Umumnya, GPS mobil digunakan oleh perusahaan ekspedisi dan logistik atau jasa rental untuk melacak mobil sewaannya. Namun, kita juga bisa menggunakan GPS tracker mobil untuk keamanan kendaraan.

Di Era Teknologi yang semakin canggih ini, ada alat GPS yang sudah canggih yakni GPS yang dilengkapi dengan navigasi. Kendati demikian, rupanya GPS tracker mobil masih lebih akurat dalam memberikan hasil ketimbang GPS navigasi.

Untuk OtoFriends yang ingin memasang GPS tracker mobil, berikuti ini Otoklix rekomendasikan GPS mobil terbaik beserta harga GPS mobil.

Rekomendasi GPS Mobil Terbaik beserta Harga GPS Mobil

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini daftar GPS mobil terbaik, harga GPS mobil serta spesifikasinya.

1. GPS Garmin Nuvi 65LM

Harga GPS mobil Garmin Nuvi 65LM mulai dari Rp1,3 juta. Menjadi GPS mobil terbaik dan termahal, apa saja fitur dan keunggulan dari GPS ini? Kita akan diarahkan pada rute dan lokasi yang akurat untuk sampai ke tujuan. 

Selain itu, jenis layar yang digunakan adalah layar TFT berukuran 6 inci dengan resolusi 800 x 480 pixel. Dua fitur unggulannya di antaranya 1.000 waypoint dengan jangkauan hampir seluruh kota besar di Indonesia dan Lifetime Map.

2. GPS Super Spring VT – 100 M

Keunggulan GPS Super Spring VT – 100 M adalah sensor ACC untuk mendeteksi apakah mesin mobil menyala atau sudah mati. Bila kita ingin mematikan mesin mobill maka hanya perlu mengirimkan SMS dari jarak jauh.

GPS mobil yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp1,2 juta ini berukuran kecil sehingga mudah sekali disembunyikan di dalam mobil. Dikatakan menjadi salah satu GPS mobil terbaik karena terjamin akurasinya berkat dukungan dari sinyal GSM. 

Dengan begitu, pemilik mobil bisa memantau mobil secara real time melalui website. Beberapa fitur lainnya di antaranya adalah laporan jarak tempuh, kecepatan dan durasi berkendara.

Baca Juga: Dashcam Mobil: Pengertian, Fungsi, Rekomendasi dan Cara Kerja

3. GPS tracker mobil portable A10

GPS tracker portable A10 memiliki keunggulan daya tahan baterai yang lama sampai 30 hari penggunaan. Pemilik mobil jadi tak perlu repot untuk terus-menerus mengisi daya GPS mobil. 

Selain itu, kita hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit untuk mengatur settingan tracker sebelum digunakan. Fasilitas yang didapatkan tersebut tentunya sepadan dengan harga GPS mobil portable ini yang dibanderol mulai dari Rp1 juta.

4. GPS Samsung Galaxy Smart Tag

Bila budget OtoFriends di bawah Rp500 ribu untuk membeli GPS tracker mobil, maka GPS Samsung Galaxy Smart Tag bisa jadi pilihan. 

Beberapa fitur yang dimiliki diantaranya, fitur tracker dua arah, memiliki fungsi darurat, dan bisa digunakan selain kendaraan. GPS Samsung Galaxy Smart Tag bisa digunakan pada handphone ataupun koper. Harganya mulai dari Rp355 ribu.

5. GPS GT06N Smart

Harga GPS mobil GT06N Smart mulai dari Rp450 ribu. GPS mobil satu ini berbentuk kecil dan ramping serta dilengkapi dengan antena GSM dan GPS sehingga kita bisa menyembunyikan alat ini tanpa diketahui oleh orang lain.

Keunggulan lainnya adalah fitur pendeteksi lokasi, fitur penyadap suara, dan sensor getar untuk modus siaga.

6. GPS TK110

GPS mobil TK110 dibanderol dengan harga yang cukup murah yakni mulai dari Rp200 ribu. Dengan harga yang semurah itu, kita bisa mendapatkan GPS mobil waterproof yang dilengkapi dengan banyak fitur.

Beberapa di antaranya adalah fitur darurat di mana secara otomatis GPS akan menghubungi lima kontak berbeda yang telah kia atur sebelumnya saat mobil berada di situasi darurat. 

Selain itu, GPS TK110 memanfaatkan aki mobil untuk beroperasi. OtoFriends hanya perlu memastikan bahwa aki dalam kondisi prima karena rutin ganti aki di bengkel terpercaya.

7. GPS Mini A8

Bedanya GPS mobil Mini A8 dengan GPS tracker mobil lainnya adalah untuk mengoperasikannya tidak membutuhkan koneksi internet tetapi SMS. Jadi, saat kita berada di wilayah yang sulit terkoneksi internet maka tidak perlu khawatir.

Harga GPS mobil Mini A8 mulai dari Rp165 ribu dengan fitur pengaktifan mikrofon melalui SMS untuk menyadap kabin mobil.

Baca Juga: Cari Service Spion Mobil Patah? Ini Biayanya

Tips memilih GPS mobil terbaik

Ada banyak pilihan GPS mobil dan varian harga GPS mobil mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Bagaimana cara menentukan GPS mobil terbaik?

Pilih GPS tracker mobil aktif atau pasif?

Ada dua jenis GPS mobil, yakni GPS tracker mobil aktif dan pasif. Bedanya hanya terletak pada data yang diberikan. Pada GPS tracker mobil aktif, data yang diberikan bersifat real time yang bisa dipantau melalui website tertentu. 

Sedangkan GPS tracker mobil pasir menyuguhkan data dalam bentuk historis atau riwayat perangkat. Dari segi harga tentu lebih murah harga GPS mobil pasif daripada aktif. Namun kembali lagi dengan tujuan dan kegunaan GPS mobil yang dibutuhkan.

GPS berbasis website sangat direkomendasikan

Sebaiknya pilih GPS mobil berbasis website atau android dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan aktual. Bila harga GPS mobil berbasis website atau android terlalu mahal, OtoFriends bisa pilih GPS mobil berbasis SMS yang akan memberikan pesan berupa titik koordinat yang mudah ditelusuri melalui Google Maps.

Apa yang membuat GPS mobil berbeda dari GPS lainnya?

Jangan hanya terpaku pada satu GPS mobil saja melainkan kita juga perlu mencari tahu GPS mobil terbaik lainnya sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan. 

Dengan harga yang beragam, apa keunggulan dan fitur yang membuatnya berbeda dari GPS mobil lainnya. Misalnya saja fitur fungsi darurat, produk waterproof, atau memiliki baterai yang tahan lama.