Plat nomor menjadi salah satu bagian kendaraan yang menjadi pembeda antara satu kendaraan dengan yang lainnya, baik itu mobil ataupun motor. Tidak jarang orang membuat plat nomor dengan nomor yang cantik, lalu berapakah harga plat nomor cantik tersebut?

OtoFriends tertarik untuk membuat plat nomor cantik? Untuk membuatnya ada beberapa langkah yang harus OtoFriends lakukan. Berikut ini adalah cara membuat dan harga plat nomor cantik yang OtoFriends perlu ketahui.

Cara Membuat Plat Nomor Cantik

Cara membuat plat nomor cantik umumnya tidaklah beda dengan cara membuat plat nomor pada umumnya. Salah satu perbedaannya adalah pada formulir yang perlu dilengkapi. Berikut ini adalah beberapa langkah cara membuat plat nomor cantik.

1. Mendatangi Samsat

Langkah yang pertama tentunya harus OtoFriends harus lakukan adalah mendatangi samsat atau tempat kepolisian menerbitkan plat nomor kendaraan atau mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) dan keperluan kendaraan lainnya.

Sebelum OtoFriends mendatangi samsat, sebaiknya OtoFriends mempersiapkan beberapa dokumen seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), fotocopy KTP, KK dan jika sudah memiliki Bukti Pembelian Kendaraan Bermotor (BPKB) juga bisa dibawa atau bukti pembelian kendaraan dari dealer. Selain itu juga pihak yang membuat plat ini adalah orang yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan.

2. Mengisi Formulir

Setelah sampai di Samsat, pergilah ke loket khusus yang mengurus Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB). Untuk membuat plat nomor cantik dan untuk mengetahui harga plat nomor cantik, OtoFriends haruslah mengisi formulir NRKB terlebih dahulu.

Perlu OtoFriends ketahui, harga membuat plat nomor cantik dan formulirnya berbeda dengan kendaraan pada umumnya. Untuk kendaraan dengan nomor umum, OtoFriends menggunakan formulir Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), sementara untuk kendaraan plat khusus formulir yang OtoFriends gunakan adalah NRKB.

3. Pemeriksaan Oleh Petugas

Selanjutnya adalah berikan formulir yang sudah OtoFriends isi sebelumnya. Pada tahap ini, petugas akan memeriksa ketersediaan plat nomor yang OtoFriends inginkan, apakah masih tersedia dan bisa OtoFriends gunakan atau sudah ada orang lain yang menggunakannya.

Selain itu juga pada tahap ini, OtoFriends bisa kembali memastikan kembali berapa harga plat nomor cantik yang nantinya akan OtoFriends gunakan. Bila nomor cantik yang ingin OtoFriends gunakan masih tersedia, maka OtoFriends bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Membayar Biaya

Langkat yang berikutnya adalah adalah membayar biaya plat nomor cantik. Pergilah ke petugas atau loket pembayaran sesuai dengan arahan petugas sebelumnya. Lalu bayarlah plat nomor cantik sesuai dengan keinginan OtoFriends dan hasil pemeriksaan ketersediaan oleh petugas sebelumnya.

Untuk harga masing-masing plat nomor cantik tentunya akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, semakin sedikit angka pada plat nomor tersebut, maka harganya akan semakin mahal. Selain itu juga penggunaan huruf pada bagian belakang kendaraan juga bisa OtorFriends hilangkan. Namun hal ini akan membutuhkan biaya tambahan.

5. Petugas Memasukan Data

Setelah OtoFriends melakukan semua langkah tersebut dan melakukan pembayaran sesuai dengan biaya harga plat nomor cantik yang OtoFriends akan gunakan, petugas akan memasukan data-data yang mereka butuhkan.

Lalu setelah selesai memasukan semua data-data tersebut, maka OtoFriends akan mendapatkan sertifikat atas kepemilikan plat nomor cantik tersebut. Pada proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama daripada beberapa langkah sebelumnya, karena itu OtoFriends harap menunggu dengan sabar. 

Baca Juga: Daftar Plat Nomor Mobil se-Indonesia dan Jenis Kodenya

Harga Plat Nomor Cantik

Setelah mengetahui langkah-langkah cara membuat plat nomor cantik, pada poin sebelumnya telah menjelaskan bahwa semakin sedikit angka pada plat nomor tersebut, maka harga plat nomor tersebut akan semakin mahal. Dan ada penambahan biaya jika tidak menggunakan huruf pada bagian belakang. Berikut ini adalah rincian lengkapnya.

Plat Nomor Cantik 1 Digit

Harga plat nomor cantik dengan hanya 1 digit angka maka akan memerlukan biaya Rp15 Juta, dan apabila tidak menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya Rp20 Juta.

Plat Nomor Cantik 2 Digit

Harga plat nomor cantik dengan hanya 2 digit angka maka akan memerlukan biaya Rp10 Juta, dan apabila tidak menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya Rp15 Juta.

Plat Nomor Cantik 3 Digit

Harga plat nomor cantik dengan hanya 3 digit angka maka akan memerlukan biaya Rp7,5 Juta, dan apabila tidak menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya Rp10 Juta.

Plat Nomor Cantik 4 Digit

Terakhir adalah harga plat nomor cantik dengan hanya 4 digit angka maka akan memerlukan biaya Rp5 Juta, dan apabila tidak menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan memerlukan biaya 7,5 Juta.

Baca Juga: Daftar Harga Dudukan Plat Nomor Mobil Juni 2022

Peraturan Plat Nomor Cantik

Informasi terakhir yang perlu OtoFriends ketahui selain cara membuat dan harga plat nomor cantik, adalah peraturan dari plat nomor cantik ini. Peraturan resmi tentang plat nomor cantik tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016.

Peraturan tersebut menjelaskan tentang jenis dan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Polri berlakukan. Dan juga tercantum pada Keputusan Korlantas Polri Nomor Kep/166/VIII/2019 tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan

Selain itu untuk juga menurut hasil keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016, setidaknya ada enam poin peraturan tentang plat nomor cantik ini. Berikut ini adalah keenam poin tersebut.

  1. NRKB pilihan atau plat nomor cantik berlaku selama lima tahun dan dapat OtoFriends perpanjang pada lima tahun berikut untuk kode wilayah yang sama.
  2. NRKB pilihan atau plat nomor cantik tidak berlaku jika kendaraan berpindah tangan atau berpindah ke luar wilayah.
  3. NRKB pilihan atau plat nomor cantik tetap berlaku jika pemilik kendaraan melakukan perubahan alamat, mesin, warna dan masih dalam kode wilayah yang sama.
  4. NRKB pilihan atau plat nomor cantik masa berlakunya tercantum dalam surat keterangan NRKB yang hanya Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Polta/Poltabes yang mengeluarkannya.
  5. NRKB pilihan atau plat nomor cantik untuk perpanjangannya dan jatuh temponya bersamaan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  6. Jika NRKB pilihan atau plat nomor cantik berpindah tangan sebelum masa berlakunya habis, maka sisa masa berlaku tersebut juga akan habis.

Pajak Plat Nomor Cantik

Selain beberapa peraturan tersebut berikut ini adalah beberapa pajak plat nomor cantik untuk pajak yang berlaku sesuai dengan banyaknya digit angka dan apakah plat nomor tersebut menggunakan huruf belakang atau tidak.

  1. NRKB pilihan atau plat nomor cantik dengan 1 digit angka adalah Rp15 Juta, dan jika tanpa huruf maka akan membutuhkan biaya Rp20 Juta.
  2. NRKB pilihan atau plat nomor cantik dengan 2 digit angka adalah Rp10 juta, dan jika tanpa huruf pada bagian belakang akan membutuhkan biaya Rp15 juta.
  3. NRKB pilihan atau plat nomor cantik dengan 3 digit angka maka akan membutuhkan biaya Rp7,5 juta, dan jika tanpa huruf pada bagian belakang maka akan membutuhkan biaya Rp10 juta.
  4. Terakhir adalah NRKB pilihan atau plat nomor cantik dengan 4 digit angka maka akan membutuhkan biaya Rp5 juta, dan jika tanpa menggunakan huruf pada bagian belakang maka akan membutuhkan biaya Rp7,5 Juta.

Tertarik Memiliki Plat Nomor Cantik?

Itulah beberapa informasi mengenai plat nomor cantik. Mulai dari cara membuat, harga plat nomor cantik, sampai dengan peraturan yang mengatur tentang penggunaan plat nomor cantik ini. Semakin sedikit penggunaan digit pada plat nomor cantik tersebut, maka biaya akan semakin mahal.

Plat nomor merupakan identitas kendaraan. Untuk mendapatkan kendaraan yang terbaik, maka OtoFriends bisa mempercayakan pada berbagai bengkel pilihan terpercaya dari OtoKlix. Semoga informasi lengkap mengenai plat nomor cantik tersebut dapat membantu OtoFriends.