Cara merawat mobil yang paling utama adalah dengan rutin mengganti oli mobil di bengkel ganti oli mobil secara berkala. 

Umumnya, ganti oli mobil dilakukan kelipatan jarak tempuh 5.000 km atau jika kendaraan sudah dipakai selama 6 bulan. Namun, bila kita sudah melihat tanda-tan oli mobil harus segera diganti maka jangan ditunda sampai 6 bulan.

OtoFriends bisa melakukan penggantian oli sendiri di rumah atau membawanya ke bengkel ganti oli mobil terdekat. Jika tidak mau repot, kita bisa bawa saja ke bengkel ganti oli mobil. Perbedaan harganya tidak banyak.

Baca juga: Daftar Tempat Ganti Oli Mesin Mobil Terdekat se-Jabodetabek

Rekomendasi Bengkel Ganti Oli Mobil Terdekat

Berikut ini daftar bengkel ganti oli mobil terdekat buat OtoFriends yang berdomisili di Jabodetabek yang bisa didatangi. Bengkel ini telah direkomendasikan karena memiliki kualitas yang baik dan pilihan oli yang lengkap.

1. Butik Oli Mobil

Alamat: 

Jl.Boulevard Artha Gading Blok A7A No.1, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

2. Dunia Oli

Alamat:

Jl. Meruya Ilir Raya No.1A, RT.1/RW.1, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11630

3. Waroeng Oli

Alamat:

Pasar Mobil Kemayoran Blok C No. 1, Jl. Industri Raya, RW.10, Kemayoran, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10620

4. Bright Olimart

Alamat:
Jl. Abdul Muis No.68, RT.4/RW.3, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160

5. Merdeka Motor Olimart

Alamat:

Jl. Kemanggisan Utama Raya No.16, RT.7/RW.8, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480

6. Supermarket Oli

Alamat:

Jalan Meruya Ilir raya no 20A Kebon Jeruk, RT.11/RW.6, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620

Ingin booking servis ganti oli mobil di bengkel di atas atau bengkel lainnya? Kamu bisa booking via Otoklix ya.

Sebagai informasi tambahan, kamu bisa pelajari dulu jenis-jenis oli mobil yang ada di pasaran. Dengan begitu, kamu tahu mana oli yang tepat untuk kendaraanmu.

Jenis-jenis Oli Mobil

Berikut beberapa jenis oli mobil yang perlu diketahui, di antaranya sebagai berikut.

1. Oli mesin

Seperti namanya, oli mesin digunakan sebagai pelumas mesin. Tidak hanya itu oli mesin juga berfungsi untuk mengurangi gesekan dan mendinginkan mesin. Oli mesin dibagi menjadi beberapa jenis: oli mineral, oli semi sintetis, dan oli sintetis.

Pertama, oli mineral. Oli mineral berasal dari perut bumi. Oli mineral ini memiliki harga yang paling murah dibandingkan dua jenis lainnya. Oli ini biasanya dipakai untuk mesin kerja berat seperti diesel.

Kedua, oli semi sintetis. Oli ini disusun dari bahan alami dan campuran bahan additive dan viscosity index. Biasanya mobil penumpang yang memiliki mesin sedang menggunakan oli jenis ini karena tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Terakhir, oli sintetis. Oli ini dibuat dari sepenuhnya bahan buatan. Oleh karena itu karakter dan kualitas oli bisa diatur sesuai keinginan. Namun, oli sintetis memiliki harga yang mahal. Sehingga biasanya yang menggunakan oli ini adalah pemilik mobil modern dan mobil sport.

2. Oli transmisi

Jika oli mesin berfungsi sebagai pelumas mesin, maka oli transmisi berada pada sistem transmisi. Oli transmisi berfungsi untuk memperlancar proses ganti gigi.

Oli transmisi yang digunakan untuk mobil manual dan mobil matic berbeda. Oli transmisi pada mobil manual menggunakan bahan alami dengan kekentalan di atas SAE 40. Sementara itu, untuk mobil matic menggunakan Automatic Transmission Fluid (ATF).

Oli transmisi pada mobil matic tidak perlu cepat diganti seperti mobil manual. Jika mobil manual harus mengganti oli saat jarak tempuh 10.000 km, maka mobil matic bisa melakukan penggantian oli di bengkel ganti oli mobil ketika mencapai 20.000 km.

3. Oli gardan

Oli gardan berfungsi untuk menghubungkan transmisi ke gardan agar lancar. Gardan adalah komponen yang berfungsi pada gerakan putar antara poros ban kiri dan kanan kendaraan saat belok. 

Ketika kita mendengar dengung ketika mobil berjalan itu artinya oli gardan berkurang dan berubah encer.

Kita bisa melakukan penggantian oli gardan di bengkel ganti oli mobil seperti saat mengganti oli transmisi, yaitu pada 10.000 km.

