Sebagai mobil LCGC, biaya tune up mobil Agya tidak terlalu mahal. Biaya tune up mobil Agya di bengkel umum adalah Rp207 ribuan, sedangkan di bengkel resmi adalah Rp472 ribu. Ini adalah biaya tanpa penggantian spare part.

Jika ditambah dengan penggantian sparepart, kemungkinan biaya tune up mobil Agya di bengkel resmi bisa mencapai Rp1-2 jutaan. Sedangkan di bengkel umum hanya Rp400 ribuan sampai dengan Rp1 jutaan.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir. Meskipun biaya tune up mobil Agya di bengkel umum lebih murah, tetapi fasilitas di bengkel umum saat ini juga sudah canggih. Bengkel umum juga sudah memiliki scanner untuk mendeteksi kerusakan melalui ECU.

Komponen yang Perlu Dicek Saat Tune Up

Melakukan tune up pada mobil artinya memberikan penyegaran performa mobil. Tune up dilakukan tidak hanya ketika mobil terasa loyo saja, tetapi tune up perlu dilakukan secara rutin agar kinerja mesin terjaga. 

Ketika melakukan tune up, akan dilakukan pengecekan pada beberapa bagian. Misanya, busi, filter udara, filter bensin, aki, v-belt, dan lainnya. Lebih lengkapnya, beberapa komponen ini yang akan dilakukan pengecekan.

  1. Pembersihan filter udara
  2. Penggantian filter bahan bakar
  3. Penggantian oli mesin + filter oli
  4. Pembersihan busi
  5. Pembersihan throttle body
  6. Pembersihan injektor
  7. Pembersihan ruang bakar
  8. Scanning sistem injeksi
  9. Pembersihan & penyetelan rem
  10. Pembersihan filter AC

Kapan Sebaiknya Tune Up Dilakukan?

Untuk menjaga performa mobil agar tetap prima, sebaiknya lakukan tune up setiap 3-6 bulan sekali, atau 5.000 km – 10.000 km. Agar lebih mudah, lakukan tune up setiap waktu ganti oli. Batas toleransi maksimal untuk melakukan tune up adalah setahun sekali.

Perbedaan Tune Up dan Servis Biasa

Perbedaan servis biasa dengan tune up adalah komponen yang dicek saat tune up adalah bagian dalam mesin secara keseluruhan. Sementara servis berkala biasa hanya mengecek tanpa membongkar mesin.

Selain itu, yang dikerjakan saat tune up jauh lebih banyak daripada servis biasa. Ketika tune up dilakukan, tidak hanya pemeriksaan, penyetelan, dan penggantian komponen saja, tetapi juga pembersihan komponen. Kotoran atau kerak yang menempel pada mesin dapat menghambat kinerja mesin.

Membersihkan komponen mesin juga tidak boleh sembarangan. Ada cairan khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan komponen tanpa merusak logamnya.

Filter dan busi tidak hanya dibersihkan saat tune up, tetapi jika kondisinya sudah rusak atau mati, kamu disarankan untuk mengganti dengan busi yang baru.

Biaya Servis Toyota Agya 2020

Selain mengetahui biaya tune up mobil Agya, kamu juga perlu tahu berapa biaya servis Toyota Agya 2020. Sebagai tambahan informasi, Toyota memberikan gratis biaya jasa sampai dengan 50.000 km. Jadi, kamu hanya perlu membayar komponennya saja. 

Biaya servis 10.000 km

Pada interval ini, komponen yang akan diganti adalah oli mesin, gasket oli, filter oli, serta dilakukan balancing pada roda. Pengerjaannya hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Biaya yang dibutuhkan untuk spare part adalah Rp766 ribu, sementara biaya jasanya masih gratis.

Biaya servis 20.000 km

Servis pada 20.000 km juga hampir sama, tetapi ada penambahan 4 buah busi. Sehingga biaya spare part menjadi Rp874 ribuan.

Biaya servis 40.000 km

Pada interval ini, komponen yang diganti sama dengan saat 10.000 km, tetapi ada penambahan penggantian minyak rem. Total biaya komponen pada Agya matik adalah Rp924 ribu, sedangkan pada transmisi manual adalah Rp1,062 jutaan.

Biaya servis 60.000 km

Ketika sudah melewati 50.000 km, mobil Agya akan dikenakan biaya mekanik. Pada interval ini, komponen yang diganti sama dengan saat 20.000 km. Setelah ditambah biaya jasa mekanik, total biaya yang dikeluarkan menjadi Rp1,27 juta.

Biaya servis 70.000 km

Pada interval ini, komponen yang diganti sama dengan 60.000, ditambah dengan ganti gasket oli. Sehingga total biayanya adalah Rp1,136 juta.

Biaya servis 80.000 km

Jangan heran ketika biaya servis membengkak pada 80.000 km. Biaya servis pada interval ini adalah Rp1,664 juta karena dilakukan penggantian oli transmisi juga.

Biaya servis 90.000 km

Biaya servis pada interval ini sama seperti saat 70.000 km. Penggantian komponen yang dilakukan adalah oli mesin, filter oli, gasket oli, dan balancing roda.

Biaya servis 100.000 km

Biaya servis pada interval ini adalah Rp1,274 juta dengan penggantian komponen oli mesin, filter oli, busi, gasket oli, dan juga balancing roda.

Nah, itu tadi biaya tune up mobil Agya serva biaya servis mobil Agya sampai dengan 100.000 km.

Jangan khawatir dana servis akan membengkak. Kamu bisa mendapatkan harga 30% lebih murah dan beragam promo menarik lainnya dengan melakukan booking servis via aplikasi Otoklix. Ada garansi 30 hari setelah pengerjaan juga. Yuk, jadwalkan tune up mobil kamu!