Toyota Avanza memang masih menjadi mobil pilihan utama bagi keluarga di Indonesia guna kegiatan sehari-hari. Untuk itu, tidak boleh sembarangan memilih oli mesin Avanza yang akan digunakan. Sebab, Avanza memiliki spesifikasi oli tersendiri yang tidak sama dengan mobil lainnya. Hal itu bisa dilihat dalam buku pedoman pemilik.

Spesifikasi dan Takaran Oli Mesin Avanza

Untuk Avanza produksi 2021 hingga 2018 disarankan menggunakan oli dengan viskositas SAE 10W-40. Tipe oli ini berlaku untuk mesin Toyota Avanza 1.300 cc dan 1.500 cc. Sedangkan, untuk mobil keluaran 2018 – saat ini, oli yang digunakan memiliki viskositas yang lebih encer yakni 5W-30 atau 0W-20. 

Penggantian oli mesin mobil juga perlu dilakukan dalam rentang waktu tertentu. Umumnya 5.000 – 10.000 kilometer sekali. Namun kalau mobil tidak digunakan secara rutin, maka durasi penggantian oli bisa dengan menghitung waktu, yakni minimal setiap 6 bulan sekali.

Selain itu, Toyota Avanza juga memerlukan 4 liter oli dalam setiap penggantian. Apabila kamu mengganti filter oli maka dibutuhkan 4,5 liter. Nah itu dia spesifikasi dan takaran oli untuk mobil Toyota Avanza.

Baca Juga: Teliti Saat Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik, Ini Tipsnya!

Rekomendasi Oli Mesin Avanza

Selanjutnya, OtoKlix akan menjelaskan sejumlah merek oli mesin Avanza kesayangan kalian dan harga nya nih sobat. Berikut rangkumannya:

1. TOP HP 1 Zenzation 10W-40

Di urutan pertama, TOP HP 1 Zenzation 10W-40 bisa digunakan atau menjadi pilihan saat mengganti oli Toyota Avanza. Sebab oli ini memiliki formulasi kandungan sintetik 30 persen lebih banyak dibandingkan oli lainnya. 

Keunggulan ini menjadikan oli TOP 1 Zenzation memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan oli biasa. Sebab Zat aditif Ester Fortified dalam oli ini akan menjaga komponen mesin sejak pertama kali dihidupkan. 

Hal ini akan memberikan mobil kamu performa yang responsif. Selain itu teknologi Max TBN akan memberikan proteksi ganda dari korosi dan karat. Selain itu, TOP 1 Zenzation juga memenuhi Euro 6 Standard, yang menunjukan oli mampu menurunkan emisi gas buang dan ramah lingkungan. 

Selain itu, Oli TOP 1 ini juga ramah di kantong karena hanya dibandrol dengan kisaran harga Rp411 ribu untuk empat liternya atau Rp121 ribu per liternya

2. Castrol Magnatec 10W-40

Lalu ada Castrol Magnatec SAE 10W-40 untuk Avanza kalian. Castrol Magnatec diformulasikan menggunakan base oil full sintetik dan memiliki keunggulan molekul pintar dengan teknologi Self-Healing Layer.

Hal itu membuat molekul pintar ini tetap melekat pada bagian-bagian penting seperti magnet, memberikan perlindungan ekstra sejak mesin pertama kali dihidupkan dan selama proses pemanasan. Castrol Magnatec 10W-40 ini juga memiliki harga cukup murah. Dia memiliki harga Rp420 ribu per empat liternya.

3. Fastron Techno 10W-40

Oli mesin Avanza terbaik selanjutnya adalah Fastron Techno. Ini merupakan oli mesin yang dipersembahan dari Pertamina. Dengan SAE 10W-40, oli tersebut cocok digunakan untuk Toyota Avanza generasi pertama yang diproduksi antara 2004 hingga 2011.

Oli ini ,memiliki kekentalan yang stabil sejak mesin pertama kali dihidupkan dan saat bekerja pada stress tinggi. Pelumas milik Pertamina ini juga memiliki daya tahan yang optimal terhadap panas, minim penguapan serta dapat mencegah pembentukan deposit. 

Selain itu, zat aditif yang terkandung pada Fastron Techno secara aktif membersihkan ruang mesin dan memberikan perlindungan optimal terhadap keausan serta kontaminan lain yang dapat menurunkan performa mesin mobil kalian. OtoFriends bisa membeli oli ini dengan harga Rp332 ribu per empat liter.

Baca Juga: Daftar 10 Merek Oli yang Bagus untuk Mendinginkan Mesin

4. Fastron Gold 0W-20

Mobil Avanza kalian juga bisa menggunakan oli Fastron Gold. ni merupakan oli mobil terbaik yang dibuat oleh Pertamina serta cocok dengan karakter dan teknologi mesin mobil yang beredar di Indonesia, tentu termasuk juga Toyota Avanza terbaru.

Selain itu, oli ini juga terbilang murah dengan harga Rp300 ribuan tentu ini bisa menjadi oli pilihan OtoFriends semua saat mengganti oli Avanza kalian.

5. Shell Helix HX7 

Shell sudah dikenal memiliki berbagai macam produk oli yang paling rekomendasi untuk semua mobil termasuk Toyota Avanza. Untuk itu kami merekomendasikan Shell Helix HX7 untuk sobat semua. sebab oli ini diformulasikan dengan base oil semi-sintetik dan memiliki kemampuan melumasi mesin dengan baik, serta menjaga temperatur mesin tetap stabil. 

Kelebihan lain dari Shell Helix HX7 adalah teknologi Flexi-Molecule yang akan membentuk lapisan perlindungan dan aktif membersihkan ruang mesin hingga celah terkecil. Sehingga mencegah pembentukan deposit pada dinding mesin. 

Shell Helix HX7 bisa kalian beli di bengkel terdekat dengan harga Rp305 ribu per empat liter.

Untuk kalian semua yang tidak sempat untuk mengganti oli sendiri jangan khawatir. Sebab OtoKlix memiliki ribuan bengkel yang terhubung dan bisa kalian cari melalui website resmi kami.