Mobil MG kembali memperkenalkan MG car generasi terbaru di tahun 2023. Sedikitnya 3 varian mobil baru MG yang dibawa Morris Garage (MS) Motor Indonesia di tahun ini.

Apabila melihat sejarahnya, SAIC Motor Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Morris Garage telah memperkenalkan mobil MG pertama di Indonesia tahun 2020 dengan membawa mobil SUV MG ZS.

Setelah 2 tahun mengaspal di Indonesia, MG Indonesia lebih percaya diri untuk membawa mobil MG varan terbaru yang akan dirilis tahun 2023. Gak tanggung-tanggung, minimal 3 varian mobil yang secara resmi akan dijual di Indonesia.

Baca juga: Rilis Januari, Simak Spesifikasi SUV MG Terbaru!

Sejarah Morris Garage (MG)

Saat ini merek mobil MG telah dimiliki oleh Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC), sedangkan di Indonesia sendiri SAIC Motor Indonesia menjadi APM Morris Garage sejak pertama kali kemunculannya di Indonesia pada Maret 2020.

Selain menjadi agen pemegang merek mobil MG, SAIC juga menjadi APM mobil internasional lain seperti merek Hong Yan.

Sebagai pemegang merek MG, SAIC membawa mobil SUV pertama dari MG ke Indonesia yakni varian mobil MG ZS di bulan Maret 2020. Hingga saat ini, tercatat ada 4 mobil MG yang telah diperkenalkan di Indonesia antara lain mobil MG HS, MG ZS, MG 4V dan 1 mobil sedan MG varian 5 GT.

Perlu OtoFriends ketahui bahwa Morris Garage merupakan merek otomotif asal Inggris yang didirikan oleh William Morris dan Cecil Kimber di tahun 1924. 

MG mengalami sejarah panjang hingga akhirnya berada di naungan Nanjing Automobile Group, perusahaan asal Cina dan menggunakan nama perusahaan MG Motor UK Limited.

Mulanya perusahaan MG Car Company milik William Morris menjual mobil merek Morris ke dealer mobil di Oxford, Inggris yakni Morris Garage. 

Di tahun 1935, MG Car Company dijual Morris ke Morris Motors. Kimber, rekan bisnisnya Morris merasa ada kekeliruan dan permasalahan dengan kepemilikan baru tersebut hingga diminta mengundurkan diri di tahun 1941.

Di tahun 1952, Morris Motors dan Austin Motor Company Limited melakukan merger bisnis sehingga menghasilkan entitas bisnis baru kemudian dikenal dengan nama perusahaan British Motor Corporation Limited.

Kemudian di tahun 1966, British Motor Corporation Limited melakukan merger bisnis dengan Jaguar Cars dan melahirkan perusahaan baru dengan nama perusahaan British Motor Holdings. 

Gak sampai di situ saja karena British Motor Holdings ini meningkatkan kemampuan bisnisnya dengan menggaet Leyland Motor Corporation untuk melakukan merger 2 tahun kemudian di tahun 1968 dan membangun perusahaan British Leyland Motor Corporation.

Mobil MG termasuk salah satu merek mobil yang dimiliki British Leyland Motor Corporation. Hingga akhirnya di tahun 1972, penggunaan nama M.G Car Company dilarang pemakaiannya sehingga kepemilikan perusahaan British Leyland Motor Corporation kembali dipegang oleh Inggris di tahun 1975.

Saat kepemilikan dipegang Inggris, perusahaan induk bernama British Leyland ini mengubah namanya menjadi Rover Group di tahun 1986. 

Dua tahun kemudian Rover Group secara resmi beroperasi di bawah naungan British Aerospace hingga kemudian British Aerospace menjual seluruh bisnis otomotifnya kepada BMW di tahun 1994.

Sayangnya di tahun 2000 Rover Group gulung tikar hingga akhirnya BMW menjual perusahaan tersebut kepada Ford. 

Lima tahun kemudian di tahun 2005, perusahaan asal Cina yakni Nanjing Automobile Group mengakuisisi sebagian aset MG Rover Group dan menciptakan perusahaan baru bernama NAC MG UK Limited. 

Dua tahun kemudian di tahun 2007, Shanghai Automotive Industry Corporation Motor (SAIC) mengakuisisi Nanjing Automobile Group dan mengganti nama entitas bisnis NAC MG UK Limited menjadi MG Motor UK Limited.