4. Oli rem

Oli rem ini sering disebut juga minyak rem. Oli rem berfungsi untuk menyalurkan tenaga tekan pada pedal ke kaliper rem. Minyak rem terbuat dari bahan sintetis dengan tingkat kekentalan rendah.

Penggantian minyak dilakukan jika warna oli mengalami perubahan. Kita bisa juga dilakukan penggantian ketika jarak telah menempuh kurang lebih 30.000 kilometer.

5. Oli power steering

Oli power steering ini berfungsi dalam melancarkan kemudi. Oli power steering normalnya berwarna oranye atau sedikit merah muda. 

Jika warna berubah hitam atau cokelat, maka segera membawanya ke bengkel ganti oli mobil karena ada kemungkinan telah terjadi kontaminasi.

Mengapa Harus Ganti Oli?

Oli mobil yang sudah kotor atau mengental bisa menyebabkan gerak komponen bekerja ekstra loh, bahkan bisa menyebabkan panas berlebih atau overheat di ruang mesin. Jika suhu ruang mesin terlalu panas, maka komponen yang berada di dalam mesin bisa meleleh.

Nah, oli berfungsi juga sebagai peredam panas suhu mesin.

Komponen yang rusak tentunya akan membuat bujet perawatan mobil jadi bengkak. Jadi lebih baik lakukan ganti oli secara rutin, hanya mengeluarkan Rp300–400 ribuan saja.

Baca juga: 7 rekomendasi tempat ganti oli mobil terdekat di Jakarta

Kapan oli mobil harus segera diganti?

OtoFriends, saat kita menunda-nunda untuk ganti oli mobil dampak yang diterima justru biaya servis mobil yang mahal karena mobil mengalami turun mesin atau overhaul akibat suhu yang tinggi di ruang mesin.

Suhu tinggi tersebut diakibatkan dari oli yang kotor, mengental, dan kita menunda-nunda untuk ganti oli mobil. Oleh karena itu, kita bisa menyiasatinya dengan mengetahui ciri-ciri oli mobil harus segera diganti.

Melalui lampu indikator yang menyala

Kita bisa melihat di dashboard mobil. Apabila lampu indikator untuk oli menyala maka segera bawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk mengganti oli mobil.

Suara mesin yang kasar

Mesin mobil terdengar kasar dan kurang nyaman di telinga. Bahkan saat mobil baru saja dinyalakan suara kurang nyaman itu jelas sekali terdengar. Hal tersebut terjadi lantaran posisi oli turun hingga carter sedangkan head cylinder tidak mendapatkan pelumas dari oli.

Penurunan kualitas oli ini terjadi karena oli telah terkontaminasi dengan panas ruang mesin dan deposit dari ruang bakar.

Respons mesin mobil begitu lambat

Respons mobil yang lambat cenderung tidak responsif ini bisa menjadi tanda-tanda oli mobil harus segera diganti.

Baca juga: Cari Bengkel Mobil 24 Jam di Bogor? Ini Rekomendasinya

Warna asap mobil lebih mencolok daripada biasanya

Umumnya, asap normal memiliki warna transparan, namun saat kita melihat warna asap mobil berubah cenderung terlalu mencolok maka bisa jadi oli mobil sudah kotor dan harus segera diganti.

Perubahan warna asap mobil tersebut terjadi karena oli menguap hingga terbakar di ruang pembakaran.

Oli mesin sudah berwarna hitam

Tanda yang terakhir mudah sekali untuk diketahui, yakni saat warna oli jadi menghitam dan encer. Maka kita harus segera bergegas untuk ganti oli mobil di bengkel terdekat.

Bagaimana bila kita sibuk sehingga sulit membawa mobil ke bengkel mobil terdekat? OtoFriends bisa melakukan booking di bengkel ganti oli mobil yang telah dijabarkan sebelumnya di atas dengan instal Otoklix.

Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang telah bekerja sama dengan 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Yuk, jadwalkan servis mobil kamu melalui Otoklix!

Pertanyaan Seputar Bengkel Ganti Oli Mobil

Umumnya, ganti oli mobil dilakukan kelipatan jarak tempuh 5.000 km atau jika kendaraan sudah dipakai selama 6 bulan. Namun, bila kita sudah melihat tanda-tan oli mobil harus segera diganti maka jangan ditunda sampai 6 bulan.

Caranya yang pertama buang oli yang lama, buka filter oli, tutup baut oli lalu tuang oli yang baru dan nyalakan mesin mobil.

Untuk mengetahui bengkel ganti oli mobil terdekat di Jakarta, kita bisa mengetahuinya melalui aplikasi Otoklix. Di sana kita juga bisa melakukan booking service untuk menghindari antrean servis mobil.