Pembangunan jalan tol di Indonesia cukup masif. Mengutip dari Kompas.com, per Maret 2023, jalan tol yang ada di Indonesia mencapai 2.623,51 kilometer. Dari banyaknya jalan tol yang beroperasi di Indonesia, sudahkah OtoFriends mengetahui apa kepanjangan jalan tol?

Secara umum, Tol adalah singkatan dari Tax on Location. Sesuai dengan singkatannya, seseorang yang akan mengakses jalan tol diharuskan membayar sesuai dengan tarif yang ditentukan. Tarif tol ini bisa berbeda-beda, tergantung pada panjang jalan yang dilalui. 

Di Indonesia, ada banyak singkatan jalan tol yang ditetapkan, seperti contohnya Jagorawi, Cipularang, hingga Cipali. Singkatan ini biasanya berasal dari nama daerah jalur jalan tol yang dilalui. Jika OtoFriends belum familiar dengan kepanjangan jalan tol yang ada di Indonesia, berikut ini ulasan dari Portal Otomotif Otoklix

Kepanjangan Jalan Tol di Indonesia

Penamaan jalan tol di Indonesia disesuaikan dengan nama daerah yang dilalui. Namun, tak sedikit juga dalam satu jalur melewati tidak hanya satu daerah tapi tiga hingga empat daerah. Untuk memudahkan menghafal, maka pemerintah pun membuat singkatan untuk jalur tol. 

1. Tol Jagorawi

Sebagai warga Jabodetabek, tentunya OtoFriends sudah tidak asing lagi dengan tol Jagorawi. Tol Jagorawi adalah singkatan dari Jakarta-Bogor-Ciawi, di mana jalur tol ini menyambung di wilayah Jakarta, Bogor, Cibubur, Citeureup, dan Ciawi. 

Sebagai informasi, tol Jagorawi adalah tol pertama yang dioperasikan di Indonesia, yakni pada tahun 1978. Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 59 km. 

2. Tol Cipali

Untuk OtoFriends yang sering mudik ke daerah Cirebon dan Purwakarta, tentunya juga tidak asing dengan tol Cipali. Singkatan dari tol Cipali adalah Cikopo-Palimanan. 

Sesuai namanya, tol ini menghubungkan daerah Cikopo yang terletak di Purwakarta dan Palimanan yang ada di Cirebon. 

Melalui jalur tol ini, pengendara bisa menghemat jarak hingga 40 km dan memangkas rute dari Cikampek ke Palimanan. Perjalanan pun jadi lebih cepat. 

3. Japek

Berikutnya ada tol Japek yang merupakan singkatan dari tol Jakarta-Cikampek. Tol ini menghubungkan banyak daerah, mulai dari Jakarta Timur, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.  Panjang tol Japek adalah sekitar 83 km. 

4. Tol Becakayu

Bagi OtoFriends yang tinggal di Bekasi, tentunya juga tidak asing dengan tol Becakayu. Tol Becakayu adalah singkatan dari Bekasi-Cawang-Kampung Melayu.

Sesuai namanya, tol ini menghubungkan wilayah Kalimalang, Bekasi, dan Kabupaten Bekasi. Panjang tol ini adalah sekitar 16,78 km. 

5. Tol Padaleunyi

Bergeser ke wilayah Jawa Barat, ada tol Padaleunyi yang merupakan singkatan dari Padalarang-Cileunyi. 

Tol Padaleunyi ini menghubungkan beberapa wilayah seperti Kota Cimahi, Bandung, Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung. 

6. Tol Cipularang

Masih di Jawa Barat, ada tol Cipularang yang merupakan singkatan dari Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

Jalan tol dengan panjang 54 km ini menghubungkan wilayah seperti Kabupaten Purwakarta, Karawang, dan Bandung Barat. 

7. Tol JORR

Tol JORR adalah singkatan dari Jakarta Outer Ring Road, di mana jalan tol ini melingkari wilayah luar Jakarta. Jalur tol ini biasanya digunakan untuk menghubungkan wilayah seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bogor. 

Ruas untuk tol JORR ini ada empat, yakni ruas Pondok Pinang-Pasar Rebo, ruas Kembangan-Penjaringan, ruas Pasar Rebo-Rorotan, dan ruas Kembangan-Ulujami. 

8. Tol Bocimi

Tol Bocimi merupakan singkatan dari Bogor-Ciawi-Sukabumi. Panjang tol Bocimi sendiri mencapai 54 km dan menghubungkan daerah Bogor dan Sukabumi. 

9. Tol Cijago

Tol untuk menghubungkan wilayah Depok, Cinere, Antasari, dan TB Simatupang adalah tol Cijago. Tol Cijago merupakan singkatan dari Cinere-Jagorawi. Panjang tol Cijago adalah sekitar 14,6 km. 

10. Tol Layang MBZ

Tol Layang MPZ merupakan singkatan dari Tol Layang Sheikh Mohamed bin Zayed. Tol ini juga disebut dengan tol Japek II dengan panjang sekitar 36,4 km.

Adanya tol jalan layang ini bertujuan untuk mengurai kemacetan yang biasanya terjadi di jalan tol Cikampek. 

11. Tol Palikanci

Tol Palikanci merupakan singkatan dari Palimanan-Kanci. Tol ini menghubungkan daerah di Palimanan dan wilayah Kanci yang ada di Cirebon. Panjang tol ini mencapai 26,3 km. 

12. Tol Cisumdawu

Tol Cisumdawu merupakan singkatan dari Cileunyi-Sumedang-Dawuan. Panjang dari tol ini adalah sekitar 63 km dan menghubungkan wilayah Sumedang, Majalengka, dan Bandung. Tol Cisumdawu ini baru saja beroperasi pada Natal 2022 lalu. 

13. Tol Purbaleunyi

Di Jawa Barat, ada juga tol Purbaleunyi yang merupakan singkatan dari Purwakarta-Bandung-Padaleunyi. 

Panjang dari tol Purbaleunyi adalah 123 km dan menghubungkan beberapa wilayah seperti, Karawang, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung. 

Tol Purbaleunyi ini terkenal dengan pemandangannya yang indah, utamanya di ruas Cikampek-Padalarang. 

14. Tol Belmera

Tol Belmera adalah singkatan dari Belawan-Medan-Tanjung Morawa. Jalan tol Tol Belmera, yang terletak di Jalan Tol Trans Sumatera, memiliki panjang total 34,4 km. Jalan tol ini menghubungkan Pelabuhan Belawan, Medan, dan Tanjung Morawa.

15. Tol Kapalbetung

Di Sumatera Selatan, ada tol Kapalbetung yang merupakan singkatan dari Kayu Agung-Palembang-Betung. 

Panjang tol ini sekitar 111,7 km. Tol Kapalbetung hingga saat ini belum beroperasi karena pembangunannya belum selesai. Ditargetkan akan selesai pada triwulan III tahun 2023. 

16. Tol Bima

Bergeser ke Sulawesi, ada tol Bima yang merupakan tol terpanjang di Sulawesi. Tol ini mencapai 39,8 km. Tol Bima merupakan singkatan dari Manado-Bitung dan menghubungkan wilayah di Sulawesi Utara. 

17. Tol Balsam

Di Kalimantan Timur, ada Tol Balsam yang merupakan singkatan dari Balikpapan-Samarinda. Tol ini memiliki panjang hingga 97,3 km.

Tol Balsam juga menjadi tol pertama yang dibangun di Kalimantan. Adanya tol ini sangat membantu mobilitas masyarakat di mana waktu tempuh Balikpapan-Samarinda hanya 1,5 jam saja. 

18. Tol Gempas

Tol Gempas atau singkatan dari Gempol-Pasuruan ini menghubungkan wilayah Gempol dan Pasuruan. Panjang untuk jalan tol Gempas adalah 34,15 km. 

19. Tol Warunda

Tol Warunda merupakan singkatan dari Waru-Juanda. Seperti namanya, tol ini menghubungkan wilayah Kota Surabaya dengan Bandara Juanda yang ada di Sidoarjo. Tol Warunda ini memiliki panjang 12,8 km. 

20. Tol MKTT

Tol MKTT merupakan singkatan dari Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Tol ini menghubungkan wilayah Medan, Tebing Tinggi, dan Bandara Kualanamu dengan panjang 61,8 km. 

21. Tol Bakter

Tol Bakter merupakan singkatan dari Bakauheni-Bukit Tinggi. Tol dengan panjang 140,94 km ini menghubungkan wilayah Lampung dan Bukit Tinggi. Tol Bakter merupakan tol terpanjang kedua yang ada di Indonesia. 

22. Tol Terpeka

Masih di tol Trans Sumatera, ada tol Terpeka yang merupakan singkatan dari Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Tol Terpeka merupakan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang 189,2 km. 

Nah, itu informasi seputar kepanjangan jalan tol yang ada di Indonesia yang perlu OtoFriends pahami. 

Setelah mengetahui beberapa nama jalan tol, mungkin OtoFriends tertarik untuk melakukan road trip. Agar road trip tetap aman, jangan lupa untuk melakukan servis mobil secara rutin di Otoklix, ya!

Pertanyaan seputar Kepanjangan Jalan Tol

Tol adalah singkatan dari Tax on Location. Sesuai dengan singkatannya, seseorang yang akan mengakses jalan tol diharuskan membayar sesuai dengan tarif yang ditentukan.

Tol Palikanci merupakan singkatan dari Palimanan-Kanci. Tol ini menghubungkan daerah di Palimanan dan wilayah Kanci yang ada di Cirebon.

Tol Cipularang yang merupakan singkatan dari Cikampek-Purwakarta-Padalarang.