oli mesin mobil terbaik

16 Rekomendasi Oli Mesin Mobil Terbaik

Memilih oli mesin mobil terbaik memang tidak bisa sembarangan. Selain menyesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil, bahan penyusun utama pelumas, dan mengetahui zat aditif yang dibutuhkan mesin, kamu juga perlu tahu merek apa yang memenuhi semua kebutuhan mesinmu.

Di bawah ini ada sejumlah rekomendasi oli mesin terbaik. Temukan yang cocok untuk mobilmu yuk!

1. Mobil 1 FS X2 5W-50

Oli ini cocok digunakan pada mobil-mobil sport atau off-road. Oli ini memang diperuntukkan melindungi performa mesin dengan kerja yang berat. Selain digunakan pada mobil sport dan off-road, oli ini juga direkomendasikan untuk mobil-mobil yang berkendara di daerah yang panas dan kering. Dengan kata lain, segala medan mampu diatasi dengan oli ini.

Mobil 1 FS X2 5W-50 menggunakan bahan full sintetis. Sudah tersertifikasi standar API SN. Oli ini memiliki kemasan 1 liter dan 4 liter dengan harga mulai dari Rp215 ribuan per liter.

2. Lucas Semi-Synthetic 10W-40

Oli semi sintetis ini juga merupakan salah satu oli mesin mobil terbaik. Formulanya dapat melindungi mesin mobil dari keausan dan menjaga agar mesin tidak overheat. Selain itu, fungsi oli ini juga dapat mengurangi suara bising pada mobil.

Oli ini juga sudah melampaui standardisasi API SM. Untuk hasil yang sepadan ini, oli Lucas memang memiliki harga yang cukup mahal, yaitu mulai dari Rp185 ribuan per liter dan Rp720 ribuan per 4 liter.

3. Castrol GTX Diesel 15W-40

Oli ini cocok digunakan pada mobil bermesin diesel. Masalah utama pada mobil mesin diesel biasanya adalah kotoran pada mesin yang membuat asap knalpot menjadi hitam. Meskipun oli mineral, Castrol GTX dapat mencegah hal tersebut. Oli ini akan melindungi mesin dari keausan, oli tidak mengental, serta dapat membersihkan ruang mesin secara maksimal.

Oli ini sudah melampaui standar API CH-4. Kamu bisa mendapatkan pelumas ini dengan harga hanya Rp55 ribuan per liter.

4. Castrol Magnatec

Masih dari Castrol, oli ini merupakan oli mesin mobil terbaik karena salah satu varian yang paling terkenal di antara pengguna kendaraan. Oli ini mengandung molekul pintar yang bisa melindungi mesin mobil dengan ekstra. Selain itu, daya pembersihnya juga maksimal dan dapat mencegah terjadinya penyumbatan. Harga untuk 4 liter Castrol Magnatec ini adalah sekitar Rp360 ribuan.

5. Total Energies Quartz 9000 5W-40

Oli Total juga sudah cukup terkenal di kalangan pecinta otomotif. Terdapat teknologi bernama Age Resistance Technology yang bisa melindungi mesin sehingga performa dan ketahanan terhadap oksidasi menjadi optimal. Oli ini menggunakan bahan full sintetik dengan standar API SN.

Meskipun mobil berkendara di medan atau gaya berkendara yang ekstrem, oli ini tetap mampu melindungi secara menyeluruh. Volume oli dapat lebih terjaga karena memiliki daya bersih yang maksimal. Pelumas ini cocok digunakan pada mobil-mobil yang sering berkendara jauh. Harga untuk 1 liter oli adalah sekitar Rp100 ribuan.

6. Shell Helix Ultra 5W-40

Oli Shell Helix Ultra 5W-40 ini cocok digunakan pada mobil diesel. Meskipun begitu, bisa juga digunakan pada mobil bensin. Terdapat teknologi Active Cleansing Technology yang bisa membersihkan mesin secara optimal.

Shell Helix Ultra ini merupakan salah satu oli mesin mobil terbaik karena sudah melampaui standar API SN, sehingga asap kendaraan tidak akan berwarna hitam karena mesin mobil akan tetap bersih dari residu.

7. Repsol Elite Injection 10W-40

Repsol Elite Injection direkomendasikan untuk mesin mobil modern dengan aktivitas yang tinggi. Disarankan oleh perusahaan mobil ternama seperti Mercedes-Benz dan VW. Formula mesin ini dapat melindungi mesin dari keausan dan juga karat, sehingga usia pakainya bisa lebih tahan lama. 

