Setiap kendaraan yang perawatannya tidak rutin bisa mengakibatkan kerusakan mesin. Untuk memperbaikinya memakan biaya yang cukup tinggi. Maka itu, mengganti mesin menjadi solusi untuk menangani kerusakan mobil yang parah. Termasuk dengan mengganti mesin mobil dengan mesin copotan. Biasanya, harga mesin mobil copotan tergolong murah. Namun jangan langsung tergiur harga murah, perhatikan hal-hal ini jika mencari mesin mobil copotan yang berkualitas dan aman di Jakarta.

  1. Pelajari dulu jenis mobil yang dicari

Sebelum berburu mesin mobil copotan, yang harus diperhatikan adalah jenis mobil. Pahami jenis mobil dan penyebab kerusakannya. Kemudian bandingkan harga antara mengganti seluruh mesin atau hanya komponen yang rusak. 

Jika perbedaan harga hanya sedikit, lebih baik mengganti komponen saja. Namun, jika yang rusak misalnya silinder mesin, transmisi, atau radiator tentu bisa menguras dompet. Mengganti mesin bisa jadi alternatif yang murah meriah. Jenis kendaraan sangat mempengaruhi harga mesin mobil copotan di pasaran.

  1. Cari bengkel terpercaya dan punya track record baik

Jika ingin mencari harga mesin mobil copotan yang murah, pastikan bengkelnya terpercaya. Lebih baik bila bengkel tersebut memiliki track record yang baik. Caranya, perbanyak bertanya terkait asal mesin mobil copotan tersebut. Termasuk lokasi bengkel yang jelas dan tidak sering pindah-pindah. Hal-hal ini bisa menjadi indikator untuk menjamin kejelasan bengkel yang menjual mesin mobil copotan.

  1. Bawa teman yang mengerti mesin mobil

Dalam mencari dan memilih mesin mobil copotan, disarankan untuk membawa teman yang paham akan otomotif atau berprofesi sebagai montir. Dengan begitu, pengecekan kondisi mesin mobil copotan yang ingin dibeli bisa lebih kredibel.

  1. Kejelasan lokasi bengkel

Dianjurkan untuk membeli mesin mobil copotan di daerah dekat kamu tinggal atau sering beraktivitas. Tujuannya, jika terjadi masalah di kemudian hari, mudah untuk berkomunikasi dengan montir maupun pemilik bengkelnya. Misalnya tinggal di Jakarta, carilah lokasi bengkel yang menjual mesin copotan berlokasi di Jakarta.

  1. Harga masuk akal

Harga mesin mobil copotan memang bervariatif. Namun, tidak ada salahnya untuk meriset atau mencari tahu dulu kisaran harga mesin mobil copotan yang ingin dibeli. Jangan sampai menyesal karena membeli mesin mobil copotan yang kemahalan.

  1. Jangan cepat ambil keputusan, bandingkan dengan bengkel lain

Jangan terlalu cepat memutuskan untuk membeli. Bandingkan dulu dengan harga di bengkel lain. Memang akan menguras banyak tenaga dan waktu, namun hal ini perlu untuk mendapatkan harga mesin mobil copotan yang bagus. Cari 2 atau 3 bengkel yang menjual mesin mobil yang dicari kemudian bandingkan harganya.

Setelah mesin mobil copotan sudah dibeli dan dipasang dikendaraan kita, jangan lupa untuk memperhatikan perawatannya supaya tidak cepat rusak. Untuk menghindari kerusakan mesin yang fatal, mobil harus rutin diservis di bengkel terdekat dan terpercaya.

Segera booking servis di aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena kamu hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking.