

Kamu bisa mendapatkan 4 liter TMO SAE 0W-20 dengan harga Rp366 ribu per 4 liter dan Rp96 ribu untuk kemasan 1 liter.

Baca Juga: Kekentalan Oli Mesin untuk Mobil Tua, Mana yang Paling Baik

8. Shell Helix HX6 10W-40

Shell Helix HX6 juga dapat menjadi alternatif oli mobil Xenia. Terdapat teknologi Flexi-Molecule dan Active Cleansing yang mampu memberikan perlindungan pada permukaan komponen karena adanya lapisan film. Oli ini juga diklaim dapat memberikan perlindungan 40% lebih baik daripada pelumas lain.

Shell Helix HX6 10W-40 bisa didapat dengan harga Rp352 ribu.

9. Titan GT 1 Pro Flex SAE 5W-30 

Titan GT 1 Pro Flex 5W-30 adalah pelumas mesin dengan kinerja premium yang didesain dengan teknologi baru – XTL yang memberikan kinerja optimum pada saat mesin berada di kondisi suhu start awal yang rendah dan akan terus memberikan kinerja tertinggi untuk penggunaan jangka panjang. Teknologi XTL juga terbukti dapat menghemat konsumsi bahan bakar sehingga lebih ekonomis.

10. Titan Formula SN SAE 10W-40

Titan Formula SN SAE 10W-40 adalah pelumas mesin sintetis untuk semua musim yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Oli mesin ini juga diformulasikan khusus untuk mesin bensin dan melindungi dari deposit pada turbocharger.

Itu tadi adalah rekomendasi oli mobil Xenia untuk mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Selalu ganti oli secara berkala ya. Banyak promo ganti oli via Otoklix lho.

Pertanyaan Seputar Oli Mobil Xenia

Motul H-Tech 100 Plus 5W-30. Oli full sintetis ini direkomendasikan untuk mobil Daihatsu Xenia dengan cc 1300-1500.

Kapasitas oli Xenia 1,5L adalah 3,5 liter, berbeda dengan kapasitas oli Xenia 1300cc yang hanya 2,7 liter. Perbedaan spesifikasi ini berpengaruh kepada perawatan berkalanya, contohnya adalah saat ganti oli. Jadi, biaya ganti oli Xenia 1300cc lebih murah sekitar seharga 1 liter oli.

Bagi kamu pemilik mobil dengan usia kendaraan 1 sampai 10 tahun, cocok sekali menggunakan oli 10W-40 untuk mobil kamu.