Baca juga: Spesifikasi MG HS, SUV Medium yang Smart di Kelasnya

Deretan Varian Mobil MG di Indonesia

Saat ini, terdapat 4 varian MG Car yang telah diperkenalkan di Indonesia. Varian tersebut antara lain mobil New MG ZS EV, MG 4 EV, New MG HS, New MG ZS, dan mobil sedannya MG 5 GT. Mengutip dari situs resmi MG Motors, berikut ini spesifikasi singkat dari keempat mobil tersebut.

1. Mobil New MG ZS EV

Varian MG ZS termasuk ke dalam klasifikasi mobil listrik dengan kemampuan menempuh jarak maksimal 403 kilometer dalam satu kali pengisian daya baterai penuh. Kapasitas baterainya sendiri besar hingga 50,3 kWh.

Menariknya produsen mobil ini membekali MG ZS dengan teknologi Liquid Cooling System yang membantu sistem pendinginan baterai lebih baik daripada sistem pada umumnya. Dengan begitu sistem motor listriknya dapat bekerja lebih efisien.

Mobil ini menghasilkan capaian daya maksimal sebesar 177 hp dan kemampuan akselerasi mulai dari 0-100 dalam waktu 8,6 detik. Ada 5 pilihan warna yakni Battersea Blue, Dynamic Red, Black Pearl, Monument Silver, dan Arctic White.

2. Mobil MG 4 EV

Varian selanjutnya adalah mobil MG 4 EV yang memiliki baterai berkapasitas 51 kWh. Keunggulan dari mobil listrik ini adalah pemasangan baterai di lapisan yang sama dengan struktur body mobil dan menggunakan motor listrik kecil untuk memberikan performa semakin tinggi.

Produsen mobil membekali sistem suspensi independen 4 roda dan 5-Link Suspension untuk mengontrol dan meningkatkan daya cengkeram saat mobil melaju di medan jalan yang tajam atau menikung.

Mobil MG 4V menggunakan sistem penggerak roda belakang EV yang menghasilkan daya maksimal 170 Hp. 

Kemudian sistem kemudinya telah dipastikan memiliki tingkat akurasi yang tinggi dengan pusat gravitasi rendah agar kestabilan kecepatan tetap stabil. Keunggulan lainnya yakni Mode Drive khusus untuk memberikan pengalaman berkendara pemiliknya.

Terdapat 5 pilihan warna antara lain warna Metal Ash Grey, Arctic White, Scarlet Red, Black Night, dan Brighton Blue.

3. Mobil New MG HS

Berbeda dengan dua varian mobil sebelumnya, mobil New MG HS justru mobil konvensional biasa berkapasitas 1.490 cc yang menggunakan mesin tipe DOHC 4 cylinder 16 valve turbo TGI yang dikawinkan dengan sistem injeksi Gasoline Direct Injection. Capaian maksimal tenaganya hingga 162 Hp dan capaian torsi maksimal 250 Nm.

Selain itu, mesin yang digunakannya juga mesin turbo dengan 5 kombinasi Driving Mode antara lain Mode Eco, Mode Normal, Mode Sport, Mode Super Sport dan Mode Custom. Semua mode tersebut bisa kita pilih tergantung keinginan kita.

Menariknya, varian New MG HS ini memiliki keunggulan pada desain interior dan eksteriornya. 

Kita langsung tertarik pada pandangan pertama saat melihat desain interiornya yang menerapkan konsep bahasa desain ketiga dari MG Motors. Ada 4 pilihan warna yakni Metal Ash Grey, Arctic White, Scarlet Red, dan Black Night.

4. Mobil New MG ZS

Varian selanjutnya mobil MG di Indonesia adalah mobil New MG ZS yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar 48 liter dan kapasitas mesin 1.498 cc.

MG Motors membekali New MG ZS dengan tipe mesin CVT I5S4C DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi – Tech dan sistem injeksi Multi Point Fuel Injection. Capaian maksimal tenaganya 114 Hp dan capaian torsi maksimal 150 Nm.

Sementara itu dari tampilan eksteriornya, MG menciptakan karakter khas pada desain eksteriornya sehingga lebih terlihat sporty. 

Mulai dari desain grill menggunakan Digital Flaming Grille yang tajam, lincah dan body terlihat ramping dari samping, kemudian desain Sporty British 4 Door Coupe, desain velg Tomahawk two tone dan lampu depan menggunakan LED Projector Headlight.

