Mengganti oli secara rutin bisa membuat mesin mobil lebih awet. Servis ganti oli yang tidak teratur bisa membuat performa mesin turun. Bahkan bisa rusak parah. Dalam memilih oli, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Misalnya produk yang cocok dengan mesin kendaraan, bahan dasar oli, tingkat kekentalan dan yang lainnya. Pada dasarnya, setiap produsen kendaraan merekomendasikan spesifikasi oli mesin mobil terbaik dan sesuai untuk kendaraannya masing-masing.

Baca juga: Ganti Oli Mobil Tidak Harus Tiap 6 Bulan, Ini Waktunya!

    Rekomendasi oli mesin mobil terbaik

    Dalam memilih oli mesin mobil terbaik, tidak boleh sembarangan. OtoFriends harus lebih teliti agar tidak tertipu dengan oli mesin abal-abal atau palsu. Berikut adalah beberapa merek oli mesin mobil terbaik yang tersedia di pasaran:

    1. Fuchs Titan

    Produk pelumas yang lengkap untuk segala jenis kendaraan dan menggunakan teknologi XTL (eXtreme Temperature Lubrication). Teknologi ini merupakan teknologi unik di seluruh dunia. Oli yang menggunakan teknologi XTL ini akan lebih cepat melumasi seluruh bagian mesin, bahkan dalam keadaan ekstrem sekalipun.

    2. Shell Helix

    Shell Helix cocok untuk mobil yang sudah berusia di atas 5 tahun (dari awal tahun produksinya). Teknologi yang dibawa oli Shell Helix diklaim mampu melindungi dan membersihkan mesin mobil yang sudah berumur.

    Tak hanya itu, oli ini cocok untuk jenis mobil dengan bahan bakar bensin maupun diesel. Kekentalan yang tinggi dapat mengurangi kebocoran yang umum terjadi pada mobil berkilometer tinggi. Soal harga, oli Shell Helix untuk 4L dibanderol sebesar Rp315 ribu.

    3. TOP One

    Top One (TOP1) memiliki formula berupa kandungan sintetik yang lebih tinggi dibanding merek mobil lainnya. Dengan kandungan sintetik yang lebih tinggi, penggunaannya pun lebih awet dan tahan lama.

    Oli dari TOP 1 sudah memenuhi Exceed Euro 6 standard sehingga ramah lingkungan dan emisi gasnya rendah. Oli TOP 1 cocok untuk semua jenis kendaran, bahkan untuk mobil LCGC (Low Cost Green Car) sekalipun. Harga oli TOP 1 ukuran 1L dijual sebesar Rp100 ribuan.

    4. Fastron Gold

    Fastron adalah salah satu merek pelumas mesin lokal produksi Pertamina. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena performanya sudah diakui di kancah internasional. Selain itu, produk ini juga aman digunakan untuk semua jenis mobil. Fastron Gold ukuran 4 liter dijual dengan harga mulai dari Rp420 ribu.

    5. Eneos CVT Fluid

    Eneos CVT memiliki formula spesial untuk kendaraan yang menggunakan transmisi CVT. Untuk pengemudi yang membutuhkan pergantian gigi yang lebih halus dan bebas masalah untuk jangka panjang, oli dari Eneos ini dirasa sangat cocok. Untuk harga jualnya, 1L Eneos CVT Fluid dibanderol sebesar Rp130 ribuan.

    6. Honda E-Pro 

    Honda E-Pro bisa jadi pilihan alternatif yang cukup layak. Oli ini mampu memproses bahan bakar dengan lebih optimal dan bisa memberikan perlindungan mesin. Dengan tingkat kekentalan yang rendah, cocok untuk membersihkan mesin mobil dari endapan. 

    Tersedia dalam kemasan 1 liter hingga 4 liter, oli mesin ini cocok bagi yang ingin mengganti oli mobil Honda. Harga oli Honda E-Pro mulai dari Rp85 ribu per 1L.

    7. Toyota Motor Oil 

    Bagi yang mencari oli mesin terbaik untuk mobil Toyota, Toyota Motor Oil adalah jawabannya. Memiliki tingkat kekentalan oli yang tinggi, pelumas ini mampu memberikan perlindungan maksimal kepada komponen mesin mobil. 

    Selain itu, dengan bahan dasar dari formula sintetis, oli ini mampu melindungi mesin dari kerusakan akibat beroperasi pada suhu tinggi. Untuk harga, Toyota Motor Oil bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp285 ribu untuk paket 4L.

    8. Shell Rimula R5E 

    Shell Rimula R5E dirancang secara khusus untuk memberikan perlindungan maksimal kepada seluruh komponen mesin. Kandungan aditif pada oli ini mampu menjaga mesin dari potensi terjadinya korosi dari asam yang muncul dari pembakaran. 

    Tak hanya itu, potensi terbentuknya deposit juga semakin rendah sehingga berdampak pada umur mesin yang semakin panjang. Oli ini mampu bekerja di berbagai tekanan dan temperatur semua jenis mesin mobil. Soal harga, Shell Rimula R5E dibanderol sebesar Rp310 ribu per 4 liter.

    9. Liqui Moly Leichtlauf 

    Oli Liqui Moly Leichtlauf menawarkan perlindungan total bagi mesin mobil dan mampu menghemat konsumsi BBM. Di samping itu, jenis oli satu ini juga mampu bekerja dengan baik di semua jenis mobil, baik di suhu tinggi maupun rendah. Untuk harga, Liqui Moly Leichtlauf bisa didapat mulai dari Rp135 ribu untuk ukuran 1L.

    10. Pertamina Prima XP

    Satu lagi produk oli lokal yang tidak kalah dengan merek luar. Pertamina Prima XP adalah salah satu oli mobil yang dirancang khusus oleh Pertamina dengan teknologi canggih. Dengan kekentalan yang optimal oli ini mampu melindungi seluruh bagian mesin dengan baik bahkan saat bekerja pada temperatur tinggi. Untuk harga, Pertamina XP memiliki harga cukup terjangkau yakni berada di kisaran Rp150 ribu untuk 4L. 

    11. Castrol magnatec

    Nama Castrol Magnatec sudah terkenal di dunia otomotif. Oli ini dilengkapi dengan material yang mengandung molekul pintar, sehingga mampu memberikan perlindungan ekstra pada mesin mobil. Kandungan molekul pintar pada oli Castrol Magnatec juga mampu membersihkan mesin mobil dengan maksimal supaya tidak terjadi penyumbatan.

    Castrol Magnatec dapat digunakan pada semua jenis mobil berbahan bakar bensin, diesel hingga mobil sport. Harga Castrol Magnatec 1L di Indonesia mulai dari Rp50 ribu.

    Baca Juga: Kekentalan Oli Mesin untuk Mobil Tua, Mana yang Paling Baik

    Memilih oli mesin mobil terbaik harus sesuai dengan jenis kendaraan

    Selain 5 rekomendasi di atas, masih banyak variasi merek oli mesin mobil terbaik lainnya yang bisa dipilih di pasaran. Namun, OtoFriends harus tahu bahwa masing-masing merek oli mesin memiliki spesifikasi tertentu. Jangan sampai oli yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan kendaraan.  

    Untuk mengetahui spesifikasi oli mesin yang cocok untuk mobil, OtoFriends bisa lebih dulu membaca buku manual kendaraan terkait informasi dan penggunaan pelumas. Salah satu indikator yang tertera di buku manual adalah standar minimal SAE (Society of Automotive Engineers). SAE merupakan indeks kekentalan cairan pada oli mesin.  

    Selain memilih oli yang cocok dan sesuai dengan jenis kendaraan, memilih bengkel servis juga tidak kalah penting. Kamu bisa mencari bengkel terdekat untuk ganti oli dengan aplikasi Otoklix. Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. 

    Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis ganti oli di aplikasi Otoklix.

    Pertanyaan Seputar Oli Mesin

    Merek oli mesin mobil yang harus digunakan yakni Castrol Magnatec, Shell Helix, TOP One, Fastron Gold, Eneos CVT Fluid, Honda E-Pro, Toyota Motor Oil, Shell Rimula R5E, Pertamina Prima XP dan Fuchs Titan.

    Keunggulan oli Idemitsu antara lain: Mampu menghemat konsumsi bahan bakar mobil. Meningkatkan suhu serta dapat melindungi piston dan deposit dengan baik. Mampu mengunci endapan dengan sangat baik.

    Tak sedikit pecinta otomotif yang merekomendasikan oli dari bran Shell. Hal ini karena Shell Helix Ultra sudah dilengkapi dengan formula canggih, sehingga sangat bagus untuk menjaga performa mesin mobil kesayanganmu.