Biaya service plafon mobil ternyata mulai dari jutaan, lho! Bagian mobil satu ini termasuk yang paling jarang diperhatikan tetapi kalau sudah rusak bisa menguras dompet.

Tak jarang pemilik mobil tidak sadar kalau plafonnya sudah kotor atau bahkan kendur atau ambles karena kain pelapisnya lepas akibat penurunan kualitas busa. Padahal, selain dilihat fungsinya, plafon mobil juga dilihat estetikanya. Plafon yang kendur atau kotor menjadi tidak enak dipandang.

Namun, jangan khawatir. Kamu mungkin tidak perlu melakukan penggantian plafon, cukup diperbaiki di bengkel service plafon mobil.

Biaya Service Plafon Mobil

Terdapat dua jenis plafon mobil jika dilihat dari konstruksinya. Ada jenis dijahit dan press. Model jahit biasanya ditopang penyangga di beberapa titik. Sementara untuk model press langsung menempel di atau atau busanya.

1. Plafon jenis press

Untuk plafon jenis press pun ada yang jenis gantung dan model tempel. Biaya service plafon mobil jenis press ini sekitar Rp1,5-3,5 jutaan dan perbaikan plafon mobil ini memakan waktu 5-6 jam untuk perbaikannya.

Pengerjaan plafon jenis press ini lebih sulit karena harus memisahkan bagian kain pelapis dengan busanya. Lama waktu pengerjaan juga dipengaruhi oleh cuaca. Apabila cuaca panas, maka akan selesai lebih cepat karena panas matahari mempercepat penempelan lapisan plafon.

2. Plafon jenis jahit

Untuk plafon jenis jahit, penggantian hanya dilakukan dengan cara melepas jahitan di penyangganya. Biaya penggantian plafon ini di salah satu bengkel sekitar Rp200-800 ribu, tergantung tingkat kesulitannya.

Ada pula bengkel yang membanderol biaya service plafon mobil ini kisaran Rp4,5-9 jutaan karena plafon mobil berkaitan dengan sensor-sensor, maka harus hati-hati dalam pengerjaannya.

Penyebab Plafon Mobil Rusak

Biasanya kerusakan plafon mobil terjadi pada mobil pabrikan Eropa yang diproduksi di daerah asalnya. Sementara mobil merek Eropa yang diproduksi di Indonesia cenderung lebih kuat dan tidak cepat kendur.

Hal ini terjadi karena perbedaan iklim antara negara produksi dan Indonesia. Iklim yang panas di Indonesia membuat plafon mobil-mobil Eropa sering kendur.

Selain itu, faktor kualitas busa yang sudah menurun sehingga kain tidak lagi menempel menjadi salah satu penyebab kerusakan.

Tips Merawat Plafon Mobil

Di bawah ini adalah tips merawat plafon mobil agar tetap bersih dan tidak cepat rusak:

1. Bersihkan menggunakan lap microfiber 

Lap microfiber memang efektif untuk mengangkat kotoran, termasuk kotoran pada plafon mobil kamu. Tetapi jangan menggunakan lap microfiber yang terlalu basah ya. Lap microfiber memang perlu dibasahkan, tetapi kamu harus memerasnya sampai tidak ada air yang menetes dari kain.

Lap yang basah dan menempel pada plafon akan membuat plafon lembap dan menjadi sarang bakteri yang bisa membuat kabin mobil kamu berbau tidak sedap.

Cara membersihkan plafon adalah dengan mengelap searah serat kain plafon mobil kamu. Jangan digosok-gosok karena bisa membuat plafon mobil kamu berbulu, jangan juga disikat. Cukup dilap lembut kemudian keringkan kembali.

2. Menggunakan cairan pembersih jok

Saat ini banyak produk-produk pembersih interior mobil seperti pembersih jok atau sampo khusus interior mobil. Kamu bisa menggunakan itu untuk membersihkan plafon mobil kamu.

Caranya dengan menyemprot cairan ke plafon mobil kamu kemudian seka seluruh permukaan dengan lap microfiber. Menggunakan bahan yang berkualitas bisa menghindarkan plafon mobil kamu dari kerusakan sehingga tidak perlu service plafon mobil.

3. Menggunakan air dan cuka

Selain menggunakan cairan pembersih interior mobil, kamu juga bisa mencoba menggunakan air dan cuka sebagai alternatif. Campuran ini bisa menghilangkan minyak yang menempel di plafon.

Perbandingan untuk campuran cairan ini adalah 3:1, 3 untuk air dan 1 untuk cuka. Terlalu banyak cuka juga bisa membuat mobil kamu bau asam. Cairan ini bisa menjadi alternatif karena selain bisa mengangkat kotoran minyak juga tidak merusak lem perekat plafon mobil. 

4. Ulangi beberapa kali

Hasil bersih yang maksimal bisa kamu dapatkan dengan beberapa kali pengulangan pembersihan. Namun, ulangi langkahnya jika plafon sudah kering agar kualitas kain plafon dan lem perekatnya tetap terjaga. 

5. Jangan lakukan kebiasaan yang merusak plafon mobil

Yang terakhir, jaga kebersihan plafon mobil kamu dengan cara tidak merokok di dalam mobil. Selain plafon bisa kotor karena noda asap mobil, merokok sambil membuka jendela pun bisa membuat debu masuk ke dalam kabin dan mengotori interior mobilmu.

Tidak hanya plafon, jok, dan bagian lainnya pun bisa kotor. Hindari juga terlalu sering memarkir mobil di tempat terik tanpa atap ya.

Nah itu tadi biaya service plafon mobil dan juga cara merawat plafon mobil. Plafon mobil memang jarang diperhatikan karena letaknya yang tidak selalu terlihat, tetapi kita perlu sesekali mengecek kondisi plafon agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Berbagai perawatan mobil kamu bisa dilakukan di bengkel terdekat yang bisa kamu cari via Otoklix! Ayo booking sekarang. Tidak perlu khawatir, harga yang harus dibayarkan di bengkel akan sama seperti pada saat booking.