Terdapat 4 pilihan warna antara lain Scarlet Red, Black Knight, Silver Metalic, dan Arctic White.

5. Mobil MG 5 GT

Varian terakhir mobil MG yang telah mengaspal di Indonesia adalah mobil MG 5 GT yang merupakan mobil SUV sport premium yang memiliki kapasitas mesin 1.498 cc dengan tipe mesin DOHC 4 Cylinder 16 valve VTi-Tech bertransmisi otomatis CVT 8 percepatan dan sistem injeksi Multi – Point Fuel Injection.

Adapun capaian tenaga maksimalnya 114 Hp dan capaian torsi maksimal 150 Nm. Kapasitas tangki bahan bakarnya sebesar 45 L.

Perbedaannya dengan mobil MG lainnya yakni desain ground clearance ditingkatkan dan ukuran body lebih rendah, sistem pengereman tangan elektrik dan roda kemudi memiliki 3 tahapan yang dapat disesuaikan dengan bobot mobil.

Sesuai dengan kelasnya yakni mobil SUV Sport Premium, mobil ini memiliki desain yang elegan dan mewah serta modern dengan mengadaptasi konsep BRIT Dynamic untuk setiap aspek mulai dari performa, desain, kontrol hingga sistem keamanan.

Terdapat 5 pilihan warna mobil MG 5 GT antara lain Light Up Yellow, Metal Ash Gray, Black Knight, Arctic White dan Scarlet Red.

Baca juga: Spesifikasi MG 5 GT 2022, SUV Medium Mewah dan Kekinian

Harga Mobil MG di Indonesia

Mengutip dari situs resminya MG Motor Indonesia, berikut ini tabel harga mobil MG di Indonesia OTR Jakarta.

Tipe Mobil MGHarga Mobil MG
MG 4 EVRp649,9 juta
New MG HS ActivateRp460,8 juta
New MG HS IgniteRp504,8 juta
New MG HS Magnify i-SmartRp550,8 juta
New MG ZS ActivateRp315,8 juta
New MG ZS IgniteRp335,8 juta
New MG ZS MagnifyRp355,8 juta
MG 5 GT ActivateRp347,9 juta
MG 5 GT IgniteRp377,9 juta
MG 5 GT MagnifyRp407,9 juta

Selain mobil di atas, MG Motors telah menjadwalkan peluncuran mobil MG generasi terbaru lainnya. MG Gloster akan rilis di bulan September 2023 dan MG ZS EV di bulan Oktober 2023.

Demikianlah daftar mobil MG yang telah diperkenalkan dan mengaspal di Indonesia. Kita tunggu saja 2 varian terbaru Morris Garage yang direncanakan akan diluncurkan bulan September dan Oktober 2023 nanti.

Apabila OtoFriends membutuhkan informasi tentang dunia otomotif seperti tips merawat mobil sport mewah, daftar harga mobil terbaru di Indonesia hingga mencari bengkel mobil terdekat maka OtoFriends bisa mencarinya di portal otomotif tepercaya.

Namun, jika belum merasa teryakinkan dengan rekomendasi bengkel dari artikel-artikel otomotif tersebut, maka kita bisa mencari lokasi bengkel mobil terdekat melalui aplikasi Otoklix.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

OtoFriends akan merasakan layanan all in one experience di mana kita bisa melakukan konsultasi, booking service, mengetahui estimasi harga servis, merasakan hasil servis mobil terbaik hingga membayar servis dalam satu genggaman melalui aplikasi Otoklix.

Bagi OtoFriends yang memiliki kesibukan padat bisa merasa tenang dan senang karena aplikasi Otoklix dilengkapi dengan layanan reminder servis mobil sehingga kita gak telat lagi untuk servis mobil.

Pertanyaan Seputar Mobil MG


MG merupakan merek mobil terkenal asal Inggris yang telah didirikan sejak tahun 1924. Sempat mengalami beberapa kali pergantian kepemilikan bisnis hingga akhirnya secara resmi perusahaan Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) mengambil alih Morris Garage.


Morris Garage merupakan merek otomotif asal Inggris yang didirikan oleh William Morris dan Cecil Kimber di tahun 1924.


SAIC Motor Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Morris Garage telah memperkenalkan mobil MG pertama di Indonesia pada Maret 2020 dengan membawa mobil SUV MG ZS.