Oli berbahan dasar full sintetis ini sudah melampaui standar API SL. Dibanderol dengan harga sekitar Rp80 ribuan. Tak heran jika menjadi salah satu oli mesin mobil terbaik.

8. Motul H-Tech 100 Plus

Bagi kamu yang ingin mesin tetap tangguh dalam segala kondisi cuaca, oli Motul dapat menjadi pilihan. Pasalnya, oli Motul menggunakan teknologi ester yang biasa digunakan pada pesawat. Selain itu, oli ini juga akan membuat komponen mesin lebih awet. Mesin menjadi lebih halus dan berkendara lebih nyaman. Hanya saja, harganya cukup mahal, yaitu Rp200 ribuan per liter.

9. Idemitsu SM/CF 10W-30

Oli berbahan dasar mineral ini cocok digunakan untuk mobil-mobil Jepang. Oli ini memiliki formula dengan kualitas yang sangat baik, sehingga dapat melindungi mesin ketika pertama kali dinyalakan meskipun pada cuaca dingin. Meskipun begitu, oli ini tetap dapat mempertahankan kekentalannya meskipun suhu tinggi.

Oli ini sudah melampaui standar API SM/CF dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp40 ribuan.

10. Chevron 400 Synthetic

Oli mesin mobil terbaik berikutnya adalah Chevron. Mungkin tidak banyak yang mengenal merek oli satu ini, padahal oli Chevron memiliki kemampuan menjaga mesin dengan baik sehingga dapat menjaga kinerja mesin. Harganya cukup mahal bagi sebagian orang, yaitu Rp600 ribuan untuk kemasan 4 liter.

11. Shell Helix HX3 20W-50

Lagi, masih dari merek Shell. Shell Helix HX3 ini memiliki formula Active Cleansing Technology yang mampu membersihkan mesin mobil dengan usia tua. Bisa digunakan pada mobil bensin maupun diesel. Oli ini juga memiliki kekentalan yang tinggi sehingga tidak mudah bocor. Oli ini dibuat dari bahan dasar mineral dengan standar API SL CF. 

12. Shell Helix HX7

Rekomendasi oli mesin mobil terbaik berikutnya juga masih dari Shell. Oli ini memiliki teknologi flexi molecule. Teknologi ini dapat masuk ke celah terkecil mesin mobil. Mesin bisa lebih awet dan suhunya lebih stabil.

13. Fastron Techno SAE 10W-40

Ini adalah oli mesin terbaik dari produk lokal, yaitu produksi Pertamina. Fastron Techno terbuat dari bahan dasar full sintetik dengan standar kualitas API SN. oli ini dapat mengurangi keausan pada komponen mesin dan menjaga kebersihannya. Dengan kualitas seperti ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga cukup terjangkau, yaitu Rp60 ribuan saja per liter.

14. STP Synthetic Oil

STP Synthetic Oil memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp250-300 ribuan saja per 4 liter. Oli ini cocok digunakan pada mobil yang berkendara di daerah iklim tropis. Teknologi dalam oli ini mampu menstabilkan suhu mobil meskipun cuaca ekstrem.

15. Fastron Gold

Kembali di merek Fastron, oli lokal ini juga sudah diakui secara internasional. Teknologi canggih berupa nano guard mampu melindungi mesin mobil dengan maksimal sampai sudut terkecil. Oli ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp420 ribuan untuk kemasan 4 liter.

16. Mesran Super SAE 20W-50

Rekomendasi oli mesin mobil terbaik yang terakhir juga merupakan produk dari Pertamina, yaitu Mesran Super. Oli berbahan mineral ini cocok digunakan pada mobil-mobil keluaran ‘90-an karena memiliki tingkat kekentalan yang cukup tinggi. Oli ini memiliki zat aditif detergent dispersant, anti oksidasi, dan anti keausan. Harga oli ini cukup terjangkau, yaitu hanya Rp26 ribuan saja per liter.

Nah, itu dia 16 pilihan oli mesin mobil terbaik. Gunakan sesuai spesifikasi mobil ya. Jangan lupa juga ganti oli secara rutin melalui aplikasi Otoklix. Ganti oli mulai Rp60 ribuan aja!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *